Mengenal Pengertian Smart Technology: Apa itu Teknologi Pintar? Tujuan, Manfaat, Contoh dan Perkembangannya!

0
Gambar Pengertian Smart Technologi Apa Itu Teknologi Pintar Tujuan Manfaat Contoh Dan Seperti Apa Perkembangannya
Gambar Pengertian Smart Technologi Apa Itu Teknologi Pintar Tujuan Manfaat Contoh Dan Seperti Apa Perkembangannya

Tahukah Anda, Pengertian Smart Technology, Apa itu Teknologi Pintar? Tujuan, Manfaat, Contoh dan Seperti Apa Perkembangannya! Benar, awal abad ke-21 membawa revolusi teknologi yang masih kita jalani hingga hari ini. Dalam bertransisi dari revolusi industri ke-4 ke revolusi ke-5, kita telah terbiasa dengan laju inovasi yang cepat sehingga kita terus mengharapkan solusi teknologi (baca pengertian teknologi menurut ahli disini) pintar yang lebih efektif dan efisien untuk bekerja.

Ya, semua itu datang dengan cepat terutama setelah adanya dampak yang diberikan melalui internet dan smartphone layar sentuh, ini giliran Artificial Intelligence (AI) dan Smart Technology (teknologi pintar) untuk memimpin fase inovasi global berikutnya. Baiklah, berkenaan akan hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu arti dan pengertian Smart Technology, tujuan serta apa saja manfaat dan contohnya. Oke langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Smart Technology

Berarti teknologi pintar (dalam bahasa Indonesia), smart technology adalah teknologi yang melampaui cara pengiriman dan penerimaan normal.

Sebagai contoh misalnya seperti user (pengguna) yang mencari informasi dan cara tradisional cara menghidupkan dan mematikan sesuatu.

Sebaliknya, teknologi pintar menawarkan lebih banyak interaksi dan kontrol kepada konsumen, melalui penggunaan internet.

Apa itu Teknologi Pintar?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi pintar? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini lebih dikenal dengan istilah atau akronim smart technology secara global.

Arti istilah “smart” disini sebenarnya adalah singkatan dari Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology (analisis pemantauan diri dan teknologi pelaporan) berdasarkan sumber yang Kami dapatkan di Situs Igi-Global.

Meskipun digunakan dengan arti sebenarnya dari “smart atau pintar” untuk menggambarkan segala jenis teknologi yang tersedia yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan jaringan internet.

Dengan langkah cepat dari dunia teknologi yang berkembang pesat saat ini, ketika kata ” smart atau pintar” digunakan dalam pemasaran konsumen (pengguna), hal itu dapat menyiratkan konektivitas perangkat dan jaringan.

Memang, pada intinya, secara umum smart technology atau teknologi pintar adalah teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan (baca pengertian kecerdasan buatan disini), machine learning atau pembelajaran mesin, dan analisis big data (data besar) untuk memberikan kesadaran kognitif pada objek yang dulunya dianggap mati.

Tujuan Smart Technology

Setelah kita mengetahui apa itu arti dan pengertian smart technology di atas, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja tujuan terkait penerapan dan penggunaan teknologi pintar bukan?

Ya, perlu kalian ketahui bahwa sebagian besar definisi smart technology mengacu pada perangkat pintar telepon, TV, peralatan, mobil, asisten pribadi, dan lain sebagainya.

Baik itu konsumen atau user (pengguna) tentu saja mulai terbiasa dengan gagasan menggunakan teknologi pintar untuk mengontrol segalanya mulai dari sistem keamanan rumah hingga termostat mereka.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian IOT: Apa itu Internet of Things? Menurut Ahli, Sejarah, Prinsip, Kelebihan dan Kekurangannya!

Teknologi pintar (termasuk aplikasi fisik dan logis dalam semua format) yang mampu beradaptasi secara otomatis dan mengubah perilaku agar sesuai dengan lingkungan.

Smart technology juga mendapatkan berbagai hal dengan menggunakan sensor teknologi dan lain sebagainya (terkait perangkat input lainnya).

Untuk tujuan utamanya sendiri, data yang didapatkan sebelumnya kemudian dianalisis dan disimpulkan, lalu menarik kesimpulan dari rule atau aturan yang ada.

Smart technology diterapkan dan digunakan agar belajar menggunakan pengalaman untuk meningkatkan kinerja, mengantisipasi, berpikir dan bernalar tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, dengan kemampuan untuk menghasilkan dan menopang diri sendiri.

Manfaat Smart Technology dan Keuntungannya

Ilustrasi Gambar Tujuan Dan Manfaat Smart Technology Dalam Penjelasan Pengertian Teknologi Pintar
Ilustrasi Gambar Tujuan Dan Manfaat Smart Technology Dalam Penjelasan Pengertian Teknologi Pintar

Agar lebih memahami tentang maksud dan apa itu smart technology, adalah merupakan hal yang penting juga bagi Kami untuk menjelaskan apa saja manfaat dan keuntungan penggunaannya.

Benar, smart technology atau teknologi pintar bukan hanya untuk para teknisi yang suka mengutak-atik gadget dan perangkat keras atau hardware (baca penjelasan tentang hardware disini) lainnya.

Ya, itu juga tidak secara eksklusif untuk orang super kaya yang memiliki kelimpahan dan terus-menerus mencari sesuatu yang luar biasa untuk dibelanjakan dengan uang mereka.

Teknologi pintar atau smart technology sudah tersedia untuk berbagai orang dan lebih umum daripada sebelumnya terutama di tahun 2020 sekarang ini.

Mulai dari pengaturan suhu yang dapat diprogram, kontrol pencahayaan terpusat satu tombol, remote yang membuka dan menutup tirai ruang tamu dan berbagai macam alat pintar lainnya.

Ini hanyalah beberapa cara yang banyak digunakan smart technology (teknologi pintar) di lingkungan kita.

Tetapi pertanyaan besarnya adalah, apakah kita benar-benar membutuhkannya atau apakah semuanya terlalu berlebihan?

Baiklah, kembali ke topik utama subbagian kita disini, berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan smart technology (teknologi pintar) yang perlu kalian ketahui.

1. Menghemat Energi

Manfaat smart technology yang pertama adalah menghemat energi.

Sumber bahan bakar yang semakin menipis dikombinasikan dengan kenaikan biaya energi telah menjadikan konservasi energi sebagai prioritas utama bagi sebagian orang.

Teknologi pintar membantu dengan mengotomatiskan penggunaan energi rumah.

Ya, banyak dari kita seringkali lupa mematikan lampu atau mematikan termostat sebelum kita meninggalkan rumah, mengakibatkan pemborosan energi dan uang yang sangat besar, yang keduanya tidak mampu kita beli.

dengan menggunakan teknologi pintar, penggunaan cahaya diatur secara otomatis, peralatan pemanas dan pendingin dipantau, dan peralatan dapat dimatikan bahkan secara otimatis jika tidak digunakan.

Pemilik rumah memiliki keuntungan tambahan yaitu dapat menghidupkan atau mematikan peralatan saat mereka jauh dari rumah, dimana hal ini tidak hanya menghemat uang, tetapi juga membantu melindungi lingkungan.

2. Menawarkan Kenyamanan

Manfaat berikutnya adalah untuk menawarkan kenyamanan.

Teknologi pintar memungkinkan Anda menyelesaikan beberapa tugas hanya dengan beberapa klik, seringkali tanpa perlu bergerak.

Anda dapat mengatur suhu atau meredupkan pencahayaan di dalam ruangan, mengontrol level musik, mengunci semua pintu, dan menutup garasi hanya dengan beberapa klik.

Beberapa sistem yang lebih canggih mampu “feeling atau merasakan” preferensi Anda dengan membaca melalui pengaturan cahaya, kebisingan, dan suhu dan akan menyesuaikan secara otomatis sehingga bahkan beberapa klik tersebut akan menjadi mubazir.

Baca Juga :  Pengertian Firewire: Sejarah, Fungsi dan Fitur Kabel Firewire

Ya, hal itu semua membawa sebuah kenyamanan ke tingkat yang lebih baru.

3. Tingkat Keamanan Tinggi

Berikutnya adalah tingkat keamanan tinggi.

Teknologi pintar jauh lebih efektif dalam mencegah gangguan dibandingkan dengan sistem keamanan yang dioperasikan secara manual.

Sistem keamanan smart home (baca pengertian smart home disini) memperingatkan pemilik rumah tentang potensi ancaman di dalam rumah atau di properti mereka.

Beberapa teknologi canggih lainnya bahkan mengirim pesan teks (SMS) untuk memperingatkan mereka tentang pembobolan, sementara polisi atau perusahaan keamanan eksternal juga diberi tahu.

4. Memberikan Ketenangan

Selanjutnya yaitu untuk memberikan ketenangan.

Ya, mulai dari pemantauan obat-obatan, melacak asupan kalori hingga menelepon layanan darurat pada saat kesusahan, smart technology membantu orang-orang yang rentan dengan berbagai cara.

Mampu mengontrol pengaturan mereka membantu mereka menjalani kehidupan yang lebih mandiri sementara banyak fungsi monitoring (pemantauan) membantu pengguna memiliki lebih banyak waktu untuk hidup mereka sendiri sekaligus menjaga orang yang mereka cintai.

5. Menghemat Biaya

Yang terakhir yaitu untuk menghemat biaya.

Benar, semua orang suka menghemat anggaran mereka.

Dengan teknologi yang tersedia seperti menyirami tanaman hias Anda, memberi makan hewan peliharaan Anda, dan banyak lagi hal lainnya, maka Anda tidak perlu lagi membayar seseorang untuk melakukan tugas-tugas ini setiap kali Anda pergi.

Dengan menambahkan ini ke fitur penyesuaian energi kalian, maka sesuatu yang dimaksud penghematan itu akan bertambah.

Itu semua dengan cepat akan mengembalikan investasi awal Anda dan membuat hidup lebih mudah.

Contoh Smart Technology atau Teknologi Pintar

Ilustrasi Gambar Contoh Smart Technology Dan Seperti Apa Perkembangan Teknologi Pintar
Ilustrasi Gambar Contoh Smart Technology Dan Seperti Apa Perkembangan Teknologi Pintar

Kemudian, dalam subbagian ini Kami juga akan menjelaskan beberapa contoh dari smart technology.

Benar, tidak pernah menjadi hal yang mungkin dapat melakukan begitu banyak tugas secara bersamaan dengan sedikit usaha, seperti hanya menggunakan suara Anda, seperti saat membaca postingan ini.

Ya, hal itu menjadi mungkin karena teknologi pintar, baik itu mengatur pencahayaan ruangan, mengamankan rumah Anda, atau memesan makanan favorit Anda secara online, teknologi pintar tersedia kapan saja Anda mau.

Di bawah ini adalah macam-macam contoh dari smart technology (teknologi pintar) yang harus kalian ketahui.

1. Internet of Things (IOT)

Contoh yang pertama adalah Internet of Things (IOT), baca selengkapnya tentang apa itu IOT disini.

Ini merupakan jaringan perangkat yang menggunakan sensor, chip, software (perangkat lunak), konektivitas online, analitik, dan aplikasi untuk menghidupkan objek fisik statis.

Perangkat ini menciptakan nilai yang substansial, dan futuristik, terukur, dan otomatis.

Beberapa contoh menonjol termasuk smart city, home (house) dan smart factory.

2. Connected Devices

Connected devices atau perangkat yang terhubung merupakan alat yang dapat dikontrol melalui jarak jauh dan terhubung melalui internet atau Bluetooth.

Perangkat yang terhubung dengan cerdas dapat menawarkan pengalaman yang disesuaikan tetapi harus ditangani karena perangkat tersebut tidak beradaptasi sejauh yang dilakukan perangkat IOT.

Kamera keamanan pintar, bohlam (lampu) pintar, dan smartphone adalah beberapa contoh perangkat yang terhubung dengan cerdas (smart connected device).

3. Smart Devices

Contoh smart technology atau teknologi pintar yang terakhir adalah smart devices.

Ini merupakan perangkat dengan otomatisasi terbatas, tidak perlu konektivitas internet, dan sifatnya terprogram.

Baca Juga :  Cara Reset Printer Canon MP237: Cara Simple Cepat dan Mudah (Work)

Contoh dari perangkat pintar ini misalnya seperti pembuat kopi pintar yang menyediakan layanan tertentu serta dipersonalisasi pada waktu tertentu.

Perkembangan Smart Technology (Teknologi Pintar)

Lalu, seperti apa perkembangan dari smart technology atau teknologi pintar ini?

Ya, seperti yang kita ketahui bahwa smart TV, smart watch, smartphone, smart fitness wearable, dan bahkan smart pet tech adalah perangkat yang populer.

Tetapi sebagian besar mereka yaitu adalah stand-alones (berdiri sendiri) yang hanya berintegrasi dengan aplikasi.

Itu semua berbeda dengan smart home, dimana namanya sendiri sudah menyiratkan banyak perangkat yang diikat menjadi satu.

Terkait perkembangannya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa sistem otomasi (automation system) telah ada selama beberapa dekade.

Tetapi era smart technology telah menambahkan lebih banyak perangkat dengan aturan pribadi yang baru.

Contohnya antara lain seperti teknologi yang saling berhubungan menghemat energi dan membuat rumah lebih aman.

Perkembangan itu semua membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Dan itu memberikan pencerahan dan pilihan hiburan baru untuk menyesuaikan suasana hati.

Seperti voice-activated personal assistants atau asisten pribadi yang diaktifkan dengan suara, itu dianggap sebagai hal baru oleh konsumen atau pengguna, bahkan beberapa sistem hub-sentris dengan modul kontrol juga dapat berinteraksi dengan asisten suara.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah cukup jelas bukan? Baiklah, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Smart Technology, Apa itu Teknologi Pintar? Tujuan, Manfaat, Contoh dan Seperti Apa Perkembangannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa teknologi pintar atau smart technology adalah sebuah inovasi (aplikasi fisik dan sah untuk semua pengaturan yang disesuaikan) untuk menyesuaikan secara alami dan mengubah perilaku ke kondisi tertentu, mendeteksi hal-hal dengan sensor inovasi, memberikan informasi untuk diselidiki dan disimpulkan, membuat keputusan dari aturan tersebut.

Smart technology sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran pengalaman untuk meningkatkan kinerja (eksekusi), memperkirakan, memikirkan apa yang harus dilakukan segera, dengan kemampuan untuk menciptakan dan mendukung diri sendiri.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Smart Technology, Apa itu Teknologi Pintar? Tujuan, Manfaat, Contoh dan Seperti Apa Perkembangannya. Semoga apa yang telah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam belajar tentang dunia teknologi.

Jangan lupa share atau bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja atau mitra bisnis kalian semua. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar