Mengenal Pengertian Exe (.exe): Apa itu Executeable File dan Extension? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam serta Cara Membuka dan Menjalankannya!

0
Gambar Pengertian Exe Apa Itu Executeable File Dan Extension Tujuan Dan Fungsi Jenis Macam Serta Cara Membuka Dan Menjalankan Filenya Dan Apakah Itu Berbahaya
Gambar Pengertian Exe Apa Itu Executeable File Dan Extension Tujuan Dan Fungsi Jenis Macam Serta Cara Membuka Dan Menjalankan Filenya Dan Apakah Itu Berbahaya

Tahukah Anda, Pengertian Exe, Apa itu Executeable File (.exe) dan Extension? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam serta Cara Membuka dan Menjalankan serta Apakah itu Berbahaya? Secara bahasa exe adalah bahasa singkatan dari executable, format file ini sebagian besar digunakan untuk program pada DOS, Windows, dan platform lainnya. File exe dapat berisi resource (sumber daya), grafik bitmap, ikon, dan komponen lainnya untuk menjalankan program yang dapat dieksekusi yang juga berada di file exe.

Format file executeable ini dapat dikompres dengan kompresor yang dapat dieksekusi seperti paket runtime dan dapat diekstraksi kembali menggunakan CUP386 dan UNP. Format file exe seringkali dan banyak digunakan untuk memuat jutaan program software (perangkat lunak) pada platform (baca pengertian platform disini) yang berbeda. Oke, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu arti dari exe atau executeable file. Baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Exe

Exe (.exe) adalah ekstensi file untuk format file yang dapat dieksekusi.

File yang dapat dieksekusi (executable) merupakan file yang berisi sebuah program yaitu, jenis file tertentu yang dapat dieksekusi atau dijalankan sebagai program di Komputer.

File yang dapat dieksekusi atau executeable file dapat dijalankan oleh program dalam Microsoft DOS atau Windows melalui perintah atau klik dua kali.

File yang namanya berakhir dengan ekstensi “.exe” sebenarnya adalah sebuah program yang ketika dibuka menyebabkan sistem operasi menjalankan program.

Pengguna yang menerima file .exe sebagai lampiran e-mail harus selalu memastikan bahwa file (baca selengkapnya tentang pengertian file disini) tersebut berasal dari sumber tepercaya dan tidak mengandung virus.

Apa itu Executeable File (.exe)?

Gambar Pengertian Apa Itu Executeable File Exe Dan Extension Serta Tujuan Dan Fungsinya
Gambar Pengertian Apa Itu Executeable File Exe Dan Extension Serta Tujuan Dan Fungsinya

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan executeable file (.exe) itu? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan istilah atau akronim exe saja.

File yang dapat dieksekusi atau executeable file adalah file yang digunakan untuk melakukan berbagai fungsi atau operasi pada komputer.

Tidak seperti file data, file yang dapat dieksekusi tersebut tidak dapat dibaca karena ini hanya dapat dikompilasi.

Pada komputer yang kompatibel dengan IBM, file yang dapat dieksekusi pada umumnya adalah adalah .bat, .com, .exe, dan .bin, yang juga merupakan tipe lain dari tipe file yang dapat dieksekusi di Windows berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Situs Techtarget.

Pada komputer Apple mac yang menjalankan Operating System (OS) MacOS, file .dmg dan .app adalah file yang dapat dieksekusi.

Bergantung pada sistem operasi dan preferensi serta pengaturannya, ada berbagai macam file yang dapat dieksekusi.

Secara sederhana, arti exe (.exe) adalah ekstensi file untuk format file yang dapat dieksekusi (seperti file yang berisi program) atau jenis file tertentu yang dapat dieksekusi atau dijalankan sebagai program di komputer.

Apa Itu Ekstensi atau File Extension?

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan ekstensi atau file extension? Ini adalah kumpulan 3 (tiga) atau 4 (empat) karakter yang terdapat pada akhir nama file untuk mengidentifikasi jenisnya.

Sebagai contoh misalnya dalam hal ini yaitu ekstensi .exe.

ekstensi file memberi tahu Anda jenis file apa itu, dan memberi tahu Windows, program apa yang dapat membukanya.

Windows sering mengaitkan program default ke setiap ekstensi file, sehingga ketika Anda mengklik 2 (dua) kali atau istilahnya (double click) file tersebut, maka program akan diluncurkan secara otomatis.

Ketika program itu tidak lagi di PC Anda, Anda kadang-kadang bisa mendapatkan error (kesalahan) atau warning ketika Anda mencoba untuk membuka file terkait.

Baca Juga :  Memahami Pengertian VPN: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Manfaat serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Tujuan dan Fungsi Exe (.exe)

Agar lebih memahami tentang apa itu definisi exe, executeable file extension, maka adalah merupakan hal yang penting bagi kita untuk juga mengetahui tentang tujuan dan fungsinya.

Ya untuk tujuan utamanya sendiri, aplikasi dan skrip perangkat lunak yang dikembangkan untuk sistem berbasis Microsoft Windows terdiri dari file yang digunakan untuk memulai proses inisialisasi file pengembang lain yang diperlukan untuk menjalankan program.

File-file ini disimpan dalam format .exe untuk menjelaskan fungsi jenisnya kepada sistem operasi.

Konten file exe dapat mencakup rincian kode dan referensi yang dapat digunakan untuk mencari dan memuat file pengembang terkait yang disertakan dalam aplikasi terkait.

File exe dan file program lainnya dari skrip perangkat lunak juga dapat dibuat untuk lingkungan Microsoft DOS.

File exe ini ditempelkan (ditambahkan) dengan ekstensi .exe, dan banyak aplikasi Microsoft Windows juga menggunakan modul .dll yaitu Dynamic Link Library (DLL) yang terkait dengan file exe.

Beberapa file exe dikodekan dan dikompres sebagai arsip self-extracting file dan folder, yang berarti menginisialisasi file exe akan mendekompresi archive (arsip) dan menyimpan file dan folder di lokasi yang telah dikonfigurasikan sebelumnya.

Biasanya lokasinya berada di direktori yang sama di mana arsip exe yang self-extract (mengekstraksi sendiri) file disimpan, meskipun dalam beberapa kasus, pengguna diminta untuk lokasi untuk mendekompresi dan menyimpan file dan folder yang termasuk dalam file exe yang mengekstraksi sendiri.

Ada juga aplikasi yang dikembangkan sebagai emulator untuk platform Mac, dan program ini dapat menerapkan dukungan untuk menginisialisasi dan menjalankan file exe, sementara pengguna sistem berbasis Linux dapat menggunakan versi software (perangkat lunak) seperti Oracle VM VirtualBox for Linux.

File dengan ekstensi file .exe hanya dapat diluncurkan oleh aplikasi tertentu, dimana pada umunnya yaitu Windows.

File .exe mungkin saja adalah file data dari sebuah dokumen atau media, yang berarti file tersebut tidak dimaksudkan untuk dapat dilihat sama sekali.

Jenis File Exe atau Executeable

Ilustrasi Gambar Jenis Dan Macam Nama Exe Atau Executeable File Serta Cara Membukan Dan Menjalankannya
Ilustrasi Gambar Jenis Dan Macam Nama Exe Atau Executeable File Serta Cara Membukan Dan Menjalankannya

Setelah kita mengetahui apa itu arti exe dan executeable file extension di atas, maka kita juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis dari file yang memiliki ekstensi akhir .exe ini.

Secara teknis ada 2 (dua) jenis utama file yang dapat dieksekusi (executeable) yaitu adalah sebagai berikut:

  1. Compiled programs atau program yang dapat dikompilasi.
  2. Scripts atau skrip.

Oke, di bawah ini akan Kami jelaskan secara lebih detail terkait jenis executeable file (.exe) yang harus kalian ketahui.

a. Compiled Programs

Jenis yang pertama adalah program yang dapat dikompilasi atau compiled programs. Pada sistem Windows, program yang dikompilasi memiliki ekstensi file .exe dan sering disebut sebagai “file exe”.

Sedangkan pada komputer Macintosh, program yang dikompilasi memiliki ekstensi .app, yang merupakan kependekan dari aplikasi.

Kedua jenis file yang dapat dieksekusi tersebut telah dikompilasi dari source atau kode sumber menjadi kode mesin biner yang langsung dieksekusi oleh CPU.

Namun, file exe hanya berjalan di Windows, sedangkan file app hanya berjalan di Mac OS X.

Hal ini terjadi karena kode dijalankan oleh sistem operasi dan oleh karena itu harus dikompilasi dalam format yang dapat dimengerti sistem operasi atau Operating System (OS).

b. Scripts

Jenis executeable file berikutnya skrip atau scripts. Ini adalah file yang dapat dieksekusi yang tidak dikompilasi sering disebut sebagai skrip.

File-file ini disimpan dalam format teks biasa, bukan format binary (biner).

Dengan kata lain, Anda dapat membuka file skrip dan melihat kode dalam editor teks atau text editor (baca pengertian text editor disini) karena skrip tidak mengandung kode mesin yang dapat dieksekusi seperti exe.

Ya, skrip tersebut memerlukan interpreter untuk dijalankan.

Sebagai contoh misalnya, file PHP (Hypertext Preprocessor) hanya dapat mengeksekusi kode ketika dijalankan melalui translation atau penerjemahan .php.

Jika translator atau penerjemahnya PHP tidak tersedia, maka skrip PHP hanya dapat dibuka sebagai file teks (plain text

).

Baca Juga :  Mengenal Pengertian SM Bus: Apa itu System Management Bus Controller? Sejarah, Fungsi, Protokol dan Cara Mengatasi Masalah Umumnya pada Komputer!

Macam-Macam Nama Umum File Exe

Selain membahas mengenai pengertian exe dan executeable file extension, disini Kami juga akan menjelaskan tentang berbagai macam nama file yang pada umumnya dijadikan sebuah format .exe.

Ya, seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya, file yang dapat dieksekusi adalah jenis file komputer yang menjalankan program saat dibuka.

Hal ini berarti mengeksekusi kode atau serangkaian instruksi yang terkandung dalam file.

Oke langsung saja, adapun beberapa nama-nama exe (.exe) yang sering dibuat pada umumnya serta yang sering kita temui adalah sebagai berikut:

  • Setup.exe; Ini adalah nama yang sangat umum ketika datang untuk penginstal program perangkat lunak, ketika file ini dibuka, maka dengan segera, itu memulai proses instalasi.
  • Install.exe; Macam ini adalah nama lain yang populer untuk installer (pemasang) perangkat lunak.
  • Cmd.exe; Ini merupakan program shell yang digunakan oleh Windows 2000 dan yang lebih baru yang menggantikan shell command.com.

Cara Membuka dan Menjalankan atau Run File Exe (.exe)

Dalam membahas mengenai pengertian .exe, tujuan dan fungsi serta jenis macamnya, pastinya hal tersebut tidak terlepas dari bagaimana cara membuka dan menjalankan (run) filenya bukan?

Oke baiklah, untuk membuka sebuah file exe, atau file lain di PC Anda, yaitu dengan mengklik 2 (dua) kali atau yang lebih dikenal dengan istilah double clicking.

Jika asosiasi file Anda diatur dengan benar, aplikasi yang dimaksudkan untuk membuka exe (.exe) Anda akan segera membukanya.

Benar! File exe tidak memerlukan program pihak ketiga untuk dibuka karena Windows sudah tahu cara menangani ini secara default.

Namun, exe (.exe) terkadang menjadi tidak dapat digunakan karena kesalahan registry atau infeksi virus.

Ketika ini terjadi, Windows diperdaya untuk menggunakan program yang berbeda, sebagai contoh misalnya seperti ketika program software Notepad yang digunakan untuk membuka file exe, tentu saja hal itu tidak akan berfungsi.

Untuk cara menjalankannya sendiri, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat kalian ikuti untuk dapat me-run file exe:

  • Untuk menjalankan file di Microsoft Windows, cukup dengan double-click atau klik 2 (dua) kali file tersebut.
  • Untuk menjalankan file di sistem operasi atau Operating System (OS) GUI lain, satu atau 2 (dua) kali klik juga akan dapat mengeksekusi filenya.
  • Untuk menjalankan file dalam MS-DOS dan berbagai sistem operasi baris perintah lainnya, ketikkan nama file yang dapat dieksekusi dan tekan tombol “enter”. Sebagai contoh misalnya, file filesaya.exe dijalankan dengan mengetikkan “myfile” pada perintah atau command prompt.
  • Sistem operasi baris perintah lainnya seperti Linux atau Unix mungkin mengharuskan pengguna untuk mengetik tanda period (.) dan garis miring di depan nama file. Sebagai contoh seperti ./filesaya akan mengeksekusi file bernama “myfile”.

Apakah File Exe (.exe) Bisa Berbahaya?

Ketika membahas mengenai arti exe, maka ini memunculkan berbagai macam pertanyaan seperti, apakah file ini dapat berbahaya?

Ya, jika kalian yang sedang membaca postingan Kami tentang exe disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya apakah itu berbahaya, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat!

Mengapa? Tentu saja karena Kami juga akan menjelaskannya disini!

Memang, banyak software (perangkat lunak) yang berpotensi malicious atau berbahaya (dangerous) pada sistem Anda datang melalui file exe, ini biasanya terjadi di background (latar belakang) program yang tampaknya aman.

Adapun beberapa penyebab ini yaitu seperti ketika program yang Anda anggap original (asli) dan otentik meluncurkan kode komputer yang merusak dan itu berjalan tanpa sepengetahuan Anda.

Sebenarnya, program ini mungkin memang program original atau genuine, tetapi mereka mengandung virus, atau perangkat lunaknya mungkin sepenuhnya fake (palsu) dan hanya memiliki nama yang akrab sehingga itu kita install (pasang) di PC atau personal computer (baca pengertian personal computer disini) kita.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Social Graph (Grafik Sosial): Cara Kerja dan Penggunaannya dalam Media Sosial!

Maka karena itu, seperti ekstensi file yang dapat dieksekusi lainnya, Anda harus ekstra hati-hati saat membuka file exe yang Anda download dari internet atau terima melalui e-mail.

Sebagian besar penyedia e-mail tidak akan membiarkan file exe yang berpotensi destruktif dikirim kecuali setelah melalui proses kompresi, dan bahkan beberapa email service provider bahkan tidak akan membiarkan Anda memasukkan file dalam arsip atau .zip archive dan mengirimkannya.

Saran Kami pribadi adalah agar selalu cross-check dan pastikan Anda mempercayai pengirim file exe sebelum membukanya.

Hal lain yang perlu diingat terkait keamanan file exe adalah bahwa mereka hanya digunakan untuk meluncurkan aplikasi atau application (baca pengertian application disini).

Jadi, jika Anda telah mengunduh apa yang Anda pikir apa yang Anda download itu merupakan file video misalnya, tetapi memiliki ekstensi exe (.exe), maka Anda harus segera menghapusnya.

Video yang Anda unduh dari internet biasanya dalam format file .3gp, .mp4, .mkv, atau .avi, tetapi tidak pernah berekstensi .exe.

Rule atau aturan yang sama berlaku untuk file gambar, dokumen, dan semua jenis file lainnya masing-masing menggunakan set ekstensi file mereka sendiri.

Langkah penting dalam mengurangi kerusakan untuk system (baca selengkapnya pengertian system disini) Anda yang dilakukan oleh file exe berbahaya adalah dengan memasang antivirus di PC Anda dan menjaganya tetap berjalan dan terbarui.

Kalian dapat menggunakan antivirus gratis seperti Avast dimana database tentang kumpulan potensi virusnya selalu diperbarui.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Oke baiklah, jadi berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Exe, Apa itu Executeable File (.exe) dan Extension? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam serta Cara Membuka dan Menjalankan serta Apakah itu Berbahaya di atas dapat Kita simpulkan bahwa executeable file atau exe (.exe) adalah file yang berisi program yang dapat dieksekusi oleh sistem operasi. Exe merupakan kependekan dan singkatan kata dari “executable”, dan itu adalah ekstensi file standar yang digunakan oleh sebuah program. Bagi banyak pengguna Windows, file exe identik dengan program Windows, dimana hal itu membuat ekstensi “.exe” menjadi salah satu ekstensi file yang paling dikenal.

File exe biasanya merupakan aplikasi Windows yang valid (sah), tetapi mereka juga dapat digunakan untuk mendistribusikan dan mengeksekusi serangan malware pada komputer korban. Untuk melindungi dari serangan berbahaya yang dapat dieksekusi Windows, jangan pernah mengklik 2 (dua) kali file exe yang telah Anda unduh atau terima melalui lampiran e-mail kecuali Anda dapat memverifikasi keabsahan dari sumber pengirimnya.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas dan menguraikan penjelasan tentang Pengertian Exe, Apa itu Executeable File (.exe) dan Extension? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam serta Cara Membuka dan Menjalankan serta Apakah itu Berbahaya. Semoga apa yang telah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta juga menambah wawasan kita semua. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah atau hubungi Kami pada halaman kontak untuk informasi lebih lanjut.

Jangan lupa like, share and subscribe blog ini untuk berbagai macam pembaruan referensi serta tips dan trik teknologi terbaru. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar