Pengertian TWAIN: Apa Itu TWAIN? Sejarah, Tujuan dan Istilahnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian TWAIN Apa Itu TWAIN Sejarah Tujuan Dan Istilah TWAIN
Ilustrasi Gambar Pengertian TWAIN Apa Itu TWAIN Sejarah Tujuan Dan Istilah TWAIN

Sebenarnya, Apa itu pengertian TWAIN? TWAIN adalah program yang banyak digunakan yang memungkinkan Anda memindai gambar (menggunakan pemindai) langsung ke dalam aplikasi (seperti PhotoShop) tempat Anda ingin bekerja dengan gambar tersebut. Tanpa TWAIN, Anda harus menutup aplikasi yang terbuka, membuka aplikasi khusus untuk menerima gambar, dan kemudian memindahkan gambar ke aplikasi di mana Anda ingin bekerja dengannya.

Driver TWAIN berjalan antara aplikasi dan perangkat keras pemindai. TWAIN biasanya datang sebagai bagian dari paket perangkat lunak yang Anda dapatkan ketika Anda membeli pemindai. Ini juga terintegrasi ke dalam PhotoShop dan program manipulasi gambar serupa. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh kelompok kerja dari produsen pemindai utama dan pengembang perangkat lunak pemindaian dan sekarang menjadi standar dari industri. Kali ini Kami akan membahas mengenai apa itu TWAIN dan pembahasannya secara lengkap, dan kenapa TWAIN bisa dikatakan singkatan dari Technology Without An Interesting Name.

Pengertian TWAIN

Pengertian TWAIN adalah antarmuka pemrograman aplikasi atau yang biasa disebut API (Application Programming Interface) dan protokol transportasi yang membantu dalam menjalin komunikasi antara perangkat lunak dan perangkat gambar digital seperti pemindai, webcam, CCTV, atau kamera digital. TWAIN kadang-kadang keliru dianggap sebagai protokol tingkat perangkat keras yang tidak benar. TWAIN membutuhkan driver tingkat perangkat lunak untuk setiap perangkat yang digunakan berdasarkan simpulan yang Kami ambil dari Technopedia.

Sejarah TWAIN

Mengacu pada pengertian TWAIN di atas, adapun sejarah dimulainya TWAIN ini, mereka dirilis pada tahun 1992, Twain merupakan standar antarmuka untuk Windows dan Macintosh yang memungkinkan perangkat keras pencitraan (seperti pemindai dan kamera digital) untuk berkomunikasi dengan perangkat lunak pengolah gambar.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Jargon: Apa itu Jargon? Definisi, Menurut Para Ahli, Tujuan dan Fungsi, Contoh, Perbedaannya dengan Slang serta Kenapa itu Penting?!

Sebelum TWAIN, semua perangkat akuisisi gambar dilengkapi dengan perangkat lunak berpemilik sendiri. Jika Anda ingin bekerja dengan gambar yang dipindai di aplikasi yang berbeda, Anda harus menyimpan gambar ke disk terlebih dahulu, kemudian buka aplikasi pilihan Anda dan buka kembali gambar tersebut.

Tujuan Pembuatan TWAIN

Dalam membahas tentang TWAIN, adapun tujuan dari pembuatan TWAIN ini, yaitu Kelompok kerja TWAIN bertujuan untuk membawa standardisasi dalam perangkat akuisisi gambar sehingga mereka dapat dihubungkan satu sama lain dengan mudah. TWAIN sangat penting karena membuat gambar digital kompatibel dengan perangkat perangkat keras.

Mereka menawarkan dukungan Multi Platform untuk berbagai perangkat dan driver, dan memelihara kompatibilitas ke belakang pada saat yang sama untuk memastikan kemudahan implementasi. Toolkit pengembang gratis dengan perangkat lunaknya memudahkan perangkat keras untuk menyesuaikan dan mengedit pengaturan sesuai dengan sifat gambar. TWAIN memegang lisensi sumber terbuka dan menawarkan berbagai pengaturan untuk adaptasi.

Istilah dari TWAIN yaitu Technologi Without An Interesting Name?

Ilustrasi Dan Gambar Pengertian TWAIN Apa Itu TWAIN Sejarah Tujuan Dan Istilah TWAIN
Ilustrasi Dan Gambar Pengertian TWAIN Apa Itu TWAIN Sejarah Tujuan Dan Istilah TWAIN

Dalam beberapa bidang, TWAIN adalah akronim yang dikembangkan dengan main-main dari “teknologi tanpa nama penting.” Namun, Kelompok Kerja TWAIN mengatakan bahwa setelah nama yang dipilih pada awalnya ternyata sudah bermerek dagang, pertemuan kelompok ke-11 dilakukan dengan TWAIN, yang berasal dari pepatah “Ne’er The Twain Shall Meet (Twain Tidak akan pernah bertemu)” karena program tersebut duduk antara Driver dan Aplikasi.

Nama ini tidak dimaksudkan sebagai akronim. Meskipun istilah ini dieja dalam huruf besar, ini bukan akronim. Namun, backronymnya “Technology Without An Interesting Name (Teknologi tanpa nama yang menarik)” diciptakan untuk itu.

Cara Menggunakan TWAIN

Mengacu pada pengertian TWAIN di atas, hampir semua perangkat lunak pengolah gambar hari ini kompatibel dengan TWAIN. Jika perangkat lunak Anda mendukung TWAIN, Anda akan menemukan perintah “Acquire (Dapatkan)” di menu atau pada bagian Tools (meskipun terkadang perintah itu tersembunyi di bawah Menu Import).

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Hak dan Kewajiban: Menurut Ahli, Contoh dan Kewajiban Warga Negara!

Perintah ini memberikan akses ke perangkat perangkat keras TWAIN yang diinstal pada sistem. Meskipun tampilan dan kemampuan perangkat lunak untuk setiap perangkat dapat bervariasi, perintah TWAIN Acquire tersebut akan memanggil perangkat lunak penghubung perangkat keras, lalu menempatkan gambar yang diperoleh ke dalam perangkat lunak pemrosesan gambar, tanpa perlu gambar yang pertama-tama digunakan disimpan ke disk.

Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai TWAIN di atas, dapat kita simpulkan bahwa TWAIN adalah standar antarmuka pemrograman Aplikasi pengambilan gambar untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Apple Macintosh. TWAIN biasanya digunakan sebagai antarmuka antara perangkat lunak pengolah gambar dan pemindai atau kamera digital.

Istilah TWAIN tidak ada hubungannya dengan Mark Twain atau Shania Twain. Itu berasal dari karya Rudyard Kipling “The Ballad of East and West” di mana ia menulis “And Never The Twain Shall Meet” yang mencerminkan kesulitan pada saat itu, dalam menghubungkan pemindai dengan Komputer pribadi. TWAIN dibuat menjadi semua huruf besar sehingga akan lebih khas. Namun, ini membuat orang-orang yang tidak tahu apa yang akan dipikirkan TWAIN adalah akronim, dan kemudian ke kontes untuk menghasilkan penjelasan. Meskipun tidak ada pemenang yang dipilih, entri yang sangat populer adalah “Technology Without An Interesting Name“.

Penutup

Demikianlah pembahasan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian TWAIN, Sejarah TWAIN, Tujuan TWAIN, Istilah dan Cara Menggunakan TWAIN beserta pembahasannya secara lengkap. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar