Memahami Pengertian Tracking: Apa itu Tracking (Font) dan Letter-Spacing? Tujuan, Cara Menyesuaikan, Tips Menerapkan dalam Typography dan Perbedaannya dengan Kerning!

0
Gambar Pengertian Tracking Apa Itu Tracking Font Dan Character Atau Letter Spacing Tujuan Cara Menyesuaikan Dan Tips Menerapkannya Dalam Typography Atau Tipografi Serta Perbedaannya Dengan Kerning
Gambar Pengertian Tracking Apa Itu Tracking Font Dan Character Atau Letter Spacing Tujuan Cara Menyesuaikan Dan Tips Menerapkannya Dalam Typography Atau Tipografi Serta Perbedaannya Dengan Kerning

Tahukah Kalian, Pengertian Tracking, Apa itu Tracking (Font) dan Letter-Spacing? Tujuan, Cara Menyesuaikan dan Tips Menerapkannya dalam Typography serta Perbedaannya dengan Kerning? Benar, pada saat kita membaca teks, kita membaca dalam frasa. Pola bacaan kita menjadi terganggu terutama jika huruf dan kata-kata secara tidak konsisten terlihat terlalu berdekatan atau terlalu jauh. Perlu kalian ketahui, kita dapat mengatur jarak antara huruf menggunakan tracking dan kerning (baca pengertian kerning disini).

Ya, itu memang merupakan istilah yang sering membingungkan, tracking (juga dikenal sebagai spasi huruf) adalah penyesuaian ruang untuk grup huruf dan seluruh blok teks. Hal ini dapat membuat teks tampak lebih lapang atau lebih padat dan memengaruhi tampilan dan keterbacaan teks dan mereka dapat diterapkan ke sebagian kecil teks atau seluruh blok sekaligus. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian tracking. Baiklah, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Tracking

Juga dikenal dengan character dan letter-spacing, tracking adalah istilah tipografi yang mengacu kepada spasi huruf berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Indesign.

Kadang-kadang, istilah yang berarti “pelacakan” ini, sering dibuat bingung dengan kata kerning (yang digunakan untuk mengatur jarak antar huruf individunya).

Tracking menyesuaikan jarak huruf secara seragam pada rentang karakter dan memengaruhi kepadatan visual sebuah kata, frasa, atau paragraf.

Berkurangnya tracking membuat kata-kata tampak lebih rapat, sementara peningkatan tracking akan meningkatkan jumlah ruang putih antara huruf dan kata, yang menciptakan efek yang lebih lapang.

Apa itu Tracking (Font)?

Gambar Apa Itu Tracking Atau Character Dan Letter Spacing Dalam Penjelasan Pengertian Dan Artinya | Indesignskills
Gambar Apa Itu Tracking Atau Character Dan Letter Spacing Dalam Penjelasan Pengertian Dan Artinya | Indesignskills

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan tracking (font) ini? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, tracking melibatkan penyesuaian spasi di seluruh kata.

Setelah Anda menentukan jarak yang tepat di antara setiap huruf, maka tracking dapat digunakan, dengan pengekangan besar, untuk mengubah jarak secara merata antara setiap huruf sekaligus.

Tracking yang Kami bahas disini adalah pengaturan typography (tipografi) yang menentukan jarak horizontal antara setiap karakter.

Kebanyakan tipografi (selain kursif) memiliki bantalan alami di sisi masing-masing karakter. Pengaturan pelacakan yang menyesuaikan ini digunakan agar spasi dari font menjadi lebih kecil atau lebih besar.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Hotspot: Sejarah, Jenis dan Perbedaan Hotspot dengan Wi-Fi dan Wireless!

Setting (pengaturan) tracking negatif dapat digunakan untuk memuat lebih banyak teks di area tertentu tanpa mengurangi ukuran font dan memungkinkan lebih banyak huruf dan angka yang harus dijejalkan ke dalam jumlah ruang horizontal yang sama.

Namun, jika pengaturan tracking itu terlalu rendah, teks mungkin menjadi sulit dibaca. dan karakternya mungkin akan terlihat tumpang tindih.

Pengaturan tracking positif dapat membantu membuat teks lebih mudah dibaca. Hal ini juga dapat digunakan pada logo atau teks menonjol lainnya, karena pengaturannya yang tinggi membuat teks lebih menonjol.

Namun, jika pemberiannya pada font terlalu tinggi, teks bisa menjadi lebih sulit dibaca dan spasi antar kata mungkin sulit untuk dilihat.

Apa itu Character atau Letter-Spacing?

Kemudian, ada juga istilah character atau letter spacing (juga dikenal sebagai spacing saja), ini adalah penyesuaian spasi putih horizontal antara huruf-huruf dalam blok teks.

Istilah ini merupakan istilah lain daripada kata tracking (terutama karena namanya yang mudah dimengerti).

Ini berbeda dengan kerning, yang hanya memengaruhi pasangan huruf yang ditentukan, penempatan huruf mempengaruhi setiap pasangan.

Huruf kecil biasanya tidak membutuhkan penempatan huruf. Huruf kapital biasanya muncul di awal kata atau kalimat, sehingga huruf tersebut dirancang agar pas di sebelah huruf kecil.

Tetapi ketika Anda menggunakan huruf kapital bersama-sama, jarak itu terlihat terlalu ketat.

Itu sebabnya Anda harus selalu menambahkan 5 sampai 12% huruf tambahan untuk teks dalam semua huruf besar atau huruf kecil, dimana ini sangat penting pada teks ukuran kecil.

Tujuan Tracking (Letter-Spacing)

Dalam membahas mengenai arti tracking dalam tipografi, adalah merupakan hal yang penting untuk kita dalam mengetahui apa tujuan penggunaannya.

Benar, para desainer seingkali menggunakan tracking karena 2 (dua) alasan utama, yaitu sebagai berikut.

1. Meningkatkan Tingkat Keterbacaan Teks

Ketika tracking ditingkatkan dapat meningkatkan tingkat keterbacaan teks, huruf dan kata-kata dapat menjadi lebih berbeda secara visual dari satu sama lain.

Hal ini memungkinkan mata (manusia) untuk memprosesnya lebih mudah daripada jika karakter didorong bersama (rapat).

2. Meningkatkan Tampilan Typeset Teks

Banyak desainer menerapkan pelacakan untuk meningkatkan tampilan typeset teks.

Menambah atau mengurangi tracking memiliki kekuatan untuk mengurangi jumlah tanda hubung dalam paragraf, dan mengusir widow (kata-kata yang ditampilkan sendirian di akhir paragraf) dan orphan (kata-kata sendirian di bagian atas halaman, yang seharusnya berada di halaman sebelumnya).

Tracking umumnya digunakan untuk mengisi ruang yang lebih besar atau lebih kecil dari yang saat ini sesuai dengan parameter tipe atau untuk membuat satu kata terasa lapang dan mengesankan.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Adsense: Apa itu Adsense For Content? Cara Kerja, Jenis dan Macam, Perbedaannya dengan Google Ads (Adwords) serta Cara Membuatnya!

Anda harus sangat berhati-hati ketika mengubah tracking, karena hal itu dapat dengan cepat menyebabkan kesulitan dalam membaca.

Cara Menyesuaikan Tracking di Software Aplikasi Desain

Ilustrasi Gambar Cara Menyesuaikan Tracking Atau Character Dan Letter Spacing Dalam Software Aplikasi Desain
Ilustrasi Gambar Cara Menyesuaikan Tracking Atau Character Dan Letter Spacing Dalam Software Aplikasi Desain

Setelah kita mengetahui apa arti tracking, apa itu character atau letter-spacing dan tujuannya di atas, dalam postingan kali ini, Kami juga akan membahas bagaimana cara menyesuaikannya dalam software aplikasi graphic design.

Ya, perlu kalian ketahui bahwa option (opsi) tracking ditunjukkan oleh simbol “AV” dengan panah di bawah, dan biasanya dapat ditemukan di samping opsi pemformatan teks yang paling umum digunakan pada panel Controls atau Character.

Mereka diukur dalam seperseribu atau “em”, Anda dapat memilih nilai positif (untuk menambah jarak) atau negatif (untuk menurunkan) dari menu tarik-turunnya, atau dengan mengetikkan nilai numerik di kotak teks.

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, ini sangat membantu ketika bekerja dengan jenis huruf yang diatur dalam huruf besar semua.

All-caps sering terlihat lebih baik dengan lebih banyak ruang, terutama jika Anda menggunakan font yang lebih berat yang membutuhkan jarak rata-rata yang lebih luas di seluruh kata.

Beberapa font secara default tampak seperti semuanya terlalu sempit, sehingga meningkatkan tracking dapat membuatnya tampak lebih nyaman dan lebih mudah dibaca.

Dalam palet karakter di Photoshop dan Adobe Illustrator, Anda dapat mengubahnya dengan menyesuaikan angka di bidang pada bagian bawah kerning.

Seperti halnya kerning, Anda dapat memilih teks yang ingin Anda ubah dan tahan tombol opsi, dengan menekan panah arah untuk menyesuaikannya.

Tips Menerapkan Tracking yang Baik dalam Typography

Jika Anda yang kebetulan sedang membaca tulisan Kami disini, dan kebingungan bagaimana langkah dan cara menerapkannya, maka Anda berada di tempat yang tepat.

Kenapa? Tentu saja disini Kami juga akan memberi tahu kalian terkait tips penerapannya yang benar dalam tipografi.

Tracking (letter-spacing) mungkin mudah dilakukan, tetapi para desainer profesional biasanya memiliki beberapa trik untuk memaksimalkan teknik jenis ini diterapkan dengan bagus.

Hal itu mungkin merupakan perbaikan cepat untuk penspasian garis, tetapi menggabungkan tracking dengan kerning akan benar-benar mengangkat tingkat tipografi Anda ke standar profesional.

Karena tracking dapat memengaruhi jarak antar semua karakter, ini tidak akan memperhitungkan persyaratan jarak khusus akun di antara huruf-huruf tertentu.

Jadi pastikan untuk menggabungkan kedua teknik ini untuk efek maksimal. Ini berjalan seiring dengan leading (baca pengertian leading dalam tipografi disini), yang merupakan ruang antara baris teks.

Tracking yang dapat menampilkan harmoni membutuhkan pemberian leading yang rapi, jika tidak, Anda akan berakhir dengan menampilkan paragraf yang tampak melebar secara horizontal dan terlihat tidak proporsional.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Cinta: Menurut Ahli dan Macam-Macam Maknanya!

Terkadang merupakan hal yang tidak tepat untuk menerapkan tracking negatif ke teks Anda, dimana itu dapat membuat paragraf tampak tergencet.

Jika hal ini terjadi tetapi Anda masih memiliki widow atau orphan yang merusak tampilan pengaturan huruf Anda, terapkan penyelarasan optical margin untuk mencoba menggeser elemen-elemen yang jauh, seperti Serif dan Apostrof, ke luar bingkai teks Anda, dimana hal ini akan memberi paragraf Anda sedikit lebih banyak ruang bernapas.

Perbedaan Tracking dengan Kerning

Lalu, apa yang membedakan tracking dengan kerning? Baiklah, untuk pertanyaan itu, Kami akan menjelaskannya seperti ini.

Memang, kerning sangatlah mirip dengan tracking, tetapi hanya jika mengacu pada jarak antara huruf-huruf tertentu.

Kerning memungkinkan huruf-huruf tertentu lebih pas tanpa tumpang tindih. Contoh yang baik adalah seperti huruf “AV,” di mana kerning memungkinkan bagian bawah A agar pas di bawah bagian atas dari V.

Sedangkan untuk tracking, mereka tidak mempertimbangkan bentuk karakter individu, tetapi hanya menambahkan jarak seragam antara setiap karakter.

Kesimpulan

Baiklah, Kami rasa sudah cukup untuk sekarang. Oke, berdasarkan penjelasan dan penjelasan Pengertian Tracking, Apa itu Tracking (Font) dan Letter-Spacing? Tujuan, Cara Menyesuaikan dan Tips Menerapkannya dalam Typography serta Perbedaannya dengan Kerning di atas, dapat kita simpulkan bahwa character atau letter-spacing dan tracking adalah metode penyesuaian spasial yang efektif seperti halnya kerning, tetapi dalam hal ini alih-alih menyesuaikan ruang antara huruf individual, mereka menyesuaikan ruang antara kelompok huruf untuk lebih difokuskan. Dengan kata sederhana, ia secara seragam mengelola ruang antara semua huruf dalam hal teks.

Dengan lebih banyak ruang letter-spacing, Anda dapat membuat kepadatan keseluruhan jenis huruf lebih rendah sementara dengan lebih sedikit ruangnya, Anda dapat membuat kepadatan karakter tampak lebih tinggi. Menyesuaikan ruang tracking dapat memiliki dampak signifikan pada keterbacaan. Melalui ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan garis orphan dan membuatnya tampak rapi.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampikan dalam postingan yang membahas mengenai Pengertian Tracking, Apa itu Tracking (Font) dan Letter-Spacing? Tujuan, Cara Menyesuaikan dan Tips Menerapkannya dalam Typography serta Perbedaannya dengan Kerning kali ini. Semoga ini semua bermanfaat dan dapat manambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi dalam dunia tipografi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman, kerabat serta rekan kerja kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar