Begini Cara Membuat Custom Stiker di WhatsApp (WA) Sendiri dengan Mudah! Harus Tahu!

0
Gambar Cara Membuat Custom Personal Stiker Di WhatsApp atau WA Sendiri Dengan Mudah Serta Bagaimana Mengirim Dan Menggunakan Stiker Barunya
Gambar Cara Membuat Custom Personal Stiker Di WhatsApp atau WA Sendiri Dengan Mudah Serta Bagaimana Mengirim Dan Menggunakan Stiker Barunya

Cara Membuat Custom Stiker di WhatsApp atau WA Sendiri dengan Mudah serta Bagaimana Mengirim dan Menggunakan Stiker Barunya? Ya, WhatsApp milik Facebook, baru-baru ini menambahkan fitur stickers yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim stiker yang berbeda saat mengobrol seperti aplikasi perpesanan instan lainnya. Dalam pembaruan WhatsApp, pada penggunanya sekarang ini dapat melihat opsi baru di bagian emoji dari aplikasi yang disebut stickers atau stiker. Walaupun pada awalnya, hanya terdapat 1 (satu) paket stiker yang sudah diinstal sebelumnya dengan pembaruannya.

Namun, store atau toko stiker bawaan mereka memberikan opsi untuk dapat kita download lebih banyak. Selain itu, toko tersebut juga memiliki opsi untuk mengunduh stiker dari Google Play Store. Memang, meskipun beberapa paket stiker pihak ketiga juga tersedia, masih ada pilihan bagi Anda untuk dapat menggunakan stiker kostum buatan Anda. Jadi mengapa tidak membuat stiker sendiri dan menggunakannya. Nah, jika kalian mencari cara membuat custom stiker di WhatsApp dengan mudah, maka kalian berada di tempat yang tepat. Kenapa? Karena kali ini Kami akan membahas tutorial trik cara melakukannya! Mari simak ulasannya berikut!

Apa itu WhatsApp Stickers?

Ilustrasi Gambar Apa Itu WhatsApp Stickers Atau Stiker WA
Ilustrasi Gambar Apa Itu WhatsApp Stickers Atau Stiker WA

Stiker WA atau WhasApp stickers adalah fitur terbaru WA yang memungkinnya pengguna membagikannya saat sedang chatting (baca pengertian chatting disini).

Seperti halnya emoji, stiker juga menyampaikan emosi lebih baik daripada teks sederhana. Beberapa stiker juga memiliki teks, sehingga dengan menggunakannya, maka Anda mendapatkan 2 (dua) manfaat sekaligus.

Stiker WhatsApp hadir dengan banyak fitur sendiri. Anda dapat menambahkannya ke favorit, mengelompokkannya, dan lain sebagainya. Anda tidak perlu menjelajahinya sendiri. Kami telah melakukan pekerjaan untuk Anda.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Mengatasi Windows Update Error pada Windows 10 yang Baik dan Benar (Aman)!

Persyaratan Sebelum Membuat Kostum WhatsApp Sticker

Oke, sebelum kita mulai bagaimana langkah dan cara membuat stiker WhatsApp-nya, mari kita lihat terlebih dahulu beberapa requirements atau pre-requisites (prasyarat) membuatnya sebagai berikut:

Tutorial Langkah dan Cara Membuat Custom (Personal) Stiker WhatsApp Sendiri dengan Mudah

Baiklah, jika persyaratan di atas sebelumnya sudah kalian penuhi, sekarang langsung saja kita lanjutkan ke tutorial cara membuatnya berikut ini.

1. Membuat Gambar Transparan (tanpa Latar Belakang)

Langkah dan cara pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat custom personal stiker WhatsApp pribadi adalah memilih dan mengklik gambar yang ingin Anda gunakan.

Anda dapat berfoto selfie dengan ekspresi yang Anda inginkan dan setelah itu mengubahnya menjadi format file .png tanpa latar belakang.

Bagaimana saya membuat gambarnya menjadi transparent (transparan) atau tanpa latar belakang?

Nah, untuk melakukan itu, mulai dengan membuka smartphone atau ponsel cerdas Anda, buka galeri dan pilih beberapa gambar yang ingin Anda konversi menjadi format file .png tanpa latar belakang yang akan kita tambahkan sebagai sticker ke WhatsApp.

Untuk mengkonversi gambar Anda sehingga menjadi format .png yang transparan atau tanpa latar belakang adalah sebagai berikut:

Pertama-tama, buka Google Play Store dan install aplikasi penghapus latar belakang. Disini Kami lebih menyarankan untuk menggunakan aplikasi yang bernama Background Eraser.

Gambar Download Aplikasi Background Eraser Dari Google Play
Gambar Download Aplikasi Background Eraser Dari Google Play

Selain itu, Anda juga dapat mengikuti video Kami di bawah ini untuk menjadikan background gambar kita menjadi transparan dengan cukup hanya menggunakan Windows Paint 3D saja.

Baca Juga :  Begini Cara Cek Harga Website (URL, Domain dan DA/PA) Anda Secara Online, Gratis dan Mudah!
Video Cara Membuat Background Gambar Menjadi Transparent Atau Transparan

Jika sudah, lanjutkan dengan buka gambar apa saja yang ingin dikonversi menjadi stiker, hapus latar belakang dan potong sesuai ukuran yang Anda perlukan.

Selesai, yang terakhir simpan gambar dalam format .png (karena WhatsApp hanya mendukung format tersebut untuk permbuatan stikernya)

Note: Buat setidaknya 3 (tiga) gambar karena WhatsApp tidak mengizinkan untuk menambahkan paket stiker dengan kurang dari tiga gambar di dalamnya.

2. Membuat Custom Stiker WhatsApp Sendiri dengan Foto Personal (Pribadi)

Jika Anda telah menyelesaikan langkah-langkah yang sudah Kami sebutkan sebelumnya di atas, kemudian lanjutkan dengan download dan unduh aplikasi lain yang bermana “Personal Stickers for WhatsApp” atau stiker personal untuk WhatsApp di ponsel Anda.

Gambar Download Aplikasi Personal Stickers For WhatsApp Dari Google Play
Gambar Download Aplikasi Personal Stickers For WhatsApp Dari Google Play

Jika sudah kalian download dan mengunduhnya, lanjutkan dengan install aplikasi dan kemudian buka.

Aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi semua stiker (yang memiliki background atau latar belakang transparan) yang telah Anda buat.

Ketuk tombol tambah yang terletak di sebelah stiker. Sekali lagi ketuk opsi “tambah” saat ditanya.

Setelah itu, buka WhatsApp dan pergi ke bagian stiker dengan mengetuk ikon emoji dari kiri kotak teks.

Selesai, pilih opsi sticker dan cari stiker yang telah Anda tambahkan, ketuk dan sentuh untuk mengirim dan menggunakan custom stiker WhatsApp baru Anda.

Bagaimana Cara Mengirim dan Menggunakan Stiker Baru di WhatsApp?

Jika kalian menanyakan hal ini, maka perlu kalian ketahui bahwa cara untuk melakukannya terbilang sangat mudah.

Untuk mengirim stiker, ketuk ikon emoji di sebelah area pengetikan WhatsApp. Sebelumnya Anda hanya akan menemukan opsi emoji dan .gif di sini.

Sekarang di sebelah .gif, Anda akan melihat ikon stiker dimana gambar yang telah Anda buat dan tambahkan sebelumnya juga ada disana, ketuk itu dan pilih sticker untuk dikirimkan.

Baca Juga :  Berikut Ini 10 Tips Mendesain Aplikasi Mobile (Seluler) Pertama Anda yang Baik dan Benar!

Kemudian untuk melihat stiker yang baru saja ditambahkan, mirip seperti panel emoji yang memiliki bagian yang baru saja dilihat.

Saat Anda membuka panel stiker, stickers Anda yang baru digunakan adalah tab pertama di bagian atas (ikon tersebut akan terlihat seperti gambar jam).

Kesimpulan

Oke baiklah, di atas adalah Cara Membuat Custom Stiker di WhatsApp atau WA Sendiri dengan Mudah dan Bagaimana Mengirim dan Menggunakan Stiker Barunya yang dapat kalian ikuti dan coba praktikkan sekarang juga! Ini juga merupakan cara termudah dan dapat dikatakan tercepat terkait pembuatannya.

Selain itu, perlu Kami ingatkan sekali bahwa dalam membuatnya, Anda perlu menyediakan 3 (tiga) macam jenis gambar untuk ditambahkan.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai Cara Membuat Custom Stiker di WhatsApp atau WA Sendiri dengan Mudah dan Bagaimana Mengirim dan Menggunakan Stiker Barunya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua serta selamat mencoba caranya!

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman serta kerabat kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar