Memahami Pengertian Reach (Jangkauan): Apa itu Social Reach? Jenis, Penggunaan, Cara Meningkatkan dan Perbedaannya dengan Impression!

0
Gambar Pengertian Reach Atau Jangkauan Apa Itu Social Reach Jenis Penggunaan Tips Cara Meningkatkan Reach Serta Perbedaannya Dengan Impressions
Gambar Pengertian Reach Atau Jangkauan Apa Itu Social Reach Jenis Penggunaan Tips Cara Meningkatkan Reach Serta Perbedaannya Dengan Impressions

Tahukah Anda, Pengertian Reach (Jangkauan), Apa itu Social Reach? Jenis, Penggunaan, Tips dan Cara Meningkatkannya serta Perbedaannya dengan Impression? Jangkauan atau yang sering dikenal dengan reach ini sering didefinisikan banyak cara, seperti yang akan Anda temukan dalam dunia internet marketing. Salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika Anda mengembangkan strategi media sosial Anda adalah jumlah orang yang dapat Anda jangkau secara potensial di atas platform tersebut dan seberapa baik Anda dapat terus mengembangkan jangkauan itu.

Dari sana, seberapa baik konten Anda dan seberapa bagus kinerja strategi sosial Anda, mereka dapat tercermin dari jangkauan sosial Anda dan persentase pertumbuhannya. Traffic dan lalu lintas pengunjung website dan arahan situs web yang Anda hasilkan dari media sosial (baca pengertian media sosial disini) berkorelasi langsung dengan jangkauan sosial atau yang sering dikenal dengan istilah social reach. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu pengertian reach atau jangkauan dalam media sosial secara lebih detail dan lengkap. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Reach

Berarti jangkauan, reach adalah jumlah total orang yang melihat konten Anda. Ini merupakan segala hal yang mengacu pada jumlah total orang yang telah melihat iklan atau konten Anda berdasarkan simpulan Kami yang mengacu pada sumber Situs Sproutsocial.

Jika total orang telah melihat iklan dan konten Anda adalah 100 orang, hal itu berarti jangkauan Anda adalah 100. Pikirkan reach atau jangkauan ini sebagai jumlah orang unik yang melihat konten Anda. Di dunia nyata, setiap pengikut Anda akan melihat setiap konten yang Anda posting.

Sebagai jumlah total orang yang dapat Anda jangkau di semua berbagai jaringan media sosial Anda. Kami juga menyebutnya sebagai total jangkauan sosial karena mencakup semua jaringan media sosial di bawah satu nomor jangkauan.

Kemudian, hal ini berarti ada juga nomor dari jangkauan sosial individu seperti jangkauan Twitter, Facebook, Linkedin, dan lain sebagainya.

Apa itu Social Reach?

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan social reach? Seperti yang sudah Kami singgung di atas, ini berarti jangkauan sosial, social reach adalah perkiraan jumlah pengguna media sosial yang dapat melakukan kontak dengan posting media sosial.

Jangkauan media sosial didasarkan pada followers atau jumlah pengikut, fans (penggemar), pelanggan, koneksi dan persentase visibilitas yang merupakan perkiraan bagian mana dari audiens yang biasanya melihat pesan media sosial yang diberikan pada platform (baca pengertian platform disini) media sosial yang diberikan.

Jangkauan media sosial ini adalah salah satu metrik media sosial yang dapat Anda lacak untuk menilai dampak dari aktivitas pemasaran Anda.

Selain dari reach (jangkauan) dalam media sosial, ada juga organic reach, ini adalah metrik yang juga digunakan dalam pemasaran media sosial yang menunjukkan jumlah akun unik yang telah melihat posting atau konten di platform media sosial.

Baca Juga :  Apa Itu Pengertian CNR (Communication and Networking Riser): Sejarah, Tujuan dan Fungsinya

Dengan kata lain, itu adalah jumlah mata yang telah melihat posting satu kali. Organic reach tidak termasuk dalam penggunaan alat promosi berbayar, yang akan digunakan untuk meningkatkan visibilitas sebuah postingan.

Jenis-Jenis Reach (Jangkauan)

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Reach Atau Jangkauan Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Reach Atau Jangkauan Dalam Penjelasan Pengertiannya

Setelah mengetahui apa itu arti reach (jangkauan) dan artinya di atas, kita juga harus mengetahui apa saja jenisnya. Adapun beberapa jenis-jenis reach atau jangkauan yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut:

A. Organic Reach

Jenis reach yang pertama adalah jangkauan organik atau organic reach. Seperti yang sudah Kami sebutkan sebelumnya di atas, organic reach adalah segala hal yang berkaitan dengan jumlah pengguna berbeda yang telah melihat postingan tertentu pada feed (umpan) mereka.

Dengan kata lain, jangkauan organik adalah jumlah orang yang telah melihat postingan yang dianalisis di umpan berita mereka. Data yang dikumpulkan dari jenis jangkauan ini dapat memberikan informasi kepada mereka yang melakukan analisis seperti demografi mereka yang telah melihat pos tersebut.

B. Paid Reach

Berikutnya adalah jangkauan berbayar atau pain reach, ini adalah segala hal yang berkaitan dengan berapa kali pengguna yang berbeda menemukan artikel, tulisan, iklan, atau konten yang disponsori.

Dengan kata lain, jangkauan berbayar atau paid reach ini adalah berapa kali pengguna sosial media melihat pos yang telah dibayar oleh individu atau perusahaan. Data yang dikumpulkan dapat memberikan wawasan, kepada pengiklan atau pemasar. Sebagai contoh misalnya seperti tentang aktivitas berdasarkan jangkauan posting mereka.

C. Viral Reach

Jenis yang terakhir yaitu adalah jangkauan viral atau viral reach, ini adalah segala hal yang berkaitan dengan jumlah penayangan oleh pengguna yang berbeda pada posting yang telah dikomentari atau dibagikan oleh teman-teman mereka di media sosial seperti Facebook dan lain sebagainya.

Dengan kata lain, jangkauan viral atau viral reach ini melihat jumlah orang yang telah melihat pos setelah teman mereka berkomentar atau membagikan postingan yang asli, oleh karena hal ditunjukkan pada timeline atau beranda mereka.

Jenis viral ini juga dikatakan sebagai jangkauan virus, jangkauan viral dapat dilihat dalam jumlah kolektif berapa kali pos tersebut berada pada jadwal waktu pengguna individu.

Data yang dikumpulkan dari reach atau jangkauan ini dapat digunakan dalam berbagai cara, misalnya dapat digunakan untuk menganalisis jenis konten yang dibagikan atau dikomentari dan selanjutnya dapat digunakan untuk membandingkannya dengan posting lain.

Penggunaan Reach

Ilustrasi Gambar Penggunaan Reach Serta Tips Dan Caranya Dalam Membahas Pengertian Jangankauan Di Media Sosial
Ilustrasi Gambar Penggunaan Reach Serta Tips Dan Caranya Dalam Membahas Pengertian Jangankauan Di Media Sosial

Reach (jangkauan) ini bisa kita jadikan sebagai alat ukur atau metrik yang berguna untuk dianalisis bagi marketer dan advertiser. Media sosial adalah platform yang digunakan oleh pemasar untuk secara langsung menargetkan audiens yang dituju dengan mudah.

Platform ini tidak hanya memungkinkan pemasar untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang audiens mereka, tetapi juga memungkinkan untuk advertiser (pengiklan) untuk memasukkan iklan mereka ke jadwal waktu pengguna tertentu untuk kemudian dapat melakukan penelitian untuk melihat jangkauan postingan atau konten mereka.

Reach disini mengukur penyebaran percakapan media sosial. Dengan sendirinya, jangkauan ini dapat membantu Anda memahami konteks konten Anda. Seberapa jauh konten Anda disebarluaskan dan seberapa besar audiens untuk pesan Anda? Sekali lagi Kami tekankan, bahwa reach mewakili macam-macam ukuran audiens potensial.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Conversion: Apa itu Konversi? Dasar, Contoh dan Cara Mengetahuinya! Kenapa itu Penting dalam Dunia Digital Marketing?

Dan tentu saja, audiens (baca pengertian audiens disini) yang besar itu baik, tetapi dengan hanya reach saja, hal tersebut tidak memberi tahu Anda segalanya. Mereka bisa menjadi sangat kuat jika dibandingkan dengan metrik engagement atau keterlibatan dan lain sebagainya. Gunakan jangkauan sebagai penyebut dalam persamaan pengukuran media sosial Anda.

Pilih tindakan penting atau angka keterlibatan seperti klik, retweet, atau reply (balasan) dan kemudian bagi dengan reach (jangkauan) Anda untuk menghitung persentase keterlibatan audiens.

Dari kemungkinan potensial audiens untuk kampanye Anda, berapa banyak orang yang berpartisipasi? Penggunaan reach ini akan membantu mengontekstualisasikan metrik keterlibatan lainnya.

Tips dan Cara Meningkatkan Reach di Social Media

Arti reach (jangkauan) merupakan salah satu metrik mendasar di media sosial dan salah satu faktor terpenting yang menentukan tingkat keterlibatan potensial dari sebuah pos.

Pada dasarnya, semakin meningkat organic reach atau jangkauan Anda Anda, semakin banyak keterlibatan yang berpotensi Anda terima. Semakin banyak bola mata pada konten Anda, berarti lebih banyak kesempatan konten terlibat dengan suka dan komentar, itulah sebabnya para marketer selalu mencari teknik untuk meningkatkan jangkauan organik.

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara meningkatkan reach social media Anda.

1. Pahami Algoritma Media Sosial

Sebelum Anda terjun langsung ke kampanye pemasaran media sosial, adalah merupakan hal yang penting untuk memastikan Anda benar-benar memahami setiap platform yang Anda rencanakan untuk digunakan. Memahami dasar-dasar setiap platform sosial akan dapat membuat berjalan lebih jauh.

Untuk memastikan Anda mendapatkan yang terbaik dari setiap jaringan media sosial, Anda harus belajar tentang setiap aspeknya, dan yang paling penting memastikan Anda memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana setiap algoritma (baca pengertian algoritma disini) platform bekerja.

2. Optimalkan Profil Sosial Anda

Ketika Anda membuat konten untuk search engine (mesin pencari), Anda akan memasukkan semua jenis taktik SEO (baca pengertian SEO disini) untuk memastikan itu sepenuhnya dioptimalkan, baik itu harus sama untuk media sosial.

Profil Anda dapat diubah dan dioptimalkan untuk membantu meningkatkan visibilitas, yang pada gilirannya akan membantu meningkatkan reach Anda secara keseluruhan.

3. Kualitas Melebihi Kuantitas

Karena penerapan feed (umpan) berita algoritmik pemasaran media sosial sekarang lebih merupakan kasus untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.

Facebook sendiri telah mengatakan bahwa rata-rata pengguna membuat lebih banyak konten per hari, namun, untuk membantu meningkatkan adanya engagement, umpan berita hanya akan menampilkan 300 berita yang paling relevan.

Pengetahuan ini saja harus cukup untuk memahami bahwa memposting yang lebih tidak akan meningkatkan reach dan engagement Anda.

4. Posting pada Saat yang Tepat

Sekarang Anda berfokus dengan berbagi konten berkualitas, penting untuk memastikan Anda memposting di waktu yang tepat sepanjang hari untuk memaksimalkan reach Anda.

Menemukan waktu yang tepat untuk memposting di media sosial adalah tugas yang sulit yang akan membutuhkan banyak percobaan dan kesalahan untuk menyempurnakan. Waktu terbaik untuk memposting akan bervariasi tergantung pada audiens Anda dan platform yang Anda posting.

5. Berinteraksi dan terlibatlah dengan pengikut Anda

Saat mencoba memahami cara kerja setiap algoritma platform sosial, Anda akan melihat ada satu konsistensi utama yang berjalan di seluruh keterlibatan yang ada.

Baca Juga :  Ini 10+ Contoh Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Menguntungkan!

Pada akhirnya, semakin banyak engagement atau keterlibatan suatu pos, maka akan semakin lama jangkauan pos tersebut. Salah satu cara termudah untuk mendorong audiens agar terlibat dengan konten Anda adalah berinteraksi langsung dengan mereka.

Perbedaan Reach dengan Impressions

Mengacu pada penjelasan arti, jenis dan penggunaan reach di atas, pada dasarnya, keduanya (reach dan impression) adalah hal yang sama. Kedua metrik ini sering diukur bersama karena mereka mengukur karakteristik yang sama, tetapi sebenarnya, mereka memiliki perbedaan terkait cara mengukur reach vs. impression.

Perlu kalian ketahui, inilah apa yang dianalisis oleh ke 2 (dua) metrik ini:

  • Reach; Jumlah total orang unik yang melihat konten Anda.
  • Impressions; Jumlah total berapa kali konten Anda ditampilkan terlepas dari apakah orang mengkliknya atau tidak.

Metrik ini berjalan beriringan satu sama lain. Reach melihat jumlah orang yang melihat konten Anda. Misalnya, jika 300 orang melihat iklan Anda, itu adalah reach atau jangkauan Anda.

Impressions di sisi lain, merujuk pada berapa kali konten Anda ditampilkan. Jika konten Anda ditampilkan atau dikirim ke feed (umpan) pengguna 500 kali, Anda akan memperoleh 500 tayangan, terlepas dari apakah orang-orang terlibat atau tidak dengan konten tersebut.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Baiklah, jadi dari penjelasan dan pembahasan Pengertian Reach (Jangkauan), Apa itu Social Reach? Jenis, Penggunaan, Tips dan Cara Meningkatkannya serta Perbedaannya dengan Impression di atas, dapat kita simpulkan bahwa jangkauan atau reach adalah jumlah total orang unik yang melihat konten atau postingan Anda. Social reach atau jangkauan sosial sendiri adalah metrik yang memberi tahu Anda berapa banyak pengguna media sosial telah melihat konten sosial Anda.

Oleh karena itu, potensi jangkauan influencer adalah jumlah pengikut yang mereka miliki di jejaring sosial, atau dengan kata lain, jumlah pengguna yang berpotensi berdampak. Selain itu, ini merupakan metrik yang penting terutama dalam kampanye pengiklanan online bisnis atau perusahaan Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang penjelasan Pengertian Reach (Jangkauan), Apa itu Social Reach? Jenis, Penggunaan, Tips dan Cara Meningkatkannya serta Perbedaannya dengan Impression. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua terutama dalam dunia pemasaran online.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar