Educational Technology (EdTech): Pengertian, Apa itu Education 4.0? Jenis Transformasi, Macam Peran, dan Perkembangannya untuk Tantangan dalam Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0!

Gambar Pengertian Educational Technology EdTech Apa Itu Education 4 0 Jenis Transformasi Macam Peran Perkembangannya Untuk Menghadapi Tantangan Dunia Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4 0 Dan Masa Depan
Gambar Pengertian Educational Technology EdTech Apa Itu Education 4 0 Jenis Transformasi Macam Peran Perkembangannya Untuk Menghadapi Tantangan Dunia Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4 0 Dan Masa Depan

Pengertian Educational Technology (EdTech), Apa itu Pendidikan 4.0? Jenis, Macam Peran, dan Perkembangannya untuk Tantangan dalam Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0!

Baik, seperti yang kita ketahui, pemanfaatan kemajuan teknologi dalam proses belajar mengajar pastinya dapat meningkatkan proses belajar mengajar dan menciptakan minat peserta didik untuk berpartisipasi dalam materi pembelajaran.

Tren terbaru dalam dunia pendidikan di zaman sekarang ini dikenal dengan istilah education 4.0, khususnya di tahun 2022 sekarang ini, yang hadir dengan cara melengkapi fenomena penetrasi digital dalam kehidupan kita sehari-hari.

Di Indonesia sendiri, pendidikan modern lebih ditonjolkan untuk merangkul revolusi industri 4.0 (Four Point O atau Zero) sebagai bagian dari seruan pembenahan sistem pendidikan tinggi negara tercinta kita.

Memang, di saat masa pandemi, teknologi sudah berperan besar untuk membuat dunia pembelajaran terus berjalan.

Yup! Untuk mewujudkan hal tersebut, langkah awal kita, adalah mengubah dan menyesuaikan proses pemanfaatan kemajuan teknologi (baca selengkapnya terkait apa pengertian teknologi di sini) dalam proses belajar mengajar.

Oke langsung saja, mari kita bahas lebih lanjut pengertian educational technology dan peran teknologi dalam mendukung dunia pendidikan untuk menghadapi tantangan pada revolusi industri 4.0.

Pengertian Educational Technology (EdTech)

Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Educational Technology Teknologi Pendidikan Industri 4.0 Dan Education 4.0
Ilustrasi Gambar Apa Itu Pengertian Educational Technology Teknologi Pendidikan Industri 4.0 Dan Education 4.0

Berarti teknologi pendidikan (dalam bahasa Indonesia), educational technology atay EdTech adalah bidang studi yang menyelidiki proses menganalisis, merancang, mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi lingkungan pembelajaran, bahan pembelajaran, peserta didik, dan proses pembelajaran dalam rangka meningkatkan belajar mengajar.

Mengutip postingan dari Situs Universitas San Diego, adapun salah satu definisi penting dari teknologi pendidikan adalah mengacu pada alat dan media teknologi yang membantu dalam komunikasi pengetahuan, dan pengembangan dan pertukarannya.

Teknologi pendidikan dalam pendidikan penting karena membantu guru saat ini untuk mengintegrasikan teknologi dan alat baru ke dalam kelas mereka.

Guru dapat meningkatkan dan meningkatkan keterpusatan siswa di kelas mereka dan tentunya memungkinkan guru untuk melibatkan siswa mereka dengan cara yang unik, inovatif, dan fair (adil).

Betul! Selain itu, guru juga dapat memperluas jaringan dan terhubung dengan guru dan pendidik lainnya secara nasional dan global.

Apa itu Revolusi Industri 4.0?

Sebelum kita membahas tentang dampak industri 4.0 untuk bidang pendidikan atau education (edukasi), mari kita lihat kembali apa sebenarnya pengertian dari industri 4.0 ini.

Oke, seperti yang sudah Kami bahas dalam postingan pengertian industri 4.0 menurut berbagai macam sumber, pakar, dan para ahli, ini adalah terminologi mengacu pada sistem produksi “pintar” dan terhubung yang dirancang untuk merasakan, memprediksi, dan berinteraksi dengan dunia fisik, sehingga dapat membuat keputusan yang mendukung produksi secara real-time atau waktu nyata.

Sebagai contoh misalnya, di bidang manufaktur, dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi energi, dan keberlanjutan.

Betul! Ini semua pastinya dapat meningkatkan produktivitas dengan mengurangi waktu henti dan biaya pemeliharaan yang ada.

Implementasinya menunjukkan peningkatan rata-rata ketersediaan lini produksi sebesar 5 hingga 15%, dan selain itu menawarkan peluang untuk penghematan energi dan keberlanjutan melalui pengoptimalannya.

Seperti dalam studi kasus multinasional di sektor plastik, industri 4.0, menggunakan sensor energi mengurangi konsumsi daya di salah satu pabriknya sekitar 40%, yang menghemat lebih dari milyaran juta per tahun.

Well, memang, hanya sedikit negara yang mengembangkan dan memperdagangkan teknologi industri 4.0 ini.

Sejauh ini, menurut riset yang telah Kami pantau, negara Amerika Serikat dan China masih memimpin dalam publikasi dan paten.

Selain itu, mereka juga memiliki platform digital terbesar, setengah dari pusat data hyperscale dunia, tingkat adopsi 5G tertinggi, 94% dari semua pendanaan startup berbasis kecerdasan buatan dalam beberapa tahun terakhir, serta dengan banyak dari peneliti AI terkenal.

Apa itu Pendidikan, Edukasi atau Education 4.0?

Oke, sekarang kita sudah mengetahui seperti apa perkembangan industri ke-4 tersebut, jadi apa itu yang dimaksud dengan edukasi atau education 4.0 ini?

Pendidikan, edukasi, atau yang dikenal dengan istilah education 4.0 adalah pendekatan pembelajaran yang diinginkan yang sejalan dengan munculnya revolusi industri ke-4 (empat).

Menurut jurnal atau paper yang dipublikasikan oleh para ahli Hussin, A. A. (2018), pendidikan 4.0 merupakan jawaban atas kebutuhan era industri (IR4.0) terkait penyelarasan manusia dan teknologi untuk mencapai kemungkinan-kemungkinan baru.

Ya, revolusi industri ini berfokus pada teknologi pintar atau smart technology (baca pengertian smart technology di sini), kecerdasan buatan, dan robotika, di mana yang semuanya sekarang berdampak pada kehidupan kita sehari-hari.

Baca Juga :  Pengertian SERM (Search Engine Reputation Management) dan Fungsinya

Agar institusi, lembaga pendidikan, atau universitas dapat terus menghasilkan lulusan yang sukses, mereka tentunya harus mempersiapkan siswa mereka untuk dunia di mana sistem siber-fisik ini lazim di semua industri.

Sebagai contoh misalnya seperti Untan atau Universitas Tanjungpura, implementasi teknologi mereka terbilang sudah sangat bagus, khususnya dengan dukungan dan asistensi lembaga TIK mereka, di mana ini itu secara langsung sudah mengacu ke praktik teknologi pendidikan.

Benar! Ini berarti terkait implementasinya dengan mengajar siswa tentang teknologi sebagai bagian dari kurikulum, adalah dengan mengubah pendekatan pembelajaran secara keseluruhan, dan memanfaatkan teknologinya untuk meningkatkan pengalaman universitas dengan lebih baik.

Di samping gelar mereka, mereka mungkin juga mencari peluang kerja bagi siswa untuk memungkinkan mereka mendapatkan pengalaman kerja untuk mendukung diri mereka sendiri secara finansial dan untuk membangun keterampilan mereka dalam kerja tim dan komunikasi dalam kesiapan untuk menempuh karir di depan mereka.

Jenis-Jenis Transformasi Digital dalam Kemajuan Teknologi Edukasi atau Pendidikan (Educational Technology)

Gambar Jenis Dan Macam Tipe Transformasi Digital Dalam Kemajuan Teknologi Edukasi Atau Pendidikan Di Era Industri Keempat 4
Gambar Jenis Dan Macam Tipe Transformasi Digital Dalam Kemajuan Teknologi Edukasi Atau Pendidikan Di Era Industri Keempat 4

Baik setelah kita mengetahui apa pengertian educational technology atau teknologi pendidikan yang mana perkembangannya di era industri 4.0 ini dikenal dengan education 4.0, kita juga harus mengetahui apa saja jenis tipe tranformasi digital dalam kemajuannya.

Menurut pakar bernama Blaschke, pada publikasi artikelnnya di tahun 2012 menerangkan bahwa pemanfaatan kemajuan teknologi dalam pendidikan 4.0 diharapkan dapat menghadirkan peran yang signifikan bagi institusi pendidikan tinggi.

Dengan teknologi baru, siswa akan memiliki lebih banyak perhatian terhadap pembelajaran dan mereka.

Berikut adalah jenis dan macam tipe contoh dari transformasi digital untuk kemajuan teknologi terkini dalam pendidikan 4.0.

1. Aksesibilitas dan Akses Terbarukan

Jenis transformasi digital dalam educational technology di era education 4.0 pertama yaitu adalah aksesibilitas dan akses yang terbarukan.

Salah satu tren transformasi digital paling menginspirasi yang terlihat dalam pendidikan adalah peningkatan aksesibilitas ke sekolah, pelajaran, dan bahkan program gelar untuk siswa dari segala usia.

Siswa yang mungkin memiliki keterbatasan yang menghambat kemampuan mereka untuk mengakses jenis informasi tertentu akan menemukan bahwa teknologi dapat sangat membantu dalam menghilangkan hambatan ini.

Misalnya, program dan program text-to-speech yang mentranskripsikan konten yang didiktekan dapat membantu meningkatkan kemampuan semua siswa untuk mengakses informasi yang disajikan melalui sekolah.

2. Pendekatan Pembelajaran yang Dipersonalisasi

Berikutnya, jenis tipe atau contoh transformasi digital dalam dunia pendidikan di era industri 4.0 adalah pendekatan pembelajaran yang dipersonalisasi.

Ya! Pendekatan pembelajaran yang dipersonalisasi juga telah menjadi komponen penting dari revolusi pendidikan digital.

Alih-alih mencoba memasukkan semua orang ke dalam kotak metaforis yang sama, banyak sekolah dan program mulai menyadari nilai menawarkan solusi yang dapat disesuaikan untuk siswa berdasarkan kekuatan dan kelemahan mereka sendiri.

Pendekatan pembelajaran yang dipersonalisasi memberikan sejumlah manfaat bagi siswa dan lembaga pembelajaran.

Ketika siswa atau mahasiswa diizinkan untuk belajar dengan cara yang paling sesuai dengan pendekatan pembelajaran mereka sendiri, itu membantu mereka menyerap dan menyimpan informasi penting, di mana personalisasi akan memberdayakan mereka untuk maju dalam pendidikan mereka.

3. Virtual Reality (Realitas Maya)

Kemudian, ada realitas maya atau yang dikenal dengan virtual reality.

Realitas virtual telah menjadi komponen teknologi yang semakin penting di semua sektor.

Meskipun awalnya digunakan sebagai bentuk hiburan, tetapi juga menarik perhatian karena potensinya dalam rangkaian pelatihan atau bahkan belanja.

Dalam dunia pendidikan (educational technology), virtual reality dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk “‘mengalami” materi yang mereka pelajari sebelum mereka benar-benar pindah ke aplikasi dunia nyata.

Sebagai contoh misalnya, di industri perhotelan, siswa dapat melihat langsung potensi lingkungan kerja yang berbeda, merasa seolah-olah mereka berada dalam situasi di mana mereka perlu melayani pelanggan, dan menerima pelatihan yang memberi mereka pengalaman langsung bahkan tanpa meninggalkan kelas mereka.

4. Pembelajaran berbasis Cloud (Komputasi Awan)

Jenis transformasi digital dalam educational technology di zaman education 4.0 yaitu pembelajaran berbasis cloud atau komputasi awan.

Ya! Cloud menawarkan siswa dan guru kesempatan untuk terhubung dari mana saja secara virtual.

Mereka dapat menggunakan jenis aplikasi ini sambil duduk di ruang kuliah secara langsung, dari rumah, atau bahkan di belahan dunia lain.

Ketika pandemi melanda, menurut Kami pribadi hal tersebut sebenarnya hanya mempercepat potensi aplikasi jenis ini.

Guru mulai menggunakan berbagai platform (baca apa arti dari istilah platform di sini) yang berbeda untuk menyelenggarakan kuliah dan memposting video bagi siswa untuk membantu mereka mengikuti pendidikan mereka meskipun tidak dapat bertemu secara langsung.

Platform ini menawarkan sejumlah peluang, di mana salah satunya yaitu mereka memungkinkan streaming kuliah, sehingga memungkinkan kelas online dan interaktif.

Siswa juga dapat menggunakan banyak aplikasi untuk mengirimkan tugas mereka, melacak silabus mereka, dan bahkan terhubung dan terlibat dengan orang lain di kelas mereka.

Selain itu, pemanfaatan dari platform juga dapat digunakan untuk membagi menjadi kelompok yang lebih kecil sehingga siswa dapat berkolaborasi bersama dalam proyek dan tugas.

5. Internet of Things (IOT) dalam Pendidikan

Jenis ke-5 (lima) yang akan Kami jelaskan di sini yaitu Internet of Things (IOT) dalam pendidikan.

Yup! Di era perangkat “pintar”, Internet of Things, atau yang dikenal dengan istilah IOT, dapat ditemukan dengan prevalensi yang meningkat di sepanjang kehidupan manusia.

Baca Juga :  Pengertian Biometrics (Biometrik): Sejarah, Cara Kerja, Jenis dan Contohnya

Tidak lagi sekadar ponsel yang dianggap “pintar”, tetapi orang dapat memanfaatkan peningkatan teknologi yang menjadikan segala sesuatu mulai dari colokan dan stopkontak hingga termostat mereka “pintar”.

Dalam pendidikan, tren ini telah mulai membantu menghubungkan lembaga pembelajaran dan siswa dengan cara yang sama sekali baru.

Di satu sisi, IOT dapat bermanfaat bagi kampus pendidikan dengan membantu sekolah meningkatkan fitur keamanan dan kenyamanan sambil mengendalikan biaya pengeluaran.

Perangkat pintar yang memungkinkan pejabat sekolah untuk memahami pola lalu lintas akan memberi tahu mereka di mana lampu dan fitur keamanan akan memiliki nilai paling tinggi.

Perangkat pintar juga dapat mengukur kapan sistem kontrol suhu harus diaktifkan dan mengambil langkah lain untuk memberikan siswa pengalaman belajar yang nyaman.

6. Cybersecurity atau Keamanan Siber di Seluruh Perangkat Digital

Dengan teknologi yang dengan cepat menjadi fitur penting dalam kehidupan sehari-hari siswa dan guru, cybersecurity atau keamanan siber telah menjadi tren penting lainnya dalam revolusi pendidikan digital.

Sekolah yang mengumpulkan banyak informasi tentang siswa, dari data pribadi mereka hingga nilai, ingin tahu bahwa informasi ini dilindungi dan diamankan.

Protokol keamanan yang memungkinkan sekolah untuk merekam, menyimpan, dan mengirimkan data sensitif siswa akan sangat penting selama transformasi digital.

Sekolah juga ingin memastikan bahwa mereka memiliki sarana yang memungkinkan siswa untuk mengirimkan tugas secara digital dan memverifikasi keaslian pengguna dengan aman.

Ya! Hal ini menjadi lebih kritis dalam kasus ketika siswa dapat mengambil ujian atau penilaian lainnya secara digital.

Pelanggaran keamanan pastinya dapat menghancurkan individu dan institusi secara keseluruhan, menjadikannya prioritas dan tren penting di seluruh adopsi teknologi pendidikan.

7. Pembelajaran Kewarganegaraan Digital

Ke-7 (tujuh) yaitu pembelajaran kewarganegaraan digital.

Karena tren transformasi digital ini telah memengaruhi siswa dalam berbagai cara sepanjang hidup mereka, siswa perlu mengetahui cara berinteraksi dengan sopan dan sopan secara online.

Ini mirip dengan siswa yang belajar bagaimana menjadi profesional di lingkungan kantor atau rumah sakit.

Sekolah mulai menyadari pentingnya hal ini, dan mengajar siswa dengan prinsip-prinsip kewarganegaraan digital yang baik telah menjadi tren yang semakin penting di seluruh pendidikan.

Saat mendidik siswa untuk menjadi warga digital yang baik, sekolah memberdayakan siswa untuk merangkul kapasitas penuh teknologi.

Untuk melihat hasil terbaik dari pengajaran kewarganegaraan digital, institusi harus berusaha menjadikannya bagian dari budaya bagi siswa dan guru.

Prinsip-prinsip ini memandu orang untuk berperilaku lebih kolaboratif secara online, yang dapat membantu siswa berhasil di kelas mereka dan di lingkungan profesional.

Siswa dengan jenis pelatihan ini lebih siap untuk memasuki dunia profesional yang terhubung secara digital.

Benar! Keterampilan penggunaan internet mereka dan kemampuan untuk melibatkan orang lain melalui saluran digital akan membantu mereka tampil di bidang pilihan mereka, yang berarti bahwa mendidik siswa tentang kewarganegaraan digital adalah salah satu tren pendidikan yang muncul paling penting.

8. Big Data dalam Teknologi Pendidikan

Jenis transformasi digital terakhir yang dapat Kami jelaskan dalam postingan ini yaitu adalah big data dalam teknologi pendidikan.

Oke, sekolah telah lama mengumpulkan banyak informasi tentang siswa mereka, termasuk demografi, nilai, dan kelas mereka.

Data besar atau yang dikenal dengan istilah big data (baca arti big data menurut para ahli di sini) memberi mereka kesempatan untuk mengambil informasi ini lebih jauh dan menggunakannya untuk lebih memahami tren dan kesuksesan siswa.

Data besar mengacu pada kemampuan teknologi yang berkembang untuk melacak sejumlah besar data dan menafsirkannya dengan bantuan algoritma untuk menemukan pola dan informasi yang bermanfaat.

Ini termasuk konvergensi dari berbagai sumber data yang berbeda.

Sekolah mungkin sebelumnya telah mengumpulkan berbagai informasi yang berguna tentang siswa, tetapi informasi tersebut disembunyikan dan hanya benar-benar dapat diakses oleh orang atau departemen tertentu yang mengumpulkan data.

Hal ini membuat lebih sulit untuk menempatkan informasi dalam konteks dan memahami segala sesuatu yang dapat memberitahu sekolah tentang pengalaman pendidikan yang mereka berikan.

Sekolah yang mempelajari cara memecah silo ini akan menemukan bahwa mereka memiliki peluang yang lebih baik untuk membangun pemahaman yang menyeluruh tentang siswa dan program gelar mereka.

Macam-Macam Peran Teknologi di Masa Education 4.0 (Era Revolusi Industri 4.0 untuk Dunia Pendidikan)

Ilustrasi Gambar Macam Macam Peran Teknologi Dalam Membantu Dan Mendukung Bidang Pendidikan Di Dunia
Ilustrasi Gambar Macam Macam Peran Teknologi Dalam Membantu Dan Mendukung Bidang Pendidikan Di Dunia

Selain membahas terkait pengertian educational technology, di sini kita juga akan membahas apa saja peran teknologi di dunia pendidikan, khususnya di era industri atau education 4.0 sekarang.

Seperti yang kita pahami, seorang pengajar, guru, baik dosen, tentu ingin meningkatkan kinerja siswa, dan teknologi dapat membantu mereka mencapai tujuan studi.

Untuk mengurangi tantangannya, administrator atau tenaga pendidik sebuah institusi, lembaga pendidikan, atau universitas pastinya harus membantu guru mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan untuk meningkatkan pembelajaran bagi siswa melalui teknologi.

Selain itu, teknologi di kelas harus membuat pekerjaan guru lebih mudah tanpa menambah waktu ekstra untuk hari mereka.

Adapun beberapa macam-macam peran teknologi pendidikan atau educational technology di era modern yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut.

  1. Memperkenalkan sistem pendidikan yang efektif.
  2. Membantu siswa belajar lebih banyak dan lebih baik.
  3. Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik.
  4. Memberikan tenaga pengajar, guru, atau dosen sumber daya yang lebih banyak.
  5. Memungkinkan guru untuk meningkatkan keterampilan mengajar mereka.
  6. Memberikan kesempatan pada kita untuk belajar dengan kecepatan sendiri.
  7. Memberikan peluang untuk pembelajaran berbasis proyek atau online project.
  8. Peluang belajar yang dipersonalisasi.
  9. Memberi solusi untuk troubleshooting atau pemecahan masalah yang efisien.
  10. Pemahaman yang lebih baik melalui visual media.
  11. Hemat waktu dan uang.
Baca Juga :  Pengertian SEA (Search Engine Advertising): Cara Kerja dan Manfaatnya

Teknologi dalam Mendukung Dunia Pendidikan untuk Menghadapi Tantangan Pada Revolusi Industri 4.0 Adalah Berbasis Data Science (Artificial Intelligence dan Machine Learning-Driven)

Teknologi Dalam Mendukung Dunia Pendidikan Untuk Menghadapi Tantangan Pada Revolusi Industri 4.0 Adalah Berbasis Data Science Artificial Intelligence Dan Machine Learning Driven
Teknologi Dalam Mendukung Dunia Pendidikan Untuk Menghadapi Tantangan Pada Revolusi Industri 4.0 Adalah Berbasis Data Science Artificial Intelligence Dan Machine Learning Driven

Individu dan masyarakat menghadapi kesulitan yang memotivasi, menginspirasi dan berpotensi luas sebagai akibat dari digitalisasi dan virtualisasi dalam pendidikan.

Ya! Data science (baca makalah tentang ilmu data atau data science di sini), khususnya sub atau turunannya yaitu kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin dalam pendidikan akan menjadi pendorong penting pertumbuhan dan inovasi, seperti halnya di semua industri.

Individu harus mampu membangun keahlian, pengetahuan dan kemampuan yang lebih komprehensif, serta melepaskan potensi inovatif mereka, dengan menggunakan metode dan sumber daya pendidikan yang cerdas dan cerdas.

Sementara solusi bertenaga AI telah ada untuk sementara waktu di bidang EdTech (istilah lain untuk terminologi educational technology), industri ini lamban untuk merangkulnya.

Di sisi lain, pandemi secara drastis mengubah lanskap, memaksa instruktur untuk mengandalkan teknologi untuk instruksi virtual.

AI memiliki potensi untuk meningkatkan pembelajaran dan pengajaran, membantu industri pendidikan berkembang untuk memberi manfaat bagi siswa dan guru.

Sistem pendidikan dapat mengikuti bisnis dan perusahaan besar untuk memastikan kemajuan pembelajaran dan mempersiapkan siswa mereka untuk peran pekerjaan yang menggabungkan AI perusahaan.

Yup! Ini mengacu pada penggunaan pembelajaran mesin dan keterampilan kognitif tingkat lanjut untuk mengungkap dan mendistribusikan pengetahuan, data, dan informasi organisasi dengan cara yang sangat mirip dengan cara manusia mencari dan menganalisis informasi.

Daftar Pustaka

  • Hussin, A. A. (2018). Education 4.0 made simple: Ideas for teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92-98.
  • Halili, S. H. (2019). Technological advancements in education 4.0. The Online Journal of Distance Education and e-Learning, 7(1), 63-69.
  • Hariharasudan, A., & Kot, S. (2018). A scoping review on Digital English and Education 4.0 for Industry 4.0. Social sciences, 7(11), 227.

Kesimpulan

Baik, di atas adalah penjelasan dan pembahasan dengan tema atau topik Pengertian Educational Technology (EdTech), Apa itu Pendidikan 4.0? Jenis, Macam Peran, dan Perkembangannya untuk Tantangan dalam Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.

Secara umum dapat kita simpulkan bahwa teknologi pendidikan atau educational technology, khususnya di era industri 4.0 merupakan keadaan pendidikan dengan semua alat digital (pembelajaran campuran) dan tujuan pendidikan yang baru diselaraskan.

Seperti yang kalian lihat, namanya sendiri berasal dari revolusi industri ke-4 (empat) atau singkatnya industri 4.0.

“Industrie 4.0” sendiri mengacu pada jaringan cerdas mesin dan proses untuk industri dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasinya.

Dengan kata lain, kita berbicara tentang cara produksi baru, penciptaan nilai, dan pengoptimalan waktu nyata dengan bantuan teknologi baru.

Yup! Sebagai hasil dari ledakan teknologi baru ini, ada juga peningkatan permintaan akan keterampilan teknologi.

Dan saat itulah pendidikan 4.0 berpadu dengan peran penting untuk mengajari anak-anak kecil keterampilan digital yang diperlukan.

Memang, secara khusus, jenis pekerjaan yang akan dilakukan anak-anak saat ini dalam waktu dekat belum ada.

Selain itu, terlihat bahwa kesenjangan antara pendidikan dan pekerjaan semakin melebar setelah inovasi terbatas dalam sistem pendidikan.

Oleh karena itu, pendidikan 4.0 (education 4.0) terbilang sangat penting untuk memulai revolusi pelatihan ulang untuk memenuhi permintaan keterampilan dan kompetensi digital saat ini dan kebutuhan masa depan.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam tulisan pada artikel kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Educational Technology (EdTech), Apa itu Pendidikan 4.0? Jenis, Macam Peran, dan Perkembangannya untuk Tantangan dalam Dunia Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.

Semoga apa yang Kami coba jelaskan disini dapat bermanfaat serta bisa menambah wawasan kalian semua dalam memahami bidang teknologi serta pendidikan, khususnya di institusi, lembaga, sekolah, dan universitas-universitas, seperti universitas Tanjungpura atau Untan yang bergerak untuk menjadi universitas siber di Indonesia.

Silahkan share atau bagikan artikel dan tulisan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan bisnis Anda semua jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar