Memahami Pengertian Kerning: Apa itu Kerning (Font)? Tujuan, Jenis, Cara Kerning dan Tips Melakukannya yang Baik dalam Typography!

0
Gambar Pengertian Kerning Apa Itu Kerning Font Tujuan Jenis Jenis Cara Kerning Dan Tips Melakukannya Yang Baik Dalam Typography Atau Tipografi
Gambar Pengertian Kerning Apa Itu Kerning Font Tujuan Jenis Jenis Cara Kerning Dan Tips Melakukannya Yang Baik Dalam Typography Atau Tipografi

Tahukah Kalian, Pengertian Kerning, Apa itu Kerning (font)? Tujuan, Jenis, Cara Kerning dan Bagaimana Tips Melakukannya yang Baik dalam Typography? Sebelumnya biarkan Kami bertanya terlebih dahulu, pernahkah Anda mendapati saat ada seseorang yang berdiri di dekat dengan Anda, dan membuat kalian merasa tidak nyaman? Atau seperti saat Anda tidak mengerti mengapa ada sesuatu yang melayang-layang, dan seluruh situasinya tersebut mengingatkan Anda tentang interaksi sosial yang canggung di masa sekolah menengah.

Pada dasarnya itulah yang terjadi pada huruf ketika tidak ada kerning. Ini berfokus pada ruang antara dua karakter tertentu. Meskipun karakter memiliki berbagai lebar, penting untuk menjauhkan mereka secara proporsional. Desainer tidak dapat mengandalkan kerning otomatis dari program komputer. Karena gaya font dan serif yang berbeda, beberapa huruf mungkin perlu kerning tambahan agar kata-kata terlihat benar. Terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara detail dan lengkap tentang apa pengertian kerning. Berikut ini ulasannya!

Pengertian Kerning

Kerning adalah jarak antara sepasang huruf berdasarkan simpulan Kami yang mengacu pada sumber Situs Shillingtoneeducation.

Ketika tidak ada kerning dalam font (baca pengertian font disini), karakter baru akan ditempatkan di sebelah huruf sebelumnya tepat di mana dia (huruf itu) berakhir.

Hal ini akan menciptakan sejumlah besar ruang negatif seperti kata antara A dan W, tetapi meninggalkan W dan E dengan hampir tidak ada. Hasil akhirnya terlihat aneh dan sering membingungkan, apakah itu A WE atau AWE?

Apa itu Kerning (Font)?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Kerning Dan Tujuan Penggunaannya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Kerning Dan Tujuan Penggunaannya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan kerning? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, sebuah penyesuaian ruang antara pasangan huruf untuk membuatnya lebih menarik secara visual dikenal dan disebut sebagai kerning.

Perlu kalian ketahui bahwa ini biasanya diterapkan pada masing-masing pasangan letter (huruf) dalam tajuk berita atau jenis besar lainnya.

Kerning biasanya tidak dilakukan dengan teks tubuh karena kesenjangan antara karakter pada ukuran teks tubuh umumnya tidak sejelas atau mengganggu.

Baik kerning dan tracking adalah jenis-jenis penempatan huruf atau font, tetapi kerning diterapkan secara selektif hanya pada beberapa pasang huruf tertentu.

Selain itu, penyesuaian spasi di seluruh teks tubuh atau lebih dari beberapa huruf dilakukan dengan istilah typograhpy yang dikenal dengan istilah tracking (pelacakan).

Tujuan Kerning

Dalam membahas mengenai apa itu pengertian kerning, agar lebih memahaminya, tentunya kita juga harus mengetahui apa sebenarnya tujuan penggunaannya bukan?

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working di Windows 10, 8 dan 7 untuk Semua Versinya!

Ya! Kerning mungkin tampak seperti detail yang tidak perlu atau bahkan tidak penting bagi sebagian orang, tetapi sebagai seorang designer, menambahkannya sebagai langkah ekstra cepat di akhir alur kerja desain Anda dapat membuat perbedaan besar dalam membantu proyek yang berfokus pada tipografi yang terlihat dipoles.

Kerning akan menjadi yang paling penting untuk teks besar dan sangat terlihat seperti logo tipografi atau seperti berita utama.

Meskipun sebagian besar dari kita tidak lagi menggunakan jenis blok fisik, font digital yang kita gunakan berfungsi dengan cara yang sama.

Setiap huruf masih dikelilingi oleh kotak yang tidak terlihat, dan kadang-kadang kotak-kotak itu menciptakan terlalu banyak ruang di antara pasangan huruf, sehingga batas-batasnya perlu tumpang tindih untuk membuat tampilan spasi.

Pada zaman dulu, mesin cetak, juru ketik akan memperbaiki masalah ini dengan memotong takik pada balok kayu untuk membantu huruf-huruf tersebut saling berdekatan dengan cara yang lebih nampak menyenangkan secara visual.

Sekarang (terutama di tahun 2020 saat ini), semua prosesnya jauh lebih sedikit dan dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik.

Jenis-Jenis Kerning

Setelah mengetahui apa arti kerning dan tujuan penggunaannya di atas, dalam postingan kali ini Kami juga akan menjelaskan tentang apa saja jenis dan macamnya.

Anda bisa menggunakan kerning dalam kegiatan desain Anda sehari-hari, ada 3 (tiga) jenis kerning yang akan Anda temui, yaitu adalah sebagai berikut:

a. Metric Kerning

Jenis kerning yang pertama adalah metrik atau metric kerning. Jenis kerning ini menggunakan pasangan kern (kesesuaian spasi), yang berisi informasi tentang jarak berbagai pasang huruf.

Sebagai contoh, misalnya seperti To, Tr, LA, We, Ya, dan lainnya.

Ini termasuk dalam sebagian besar font dan platform tertentu menggunakan metrik kerning default sehingga pasangan huruf ini secara otomatis dicernah, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan usaha tambahan dalam melakukan kerning saat Anda ketik atau impor teks.

Metrik berfungsi paling baik untuk salinan bagian body (tubuh) karena biasanya, mereka terlihat lebih longgar.

b. Optic Kerning

Jenis berikutnya adalah optik atau optic kerning. Ini menyesuaikan jarak antara karakter yang berdekatan sesuai dengan bentuk khusus mereka.

Beberapa software (perangkat lunak) desain menyediakan ini sebagai alternatif dari opsi metrik default mereka.

Kerning optik sangat ideal untuk situasi yang membutuhkan font yang lebih ketat (seperti tajuk atau judul utama).

c. Manual Kerning

Jenis manual kerning ini persis seperti yang Anda asumsikan berdasarkan namanya. Itu adalah saat Anda melakukan proses kern berdasarkan pada persyaratan spesifik dari proyek apa pun yang sedang Anda kerjakan.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Semantic HTML: Apa itu Semantic Elements dan Markup? Macam Tag, Contoh dan Perbedaannya dengan Non-Semantic serta Kenapa itu Penting!

Kapan pun Anda tidak dapat menemukan pengaturan yang tepat dalam perangkat lunak Anda, Anda dapat memasukkan dimensi, jarak, dan bentuk sesuai keinginan Anda.

Cara Melakukan Kerning

Lalu, bagaimana cara untuk melakukan kerning? Benar, berdasarkan pengertian kerning di atas, jarak default antara beberapa karakter meninggalkan celah yang dapat disesuaikan dengan melakukan kern pada kedua huruf untuk mencapai penampilan yang lebih seimbang secara visual.

Mengurangi ruang disebut dengan kerning negatif. Terkadang ini juga melibatkan penambahan ruang kerning positif antara karakter agar mereka tidak berjalan bersama, contonya adalah seperti:

Huruf l di "Godzilla"

Meskipun banyak program hadir dengan kerning otomatis. Seorang designer, biasanya akan merasa lebih baik jika melakukannya secara manual.

Anda mungkin akan menggunakan panel Karakter untuk kernel (atau yang sejenis dalam program perangkat lunak Anda).

Seperti Adobe InDesign, Illustrator, dan Photoshop memiliki panel Karakter, misalnya.

Dalam program ini, Anda dapat membuka panel karakter di bagian character pane, kemudian klik di antara 2 (dua) karakter yang ingin Anda buka untuk membuka tools atau alat type.

Kemudian ubah nilai dalam alat kerning di panel karakternya.

Anda juga dapat melihat dengan shortcut (cara pintas) keyboard dengan mengklik di antara 2 (dua) karakter yang ingin Anda kern dan tahan tombol Option pada Mac atau tombol Alt di Windows dan gunakan panah kiri dan kanan untuk menyesuaikan ruang antara dua huruf.

Beberapa typography atau tipografi hadir dengan pasangan kerning. Pasangan huruf kerning umumnya dengan jarak antar huruf yang sudah disesuaikan.

Opsi kerning di beberapa perangkat lunak kelas atas dapat mengakses pasangan kerning ini. Selain itu, beberapa perangkat lunak memungkinkan pengguna untuk mengedit tabel kerning untuk menambahkan pasangan mereka sendiri yang belum ada untuk font itu atau untuk menyesuaikan jarak antara pasangan kerning yang ada.

Mulai dari 50 hingga 1000 atau lebih pasangan huruf yang ada, kerning juga dapat didefinisikan untuk berbagai macam jenis font.

Sejumlah kecil kemungkinan pasangan kerning yang sering di-kern adalah AY, AW, KO, TO, YA dan WA.

Tips Melakukan Kerning yang Baik dalam Typography

Ilustrasi Gambar Tips Melakukan Kerning Yang Baik Dalam Typography | Lifewire
Ilustrasi Gambar Tips Melakukan Kerning Yang Baik Dalam Typography | Lifewire

Lalu, untuk tips dalam melakukan kerning terutama dalam bidang typography akan Kami jelaskan seperti ini.

Sebelumnya, berhati-hatilah saat membaca tajuk atau judul berita utama yang menggunakan clickbait (baca pengertian clickbait disini).

Urutan 2 (dua) atau 3 (tiga) huruf itu semuanya tampil sebagai satu karakter dan tidak dapat disebut sebagai huruf individual.

Bergantung pada level kerning yang digunakan dalam karakter lain dalam tajuk yang sama, spasi dapat menjadi canggung secara visual.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Manajemen File: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Tipe, Manfaat, Arsitektur serta Cara Manajemennya yang Efektif!

Jadi, tips yang perlu kalian terapkan disini yaitu adalah dengan menggunakan kerning ekstrem atau over-kerning untuk membuat karakter dengan spasi ketat atau tumpang tindih, mungkin untuk papan nama buletin atau sebagai bagian dari logo.

Mengedit tabel kerning (dalam perangkat lunak yang menawarkan fitur itu) membebaskan Anda dari berulang kali melakukan kerning grup huruf yang sama dalam font ketika mereka muncul beberapa kali dalam publikasi dan desain Anda seperti brosur atau buletin.

Ingat, teks yang diatur dalam bentuk uppercase (semuanya huruf besar) hampir selalu membutuhkan beberapa kerning.

Kesimpulan

Baiklah, jadi berdasarkan pembahasan dan penjelasan tentang Pengertian Kerning, Apa itu Kerning (font)? Tujuan, Jenis, Cara Kerning dan Bagaimana Tips Melakukannya yang Baik dalam Typography di atas, dapat kita simpulkan bahwa dalam typography atau tipografi, kerning adalah segala hal yang mengacu pada kesesuaian ruang antara karakter, terutama dengan menempatkan dua karakter lebih dekat dari biasanya. Kerning membuat kombinasi huruf tertentu, seperti huruf WA, MW, TA, dan VA, terlihat lebih baik.

Hal pasti yang perlu kalian garis bawahi, yaitu adalah proses kern selalu berurusan dengan pengaturan jarak antar huruf dan menyatukannya untuk membentuk sebuah kata. Karena semua cara yang berbeda bagaimana sebuah huruf dapat mengambil space (ruang).

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan yang membahas mengenai engertian Kerning, Apa itu Kerning (font)? Tujuan, Jenis, Cara Kerning dan Bagaimana Tips Melakukannya yang Baik dalam Typography kali ini. Semoga apa yang Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta dapat manambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat serta rekan kerja kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar