Mengenal Pengertian Webmaster: Apa itu Webmaster Tools? Fungsi, Jenis dan Macam Skill serta Caranya Menghasilkan Uang!

0
Gambar Pengertian Webmaster Apa Itu Webmaster Tools Fungsi Tujuan Jenis Dan Macam Macam Skill Atau Keahlian Cara Menjadi Seorang Webmaster Dan Bagaimana Cara Mereka Menghasilkan Uang Atau Make Money
Gambar Pengertian Webmaster Apa Itu Webmaster Tools Fungsi Tujuan Jenis Dan Macam Macam Skill Atau Keahlian Cara Menjadi Seorang Webmaster Dan Bagaimana Cara Mereka Menghasilkan Uang Atau Make Money

Tahukah Kalian, Pengertian Webmaster, Apa itu Webmaster Tools? Fungsi, Jenis dan Macam Skill serta Caranya Menghasilkan Uang! Benar, gelar “webmaster” memang terdengar agak keren. Ya, karier yang dimilikinya mewakili bidang luas pekerjaan teknologi saat ini. Webmaster atau ahli web pertama kali berperan untuk mengelola berbagai aspek situs web sekaligus. Meskipun beberapa perusahaan saat ini masih mencari seorang “webmaster”, pekerjaan tersebut telah berubah menjadi banyak judul berbeda yang mencakup peran dasar yang sama.

Itu semua mencakup seorang profesional yang melakukan banyak tugas berbeda untuk maintenance (pemeliharaan) dan pengoptimalan situs web atau website optimization (baca pengertian website optimization disini). Terlebih lagi saat ini, perusahaan ingin kehadiran online mereka berfungsi, menarik, dan mudah ditemukan oleh pencari di internet. Situs web juga merupakan platform raksasa untuk pemasaran. Terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian webmaster. Berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Webmaster

Ahli web atau webmaster adalah seseorang yang membuat dan mengelola konten dan organisasi situs web, mengelola server komputer dan aspek pemrograman teknis situs web atau melakukan keduanya.

Perusahaan yang mengiklankan lowongan webmaster biasanya seringkali berbeda-beda dalam penggunaan istilah tersebut.

Di perusahaan yang lebih kecil, webmaster biasanya menangani semua teknologi yang terkait dengan situs web.

Sedangkan pada perusahaan yang lebih besar, webmaster cenderung menjadi seseorang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dengan HTML (baca pengertian HTML disini) atau orang yang lebih teknis dengan beberapa keterampilan pemrograman atau programming (baca selengkapnya tentang apa itu programming disini).

Apa itu Webmaster Tools?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Webmaster Tools Dalam Membahas Pengertian Dan Arti Seorang Webmaster Atau Ahli Web Serta Fungsinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Webmaster Tools Dalam Membahas Pengertian Dan Arti Seorang Webmaster Atau Ahli Web Serta Fungsinya

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan webmaster tools? Ya, berkenaan dengan apa yang sudah Kami jelaskan di atas, seorang webmaster memerlukan berbagai tools atau alat untuk mengoptimalkan situs mereka dan memastikan mesin telusur menampilkan situs mereka untuk kueri yang dipilih.

Karena ada berbagai mesin pencari yang tersedia, setiap penyedia menawarkan seperangkat alat yang sesuai untuk layanan mereka sendiri.

Sebagai contoh misalnya, mesin telusur atau search engine seperti Google, Bing, Yandex dan Baidu menyediakan seperangkat alatnya sendiri untuk mengoptimalkan situs web.

Provider search engine (mesin telusur) menawarkan Alat atau Webmaster tools Hadir sebagai paket untuk tujuan pemantauan dan pengoptimalan situs web

Tentang Pengertian Webmaster Tools (Google, Bing, Yandex dan Lain Sebagainya)

Fungsi Seorang Webmaster dan Tujuannya

Setelah kita mengetahui apa itu arti dan pengertian webmaster di atas, maka adalah merupakan hal yang penting juga bagi Kami untuk menjelaskan tentang fungsi dari seorang webmaster terutama terkait tujuan mereka.

Benar, secara umum, webmaster adalah jack-of-all-trade dalam hal manajemen situs web.

Tetapi mungkin tidak harus memiliki keahlian yang sama seperti seorang profesional web yang lebih terspesialisasi.

Seorang webmaster merupakan salah satu deskripsi pekerjaan awal dalam pengembangan web dan tidak lagi digunakan karena lebih banyak spesialisasi diperlukan oleh situs web besar.

Namun, tidak jarang situs yang lebih kecil masih memiliki satu webmaster untuk memainkan semua peran yang dipisahkan oleh situs yang lebih besar antara desainer web, analis web, manajer konten, editor web, dan lainsebagainya.

Pada intinya, dapat kita persingkat bahwa istilah webmaster adalah administrator situs website (baca pengertian website menurut para ahli disini).

Terkait fungsinya sendiri, adapun tanggung jawab serta tujuan dari webmaster meliputi:

  • Mendaftarkan dan pertahankan nama domain situs website.
  • Merancang situs web, atau mengawasi perancang dan pemrogram halaman.
  • Melakukan pemantauan ukuran situs untuk memastikan bandwidth yang diizinkan dan ruang disk tidak terlampaui.
  • Merencarakan growth atau pertumbuhan, persyaratan, dan batasan situs web di masa mendatang.
Baca Juga :  Memahami Pengertian Technopreneur (Teknopreneur): Apa itu Technopreneurship? Sejarah, Ciri dan Karakteristik, Contoh serta Cara Menjadi Teknopreneur yang Sukses!

Jadi apa tugas, tujuan dan fungsi mereka secara spesifik?

Benar, Kami pribadi menghabiskan sebagian besar waktu dalam kapasitas manajer proyek bekerja dengan tim pengembangan dan desainer dalam menyelesaikan proyek.

Selain itu, Kami juga memecahkan masalah, mencari solusi, dan membuat konten saat dibutuhkan.

Tugas harian seorang webmaster bisa terbilang sangat fleksibel.

Sebagai contoh misalnya, hari ini, Kami telah menulis laporan berdasarkan analitik, memecahkan masalah untuk klien, mengirim e-mail ke tim pemrograman untuk pembaruan status dan merancang situs web.

Perubahan situs web dan strategi marketing (pemasaran) cenderung menjadi hal yang paling banyak dihabiskan oleh beberapa webmaster.

Terlebih jika ada perubahan pada situs web, sering kali hal itu berkaitan dengan inisiatif pemasaran.

Saya sendiri sebagai Webmaster Blog Belajar Teknologi dan Informasi dapat mengatakan bahwa tugas Kami dapat bervariasi dari hari ke hari.

Seringkali Kami memperbarui semua plugin dan memastikan bahwa keamanan yang mutakhir, serta memeriksa SEO untuk memastikan bahwa semua yang Kami lakukan akan berfungsi.

Lebihnya, Kami juga memeriksa konsol Google Analytics dan peta situs (sitemap) untuk memastikan tidak ada tautan yang rusak atau yang lebih dikenal dengan istilah broken link.

Kami juga menjalankan audit situs reguler menggunakan alat seperti MOZ dan membuat halaman arahan baru untuk kampanye yang dibutuhkan situs web.

Jenis dan Macam-Macam Skill yang Harus Dimiliki Seorang Webmaster

Jenis Dan Macam Macam Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Webmaster Atau Ahli Web
Jenis Dan Macam Macam Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Webmaster Atau Ahli Web

Agar lebih memahami tentang apa arti dari webmaster, setelah kita mengetahui fungsi dan tujuannya di atas, dalam subbagian ini, Kami juga akan menjelaskan tentang apa saja jenis dan macam-macam skill yang harus dimiliki oleh seorang ahli web.

Benar, terutama karena webmaster menangani begitu banyak jenis pemeliharaan dan pengoptimalan web, ada beberapa keterampilan yang berguna untuk pekerjaan itu.

Di bawah ini adalah beberapa jenis dan macam skill atau keahlian yang harus dan biasanya dimiliki oleh para webmaster.

a. WordPress dan HTML

Jenis dan macam keahlian yang pertama adalah WordPress dan HTML.

Ya, webmaster melakukan bagian yang adil dalam pengembangan web.

Kami pribadi menyarankan untuk mempelajari HTML dasar dan pelajari plugin yang Anda suka gunakan jika menggunakan WordPress.

Dengan mendapati serta menemukan tools (alat), platform (baca pengertian platform disini), atau pintasan lain yang dapat membuat hidup Anda lebih mudah.

Itu juga akan membantu Anda terhindar dari masalah menghabiskan waktu untuk pekerjaan yang lebih dalam.

Dimana ini lebih menarik daripada tugas yang berulang dan tidak beraturan.

b. Graphic Design

Berikutnya adalah graphic design, ya! Webmaster juga melakukan banyak desain web.

Meskipun Anda mungkin dapat mempelajari dasar-dasarnya hanya dengan mendalaminya, mempelajari desain grafis akan meningkatkan kualitas dan kecepatan pekerjaan Anda.

c. Search Engine Optimization (SEO)

Jenis dan macam berikutnya yaitu adalah pengoptimalan mesin pencari atau Search Engine Optimization (SEO).

SEO teknis juga bagus untuk webmaster, dan memahami bagaimana Google serta mesin pencari lainnya memberi peringkat pada situs web Anda dan konten seperti apa yang akan diberikan penalti.

Bagian pekerjaan ini biasanya juga merupakan harapan besar dari klien.

Berurusan dengan klien yang memiliki harapan yang tidak realistis, seperti ingin segera mendapatkan peringkat di halaman pertama Google untuk kata kunci atau keyword (baca pengertian keyword disini) di situs mereka, memang terdengar menjengkelkan.

Jika Anda memahami sisi teknis SEO, maka Anda akan dapat menjelaskan beberapa aspek kepada klien Anda serta memberikan hasil yang berarti dengan situs web mereka.

d. Writing

Kemudian yaitu penulisan atau writing, karena banyak webmaster bekerja untuk organisasi yang mungkin tidak memiliki staf atau sumber daya untuk mempekerjakan spesialis khusus, keterampilan menulis juga bisa sangat membantu.

Perlu kalian ketahui bahwa merupakan sebuah hal yang cukup umum untuk memberikan dukungan copywriting ringan untuk kampanye sebuah termasuk salinan situs web dan kampanye media sosial.

e. Content Strategy

Memiliki ide dasar tentang strategi konten atau content strategy juga penting bagi webmaster.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Tujuan: Menurut Ahli, Makna dan Jenisnya!

Kapan pun klien Anda mengandalkan Anda untuk aspek marketing (pemasaran), penjelasan atau bahkan kemampuan memberi nasihat kepada mereka dalam strategi konten akan menjadi kuncinya.

Klien akan membuat permintaan dari Anda, dan terserah Anda untuk mencari tahu atau meneliti apa itu untuk menasihati mereka dalam menemukan vendor untuk membantu mereka dengan apa yang perlu mereka ketahui.

Cara Menjadi Seorang Webmaster (Ahli Web)

Terkait arti dan pengertian webmaster serta apa saja jenis dan macam skill atau keahlian yang harus mereka miliki di atas, lalu bagaimana caranya untuk menjadi seorang webmaster (ahli web) yang baik?

Oke, mari kita perjelas sekali lagi dalam subbagian ini bahwa bidang pengetahuan webmaster kian meluas dari dasar-dasar pemrograman hingga bekerja dengan konten.

Memang, itu semua tergantung pada tujuan spesifik yang ditetapkan oleh webmaster atau supervisor mereka.

Walaupun Kami pribadi akan lebih mempertimbangkan seperangkat basic skill atau pengetahuan dasar yang akan berguna bagi setiap webmaster.

Adapun cara untuk menjadi seorang webmaster atau ahli web yang baik dan yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut.

1. Mempelajari CMS Populer

Untuk menjadi seorang ahli web yang pertama adalah dengan mempelajari CMS yang populer.

CMS adalah sistem manajemen konten atau content management system yang berisi alat yang diperlukan untuk membuat dan mengedit konten.

Sistem manajemen konten paling populer di dunia adalah WordPress, Joomla, Drupal.

Dengan mempelajari serta bekerja dengan ini, maka Anda sudah memenuhi salah satu syarat untuk menjadi seorang webmaster yang baik.

2. Memahami Administrasi Situs Website

Cara berikutnya adalah dengan memahami administrasi situs website.

Ada banyak tugas rutin yang kecil tapi sangat penting dalam mengerjakan sebuah situs web, sebagai contoh misalnya, memperbarui domain, membayar hosting, memperbarui plugin, dan lain sebagainya.

Percuma menguasai tugas-tugas ini secara teori, Anda harus benar-benar mencoba melakukannya.

Perlu kalian ketahui bahwa memilih dan mendaftarkan domain bukanlah hal yang sulit.

Memiliki satu domain selama satu tahun akan menelan biaya sekitar Rp. 100.000 – Rp. 150.000.

Harga dapat bervariasi tergantung pada nama domain yang Anda pilih.

3. Mempelajari Google Search Console

Kemudian yaitu dengan mempelajari Google Search Console.

Ya, ini adalah alat utama untuk bekerja menjadi seorang webmaster.

Layanan Google Search Console menampilkan data tentang mengindeks laman situs web Anda di Google, memberi tahu Anda tentang masalah keamanan, dan menunjukkan kueri apa yang dimasukkan pengguna untuk menemukan situs web Anda.

4. Memahami SEO (Search Engine Optimization)

Selanjutnya yaitu dengan memahami SEO (Search Engine Optimization).

SEO kontemporer adalah ilmu di persimpangan antara semantik dan marketing (pemasaran).

Lalu, mulai dari mana?

Anda dapat membaca artikel Kami yang membahas tentang pengertian SEO menurut para ahli disini.

Benar, Anda harus mempelajari bagaimana search engine atau mesin pencari bekerja sekarang, apa hasil pencariannya, tugas apa yang dimiliki robot pencari dan faktor penilainya.

Tingkat mahir atau advanced SEO adalah mempelajari cara membuat kernel semantik untuk situs web, mengurai kata kunci, dan menggunakannya untuk membuat spesifikasi persyaratan teknis untuk artikel.

5. Mempelajari Google Analytics

Yang ke-5 (lima) adalah dengan mempelajari Google Analytics.

Ini adalah layanan untuk melacak lalu lintas situs web dan perilaku pengguna di laman dan ini juga merupakan salah satu hal dasar yang harus diketahui oleh seorang webmaster.

6. Produksi Konten

Cara selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah produksi konten.

Anda memang tidak harus menulis artikel sendiri, tetapi Anda perlu tahu konten apa yang disukai pengguna dan mesin pencari di ceruk atau niche tertentu.

Produksi konten atau content production sangat berguna ketika kita menetapkan tugas kepada seorang copywriter atau editor.

Terkait faktor penting SEO di tahun 2020, saat ini konten website bukan hanya sekedar teks, melainkan campuran video, foto, infografik, tabel, polling, dan format lain sebagainya.

7. Analisis Kompetitif

Yang ke-7 (tujuh) yaitu adalah analisis kompetitif, ya! Maksud dari keuntungan besar adalah kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis situs web pesaing (competitor) dalam hal kemunculan mereka di hasil pencarian.

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Tutorial: Apa itu Tutor? Definisi, Tujuan, Jenis, Macam Strategi, Contoh serta Perbedaannya!

Ini juga termasuk analisa kata kunci (keyword analysis) yang mereka gunakan untuk pengoptimalan, peringkat situs web dalam hasil pencarian.

Saat ini, tugas ini tersedia dan sangat disederhanakan dengan berbagai layanan.

8. Kegunaan Situs Website

Yang terakhir adalah usability atau kegunaan situs website.

Sederhananya, usability atau kegunaan adalah kenyamanan menggunakan situs web.

Anda harus menguasainya untuk memahami cara meningkatkan durasi sesi rata-rata situs web.

Mengurangi rasio pentalan atau bounce rate (baca pengertian bounce rate disini) dan lain sebagainya.

Bagaimana Seorang Webmaster Menghasilkan Uang (Make Money)?

Kemudian, bagaimana dan dari apa seorang webmaster dapat menghasilkan uang atau yang lebih dikenal dengan istilah make money?

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, salah satu fungsi dari seorang webmaster adalah untuk membuat sebuah website berguna dan banyak diakses oleh klien dan pengunjung.

Jika lalu lintas ke situs web atau traffic (baca pengertian traffic disini) stabil (sekitar 100-500 pengunjung per hari), maka Anda dapat menambahkan situs web tersebut ke jaringan iklan.

Sebagai contoh misalnya seperti iklan MGID, Adf.ly dan Google Adsense (baca selengkapnya tentang apa itu Google Adsense disini).

Semakin banyak traffic atau lalu lintas pengunjung website, maka semakin tinggi pendapatan dan semakin banyak metode monetisasi yang dapat Anda sambungkan ke situs web Anda (program afiliasi, link atau tautan, iklan langsung serta pembuatan prospek lainnya).

Secara umum, pekerjaan webmaster wiraswasta dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Membuat situs web menggunakan mesin dan alat gratisan.
  • Memikirkan struktur dan fungsinya serta mengisinya dengan konten yang bermanfaat.
  • Mendapatkan traffic atau lalu lintas, dan mulai menghasilkan uang (make money).
  • Dan kemudian bekerja untuk meningkatkan sumber dayanya seperti menerbitkan artikel baru, menemukan konten keren dan cara menyajikannya untuk terus mengembalikan audiens (baca apa itu audiens disini) ke situs web.

Kesimpulan

Oke baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Webmaster, Apa itu Webmaster Tools? Fungsi, Jenis dan Macam Skill serta Caranya Menghasilkan Uang di atas, dapat kita simpulkan bahwa seorang ahli web atau webmaster adalah spesialis situs web untuk semua perdagangan. Mereka dapat bekerja di rumah untuk sebuah perusahaan atau membuat situs web untuk sendiri. Istilah webmaster terlihat lebih luas di situs web daripada hanya seorang developer atau pengembang.

Seorang webmaster tidak diharuskan untuk memahami gaya CSS atau kode mesin tetapi harus menafsirkan gambaran keseluruhan dari fungsionalitas seluruh situs web. Mereka juga tidak perlu mengetahui bahasa pemrograman dan seluk-beluk layout (tata letak). Saat ini, webmaster lebih merupakan manajer yang kompeten yang tahu siapa dan apa yang harus didelegasikan untuk mencapai hasil dan best practice (praktik terbaik).

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Webmaster, Apa itu Webmaster Tools? Fungsi, Jenis dan Macam Skill serta Caranya Menghasilkan Uang di atas. Semoga apa yang sudah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam belajar tentang dunia teknologi informasi dan website.

Jangan lupa share atau bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja atau mitra bisnis Anda semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar