Ini Penjelasan Pengertian Technical Report: Apa itu? Tujuan dan Fungsi, Macam Karakteristik, Contoh serta Tips dan Cara Menulisnya!

0
Gambar Pengertian Apa Itu Arti Technical Report Atau Laporan Teknis
Gambar Pengertian Apa Itu Arti Technical Report Atau Laporan Teknis

Tahukah Anda, Pengertian Technical Report, Apa itu Technical Writing Report? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Karakteristik, Contoh serta Tips dan Cara Menulisnya! Laporan teknis memperkenalkan kemajuan atau hasil penelitian ilmiah. Ini mungkin termasuk informasi tentang detail eksperimental, pengembangan perangkat lunak, atau sebuah rencana. Dokumen-dokumen ini menjelaskan proses, kemajuan, hasil penelitian teknis, ilmiah, keadaan masalah penelitian teknis atau ilmiah dan mungkin juga termasuk rekomendasi serta kesimpulan dari penelitian.

Tidak seperti literatur ilmiah lainnya, seperti jurnal ilmiah dan prosiding beberapa konferensi akademik, technical report (laporan teknis) jarang menjalani peer review independen yang komprehensif sebelum dipublikasikan dan dianggap sebagai literatur abu-abu. Di mana ada proses peninjauan, ini seringkali terbatas di dalam organisasi asal. Demikian pula, tidak ada prosedur penerbitan formal untuk laporan semacam itu, kecuali jika dibuat secara lokal. Dalam postingan ini, Kami akan membahas tentang apa itu pengertian technical report dan contohnya. Langsung saja berikut adalah ulasannya!

Pengertian Technical Report

Berarti laporan teknis (dalam bahasa Indonesia), technical report adalah dokumen yang menjelaskan kemajuan, proses, atau hasil penelitian ilmiah atau teknis.

TR (singkatan dari technical report) tidak ditinjau sejawat kecuali kemudian diterbitkan dalam jurnal tinjauan (peer-review) menurut sumber Situs Libguides.

Apa itu Technical Writing Report?

Jadi, apa itu yang dimaksud technical writing report? Ya, terkait seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih mengacu pada cara penulisannya.

Namun pada intinya, kata technical writing report dengan technical report saja mempunyai makna sama.

Laporan teknis biasanya dokumen yang ditulis oleh seorang peneliti yang merinci hasil suatu proyek dan diserahkan kepada supervisor atau sponsor proyek itu.

Ini seringkali mencakup beberapa rekomendasi dan kesimpulan.

Technical writing report atau laporan penulisan teknis dapat dianggap sebagai literatur abu-abu karena jarang menjalani peer review independen yang komprehensif sebelum dipublikasikan.

Technical report ini adalah sumber informasi (baca pengertian informasi disini) teknis atau ilmiah yang bagus.

Mereka dapat ditulis untuk distribusi yang lebih luas atau internal.

Untuk membangun kebaruan, laporan teknis dapat dianggap sebagai bentuk utama dari karya ilmiah ketika peneliti tidak ingin menunggu ketika jurnal akademik menerbitkan karyanya.

Jadi, seperti yang Anda lihat, laporan teknis merupakan bagian penting dari penelitian yang juga harus ditulis sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Dimana di bawah ini, Kami juga akan menjelaskan beberapa tips tentang cara menulisnya.

Tujuan dan Fungsi Technical Report (Laporan Teknis)

Gambar Tujuan Fungsi Serta Jenis Dan Macam Macam Technical Report Beserta Contoh Laporan Teknisnya
Gambar Tujuan Fungsi Serta Jenis Dan Macam Macam Technical Report Beserta Contoh Laporan Teknisnya

Agar lebih memahami tentang apa itu arti dan pengertian technical report (laporan teknis), pastinya merupakan hal yang penting juga bagi kalian untuk mengetahui apa sebenarnya tujuan dan fungsi mereka.

Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas mengenai tujuan utamanya sendiri, laporan teknis biasanya dibuat untuk melaporkan kebutuhan penelitian tertentu.

Mereka dapat berfungsi sebagai laporan pertanggungjawaban kepada organisasi yang mendanai penelitian (dalam hal ini yaitu sponsor).

Mereka menyediakan akses ke informasi sebelum dipublikasikan di tempat lain.

Laporan teknis biasanya tidak ditinjau (secara) sejawat.

Mereka perlu dievaluasi bagaimana masalah, metode penelitian, dan hasilnya dijelaskan.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Akun Premium: Apa itu Premium Account? Manfaat, Contoh, Cara Upgrade serta Apakah Mereka Setimpal?

Kemudian untuk fungsinya, disini Kami akan menjelaskannya dalam 2 (dua) bidang, yaitu:

  1. Industri
  2. Akademik

1. Industri

Yang pertama yaitu fungsi technical report (laporan teknis) dalam bidang industri.

laporan teknis digunakan untuk mengkomunikasikan informasi teknis.

Informasi ini membantu dalam pengambilan keputusan.

Sebagai contoh misalnya, dalam pembelian peralatan, atau mencari solusi untuk masalah teknis.

Pertimbangan penting saat menyiapkan technical report yaitu audiens (baca pengertian audiens disini) dan tujuan laporan.

Untuk contoh misalnya, seperti ketika memberi pengarahan kepada manajer, untuk memberikan informasi latar belakang teknis bagi orang awam yang terkait dengan proyek, atau untuk membuat rekomendasi kepada pengawas teknis.

Faktor-faktor ini menentukan tingkat teknis bahasa dan konsep yang terlibat.

2. Akademik

Berikutnya yaitu di bidang akademik atau universitas, penulisan laporan teknis adalah format tugas yang sering digunakan di fakultas teknik dan ilmu terapan.

Ini karena tugas mengharuskan siswa untuk menggambar teori dan situasi dunia nyata secara bersamaan, dan untuk menyajikan informasi dalam format yang terstruktur dan dapat diakses.

Sebagai contoh misalnya, mahasiswa teknik mungkin diminta untuk memecahkan masalah desain atau menyelidiki dan mengevaluasi solusi untuk masalah lingkungan.

Sementara mahasiswa teknologi informasi dan informatika (baca pengertian informatika menurut ahli disini) mungkin diminta untuk mengembangkan program atau rencana manajemen informasi untuk masalah atau perusahaan tertentu atau untuk mengevaluasi perkembangan terkini di industri telekomunikasi.

Mempelajari bagaimana melaporkan informasi teknis kepada orang lain merupakan komponen penting dari studi teknis.

Jenis Technical Report atau Laporan Teknis

Setelah kita mengetahui arti, definisi serta apa itu technical report (laporan teknis) beserta tujuan dan fungsinya di atas, kita juga harus mengetashui jenis, macam-macam serta contohnya.

Pada umumnya, Anda dapat memilih untuk menulis salah satu dari jenis laporan berikut untuk membuat technical report.

a. Laporan Latar Belakang Teknis

Jenis yang pertama adalah laporan latar belakang.

Ini adalah yang paling sulit untuk didefinisikan tetapi yang paling umum ditulis.

Jenis laporan teknis ini memberikan latar belakang tentang suatu topik.

Sebagai contoh misalnya, energi matahari, pemanasan global, teknologi CD-ROM, masalah medis, atau hal yang berkaitan dengan pemerintah dan negara.

b. Instruksi

Jenis technical report berikutnya yaitu bentuk instruksi.

Ini mungkin yang paling familiar dari semua jenis laporan.

Mahasiswa sering menulis prosedur cadangan untuk pekerjaan yang mereka lakukan di tempat kerja.

Sementara yang lain menulis manual pengguna singkat untuk suatu alat, perlengkapan, atau program.

c. Kelayakan, Rekomendasi, dan Laporan Evaluasi

Jenis dan macam berikutnya yaitu kelayakan, rekomendasi dan laporan evaluasi.

Jenis laporan lain yang berguna mungkin adalah laporan yang mempelajari masalah atau peluang dan kemudian membuat rekomendasi.

Laporan kelayakan memberi tahu apakah suatu proyek “layak”, yaitu, apakah praktis dan memungkinkan secara teknologi.

d. Laporan Penelitian Utama

Penelitian primer atau penelitian utama mengacu pada pekerjaan aktual yang dilakukan seseorang di laboratorium atau di lapangan.

Dengan kata lain, ini seperti eksperimen dan survei.

e. Spesifikasi Teknis

Dalam jenis laporan spesifikasi teknis, Anda membahas beberapa desain produk baru dalam hal konstruksi, material, fungsi, fitur, pengoperasian, dan potensi pasarnya.

Teksnya terbilang padat, terfragmentasi seperti tabel, daftar, dan grafik menggantikan kalimat dan paragraf biasa jika memungkinkan.

f. Proposal Panjang

Kemudian yaitu proposal panjang.

Seperti yang mungkin Anda ketahui, proposal bisa menjadi dokumen monster ratusan atau bahkan ribuan halaman.

Sebagian besar elemennya sama, hanya lebih besar.

Ditambah elemen dari jenis laporan lain yang diimpor seperti diskusi kelayakan, tinjauan literatur, dan kualifikasi.

Betul, ini terbilang menjadi jauh lebih rumit terkait pembuatannya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian BPO: Apa itu Business Process Outsourcing dan Company? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam serta Kelebihan dan Kekurangannya!

g. Prospektus Bisnis

Jenid dan macam technical report (laporan teknis) terakhir yaitu prospektus bisnis.

Jika Anda berambisi untuk menjalankan bisnis sendiri, Anda dapat menulis prospektus bisnis, yaitu rencana atau proposal untuk memulai bisnis baru.

Atau mengembangkan bisnis yang sudah ada.

Ini biasanya ditujukan terutama untuk calon investor.

Macam-Macam Karakteristik, Disiplin, Format dan Elemen Bagian Technical Report

Selain membahas tentang arti technical report (laporan teknis), dalam subbagian ini Kami juga kan menjelaskan beberapa macam karakteristik, disiplin, format dan elemen bagiannya.

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, mereka seringkali menjelaskan proses, kemajuan, atau hasil penelitian teknis atau ilmiah.

Ini dapat menyertakan detail, data, dan hasil eksperimental yang mendalam.

Karakteristik Technical Report (TR) terbilang sangat bervariasi, yakni:

  • Dapat berisi data, kriteria desain, prosedur, tinjauan pustaka, riwayat penelitian, tabel rinci, ilustrasi gambar dan penjelasan pendekatan yang tidak berhasil.
  • Dapat diterbitkan sebelum literatur jurnal terkait, dan mungkin memiliki detail yang lebih banyak atau berbeda dari artikel jurnal berikutnya.
  • Technical report (laporan teknis) mungkin berisi lebih sedikit informasi latar belakang karena sponsor sudah mengetahuinya.
  • Mereka juga mungkin memiliki akses terbatas.
  • Laporan yang bersifat rahasia dan ekspor terkontrol.
  • Technical report atau laporan teknis mungkin berisi akronim, jargon (baca pengertian jargon disini) dan kode yang tidak jelas sebagai bagian dari informasi identitas.

Kemudian untuk disiplin dari technical report (laporan teknis) ini mencakup:

  • Ilmu fisika
  • Teknik
  • Pertanian
  • Ilmu biomedis
  • Ilmu sosial
  • Pendidikan
  • Dan lainnya

Penelitian dan pengembangan dokumennya biasanya dilakukan oleh:

  • Lembaga pemerintah (seperti NASA, departemen pertahanan atau energi yang biasanya merupakan sponsor utama penelitian.
  • Organisasi atau perusahaan komersial.
  • Organisasi non-profit, non-pemerintah.
  • Atau seperti institusi pendidikan.

Untuk formatnya sendiri, technical report (laporan teknis) biasanya dibuat dalam:

  • Bentuk cetak
  • Mikroform
  • Digital

Beberapa Technical Report (TR) lama mungkin telah didigitalisasi dan tersedia dalam teks lengkap di intranet dan yang lebih baru harus dalam bentuk digital.

Lalu, untuk elemen dan bagiannya, laporan teknis tipikal biasanya terdiri dari elemen-elemen berikut:

  • Halaman judul
  • Pendahuluan
  • Detail eksperimental
  • Hasil dan diskusi
  • Isi atau body (tubuh)
  • Kesimpulan

Benar, untuk bagian kesimpulannya, mereka mungkin termasuk seperti rekomendasi, referensi, bibliografi, ucapan terima kasih dan lampiran.

Contoh Technical Report atau Laporan Teknis

Seperti yang kalian lihat pada gambar galeri di atas, itu merupakan contoh dari technical report (laporan teknis).

Benar, sebagaimana gambar di atas, laporan teknis mencakup penelitian yang dilakukan oleh pemerintah, perusahaan, dan lembaga pendidikan, bekerja sama dengan lembaga pemerintah, atau menggunakan dana federal.

Terlepas daripada itu, laporan teknologi memberikan informasi tentang proses, kemajuan atau hasil proyek, penelitian, dan kegiatan organisasi atau lembaga atau departemen.

Mereka digambarkan sebagai antara buku dan artikel jurnal, dan karena mereka didistribusikan oleh organisasi dan bukan oleh penerbit mereka sering disebut sebagai “literatur abu-abu”.

Laporan teknis ini tidak selalu merupakan bagian dari proses tinjauan sejawat.

Sekali lagi Kami tekankan, fungsi utama dari technical report (laporan teknis) ini biasanya untuk memberikan pernyataan resmi tentang temuan penelitian kepada sponsor atau pemberi kerja, seperti pemerintah federal.

Ketika pemerintah melakukan atau mensponsori penelitian, mereka mungkin memerlukan sebagai bagian dari kontrak yang melaporkan penelitian dipublikasikan sebagai cara untuk menjaga pengungkapan publik.

Tips dan Cara Menulis Technical Report (Laporan Teknis) yang Baik

Kemudian bagaimana tips cara menulis technical report (laporan teknis) yang baik, bagus dan benar.

Baiklah, jika kalian yang sebelumnya masih kebingungan tentang contoh dan cara menulisnya yang baik, maka dapat Kami katakan disini bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Vector Image: Apa itu Gambar atau Vector Graphics? Fungsi, Manfaat dan Keuntungan, Format serta Perbedaannya dengan Raster!

Mengapa, ya tentu saja karena Kami akan memberikan tips dan cara terbaiknya disini!

Oke, laporan teknis tidak jauh berbeda dari jenis dokumen teknis lainnya.

Pertama-tama, mulailah dengan mempelajari audiens Anda, sasaran laporan teknis, sumber apa (artikel, blog) yang dapat membantu Anda menulis laporan yang baik, dan sebagainya.

Kemudian buat daftar semua ide Anda tentang topik yang muncul di benak Anda, pilah ke dalam kelompok.

Benar, hal ini akan menjadi garis besar laporan teknis masa depan Anda.

Sekarang, Anda siap untuk draf pertama.

Disini Kami ingin memberi Anda beberapa tips tentang cara menulis laporan teknis yang baik untuk membantu Anda membuat draf pertama yang bagus dan menghemat waktu Anda:

  1. Saat Anda menelusuri informasi di internet, perlu diingat, tidak semua informasi dapat diandalkan, jadi periksa dengan 2 (dua) kali. Cara terbaik adalah membaca buku, jurnal, dan artikel yang relevan.
  2. Berbicara tentang pemformatan, tetap gunakan satu format, jangan gunakan font yang berbeda dalam pekerjaan Anda. Jika Anda ingin menyoroti sebuah ide, gunakan huruf tebal atau miring.
  3. Heading dan subheadings harus jelas untuk memudahkan pencarian informasi yang diperlukan. Mereka juga membantu pembaca mendapatkan ide utama dengan cepat.
  4. Anda boleh menggunakan informasi orang lain, tetapi menggunakan kutipan, plagiarisme bukanlah ide yang baik untuk menulis konten.
  5. Koreksi konten Anda menggunakan tip ini atau pemeriksa tata bahasa gratis seperti Grammarly dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Oke baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Technical Report, Apa itu Technical Writing Report? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Karakteristik, Contoh serta Tips dan Cara Menulisnya di atas, dalam kita simpulkan laporan ilmiah, teknis atau technical report adalah bentuk dokumen yang menjelaskan terkait tentan proses, progress (kemajuan), serta hasil penelitian teknis atau ilmiah atau keadaan masalah penelitian teknis atau bidang ilmiah.

Perlu kalian ketahui bahwa technical report ini mungkin juga termasuk sebagai bentuk rekomendasi dan kesimpulan dari adanya sebuah penelitian. Berbeda dengan beberapa literatur ilmiah lainnya, sebagai contoh misalnya seperti jurnal ilmiah dan prosiding beberapa konferensi akademik, laporan teknis biasanya tidak (jarang) menjalani peer review independen yang komprehensif sebelum dipublikasikan (dibuat secara lokal).

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam postingan artikel kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Technical Report, Apa itu Technical Writing Report? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam Karakteristik, Contoh serta Tips dan Cara Menulisnya. Semoga apa yang telah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta juga menambah wawasan kalian semua dalam belajar tentang dunia teknologi informasi dan bidang ilmiah.

Jangan lupa like, share dan subscribe blog serta YouTube Kami untuk berbagai tips dan trik, download serta macam-macam informasi dunia IT yang mengedukasi lainnya. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar