Memahami Pengertian Adsense: Apa itu Adsense For Content? Cara Kerja, Jenis dan Macam, Perbedaannya dengan Google Ads (Adwords) serta Cara Membuatnya!

0
Gambar Pengertian Adsense Apa Itu Adsense For Content Cara Kerja Jenis Dan Macam Serta Perbedaanya Dengan Google Ads Atau Adwords Serta Cara Membuat Akun Dan Website Blognya
Gambar Pengertian Adsense Apa Itu Adsense For Content Cara Kerja Jenis Dan Macam Serta Perbedaanya Dengan Google Ads Atau Adwords Serta Cara Membuat Akun Dan Website Blognya

Tahukah Kalian Pengertian Adsense, Apa itu Adsense For Content? Cara Kerja, Jenis dan Macam serta Perbedaanya dengan Google Ads (Adword) serta Cara Membuat Akun dan Website atau Blognya! Ya, ada banyak cara untuk memonetisasi traffic (baca pengertian traffic disini) situs website Anda, dan sebagian besar terkait dengan mengiklankan produk atau layanan 3rd-party (pihak ketiga) kepada pengunjung situs web Anda. Ada banyak program periklanan yang dapat membantu Anda untuk dapat mendapatkan uang saat ini, tetapi yang paling populer adalah Google AdSense.

Benar, Google AdSense adalah cara terbaik untuk memonetisasi blog Anda. Program periklanan ini diluncurkan pada pertengahan tahun 2003 oleh Google dan saat ini merupakan program periklanan yang terbilang paling populer di internet. Ini memberikan peluang bagus bagi para webmaster dan pemilik situs untuk memonetisasi traffic mereka. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang pengertian dan apa itu yang dimaksud dengan Google Adsense For Content. Oke baiklah langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini!

Pengertian Adsense

AdSense adalah cara gratis serta sederhana untuk dapat menghasilkan uang dengan menampilkan iklan oleh advertiser (pengiklan) di konten online Anda berdasarkan simpulan Kami yang mengacu langsung pada sumber dari Situs Google.

Dengan AdSense, Anda dapat menampilkan iklan yang relevan dan menarik bagi visitors (pengunjung) situs Anda dan bahkan menyesuaikan tampilan serta nuansa ads (iklan) untuk mencocokkan dengan website Anda.

Apa itu Adsense For Content?

Lalu, apa yang dimaksud dengan AdSense For Content? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan sebutan kata Google Adsense atau Adsense saja (dalam istilah global).

Adsense For Content adalah jenis dari program di mana situs web 3rd-party atau pihak ketiga (yang harus memenuhi kriteria tertentu untuk diterima ke dalam programnya) menyewakan ruang di halaman mereka kepada Google.

Adsense For Content lebih ditujukan kepada pengguna website (baca pengertian website disini) atau blog.

Google menampilkan iklan (diambil dari kumpulan iklan AdWords) di ruang tersebut yang diletakkan oleh pemilik situs (dikenal sebagai penerbit atau AdSense Publisher) yaitu dengan menempelkan beberapa kode JavaScript yang disediakan Google ke halaman untuk menampilkan iklan.

Jika seseorang mengunjungi salah satu situs 3rd-party (pihak ketiga) dan kemudian mengklik iklan, maka Google akan membagikan pendapatan yang didapatnya dari klik iklan itu dengan pemilik situs.

Benar sekali, ini merupakan model yang terbilang tampak sederhana untuk hal-hal sejenis dalam dunia digital marketing (baca pengertian digital marketing disini).

Cara Kerja Google Adsense

Ilustrasi Gambar Cara Kerja Google Adsense Dalam Membahas Tentang Penjelasan Pengertian Adsense For Content
Ilustrasi Gambar Cara Kerja Google Adsense Dalam Membahas Tentang Penjelasan Pengertian Adsense For Content

Betul, agar lebih memahami tentang pengertian dan arti Google Adsense serta apa itu Adsense For Content, maka kita juga harus mengetahui bagaimana cara kerja mereka terutama agar dapat memberikan kita penghasilan.

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, sederhanya prinsip kerjanya adalah Anda membuat ruang iklan Anda tersedia dengan menempelkan kode iklan di situs Anda.

Kemudian memilih di mana Anda ingin iklan muncul, lalu advertisers atau pengiklan menawar untuk tampil di ruang iklan Anda dalam real-time auction (lelang waktu nyata).

Dimana, iklan dengan bayaran tertinggi ditampilkan di situs Anda.

Google menangani proses penagihan semua pengiklan tersebut dan jaringan untuk iklan di situs Anda, untuk memastikan Anda mendapatkan penghasilan dan menerima pembayaran Anda.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Spam: Sejarah, Tujuan, Jenis, Istilah, Contoh, Dampak dan Cara Mengidentifikasinya!

Namun, di balik kesederhanaan itu (hingga dapat membayar kita) ada beberapa program canggih.

Mereka tidak terdapat dalam pengiriman iklan itu sendiri, itu adalah kode JavaScript (baca pengertian Javascript disini) yang terbilang cukup konvensional, dimana kode ini memungkinkan pemilihan iklan yang unik.

Untuk cara kerjanya, yaitu saat pertama kali kode AdSense berjalan pada suatu halaman, Google mengirimkan crawler (bukan crawler Googlebot yang mungkin sudah Anda kenal, tetapi crawler berbeda yang tidak terkait dengan indeks pencarian Google utama) untuk mengambil halaman untuk dianalisis.

Google kemudian menganalisis konten halaman dan mencoba menentukan keyword (kata kunci) yang paling relevant atau terkait dengan konten.

Sebagai bagian dari analisis ini, Google mempertimbangkan sejumlah faktor, seperti keyword density (kepadatan kata kunci) dan penempatan kata kunci dalam tag tertentu.

Google juga mempertimbangkan analisis sebelumnya atas halaman lain di situs yang sama atau halaman yang terhubung ke halaman baru.

Dalam beberapa menit (Google memerlukan waktu antara 1 dan 15 menit untuk mengirim perayapnya setelah kode AdSense ditempatkan pada halaman baru dan diaktifkan setidaknya satu kali) dan Google telah menyusun daftar kata kunci dan frasa yang terkait dengan konten halaman.

Ini kemudian digunakan untuk mencari kumpulan iklan Google Ads atau AdWords.

Dimana hanya iklan yang relevan dari kumpulan iklan yang ditampilkan di situs.

Oleh karena itu visitors atau pengunjung lebih cenderung mengklik iklan tersebut karena mungkin mereka sudah tertarik pada topik halaman.

Perhatikan bahwa iklan yang ditampilkan oleh AdSense untuk konten dapat berupa iklan teks atau gambar.

Awalnya, Google membatasinya untuk menayangkan iklan (yang) hanya teks saja, tetapi pembatasan itu kemudian dibatalkan.

Penayang AdSense dapat memilih berdasarkan halaman per halaman jenis iklan apa yang akan ditayangkan, format apa yang seharusnya (Google menawarkan sejumlah jenis dan ukuran iklan yang berbeda), dan di mana mereka harus ditempatkan pada halaman tersebut.

Jenis dan Macam-Macam Google Adsense

Setelah, kita mengetahui pengertian Google Adsense, apa itu Adsense For Content dan cara kerjanya, maka kita juga harus mengetahui apa saja jenis dan macam program Google Adsense.

Oke, seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya, AdSense (Google AdSense) adalah layanan penempatan iklan oleh Google.

Program ini dirancang untuk penerbit situs web yang ingin menampilkan iklan teks, video atau gambar yang ditargetkan pada halaman situs web dan mendapatkan uang ketika pengunjung situs melihat (saja) atau mengklik iklannya.

Iklan dikendalikan dan dikelola oleh Google dan publisher (penerbit) web hanya perlu membuat akun AdSense secara gratis dan menyalin dan menempelkan kode yang disediakan untuk menampilkan iklan.

Penghasilan menggunakan AdSense dihasilkan berdasarkan per klik atau per impressions (tayangan) dimana istilah ini lebih dikenal dengan sebutan Pay Per Click (PPC).

Kalian tidak perlu membayar untuk menjadi web publisher atau penerbit situs web terverifikasi dalam program Google AdSense.

Program AdSense tersedia untuk publishers (penerbit) dan developers (pengembang) yang memenuhi syarat.

Penayang yang memenuhi syarat dapat menggunakan AdSense untuk mendorong revenue atau pendapatan untuk aplikasi iPhone, video atau permainan browser web dan lain sebagainya.

Beberapa jenis yang program AdSense yang ditawarkan oleh Google untuk penerbit yang memenuhi syarat adalah sebagai berikut:

  • AdSense For Mobile Applications and Games; Mendapatkan penghasilan dari aplikasi dan game Android dan iPhone.
  • AdSense For Video; Dapatkan uang dari konten video online (YouTube).

Google saat ini menawarkan sejumlah program AdSense yang berbeda, tergantung pada jenis konten tempat Anda memasang iklan (sebagai contoh misalnya halaman web atau umpan RSS).

Adapun beberapa macam program Adsense umum yang perlu untuk diketahui adalah sebagai berikut:

  • AdSense For Content (konten); Untuk menampilkan iklan di situs website.
  • AdSense For Search (pencarian); Menampilkan iklan dalam hasil pencarian di situs web.
  • AdSense For Mobile (seluler)
    ; Tampilkan iklan di situs seluler.
  • AdSense For Feeds (umpan); Tampilkan iklan dalam umpan RSS.
  • AdSense For Domain; Untuk dapat menampilkan iklan di domain yang tidak digunakan (sekarang sudah tidak digunakan lagi).
Baca Juga :  Memahami Pengertian WAP: Fungsi, Cara Kerja, Komponen, Kelebihan Kekurangan serta Perbedaannya dengan WEB!

Perbedaan AdSense dengan Google Ads (Adwords)

Lalu, apa yang membedakan Adsense dengan Google Ads atau Adwords ini? Ya, jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya tentang apa yang membedakannya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Kenapa? Tentu saja, karena disini Kami juga akan membahasnya!

Oke, perlu kalian ketahui bahwa perbedaan utama mereka adalah bahwa Google Ads (Adwords) digunakan oleh advertisers atau pengiklan dan AdSense digunakan oleh publishers (penerbit).

Google Ads memungkinkan orang beriklan di situs Google.com, Google Search Network, dan Google Display Network (situs konten yang bukan search engine atau mesin pencari).

Kebanyakan bisnis dan perusahaan menggunakan Iklan Google untuk mengarahkan traffic (lalu lintas pengunjung website) bertarget ke situs web mereka.

Tentunya dengan harapan sebagian lalu lintas tersebut dikonversi menjadi penjualan, istilah ini sering dikenal dengan akronim conversion (baca pengertian conversion disini).

Ya, para pengiklan tersebut membayar Google sejumlah tertentu per klik iklan.

AdSense memungkinkan penerbit memonetisasi situs web atau blog mereka dan mendapatkan uang serta penghasilan dari iklan Google relevan yang ditampilkan di dalam konten mereka.

Seperti yang sudah Kami jelaskan dalam cara kerja Google Adsense di atas, publisher atau penerbit menerima pembayaran kecil setiap kali salah satu iklan ini diklik.

Jika situs Anda memiliki cukup pembaca, ini bisa menjadi cara sederhana untuk menghasilkan aliran pendapatan dari konten Anda.

Siapa Saja yang dapat Mendaftar Google AdSense?

Jadi, siapa saja yang dapat mendaftar Google Adsense?

Ya, siapa pun yang berusia di atas 18 tahun, yang memiliki website atau blog (baca pengertian blog disini) dan memenuhi kriteria yang disebutkan di atas, dapat mendaftar dan mulai menggunakan AdSense untuk menghasilkan uang dengan ads (iklan).

Tentu saja ada batasan tertentu pada jenis konten apa yang Anda bagikan.

Sebagai contoh misalnya, blog yang memicu kekerasan, diskriminasi, atau konten seksual eksplisit tidak diizinkan.

Bagaimana Cara Sign-Up atau Mendaftar dan Membuat Akun Google AdSense?

Ilustrasi Gambar Google Adsense For Content Dan Bagaimana Cara Sign Up Atau Mendaftar Dan Membuat Akun Serta Website Dan Blognya
Ilustrasi Gambar Google Adsense For Content Dan Bagaimana Cara Sign Up Atau Mendaftar Dan Membuat Akun Serta Website Dan Blognya

Bagaimana cara untuk sign-up atau mulai mendaftar serta membuat akun Google Adsense untuk menghasilkan uang?

Oke, sebelumnya, perlu kalian garis bawahi terlebih dahulu bahwa Adsense adalah cara terbaik untuk menghasilkan uang secara online.

Mereka terbilang sangat mudah digunakan, dapat diandalkan, dan bekerja lebih baik daripada platform (baca pengertian platform disini) lainnya.

Adsense For Content berfungsi dan bekerja dengan memberi Anda kesempatan untuk membuat unit iklan dari berbagai jenis dan ukuran dan menambahkannya ke situs web Anda.

Google mengisi ruang tersebut dengan iklan yang terkait dengan konten dan audiens Anda menggunakan algoritma (baca pengertian algoritma disini) yang kompleks.

Oke, kembali ke topik pembahasan dalam sub-bab ini, adapun proses pendaftaran untuk membuat akun Google AdSense adalah sangat sederhana, sehingga Anda dapat menyelesaikannya dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah di bawah ini:

  • Buka link https://www.google.com/AdSense.
  • Pilih akun e-mail yang Anda rencanakan untuk membuat profil Anda.
  • Isi nama blog, negara asal dan setujui persyaratan dan ketentuan penggunaan platform. Ingat bahwa untuk membuat akun AdSense, Anda harus memiliki domain sendiri, karena mitra yang blognya dihosting di subdomain seperti Tumblr, dan WordPress tidak diterima. Jika Anda tidak memiliki domain sendiri, dapatkan domain Anda di https://www.domain.com atau penyedia layanan hosting dan domain lainnya.
  • Sebelum menerima Anda ke program tersebut, Google perlu tahu apakah konten blog Anda sesuai dengan pedoman perusahaan. Iklan hanya akan mulai muncul di halaman Anda setelah verifikasi ini. Setelah pendaftaran Anda disetujui, Anda dapat menampilkan iklan di halaman mana saja asalkan mematuhi kebijakan Google.
  • Langkah terakhir adalah menambahkan nomor akun yang Anda inginkan Google menyetorkan uang yang telah Anda peroleh dari klik pada iklan.
  • Di akhir proses pendaftaran, Google akan mengirim amplop ke alamat Anda dengan kode verifikasi. Ini bisa memakan waktu hingga dua minggu terkait prosesnya.
Baca Juga :  Memahami Pengertian Embedding (Penyematan): Manfaat, Cara Melakukan dan Perbedaannya dengan Uploading!

Bagaimana Cara Membuat Website atau Blog untuk Adsense For Content?

Ya, ada banyak cara yang dapat kalian gunakan untuk membuat website atau blog Adsense.

Adapun beberapa hal yang harus (sudah) kalian miliki untuk mendaftar Adsense For Content seperti yang sudah Kami jelaskan di atas adalah sebagai berikut:

  1. Hosting dan domain (untuk dapat didaftarkan ke program Google Adsense).
  2. Website atau blog (untuk menempatkan dan menampilkan iklan).

Di bawah ini adalah video bagaimana cara membuat website blog Adsense baru yang SEO-friendly melalui CPanel yang disediakan oleh penyedia layanan hosting dan domain tanpa perlu coding.

https://youtu.be/III3QIA1uxc

Dengan mengikuti video di atas, Anda dapat membuat website atau blog Adsense tanpa perlu mengikuti berbagai macam panduan, membeli e-book, mengikuti kursus atau menggunakan jasa lainnya, kalian hanya perlu akun hosting dan sebuah domain saja.

Kesimpulan

Oke baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Adsense, Apa itu Adsense For Content? Cara Kerja, Jenis dan Macam serta Perbedaanya dengan Google Ads (Adword) serta Cara Membuat Akun dan Website atau Blognya di atas, dapat kita simpulkan bahwa Google AdSense adalah platform iklan yang membantu pemilik situs web mendapatkan uang dari situs web mereka dengan menampilkan iklan yang relevan secara kontekstual. Penerbit Adsense menerima 68% dari biaya klik dan Google 32%.

Adsense dimiliki oleh Google dan menghasilkan sebagian besar pendapatan Google. Iklan Adsense ditampilkan di situs web yang berpartisipasi dalam program Google Adsense (ini disebut penerbit atau publisher Adsense). Adsense For Content adalah macam dari platform untuk publisher, yaitu orang-orang yang memiliki situs web dan ingin menampilkan Iklan Google.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan yang membahas Pengertian Adsense, Apa itu Adsense For Content? Cara Kerja, Jenis dan Macam serta Perbedaanya dengan Google Ads (Adword) serta Cara Membuat Akun dan Website atau Blognya kali ini. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat serta juga menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam dunia bisnis dan digital marketing.

Silahkan share artikel atau penjelasan Kami disini kepada teman, kerabat serta mitra kerja dan bisnis kalian semua jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar