Interpersonal Communication: Apa itu Komunikasi Interpersonal? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Elemen, Contoh, Cara Meningkatkannya!

0
Gambar Dari Pengertian Interpersonal Communication Apa Itu Komunikasi Interpersonal Tujuan Dan Fungsi Jenis Skills Macam Elemen Contoh Cara Meningkatkan Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Dari Pengertian Interpersonal Communication Apa Itu Komunikasi Interpersonal Tujuan Dan Fungsi Jenis Skills Macam Elemen Contoh Cara Meningkatkan Serta Kenapa Itu Penting

Mengenal Pengertian Interpersonal Communication, Apa itu Komunikasi Interpersonal? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Elemen, Contoh, Cara Meningkatkan dan Pentingnya!

Memang, model komunikasi telah berkembang lebih luas dari sekedar hanya pengirim, penerima, saluran, kebisingan dan umpan balik saja.

Cakupannya sekarang luas karena mencakup lebih banyak.

Konteks komunikasi adalah perasaan emosional, kondisi iklim, lokasi dan lainnya yang membuat modelnya menjadi jelas dan tidak terlalu khusus.

Komunikasi yang kita kenal adalah proses pengkodean dan penguraian informasi.

Dengan kata lain, itu adalah penciptaan makna bersama baik dari pengirim ke penerima atau sebaliknya.

Ya! Anda tidak bisa tidak (melakukan) berkomunikasi, itulah yang memberi rute darurat komunikasi interpersonal dan intra personal.

Berkenaan dengan hal itu, dalam postingan ini Kami akan membahas secara lengkap tentang apa itu pengertian komunikasi atau interpersonal communication.

Oke folks langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Interpersonal Communication

Berarti komunikasi antarpribadi (dalam bahasa Indonesia), interpersonal communication adalah proses pertukaran informasi, ide dan perasaan antara 2 (dua) orang atau lebih melalui metode verbal atau non-verbal.

Benar! Hal ini sering kali mencakup pertukaran informasi tatap muka, dalam bentuk suara, ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan gerak tubuh berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Smarp.

Tingkat keterampilan komunikasi atau interpersonal communication seseorang diukur melalui efektivitas pengiriman pesan kepada orang lain.

Apa itu Komunikasi Interpersonal (Antarpribadi)?

Gambar Apa Itu Komunikasi Interpersonal Serta Tujuan Dan Fungsinya
Gambar Apa Itu Komunikasi Interpersonal Serta Tujuan Dan Fungsinya

Jadi, apa itu sebenarnya komunikasi interpersonal atau antarpribadi ini?

Benar! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, pengertian dari istilah ini lebih sering dikenal dengan sebutan atau akronim interpersonal communication secara global.

Komunikasi interpersonal atau antarpribadi adalah proses di mana orang bertukar informasi, perasaan dan makna melalui pesan verbal dan non-verbal seperti komunikasi tatap muka.

Komunikasi antarpribadi bukan hanya tentang apa yang sebenarnya dikatakan atau bahasa yang digunakan saja, tetapi bagaimana hal itu diucapkan dan pesan non-verbal (tanpa menggunakan kata) yang dikirim melalui nada suara, ekspresi wajah, gerak tubuh dan bahasa tubuh.

Ketika ada 2 (dua) orang atau lebih berada di tempat yang sama dan menyadari kehadiran mereka satu sama lainnya, maka komunikasi terjadi, tidak peduli seberapa halus ataupun tidak disengaja.

Tanpa ucapan, pengamat mungkin menggunakan isyarat postur, ekspresi wajah, dan pakaian untuk membentuk kesan tentang peran, keadaan emosional, kepribadian atau niat orang lain.

Meskipun tidak ada komunikasi yang dimaksudkan, orang menerima pesan melalui bentuk perilaku non-verbal semacam itu.

Tujuan dan Fungsi Interpersonal Communication

Agar kita lebih memahami tentang arti dan pengertian interpersonal communication, terutama dalam penerapannya di dunia bisnis dan teknologi, maka kita juga harus mengetahui terkait tujuan dan fungsinya.

Komunikasi atau interpersonal communication yang umumnya bertujuan dan sering digunakan dalam suatu organisasi yang mencakup komunikasi internal karyawan harian, pertemuan klien, tinjauan kinerja karyawan, dan diskusi proyek.

Selain itu, percakapan online saat ini membuat sebagian besar komunikasi antarpribadi karyawan di tempat kerja.

Sebagian besar dari kita terlibat dalam beberapa bentuk komunikasi antarpribadi secara teratur, sering kali dalam sehari, seberapa baik kita berkomunikasi dengan orang lain adalah ukuran keterampilan interpersonal kita.

Komunikasi antarpribadi atau interpersonal communication merupakan sebuah keterampilan hidup premier dan mereka memiliki fungsi utama untuk:

  • Memberi dan mengumpulkan informasi.
  • Mempengaruhi sikap dan perilaku orang lain.
  • Bentuk kontak dan bentuk mempertahankan hubungan.
  • Memahami dunia dan pengalaman kita di dalamnya.
  • Ekspresikan kebutuhan pribadi dan pahami kebutuhan orang lain.
  • Memberi dan menerima dukungan emosional.
  • Membuat keputusan dan untuk menyelesaikan berbagai macam masalah.
  • Mengantisipasi dan memprediksi perilaku.
  • Untuk mengatur kekuasaan.
Baca Juga :  Field Work: Apa itu Kerja Lapangan dan Experience? Tujuan, Manfaat, Jenis dan Macam, Contoh, Cara Meningkatkan dan Pentingnya!

Jenis Skills (Keahlian) dalam Komunikasi atau Interpersonal Communication

Setelah kita mengetahui pengertian interpersonal communication, apa itu komunikasi antarpribadi serta tujuan dan fungsinya di atas, pastinya kita juga harus tahu tentang jenis skills atau kemampuan dan keahliannya bukan?

Ketika sampai pada elemen dasar komunikasi antarpribadi, berbagai jenis komunikasi yang mungkin terjadi akan dikelompokkan dalam 4 (empat) kategori dasar, termasuk seperti komunikasi verbal, mendengarkan, tertulis, dan yang terakhir yaitu adalah non-verbal.

Di bawah ini akan Kami jelaskan lebih lanjut tentang apa saja skills, kemampuan atau keahlian dalam interpersonal communication yang perlu kalian ketahui.

1. Verbal

Jenis interpersonal communication yang pertama yaitu verbal.

Kapan pun Anda berbicara atau bahkan membuat suara yang dapat didengar, sebagai contoh misalnya seperti kata “hmmm” atau “ahh!” maka Anda menciptakan komunikasi verbal.

Di luar konten yang Anda ucapkan dan konteks yang diucapkan, komunikasi jenis ini juga mencakup faktor pendengaran tambahan seperti intonasi.

Yup! Hal ini mengacu pada bagaimana suara Anda naik dan turun nadanya saat Anda berbicara dan dapat membayangi bagaimana kata-kata itu dimaksudkan untuk ditafsirkan.

Misalnya seperti frasa “Semoga harimu menyenangkan” dapat memiliki sejumlah arti berbeda saat Anda membayangkannya diucapkan dengan cara yang bersahabat, sinis atau bahkan tidak menyenangkan.

2. Mendengarkan

Jenis skills atau keahlian interpersonal communication berikutnya yaitu mendengarkan atau listening.

Kemungkinannya adalah seperti di beberapa titik dalam hidup Anda, dimana Anda pernah dituduh “mendengarkan tetapi tidak mendengarkan” apa yang dikatakan seseorang kepada Anda.

Adapun perbedaan antara ke-2 (dua) konsep tersebut mungkin tampak sedikit berbeda pada awalnya sampai pesannya menjadi jelas.

Yang pertama yaitu mendengar dengan tidak disengaja dan tanpa usaha sedangkan yang kedua mendengarkan dengan cara yang difokuskan dan disengaja.

Mendengar adalah respons otomatis yang merupakan hasil dari kerja telinga, dan itu membutuhkan lebih banyak usaha.

Hal ini bertujuan dan membutuhkan konsentrasi untuk memahami apa yang dibagikan pembicara.

3. Tertulis

Yang ke-3 (tiga) yaitu adalah tertulis atau writter, saat Anda menyampaikan pesan melalui simbol tertulis, Anda mempraktikkan komunikasi macam ini.

Mulai dari e-mail dan pesan teks (SMS) hingga memorandum dan laporan yang lebih formal, tipe interpersonal communication yang tertulis adalah hal terpenting dalam berbagi informasi (baca pengertian informasi disini) dalam bisnis.

Ketika ada sebuah informasi yang kompleks atau panjang perlu dibagikan, biasanya disampaikan melalui komunikasi tertulis.

Untuk itu, komunikasi tertulis seringkali dianggap lebih sah (formal) secara hukum daripada kata-kata yang diucapkan.

Itulah mengapa ini sering kali berfungsi sebagai mode komunikasi “resmi”.

Komunikasi tertulis juga dapat mencakup emoji, yang dapat membantu menyampaikan lebih banyak informasi emosional dan konteks yang sulit disimpulkan dari kata-kata itu sendiri.

4. Non-Verbal

Jenis interpersonal communication terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu adalah non-verbal.

Benar! Menyampaikan makna tanpa menggunakan kata-kata baik tertulis maupun lisan adalah inti dari komunikasi non-verbal.

Hal ini dapat dicapai melalui segala hal mulai dari ekspresi wajah, gerakan tertentu, hingga bahasa tubuh serta postur tertentu.

Macam-Macam Elemen Interpersonal Communication (Komunikasi)

Ilustrasi Gambar Macam Macam Element Atau Elemen Dalam Interpersonal Communication
Ilustrasi Gambar Macam Macam Element Atau Elemen Dalam Interpersonal Communication

Selain membahas tentang apa arti interpersonal communication, disini Kami juga akan mencoba menjelaskan terkait macam-macam dari elemen yang terdapat di dalamnya.

Well, banyak penelitian telah dilakukan untuk mencoba memecah komunikasi antarpribadi menjadi beberapa elemen agar dapat lebih mudah dipahami.

Dalam teori komunikasi, ada 6 (enam) elemen yang merupakan komponen kunci dari komunikasi interpersonal atau interpersonal communication seperti yang sudah diartikan oleh beberapa pendapat para ahli.

1. Komunikator

Elemen dari interpersonal communication pertama yang perlu kalian ketahui yaitu komunikator atau communicator.

Istilah komunikator mengacu pada pengirim informasi dan juga penerima.

Dalam komunikasi interpersonal, setidaknya harus ada 2 (dua) komunikator yang terlibat dalam percakapan.

2. Pesan

Berikutnya yaitu adalah pesan atau message, ya, salah satu bagian terpenting dari komunikasi interpersonal adalah pesannya.

Pesan dapat disampaikan dengan berbagai cara, sebagai contoh misalnya seperti ucapan, bahasa tubuh, nada suara, gerak tubuh dan indikator lainnya .

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Template: Apa itu Templat dan Template Design? Tujuan, Jenis dan Macam serta Contohnya!

3. Kebisingan

Elemen interpersonal communication yang ke-3 (tiga) yaitu kebisingan atau noise, ini mengacu pada celah antara pesan yang diterima dan yang dikirim.

Adapun contoh kebisingan termasuk seperti jargon, hambatan bahasa, kurangnya perhatian dan lainnya.

Seringkali, kebisingan adalah masalah yang dihadapi banyak perusahaan di tempat kerja dan alasan mengapa komunikator internal berjuang untuk mendapatkan perhatian karyawan yang diperlukan.

4. Umpan balik

Umpan balik atau feedback adalah tanggapan penerima, dengan kata lain, itu adalah pesan yang dikirim kembali ke pengirim.

Umpan balik penting karena memungkinkan pengirim mengetahui apakah pesan telah diterima dan ditafsirkan dengan benar.

5. Konteks

Apakah pesan diterima dan diinterpretasikan dengan benar sebagian besar bergantung pada konteks atau context.

Oleh karena itu, komunikasi interpersonal bersifat kontekstual, terlebih karena konteks sendiri adalah tentang faktor lingkungan yang mempengaruhi hasil komunikasi.

Ini termasuk waktu dan tempat serta faktor-faktor seperti hubungan keluarga, jenis kelamin, budaya, minat pribadi dan juga lingkungan.

6. Saluran

Macam-macam elemen dari interpersonal communication (komunikasi antarpribadi) terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu saluran atau channel.

Elemen komunikasi antarpribadi ini mengacu pada bagaimana komunikasi tersebut terjadi.

Sebuah pesan dikirim dan diterima melalui saluran atau media tertentu.

Selain komunikasi tatap muka, beberapa saluran komunikasi paling umum di tempat kerja termasuk, e-mail dan intranet (baca pengertian intranet disini).

Mengidentifikasi dan memahami kinerja saluran komunikasi tersebut sangat penting bagi pemberi kerja.

Contoh dari Interpersonal Communication atau Komunikasi Antarpribadi

Dalam membahas mengenai arti dan pengertian dari interpersonal communication, tentunya hal tersebut tidak terlepas daripada apa saja contoh dari komunikasi antarpribadi bukan?

Benar! Ada banyak cara orang berkomunikasi satu sama lain dan membangun hubungan.

Adapun beberapa contoh dari interpersonal communication yang harus kalian ketahui akan Kami jelaskan sebagai berikut.

a. Komunikasi Lisan

Contoh interpersonal communication yang pertama yaitu komunikasi lisan.

Kemampuan untuk menyesuaikan bahasa dan pesan Anda untuk audiens (baca pengertian audiens disini) Anda adalah penting.

Mempelajari cara membagikan cerita Anda, membangun hubungan baik atau membuat mereka bersemangat tentang suatu tujuan melalui komunikasi verbal diperlukan untuk pemimpin, manajer, penasihat atau konsultan yang efektif.

b. Komunikasi Non-Verbal

Berikutnya yaitu komunikasi non-verbal, ini adalah tentang bagaimana Anda mengatakan apa pun yang Anda katakan.

Komunikasi non-verbal dalam interpersonal communication Anda mencakup segala hal mulai dari nada suara dan ekspresi wajah Anda hingga cara Anda memegang tubuh atau menggunakan gerakan tubuh.

c. Kecerdasan Emosional

Contoh interpersonal communication terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu kecerdasan emosional.

Yup! Anda tidak dapat dengan mudah berhasil pada tingkat pribadi atau profesional tanpa kecerdasan emosional.

Kecerdasan emosional berarti mampu berempati dengan orang lain, memahami perasaan tak terucap mereka tentang sesuatu dan mengenali batasan orang lain.

Kecerdasan emosional juga berarti belajar untuk mengelola emosi Anda sendiri dalam situasi tertentu sehingga Anda terlihat seperti yang Anda inginkan, apakah itu percaya diri, berpengetahuan luas, peduli atau kombinasi dari banyak hal yang lainnya.

Cara Meningkatkan Interpersonal Communication Skills

Jadi, bagaimana Anda bisa mempraktikkan interpersonal communication skills atau keterampilan komunikasi interpersonal baik di dunia nyata?

Oke, jika sebelumnya kalian yang sedang membaca postingan Kami disini kebetulan sedang menanyakan tentang caranya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena Kami juga akan menjelaskannya, terutama bagi kalian yang sedang mempraktikan materi pada saat kuliah informatika di dunia kerja.

Baiklah, berikut ini adalah 3 (tiga) langkah yang dapat kalian ikuti untuk meningkatkan keahliah, keterampilan komunikasi interpersonal atau interpersonal communication skills kalian:

  1. Pertahankan kontak mata; Sangat penting untuk membuat audiens Anda asyik dengan pidato Anda.
  2. Mendengarkan dengan baik; Biarkan orang lain berbicara tanpa mengalami gangguan.
  3. Fokus pada apa yang orang lain katakan melalui kata-kata dan gerak tubuhnya; Hargai pikiran dan ide mereka karena Anda menginginkan perhatian yang sama sebagai balasannya.
  4. Waspadai bahasa tubuh Anda; Tanda nonverbal bisa berbicara lebih banyak daripada kata-kata, sikap dan postur percaya diri Anda memiliki kekuatan untuk memenangkan Anda sebagai komunikator dan pemimpin yang hebat.
Baca Juga :  Mengenal Pengertian Debugging: Apa itu? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Proses, Jenis, Macam, Manfaat, Strategi dan Caranya!

Kenapa Kemampuan, Keterampilan, Keahlian atau Skills dalam Interpersonal Communication Penting?

Lalu, apa yang membuat kemampuan, keterampilan keahlian atau interpersonal communication skills itu penting?

Well, perlu kalian ketahui bahwa peran keterampilan komunikasi interpersonal dalam kehidupan profesional adalah menanamkan budaya yang lebih positif dan menginspirasi orang lain untuk bergandengan tangan untuk tujuan bersama.

Adapun beberapa manfaat, keuntungan atau kelebihan yang akan kalian dapatkan adalah seperti:

  • Kerja tim yang ditingkatkan; Tidak ada kata “Saya” dalam kata “Tim”. Kerja tim kolaboratif di antara rekan kerja adalah dasar kesuksesan setiap organisasi. Dan komunikasi yang jelas selalu membantu Anda dan tim Anda membangun kepercayaan dan saling menginspirasi untuk mencapai tujuan bersama.
  • Produktivitas yang lebih tinggi; Masalah yang dibagikan adalah masalah yang dibelah 2 (dua). Anda dapat mencairkan suasana dengan tim Anda dengan mendiskusikan masalah dan meminta saran mereka untuk menemukan solusi yang layak. Bekerja bersama meningkatkan kepercayaan dan produktivitas tanpa upaya yang disengaja, dimana ini sangat penting untuk mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.
  • Mengatasi berbagai masalah; Siapa yang tidak mengalami hambatan dan beban kerja? Mereka tidak bisa dihindari dan terjadi di tengah-tengah persyaratan yang aneh dan tenggat waktu yang ketat. Namun, dengan perencanaan dan komunikasi yang efektif, kita sebagai tim dapat melakukan keajaiban dan menemukan solusi luar biasa untuk masalah yang paling sulit dan menawar untuk mengatasi masalah yang ada.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang Pengertian Interpersonal Communication, Apa itu Komunikasi Interpersonal? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Elemen, Contoh, Cara Meningkatkan dan Pentingnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa komunikasi interpersonal, antarpribadi atau interpersonal communication adalah komunikasi yang terdiri dari komunikasi verbal dan non-verbal.

Benar! Orang sering bertukar informasi dan perasaan melalui komunikasi tatap muka, dan kebanyakan dari kita fokus pada kata-kata yang kita dengarkan.

Tetapi komunikasi antarpribadi bukan tentang apa yang dikatakan dan lebih banyak tentang bagaimana dikatakan.

Bukan hanya kata-kata Anda, tetapi juga nada suara, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh Anda yang dengan kuat mengekspresikan pikiran dan emosi Anda.

Amati dan pahami tanda-tanda non-verbal ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang pikiran dan perasaan orang lain dan bagaimana kata-kata dan perilaku Anda memengaruhi teman-teman Anda.

Tidak diragukan lagi, keterampilan interpersonal dan keterampilan yang luar biasa sangat penting dalam membangun kepribadian yang mengesankan.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Interpersonal Communication, Apa itu Komunikasi Interpersonal? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Elemen, Contoh, Cara Meningkatkan dan Pentingnya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam meteri umum dalam belajar teknologi informasi.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar