Mengenal Pengertian Microblogging: Sejarah, Manfaat dan Macam-Macam Platformnya!

0
Gambar Pengertian Microblogging Apa Itu Micro Blog Sejarah Manfaat Macam Macam Platformnya Untuk Perangkat Mobile
Gambar Pengertian Microblogging Apa Itu Micro Blog Sejarah Manfaat Macam Macam Platformnya Untuk Perangkat Mobile

Tahukah Anda Apa Pengertian Microblogging, Apa itu Micro Blog? Sejarah, Manfaat dan Macam-Macam Platformnya? Betul, Artikel yang lebih panjang dapat dan lengkap memang sering dibaca oleh orang dan menghasilkan lebih banyak Traffic atau Kunjungan Situs Web, namun, kadang Postingan yang lebih pendek mungkin menjadi Kunci untuk mempertahankan perhatian Audiens Anda.

Menulis artikel pendek lebih baik karena orang lebih suka mengkonsumsi Jenis Konten tersebut. Jadi, alih-alih membuat konten yang Kami anggap diinginkan pemirsa kami, Kami harus mulai membuat konten yang sebenarnya diinginkan pemirsa Kami. Untungnya, Microblogging dapat membantu Anda membuat konten ringkas yang sangat dibutuhkan Audiens Anda. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang Pengertian Microblogging secara detail dan lengkap. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Microblogging

Microblogging adalah Layanan Web yang memungkinkan pelanggan untuk menyiarkan pesan pendek ke pelanggan layanan lainnya. Micropost dapat dipublikasikan ke Situs Web atau didistribusikan ke sekelompok pelanggan pribadi. Pelanggan dapat membaca Postingan Microblog Online atau meminta agar pembaruan dikirimkan secara Real-Time ke Desktop mereka sebagai Pesan Instan yang dikirim ke perangkat seluler sebagai Pesan Teks SMS berdasarkan simpulan Kami dengan mengacu pada Situs Techtarget.

Apa itu Micro Blog atau Microblog?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Micro Blog Dalam Membahas Pengertian Microblogging
Ilustrasi Gambar Apa Itu Micro Blog Dalam Membahas Pengertian Microblogging

Microblog atau Micro Blog adalah konten singkat yang dirancang untuk interaksi audiens yang cepat. Microblogging memudahkan berkomunikasi dengan audiens dengan cepat. Daripada menulis halaman teks, blog mikro memungkinkan koneksi percakapan yang cepat dengan pelanggan.

Pesan Microblogging pendek muncul dalam berbagai Format Konten, termasuk Audio, Video, Gambar dan Teks. Tren Microblogging dimulai ketika Media Sosial (Baca Pengertian Media Sosial Disini) muncul untuk memberikan cara yang lebih cepat bagi perusahaan untuk melibatkan Pelanggan. Microblogging juga membuat pelanggan mendapat Informasi tentang konten yang lebih lama di Situs Web Anda.

Microblogging merupakan kombinasi dari Blogging dan Instant Message (Pesan Instan) yang memungkinkan pengguna untuk membuat pesan pendek untuk diposting dan dibagikan kepada Audiens secara Online. Platform sosial seperti Twitter telah menjadi bentuk yang sangat populer dari Jenis Blogging baru ini, terutama dalam Web Seluler yang membuatnya jauh lebih nyaman untuk berkomunikasi dengan orang-orang dibandingkan dengan hari-hari ketika penjelajahan World Wide Web (WWW) dan interaksi menjadi sebuah norma.

Baca Juga :  Pengertian Front-End Development: Bahasa dan Jenis Pekerjaannya

Tren yang berkembang sekitar akhir Era Web 2.0 setelah Media Sosial dan Blogging tradisional bergabung untuk menciptakan cara yang lebih mudah dan lebih cepat untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang sedang online dan membuat mereka mendapat Informasi tentang Informasi yang relevan dan dapat dibagikan pada saat yang sama.

Sejarah Microblogging

Dalam membahas mengenai Pengertian Microblogging, adalah merupakan hal yang penting bagi Kami untuk juga menjelaskan Apa Sejarah Microblogging dan Micro Blog ini. Menariknya, jika Anda Google “Apa itu Microblogging”, Anda akan mendapatkan banyak hasil Postingan yang berumur 10 Tahun atau lebih. Kenapa? Itu karena Istilah ini diciptakan pada Tahun 2005 dan menjadi populer dengan munculnya Platform Media Sosial seperti Twitter dan Tumblr dalam beberapa dekade terakhir.

Blogging memang selalu menjadi hal menyebalkan terutama jika terkait masalah Teknis. Dan, ketika Twitter dan sejenisnya muncul, maka hal tersebut akan memungkinkan Anda untuk menulis Entri, menambahkan Link (Tautan), dan Kemudian mem-Postingnya, semua itu terjadi dalam hitungan detik. Bagi sebagian orang, ini sepertinya Microblogging sudah ada sejak lama, awal dimulai Bomming-nya yaitu pada Tahun 2007. Saat itulah Twitter meledak dan memberi semua orang Platform untuk mengekspresikan pemikiran mereka dalam 140 Karakter atau kurang.

Twitter sendiri merupakan konvergensi antara Konsep SMS, Pesan Instan, dan Teknologi seluler. Kemampuan untuk mengirim teks memberi jalan ke pembaruan teks pendek yang singkat. Teks-teks tersebut berkembang menjadi kemampuan untuk mempublikasikannya di situs sosial. Dan, hari ini, kami menyebutnya pembaruan, microblog.

Twitter, lebih dari situs jejaring sosial lainnya, dikenal sebagai situs Microblogging karena pembatasan Jumlah Karakter mereka. Secara desain, pengguna dibatasi dalam jumlah yang dapat mereka bagikan. Media Sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram juga dikenal sebagai situs Microblogging.

Manfaat Microblogging

Sebelumnya mengapa ada orang yang ingin mulai mem-Posting di Situs Web Microblogging? Jika Anda ragu untuk mulai menggunakan Situs seperti Twitter atau Tumblr, di bawah ini adalah beberapa Alasan dan Manfaat Microblogging untuk mempertimbangkan mencobanya. Berdasarkan Pengertian Microblogging di atas, adapun beberapa Manfaat Microblogging adalah sebagai berikut.

a. Lebih Sedikit Waktu untuk Mengembangkan Konten

Memang, butuh waktu untuk menulis atau menyatukan Konten untuk Postingan Blog yang panjang. Dengan Microblogging, di sisi lain, Anda dapat memposting sesuatu yang baru yang hanya membutuhkan beberapa detik untuk menulis atau mengembangkannya.

b. Lebih Hemat Waktu untuk Potongan-Potongan Konten Secara Individual

Karena Microblogging adalah bentuk Media Sosial yang populer dan konsumsi Informasi pada Mobile atau Perangkat Seluler, ada baiknya Anda dapat dengan cepat mendapatkan intisari dari Postingan dalam Format yang singkat, langsung ke Titik Sasaran tanpa perlu membaca atau menonton sesuatu yang membutuhkan terlalu banyak waktu.

Baca Juga :  Pengertian Multichannel Marketing: Tujuan, Manfaat dan Cara Membuat

c. Postingan Lebih PendeK dan Sering

Blogging Tradisional melibatkan dan menjadikan Posting yang lebih panjang tetapi lebih jarang dilakukan, sementara Microblogging sebaliknya (Posting lebih pendek dan lebih sering). Karena Anda menghemat banyak waktu dengan berfokus hanya pada memposting Bagian dan Potongan yang pendek, Anda dapat memposting lebih sering.

d. Cara Yang Lebih Mudah untuk Berbagi Informasi

Sebagian besar Platform Microblogging dirancang agar mudah dan cepat digunakan. Dengan Tweet sederhana, Foto Instagram, atau Posting Tumblr, Anda dapat memperbarui dan memberikan semua orang tentang apa yang terjadi dalam hidup Anda (atau bahkan dalam bentuk berita) pada saat ini.

e. Cara Lebih Mudah, Langsung untuk Berkomunikasi dengan Audiens

Selain dapat berkomunikasi lebih baik dengan Posting yang lebih sering dan lebih pendek, Anda juga dapat menggunakan Platform Microblogging agar dengan mudah mendorong dan memfasilitasi lebih banyak interaksi dengan Komentar, men-Tweet, me-Reblog, Like (Menyukai), dan banyak lagi yang lainnya.

f. Kenyamanan Bergerak

At Last but Not Least, Microblogging tidak akan menjadi masalah besar seperti sekarang tanpa Tren yang berkembang ke arah Penjelajahan Web Seluler atau Smartphone. Terlalu sulit untuk menulis, berinteraksi, dan mengonsumsi Posting Blog yang panjang di Smartphone atau Tablet, itulah sebabnya Microblogging berjalan seiring dengan bentuk Penelusuran Web yang lebih baru ini.

Macam-Macam Platform Microblogging

Ilustrasi Gambar Macam Macam Platform Microblogging Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Macam Macam Platform Microblogging Dalam Membahas Pengertiannya

Setelah mengetahui Apa Pengertian Microblogging, Lalu Apa saja Platform-Platform Microblogging itu? Betul, Anda mungkin sudah menggunakan Situs Web Microblogging tanpa menyadarinya.

Hal itu adalah seperti Postingan Sosial Online yang singkat namun sering, dimana hal tersebut adalah apa yang kebanyakan orang inginkan, mengingat bahwa begitu banyak dari kita yang menelusuri Web dari perangkat Mobile ketika kita sedang bepergian dan rentang perhatian kita menjadi lebih pendek dari sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa Platform-Platform Microblogging yang Populer.

a. Twitter

Twitter adalah salah satu Platform Sosial tertua dan paling terkenal yang ditempatkan di bawah kategori “Microblogging“. Dengan batas 280 Karakter (Sekarang), Anda sekarang juga dapat juga membagikan Video, Link (Tautan) Artikel, Foto, Gif, Klip Suara, dan lainnya melalui Kartu Twitter selain Teks biasa.

b. Tumblr

Tumblr mengambil inspirasi dari Twitter tetapi memiliki keterbatasan, walaupun mereka memiliki lebih banyak fitur. Anda tentu dapat memposting Postingan Blog yang panjang jika Anda mau, tetapi sebagian besar pengguna menikmati Postingan yang banyak dan banyak Postingan Individual Konten Visual seperti Photoset dan Gif.

c. Instagram

Instagram ada sebagai dan seperti jurnal foto untuk ke mana pun Anda pergi. Daripada mengunggah banyak Foto ke Album seperti yang biasa kita lakukan melalui Web Desktop di Facebook atau Flickr, Instagram memungkinkan Anda memposting satu Foto sekaligus untuk menunjukkan di mana Anda berada dan apa yang Anda lakukan.

Baca Juga :  Pengertian Kerning: Cara Kerning dan Tipsnya dalam Typography

d. Vine (Sekarang Tidak Aktif)

YouTube membuat Video Blogging atau “Vlogging” menjadi Populer ketika orang-orang mulai mengunggah Video biasa dari diri mereka sendiri menjalani hidup mereka atau berbicara tentang apa yang menarik bagi mereka. Vine setara dengan YouTube yang merupakan Platform Video Microblogging di mana orang dapat berbagi apa pun yang mereka inginkan dalam waktu enam detik atau kurang. Perlu kalian ketahui bahwa, Vine sekarang tidak aktif lagi, mereka dihentikan pada awal Tahun 2017.

e. Pinterest

Pinterest adalah Jaringan Media Sosial yang memungkinkan pengguna untuk berbagi Gambar yang terkait dengan proyek, barang, dan layanan, dan secara visual menemukan minat baru dengan menelusuri Gambar yang telah diposkan orang lain. Anda dapat menganggap Pinterest seperti Papan Pin atau Papan Buletin berbasis Web, tetapi dengan fungsionalitas organisasi yang lebih besar.

Microblogging untuk Pengguna Mobile

52,2% dari Lalu Lintas Situs Web di seluruh dunia dihasilkan oleh perangkat seluler pada Tahun 2018. Ketika pemirsa terus beralih ke Perangkat Seluler sebagai sumber informasi langsung, Microblogging menjadi Platform yang sangat penting. Konsumen kesulitan berinteraksi dengan Posting yang panjang di Perangkat Ponsel. Namun, Microblog menawarkan akses instan ke Pembaruan dan Tren Berita. Microblog memperkuat hubungan merek di dunia seluler.

Banyak Platform Microblogging juga menawarkan kesempatan untuk interaksi dua arah. Saluran Microblogging seperti Twitter memfasilitasi interaksi melalui Komentar, Retweet, Kesukaan, dan lainnya. Microblog memfasilitasi keterlibatan yang lebih besar daripada Posting Tradisional.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan Penjelasan Pengertian Microblogging, Apa itu Micro Blog? Sejarah, Manfaat dan Macam-Macam Platformnya di atas, dapat kita simpulkan bahwa Microblogging adalah Postingan pembaruan singkat dan sering sering Online. Tidak seperti Blog Tradisional, yang sering di-Host di Website khusus, Microblog biasanya diterbitkan di Situs Media Sosial seperti Twitter atau Facebook.

Platform Microblogging yang paling umum dan terkenal adalah Twitter, yang memungkinkan Anda memposting pembaruan dengan batasan karakter. Pembaruan ini disebut dengan Tweet, dapat menyertakan Hashtag atau Tagar, Mention atau Sebutan (Tautan ke Pengguna Twitter yang lainnya), atau Link (Tautan) ke Sumber Daya Online, seperti Halaman Web, Gambar, atau Video. Saat Anda menggunakan Twitter, pembaruan Anda dilihat oleh semua pengguna yang memilih untuk mem-Follow atau “Mengikuti” Anda.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Pengertian Microblogging, Apa itu Micro Blog? Sejarah, Manfaat dan Macam-Macam Platformnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar