Memahami Pengertian Jargon: Apa itu Jargon? Definisi, Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi, Contoh, Perbedaannya dengan Slang serta Kenapa itu Penting?!

0
Gambar Pengertian Jargon Apa Itu Jargon Definisi Menurut Para Ahli Tujuan Dan Fungsi Contoh Kata Dan Perbedaannya Dengan Slang Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Pengertian Jargon Apa Itu Jargon Definisi Menurut Para Ahli Tujuan Dan Fungsi Contoh Kata Dan Perbedaannya Dengan Slang Serta Kenapa Itu Penting

Tahukah Kalian, Pengertian Jargon, Apa itu Jargon? Definisi, Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi, Contoh Kata dan Perbedaannya dengan Slang serta Kenapa itu Penting? Perlu kalian ketahui bahwa secara umum, kata ini adalah sesuatu yang mengacu pada bahasa khusus kelompok profesional atau suatu bidang pekerjaan. Meskipun bahasa ini sering dan hanya berguna serta diperlukan bagi mereka yang ada di dalam grup, bahasa jargon biasanya terbilang tidak memiliki arti sama sekali bagi sebagian orang (terutama yang berada di luar bidang terkait).

Beberapa bidang profesi memiliki banyak jargon mereka sendiri, bahkan hingga dengan nama orangnya sendiri. Sebagai contoh misalnya, pengacara menggunakan legalese, sedangkan akademisi menggunakan akademis. Jargon juga terkadang dikenal dengan lingo (yang artinya adalah istilah) atau argot. Oke, terkait hal tersebut di atas, dalam postingan kali ini, Kami akan membagikan ulasan secara lebih lengkap dan detail tentang pengertian dan apa itu jargon menurut ahli serta perbedaannya dengan slang (bahasa gaul). Oke baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Jargon

Jargon adalah istilah untuk bahasa khusus atau teknis yang hanya dipahami oleh mereka yang menjadi anggota kelompok atau yang melakukan perdagangan tertentu.

Sebagai contoh misalnya, profesi hukum memiliki banyak istilah yang dapat dianggap jargon, atau istilah yang hanya sering digunakan mereka (para pengacara dan hakim).

Seorang blogger atau penulis terkadang menggunakan jargon untuk menarik kelompok tertentu, atau untuk menanamkan makna tersembunyi di balik tulisan mereka yang hanya dimengerti kelompok tertentu.

Apa Itu Jargon?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Jargon Definisi Dan Pengertian Katanya Menurut Para Ahli Atau Pakar
Ilustrasi Gambar Apa Itu Jargon Definisi Dan Pengertian Katanya Menurut Para Ahli Atau Pakar

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan jargon ini? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan pada penjelasan artinya di atas, ini merupakan bahasa kompleks yang digunakan oleh para ahli dalam bidang atau disiplin ilmu tertentu.

Bahasa ini sering membantu para ahli berkomunikasi dengan jelas dan lebih presisi, dimana hal ini sesuai berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Thoughtco.

Jargon berbeda dari slang (bahasa gaul), yang merupakan bahasa kasual yang digunakan oleh sekelompok orang tertentu.

Para kritisi jargon percaya bahwa bahasa seperti itu lebih mengaburkan daripada memperjelasnya, mereka berpendapat bahwa sebagian besar jargon dapat diganti dengan bahasa langsung yang sederhana tanpa mengorbankan makna.

Sedangkan para pengguna dan pendukung jargon percaya bahasa seperti itu diperlukan untuk menavigasi seluk-beluk profesi tertentu.

Dalam bidang ilmiah, sebagai contoh misalnya seperti, para peneliti mengeksplorasi subjek-subjek sulit yang tidak akan dapat dipahami oleh kebanyakan orang awam.

Bahasa yang digunakan para ahli, pakar dan peneliti harus tepat karena mereka berurusan dengan konsep-konsep kompleks (biologi molekuler, misalnya, atau fisika nuklir).

Hal tersebut bisa menyederhanakan bahasa yang dapat menyebabkan kebingungan atau menciptakan ruang untuk kesalahan.

Definisi Jargon

Lalu, apa sebenarnya difinisi dari kata jargon ini? Definisinya sendiri adalah istilah sastra yang didefinisikan sebagai penggunaan frasa dan kata-kata tertentu dalam situasi, profesi, atau perdagangan tertentu.

Istilah khususnya digunakan untuk menyampaikan makna tersembunyi yang diterima dan dipahami dalam bidang itu.

Adapun untuk contoh-contoh dari kalimat dan kata jargon sering ditemukan dalam tulisan-tulisan sastra dan non-sastra.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Tujuan: Menurut Ahli, Makna dan Jenisnya!

Pengertian Jargon Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami tentang apa itu arti jargon, maka, pastinya kita juga harus merujuk kepada pendapat para pakar dan ahli terkait definisi mereka tentang jargon.

Berikut ini adalah beberapa pengertian jargon menurut para ahli yang sudah Kami rangkum dari beberapa sumber terpercaya yang harus kalian ketahui.

1. Allan dan Burridge (2006)

Menurut Allan dan Burridge dalam publikasi mereka (2006: 58), jargon adalah kata yang dimanifestasikan dalam bahasa tertulis.

Misalnya, bentuk dan struktur kelahiran dan kematian, dokumen parlemen dan hukum, resep, puisi, pasar saham laporan, dan juga dalam bahasa lisan, seperti komentar olahraga.

2. Wikipedia

Menurut Wikipedia, arti jargon yaitu sebuah terminologi teknis atau idiom karakteristik dari suatu kegiatan atau kelompok khusus.

Kebanyakan jargon merupakan istilah teknis, yang melibatkan istilah seni atau istilah dari industri, dengan makna khusus dalam industri tertentu.

3. Kamus Cambridge

Menurut Kamus Cambridge, arti jargon yaitu kata dan frasa khusus yang digunakan oleh kelompok orang tertentu, terutama dalam pekerjaan mereka.

4. Merriam Webster

Sedangkan menurut Merriam Webster, jargon merupakan istilah teknis atau idiom karakteristik dari suatu kegiatan atau kelompok khusus.

Tujuan dan Fungsi Jargon

Ilustrasi Gambar Tujuan Dan Fungsi Jargon Contoh Kalimat Dan Kata Serta Perbedaannya Dengan Slang
Ilustrasi Gambar Tujuan Dan Fungsi Jargon Contoh Kalimat Dan Kata Serta Perbedaannya Dengan Slang

Setelah kita mengetahui apa arti jargon serta definisinya di atas, maka kita juga harus mengetahui apa sebenarnya tujuan dan fungsi terutama dalam penggunaannya.

Ya, perlu kalian ketahui bahwa tujuan utama jargon yaitu digunakan untuk menyediakan komunikasi yang lebih efisien antara anggota kelompok tertentu.

Meskipun kadang-kadang ini juga dapat digunakan untuk mengecualikan orang lain yang bukan bagian dari kelompok atau untuk menunjukkan milik seseorang dalam kelompok.

Beberapa jargon yang cukup sering digunakan dalam suatu kelompok dapat menjadi lebih banyak dipahami dan diadopsi menjadi penggunaan umum.

Sebagai contoh seperti istilah teknologi seperti “byte” dan “RAM,” atau frasa bahari seperti “front-end” dan “back-end.”

Terkait fungsi utamanya sendiri, penggunaan jargon sangat penting dalam prosa dan kamus atau kitab.

Walaupun nampaknya tidak dapat dipahami oleh orang-orang yang tidak tahu arti dari istilah khusunyas.

Jargon dalam sastra berfungsi dan digunakan untuk menekankan suatu situasi, atau merujuk pada sesuatu yang eksotis.

Bahkan, penggunaan jargon dalam sastra menunjukkan ketangkasan penulis, memiliki pengetahuan tentang bidang lain.

Para penulis menggunakan jargon untuk membuat karakter tertentu tampak nyata dalam fiksi, juga dalam drama dan puisi.

Contoh Kata Jargon

Setelah kita mengetahui apa pengertian dan arti jargon menurut para ahli serta tujuan dan fungsinya di atas, maka adalah merupakan hal yang penting juga bagi Kami untuk menjelaskan seperti apa contohnya.

Benar, ada berbagai macam jargon yang terdapat secara global, terlebih karena setiap karier atau bidang studi tertentu memiliki serangkaian kosakata tersendiri yang dibagi antara mereka yang bekerja di dalam profesi atau bidang.

Berikut ini adalah beberapa contoh umum jargon dalam sebuah kalimat:

Diktum umum dalam praktik alergi adalah bahwa riwayat medis pasien merupakan tes diagnostik utama. Studi laboratorium, termasuk tes kulit dan in vitro untuk antibodi imunoglobulin spesifik, hanya memiliki relevansi ketika berkorelasi dengan riwayat medis pasien. Selain itu, pengobatan harus selalu diarahkan pada gejala saat ini dan tidak hanya terhadap hasil tes alergi tertentu.

Kutipan dari makalah penelitian di atas adalah contoh utama jargon dalam bidang medis.

Dalam bahasa Inggris yang sederhana, diktum dalam bahasa Indonesia berarti kebenaran yang diterima secara umum, laboratorium yaitu laboratorium, dan simptomatologi yaitu hanyalah serangkaian dari gejala pasien.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Cinta: Menurut Ahli dan Macam-Macam Maknanya!

Adapun contoh jargon yang dapat ditemukan di berbagai bidang, mulai dari hukum hingga pendidikan serta teknik adalah sebagai berikut:

  • Due diligence; Ini merupakan istilah bisnis, “due diligence” mengacu pada penelitian yang harus dilakukan sebelum membuat keputusan bisnis yang penting.
  • AWOL; Singkatan dari ” absent lithout leave (absen tanpa cuti),” AWOL adalah jargon militer yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang keberadaannya tidak diketahui.
  • Hard copy; Istilah umum dalam bisnis, akademisi, dan bidang lainnya, “hard copy” adalah cetakan fisik dokumen (sebagai lawan dari salinan elektronik).
  • Cache; Dalam komputasi, “cache” merujuk ke tempat penyimpanan memori temporary (jangka pendek).
  • Dek; Istilah jurnalisme untuk subjudul, ini biasanya berupa satu atau dua kalimat yang menyediakan ringkasan singkat dari artikel berikut.
  • Stat; Ini adalah istilah, biasanya digunakan dalam konteks medis, yang berarti “segera”. Seperti dalam kalimat, “Hubungi dokter, stat!”.
  • Phospholipid bilayer; Ini adalah istilah kompleks untuk lapisan molekul lemak yang mengelilingi sel dalam bidang kedokteran.
  • Detritivore; Ini merupakan organisme yang memakan detritus, atau benda mati. Contoh detritivora termasuk cacing tanah, teripang, dan kaki seribu.
  • Holistik; Kata lain untuk “komprehensif” atau “lengkap,” “holistik” sering digunakan oleh para profesional pendidikan sehubungan dengan kurikulum yang berfokus pada pembelajaran sosial dan emosional sebagai tambahan untuk pelajaran tradisional.
  • Magic bullet: Ini adalah istilah untuk solusi sederhana yang memecahkan masalah yang kompleks. Ini juga biasanya digunakan untuk mengejek.
  • Best practice; Dalam bisnis, “best practice (praktik terbaik)” adalah hal yang harus diadopsi karena telah terbukti efektif.

Perbedaan Jargon dengan Slang (Bahasa Gaul) dan Bahasa Sehari-hari

Lalu, apa yang membedakan jargon dengan slang (istilah gaul) serta bahasa sehari-hari? Ya, jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang kebingungan tentang perbedaannya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Ya, tentu saja karena disini Kami juga akan menjelaskannya!

Oke, perlu untuk diketahui bahwa kata jargon tidak boleh disamakan dengan bahasa slang (bahasa gaul), yang merupakan bahasa informal, bahasa sehari-hari yang kadang-kadang digunakan oleh sekelompok (atau kelompok) orang.

Perbedaan utama mereka adalah terkait salah satu registernya.

Kita sudah tahu bahwa maksud dari kata jargon adalah bahasa formal yang unik untuk disiplin atau bidang tertentu, sementara bahasa gaul adalah bahasa informal yang lebih cenderung diucapkan daripada ditulis.

Seorang pengacara yang membahas tentang “amicus curiae brief” adalah contoh jargon.

Seorang remaja yang berbicara tentang HMU (baca pengertian HMU disini) adalah contoh bahasa slang atau gaul.

Walaupun ada kesamaan antara definisi jargon, gaul, dan bahasa sehari-hari, karena semuanya adalah istilah yang merujuk pada bahasa tertentu yang hanya digunakan oleh kelompok-kelompok tertentu.

Bahasa sehari-hari adalah istilah dan frasa spesifik yang bersifat informal dan seringkali idiom.

Bahasa sehari-hari sering dibatasi oleh wilayah geografis, seperti variasi di daerah Papua Indonesia di mana kata “beta” “su” dan “sa” digunakan.

Bahasa sehari-hari tidak dibatasi oleh usia atau kelas.

Bahasa gaul, sementara juga dapat menjadi bahasa informal, umumnya digunakan dalam kelompok sosial seperti oleh remaja.

Dengan demikian, bahasa gaul dibatasi oleh geografi, usia, dan kelas juga.

Jargon, di sisi lain, dapat dipahami oleh siapa saja yang merupakan bagian dari suatu industri, dan dengan demikian individu sering membuat pilihan apakah dia adalah bagian dari kelompok itu atau tidak.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Makna: Jenis-Jenis dan Contoh Makna Kata dalam Bahasa Indonesia!

Jargon dibatasi dengan sesuatu yang tidak berdasarkan wilayah, kelas, atau usia, tetapi lebih pada pilihan yang dibuat seseorang untuk bergabung dengan olahraga, berpartisipasi dalam bentuk seni tertentu, atau menjalani karier tertentu.

Kenapa Penggunaan Jargon Penting?

Yang terakhir, lalu kenapa menggunakan jargon ini merupakan hal yang penting?

Benar, jargon memiliki konotasi positif dan negatif.

Di satu sisi, jargon diperlukan dan dapat menjadi cara yang terbilang sangat penting, karena berbagai bidang khusus seperti kedokteran, teknologi, dan hukum memerlukan penggunaan jargon untuk menjelaskan gagasan dan konsep yang rumit.

Di sisi lain, kadang-kadang jargon digunakan untuk bahasa ganda, atau bahasa yang sengaja dikaburkan untuk menghindari kebenaran yang keras atau untuk memanipulasi mereka yang tidak tahu arti sebenarnya.

Sebagai contoh misalnya untuk doublespeak, yang artinya adalah “kerusakan jaminan”.

Frasa yang digunakan oleh militer untuk menggambarkan orang-orang yang terluka atau tidak sengaja terluka atau terbunuh, seringkali juga merupakan korban sipil.

Benar sekali! Ungkapan “kerusakan jaminan” terdengar jauh lebih bagus daripada kenyataan “orang tak bersalah terbunuh.”

Kesimpulan

Oke baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang bukan? Jadi, berdasarkan pembahasan dan penjelasan mengenai Pengertian Jargon, Apa itu Jargon? Definisi, Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi, Contoh Kata dan Perbedaannya dengan Slang serta Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa jargon adalah kata dan frasa yang digunakan oleh kelompok orang tertentu, khususnya. dalam pekerjaan mereka, itu tidak dipahami secara umum yang merupakan seperangkat istilah dan bahasa khusus yang digunakan dalam konteks dan pengaturan tertentu.

Sangat umum untuk menemukan jargon dalam suatu industri, seperti dalam bidang hukum, kedokteran, akademisi, atau seni atau olahraga serta teknologi. Orang-orang yang bukan bagian dari industri atau grup ini mungkin tidak dapat memahami jargon yang digunakan, karena kata-katanya adalah istilah yang tidak jelas atau memiliki definisi yang berbeda dari penggunaan kata yang biasa.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami sampaikan kali ini, dimana Kami membahas Pengertian Jargon, Apa itu Jargon? Definisi, Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi, Contoh Kata dan Perbedaannya dengan Slang serta Kenapa itu Penting. Semoga apa yang telah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan Kita semua. Baca juga istilah istilah teknologi dalam dunia IT yang sudah Kami rangkum selengkapnya disini.

Jangan lupa like, share and subscribe blog dan channel YouTube Kami untuk berbagai macam pengetahuan, referensi serta tips dan trik lainnya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar