Memahami Pengertian SEO Analysis: Apa itu SEO Analyst? Tujuan, Tips dan Cara Analisa serta Kenapa itu Penting!

0
Gambar Pengertian SEO Analysis Apa Itu SEO Analyst Tujuan Jenis Dan Macam Tools Atau Alat Tips Dan Cara Melakukan Analisanya Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Pengertian SEO Analysis Apa Itu SEO Analyst Tujuan Jenis Dan Macam Tools Atau Alat Tips Dan Cara Melakukan Analisanya Serta Kenapa Itu Penting

Tahukah Anda Pengertian SEO Analysis, Apa itu SEO Analyst? Tujuan, Macam Tools (Alat), Tips dan Cara Analisa serta Kenapa itu Penting! Benar, setelah Anda mengembangkan strategi SEO yang baik dan menerapkannya di situs web Anda, Anda perlu melacak bagaimana hal itu membantu situs web Anda. Sebagai contoh misalnya, Anda menulis 10 (sepuluh) halaman konten dengan berbagai keyword (kata kunci) untuk bisnis Anda dan mengindeksnya di search engine (mesin telusur).

Setelah beberapa minggu, Anda dapat menganalisis bagaimana laman ini telah membantu mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, dan bagaimana laman tersebut memengaruhi peringkat kata kunci Anda. Memang, aspek lain dari strategi SEO Anda yang ingin Anda analisis adalah pekerjaan SEO teknis yang telah Anda lakukan untuk situs Anda. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas searadetail dan lengkap tentang apa itu pengertian SEO analysis. Berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian SEO Analysis

Analisis atau SEO analysis adalah proses memeriksa situs web dengan cermat untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seberapa baik situs tersebut telah dioptimalkan dan apa yang dapat dilakukan untuk membantu situs tersebut menjadi lebih baik.

SEO analysis mengharuskan brand atau merek untuk terlebih dahulu memperhatikan konten yang mereka miliki di halaman mereka dimana hal ini juga sesuai berdasarkan sumber dari Situs Bluleadz.

Mereka (para SEO analyst) ingin melihat kata kunci apa konten mereka telah dioptimalkan dan seberapa baik kinerja konten tersebut.

Perlu kalian ketahui bahwa dengan menyelami pelaporan kata kunci juga menampilkan informasi (baca pengertian informasi disini) mengenai peringkat halaman individual apa untuk kata kunci dalam grup kata kunci Anda.

Menurut beberapa pakar atau ahli SEO yang lainnya, SEO analysis juga sering disebut dengan Audit pengoptimalan mesin pencari.

Apa itu SEO Analyst?

Ilustrasi Gambar Apa Dan Siapa Itu SEO Analyst Serta Tujuan Dan Jenis Macam Tools Atau Alatnya Dalam Penjelasan Pengertian Analysis Penoptimalan Mesin Pencari
Ilustrasi Gambar Apa Dan Siapa Itu SEO Analyst Serta Tujuan Dan Jenis Macam Tools Atau Alatnya Dalam Penjelasan Pengertian Analysis Penoptimalan Mesin Pencari

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan SEO analyst? Ya, seperti yang sudah Kami singgung di atas sebelunya, ini merupakan orang yang menerapkan, malakukan dan mempraktikkan analisanya.

Penganalisa atau SEO analyst adalah orang yang terbilang expert atau ahli dalam menampilkan situs web Anda ke mesin pencari utama.

Mereka juga sering disebut dengan SEO specialist atau expert (baca pengertian SEO specialist atau expert disini) akan mempersiapkan situs web Anda untuk diindeks dan meningkatkan peringkatnya dengan mempelajari kekayaan data yang tersedia melalui alat analisis.

Setelah itu, kemudian mereka menarik kesimpulan, bertukar pikiran tentang ide-ide untuk perbaikan, dan menerapkan ide-ide tersebut.

Memang, prosesnya terdengar sederhana, tetapi setelah Anda mulai membagi tugas individual yang dilakukan SEO setiap hari, Anda akan menemukan bahwa gambaran besar untuk pengoptimalan mesin telusur sebenarnya terdiri dari ribuan gambar serta proses yang kecil.

Setiap tugas yang dilakukan SEO (baca pengertian SEO menurut para pakar dan ahli disini) adalah bagian dari mesin yang bergerak secara smooth (mulus).

Perlu Kami tekankan disini bahwa tugas tersebut mengharuskan analis untuk menarik keterampilan dari bidang yang sangat berbeda, seperti:

  • HTML dan CSS
  • Desain web
  • Pembuatan dan kurasi konten
  • Statistik
  • Analisis data
  • Administrasi bisnis
  • Pengelolaan
  • Teknologi informasi
  • Dan lain sebagainya

Tujuan SEO Analysis

Agar lebih memahami tentang arti dan pengertian SEO analysis, setelah mengetaui apa dan siapa itu SEO analyst di atas, maka adalah merupakan hal yang penting juga bagi Kami untuk menjelaskan beberapa hal terkait tujuannya.

Ya! Wawasan yang Anda peroleh dari analisis SEO memberi Anda arahan di mana Anda dapat meningkatkan konten situs Anda dan aspek teknis untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi visitors (pengunjung) dan untuk menunjukkan konteks mesin pencari dan hubungan antara konten Anda dan query atau permintaan pencarian yang digunakan pengunjung.

Baca Juga :  Membahas Pengertian Manajemen Media Online: Manfaat, Peran, Elemen dan Tools atau Alatnya!

Sederhananya, analisis atau SEO analysis adalah suatu keharusan bagi Anda dengan tujuan utama untuk mendapat ranking atau peringkat lebih tinggi, memperluas jangkauan atau reach (baca pengertian reach disini) Anda, mengarahkan lalu lintas, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Dengan analisis, Anda tidak mengambil bidikan dalam kegelapan (dalam artian secara random atau acak).

Ya, Anda membuat keputusan strategis, yang mengurangi waktu dan sumber daya yang dihabiskan.

Tanpa analisis SEO menyeluruh terhadap situs Anda, sangat tidak mungkin membuat keputusan yang tepat untuk meningkatkan peringkat situs Anda di Search Engine Result Page (SERP).

Macam-Macam Tools atau Alat Analisa (SEO Analysis)

Dalam membahas mengenai apa itu arti dan pengertian analisa atau SEO analysis, dalam subbagian ini Kami juga akan menjelaskan beberapa jenis dan macam tools atau alat analisa (SEO analysis) terbaik yang populer.

Adapun beberapa jenis dan macam-macam tools atau alat SEO analysis populer, dimana Kami pribadi juga sering menggunakannya adalah sebagai berikut.

1. Google Analytics

Jenis dan macam SEO analysis yang pertama yaitu Google Analytics.

Benar! Bagi pemasar atau online marketer, ini seperti udara untuk bernafas.

Yup! Anda tidak bisa hidup tanpanya.

Dengan alat gratis yang disediakan oleh Google ini, Anda dapat mendapatkan berbagai macam hal yang Anda inginkan dari data yang sudah mereka sediakan.

2. Google Search Console

Jika Google Analytics sebelumnya adalah udara yang dihirup oleh pemasar atau digital marketer, maka Google Search Console (sebelumnya Webmaster Tools) merupakan makanan yang dimakan oleh pemasar online.

Kata “webmaster” pada nama sebelumnya memang sedikit keliru.

Kenapa? Tentu saja karena alat ini lebih dari sekadar webmaster (baca pengertian webmaster disini).

Benar, fokus utama alat atau tools ni sangat berkaitan dengan “penelusuran” dan “pengoptimalan”.

3. Ubersuggest

Ubersugest adalah alat SEO all-in-one oleh Neil Patel yang dirancang untuk membantu Anda memenangkan game atau permainan SEO.

Sebagian besar keberhasilan SEO adalah mengetahui apa yang Anda lakukan, apa yang dilakukan pesaing Anda, dan cara menyesuaikan strategi Anda untuk memanfaatkan celah di pasar.

Memulai Ubersugest terbilang cukup mudah, Anda cukup mengetik domain atau kata kunci ke dalam kotak pencariannya dan membiarkan tools-nya berkerja.

4. MozBar

Jenis dan macam tools atau alat SEO analysis yang terakhir yang akan Kami sebutkan disini yaitu adalah alat yang dibuat oleh perusahaan pengoptimalan mesin pencari Moz.

Betul! Knowledge atau pengetahuan adalah kata ang berkaitan erat dengan MozBar.

MozBar membantu Anda menemukan hal-hal yang tepat dalam sekejap.

Tombol MozBar berada tepat di toolbar browser Anda merupakan tempat di mana semua tindakan sedang berlangsung.

Cukup dengan mengklik MozBar, dan Anda menghasilkan laporan instan tentang situs web yang Anda kunjungi.

Tips dan Cara Melakukan Analisa atau SEO Analysis

Selanjutnya, agar kalian lebih memahami tentang penjelaan apa arti SEO analysis, dalam postingan ini Kami juga akan menjelaskan apa saja tips dan bagaimana cara melakukan analisanya.

Ya, meskipun informasi yang sudah Kami jelaskan sebelumnya bisa sangat berguna sebelum Anda mulai melakukan analisis SEO, ada beberapa hal yang perlu diingat saat Anda melakukannya untuk memastikan Anda memantau setiap aspek strategi Anda dengan cermat.

Dalam melakukan analisis yang lebih efektif, Anda akan dapat mengukur dengan lebih baik taktik mana dari strategi Anda yang berhasil, serta apa saja yang tidak berhasil.

Saat Anda melakukan analisis SEO untuk situs web dan strategi Anda saat ini, pertimbangkan tips yang akan Kami jelaskan sebagai berikut:

  • Tidak ada yang namanya terlalu banyak data; Gunakan alat apa pun yang Anda bisa dan pertimbangkan temuan Anda dari masing-masing tools atau alat. Salah satu alatnya mungkin memberikan hasil yang lebih baik daripada yang lain, tetapi menggunakan keduanya secara bersamaan dapat memberikan wawasan yang lebih berguna. Selain itu, ini akan membantu memastikan Anda tidak melewatkan faktor penting apa pun.
  • Pahami temuan analisis Anda; Dengan kata lain, untuk alat apa pun yang Anda gunakan, biarkan situs web Anda tetap terbuka di jendela lain, dan lihat setiap area situs Anda yang dirujuk tools
    tersebut saat Anda menggunakannya.
  • Selalu identifikasi competitor atau pesaing Anda; Dengan gagasan bagus tentang siapa pesaing Anda dan di mana peringkat mereka, Anda dapat mempersempit strategi Anda dan benar-benar melihat siapa yang Anda lawan.
  • Pertimbangkan bagaimana Anda dapat meningkatkan kehadiran media sosial Anda; Tanpa banyak ruang untuk perdebatan, setiap bisnis harus memiliki profil Twitter atau Facebook. Tidak hanya itu, tetapi Anda perlu memastikan bahwa Anda memposting secara teratur dan menjaga engageent (keterlibatan) pemirsa. Dari sini, Anda dapat melihat bagaimana media sosial Anda berkontribusi pada lalu lintas situs, dan seberapa bermakna lalu lintas itu.
Baca Juga :  Mengenal Pengertian Bootstrapping: Apa itu? Sejarah, Tujuan, Macam Tahapan, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan serta Cara Melakukannya!

Terkait hal di atas, adapun 10 langkah dan cara utama yang harus Anda ambil saat melakukan analisis atau SEO analysis yaitu:

  1. Periksa visibilitas Anda di Google; Saat memulai analisis SEO Anda, penting untuk memulai dari sudut pandang luas. Identifikasi berapa banyak halaman situs web Anda yang diberi peringkat di mesin pencari, dan dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang keseluruhan visibilitas situs web Anda di Google.
  2. Periksa URL dan deskripsi meta; URL harus dipersingkat menjadi sekitar 4 (empat) hingga 5 (lima) kata yang menggambarkan konten yang ada di halaman.
  3. Analisis judul dan tajuk; Judul harus menarik perhatian dan mendorong pengguna untuk mengkliknya. Di judul dan tajuk Anda, pastikan Anda menggunakan kata kunci SEO yang tepat untuk halaman Anda.
  4. Evaluasi link masuk (incoming link); Incoming atau tautan masuk juga disebut dengan backlink, ini adalah tautan ke situs Anda yang memiliki hyperlink di situs lain. Tautan balik dapat berfungsi sebagai indikator bagi mesin pencari bahwa situs web Anda adalah sumber yang dapat dipercaya, sehingga benar-benar dapat memengaruhi peringkat SEO Anda menjadi lebih baik.
  5. Analisis skor spam Anda; Skor spam Anda dapat meningkat jika Anda memiliki banyak tautan masuk dari situs web otoritas rendah. Oleh karena itu, saat Anda menganalisis tautan masuk Anda.
  6. Periksa internal link Anda; Tautan internal adalah praktik yang melibatkan penambahan tautan ke halaman lain di situs web Anda untuk membantu pengunjung menavigasi ke halaman yang berbeda. Ini sebenarnya adalah salah satu dari sekian banyak taktik SEO yang bagus untuk membantu meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari. Ditambah hal itu juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna.
  7. Selidiki link yang rusak (broken link); Tautan rusak memengaruhi pengalaman pengguna dan dapat berdampak negatif pada SEO, jadi waspadalah terhadap tautan rusak di situs Anda. Untuk memperbaiki tautan yang rusak, Anda dapat memperbaikinya dengan memastikan ejaan yang tepat, atau Anda dapat menggunakan redirect tipe 301 ke URL yang berbeda namun relevan.
  8. Analisis konten situs web Anda; Benar, konten memainkan peran besar dalam SEO situs web Anda. Periksa konten duplikat apa pun, yang merupakan bendera merah dalam dunia SEO, dan hapus indeks atau hapus sama sakali jika perlu. Selain itu, pastikan konten Anda berkualitas tinggi dan bebas dari kesalahan. Mulailah dengan halaman Anda yang paling populer, lalu lanjutkan ke posting dan halaman yang lebih kecil.
  9. Audit gambar Anda; Hal ini juga merupakan hal yang penting, terutama karena bot mesin telusur tidak dapat merayapi gambar Anda, Anda harus mengoptimalkan gambar dengan teks alt yang tepat untuk mendeskripsikan tampilan dan fungsi gambar tersebut.
  10. Periksa kecepatan halaman Anda; Kecepatan halaman Anda sebenarnya dapat memengaruhi SEO situs web dan pengalaman pengguna secara keseluruhan, jadi Anda harus terus menganalisis kecepatan muat Anda untuk memastikan situs web Anda berjalan dengan cepat dan efisien. Untuk uji kecepatan memuat halaman cepat, Anda dapat menggunakan alat seperti Google PageSpeed ​​Insights.

Kenapa Analisa atau SEO Analysis Penting?

Ilustrasi Gambar Kenapa Dan Mengapa Analisa Atau SEO Analysis Penting Untuk Organisasi Perusahaan Ataupun Perorangan Dalam Penjelasan Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Kenapa Dan Mengapa Analisa Atau SEO Analysis Penting Untuk Organisasi Perusahaan Ataupun Perorangan Dalam Penjelasan Pengertian Dan Artinya

Lalu, mengapa analisa atau SEO analysis merupakan hal yang penting baik itu untuk organisasi, perusahaan maupun perorangan?

Baca Juga :  Inilah Pengertian Hyperlink: Apa itu Link? Fungsi, Jenis, Cara Membuat, Menggunakan dan Contohnya!

Ya, jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya tentang apa pentingnya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Karena Kami juga akan menjelasnnya disini!

Baiklah, perlu kita ingat bahwa aspek lain dari strategi SEO Anda yang ingin Anda analisis adalah pekerjaan SEO teknis yang telah Anda lakukan untuk situs Anda.

Hal ini termasuk kecepatan memuat halaman, pengoptimalan tingkat konversi atau coversion (baca pengertian conversion disini) dalam melakukan praktik SEO analysis, serta bahkan pekerjaan pengkodean sendiri.

Biasanya, Anda memerlukan developer atau pengembang situs web untuk membantu Anda dalam tugas-tugas ini, tetapi melacak kemajuan di sisi SEO teknis hanya memerlukan analisis mendalam tentang metrik yang disediakan oleh tools atau alat yang sudah Kami sebutkan sebelumnya.

Selain itu, kalian juga perlu memahami tentang beberapa faktor penting SEO tahun 2020 yang populer.

Tentu saja, penulisan konten dan SEO teknis hanyalah beberapa bagian integral dari strategi SEO yang baik.

Anda juga perlu memeriksa berapa banyak tautan balik atau backlink yang telah diperoleh untuk situs web Anda dan bagaimana tautan balik tersebut membantu meningkatkan domain situs web dan otoritas laman Anda.

Untungnya, ada banyak sekali daftar alat analisis SEO yang dapat membantu Anda dalam upaya ini.

Analisis SEO dapat membantu Anda membuat keputusan strategis untuk meningkatkan peringkat situs Anda di halaman hasil mesin pencari.

Beberapa alat analisis SEO terbaik termasuk Google Search Console, MozPro dan Ubersuggest oleh Neil Patel.

Kesimpulan

Oke, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Baiklah, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian SEO Analysis, Apa itu SEO Analyst? Tujuan, Macam Tools (Alat), Tips dan Cara Analisa serta Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa analisis atau SEO analysis adalah cara, proses dan langkah memeriksa situs web dalam menemukan semua peluang di situs Anda yang dapat Anda atasi untuk meningkatkan potensi peringkat Anda di halaman hasil mesin pencari atau yang lebih dikenal dengan istilah Search Engine Result Pages (SERPs).

Ini semua melibatkan audit situs Anda dan mengidentifikasi di mana Anda dapat mengoptimalkan bot mesin pencari. Dengan analisis SEO, Anda dapat menemukan aspek apa dari strategi SEO Anda yang berfungsi dan apa kendala terbesar Anda yang mencegah Anda meningkatkan peringkat situs Anda. Analisis SEO yang mendalam mencakup tinjauan konten situs web, kode, struktur, dan authority (otoritas) di luar situs, lalu memberi Anda “skor” SEO. Analisis SEO kompetitif mengambil skor tersebut dan kemudian membandingkan kehadiran web Anda dengan pesaing atau competitor utama Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam artikel SEO kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian SEO Analysis, Apa itu SEO Analyst? Tujuan, Macam Tools (Alat), Tips dan Cara Analisa serta Kenapa itu Penting. Semoga apa yang sudah Kami jelaskan dan terangkan disini dapat bermanfaat serta juga dapat menambah wawasan kalian semua dalam memahami dunia teknologi informasi bidang SEO dan marketing.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini, terutama jika kalian rasa ini bermanfaat bagi sahabat, rekan, serta partner bisnis kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar