Robotics: Pengertian, Apa itu Robotika, Robot, dan Robotic Process Automation (RPA)? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Karakteristik, Jenis, Macam Komponen, Contoh, serta Implementasinya!

Gambar Dari Pengertian Robotics Apa Itu Robotika Robot Dan Robotic Process Automation RPA Sejarah Tujuan Dan Fungsi Karakteristik Jenis Jenis Tipe Macam Komponen Contoh Implementasi Serta Pro Kontranya
Gambar Dari Pengertian Robotics Apa Itu Robotika Robot Dan Robotic Process Automation RPA Sejarah Tujuan Dan Fungsi Karakteristik Jenis Jenis Tipe Macam Komponen Contoh Implementasi Serta Pro Kontranya

Mengenal Pengertian Robotics, Apa itu Robotika, Robot, dan RPA? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Karakteristik, Jenis, Macam Komponen, Contoh, Implementasi, serta Pro Kontranya!

Benar, seperti yang sudah kita ketahui, robot telah menjadi andalan budaya populer negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, dan lainnya, selama abad terakhir.

Yup! Mereka bermunculan di film, sastra, serta dalam bidang seni.

Terkait asal mula katanya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa kata “robot” itu sendiri diciptakan dalam sebuah drama yang ditulis oleh Ceko Karel apek, di mana penampilan mereka terkadang ramah, terkadang mengancam, tapi selalu aneh.

Sementara kisah-kisah yang digambarkan oleh karya-karya ini jauh dari kenyataan kita, munculnya robotika dan kecerdasan buatan sebagai bidang studi yang serius di semua industri telah memastikan rekan-rekan mekanik kita ada di sini untuk tinggal.

Mengingat lonjakan teknologi baru-baru ini, penting bagi warga yang cerdas saat ini untuk memperoleh pengetahuan tentang robot, robotika, dan otomatisasi.

Betul sekali, berkenaan akan hal tersebutlah, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail terkait apa itu pengertian dari robotics, robot, Robotic Process Automation (RPA), sejarah, serta poin-poin penting lainnya sebagai berikut.

Pengertian Robotics

Berarti robotika (dalam bahasa Indonesia), robotics adalah bidang interdisipliner yang mengintegrasikan sains, teknik, dan teknologi.

Bidang ini melibatkan desain, konstruksi, operasi dan penggunaan mesin yang disebut robot untuk melakukan tugas-tugas yang dilakukan secara tradisional oleh manusia atau menggantikan tindakan manusia.

Destinasi utama dari bidang robotika adalah untuk menciptakan mesin cerdas yang dapat membantu manusia dalam berbagai cara.

Menurut Situs Techtarget, robotika dapat mengambil beberapa bentuk.

Robot mungkin menyerupai manusia, atau mungkin dalam bentuk aplikasi robot, seperti Robotic Process Automation (RPA), yang mensimulasikan bagaimana manusia terlibat dengan perangkat lunak untuk melakukan tugas berbasis aturan yang berulang.

Sementara bidang robotika dan eksplorasi potensi penggunaan dan fungsionalitas robot telah berkembang pesat di abad ke-20, ide tersebut tentu bukanlah hal baru.

Selain itu, mengutip sumber simpulan Kami yang berasal dari artikel ilmiah oleh para pakar atau ahli bernama Minopu Asada, pada Encyclopedia of Information Systems, tahun 2003, Robotika adalah disiplin akademis ilmu pengetahuan dan teknologi yang terkait dengan semua jenis robot.

Apa itu Robot?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Robot Robotika Robotic Process Automation Atau RPA Dan Bot Atau Perangkat Lunak Software Robotics Beserta Sejarah Lengkap Historinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Robot Robotika Robotic Process Automation Atau RPA Dan Bot Atau Perangkat Lunak Software Robotics Beserta Sejarah Lengkap Historinya

Well, memang, tidak ada definisi pasti tentang robot, tetapi menurut kesepakatan umum, robot adalah mesin yang dapat diprogram yang meniru tindakan atau penampilan makhluk cerdas, biasanya manusia.

Robot adalah mesin yang dapat diprogram yang dapat menyelesaikan tugas, sedangkan istilah robotika menggambarkan bidang studi yang berfokus pada pengembangan robot dan otomatisasi.

Setiap robot memiliki tingkat otonomi yang berbeda.

Benar! Level ini berkisar dari bot yang dikendalikan manusia yang melakukan tugas hingga bot yang sepenuhnya otonom yang melakukan tugas tanpa pengaruh eksternal.

Apa itu Robotika?

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan robotika?

Oke, robotika adalah persimpangan ilmu pengetahuan, teknik dan teknologi yang menghasilkan mesin, yang disebut robot, yang mereplikasi atau menggantikan tindakan manusia.

Seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya di atas, pada bagian pengantarnya, budaya pop selalu terpesona dengan adanya robot ini, sebagai contoh misalnya seperti yang ada pada film-film seperti Star Wars (R2-D2), Terminator, dan WALL-E.

Konsep robot humanoid yang dilebih-lebihkan ini biasanya tampak seperti karikatur dari hal yang nyata.

Tetapi apakah mereka lebih berpikiran maju daripada yang kita sadari?

Robot mendapatkan kemampuan intelektual dan mekanis yang tidak menutup kemungkinan mesin seperti R2-D2 di masa depan.

Apa itu Robotic Process Automation (RPA)?

Kemudian, apa itu Robotic Process Automation (RPA)?

Proses automasi robotika atau RPA adalah teknologi perangkat lunak yang memudahkan untuk membangun, menyebarkan, dan mengelola robot perangkat lunak yang meniru tindakan manusia yang berinteraksi dengan sistem dan perangkat lunak digital.

Benar! Sama seperti manusia, robot perangkat lunak dapat melakukan hal-hal seperti memahami apa yang ada di layar, menyelesaikan penekanan tombol yang tepat, menavigasi sistem, mengidentifikasi dan mengekstrak data, dan melakukan berbagai tindakan yang ditentukan.

Ya! Akan tetapi robot perangkat lunak dapat melakukannya lebih cepat dan lebih konsisten daripada manusia, tanpa perlu bangun dan meregangkan tubuh atau rehat kopi.

Apa itu Bot atau Software Robotics?

Oke sekarang sudah cukup jelas, lalu, apa itu yang dimaksud dengan bot atau software robotics?

Robotika perangkat lunak, juga disebut bot, adalah program komputer yang melakukan tugas secara mandiri.

Terkait pembahasan robotics dan seperti yang sudah Kami jelaskan pada postingan Kami sebelumnya yang memabahas tentang pengertian bot, salah satu kasus penggunaan robot perangkat lunak yang umum adalah chatbot.

Benar! Chatbot adalah program komputer yang mensimulasikan percakapan baik online maupun melalui telepon dan sering digunakan dalam skenario layanan pelanggan, mereka dapat berupa layanan sederhana yang menjawab pertanyaan dengan respons otomatis atau asisten digital yang lebih kompleks yang belajar dari informasi pengguna.

Sejarah Lengkap Robotika atau Robotics

Agar kita dapat lebih memahami tentang pengertian dan arti dari robotics, maka pastinya kita juga harus mengetahui apa sejarah lengkap yang ada dalam robotika.

Istilah robotika merupakan kepanjangan dari kata robot.

Seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, salah satu penggunaan pertamanya, adalah datang dari penulis Ceko Karel apek, yang menggunakan kata itu dalam dramanya, Rossum’s Universal Robots, pada tahun 1920.

Namun, penulis fiksi ilmiah Isaac Asimov-lah yang telah diberi penghargaan sebagai orang pertama yang menggunakan istilah tersebut pada tahun 1940-an oleh Oxford English Dictionary.

Namun, baru beberapa dekade kemudian pada tahun 1961, berdasarkan desain dari tahun 1950-an, di mana, robot pertama yang dapat diprogram, bernama Unimate, diciptakan untuk memindahkan potongan logam panas dari mesin die-cast.

Lebih detailnya, orang-orang telah merenungkan robot sejak peradaban kuno memasukkan mitos dan kepercayaan “mesin berpikir” ke dalam masyarakat mereka dan menemukan jam air.

Robotika telah berubah secara drastis sejak zaman Yunani, Romawi, dan Mesir, tetapi sejarahnya sangat luas.

Berikut adalah beberapa peristiwa terpenting yang telah Kami rangkum dari berbagai sumber referensi, di mana mereka membentuk sejarah lengkap robotics atau robotika yang harus kita ketahui.

  • Tahun 1737; Jacques de Vaucanson membangun robot biomekanik pertama yang tercatat. Disebut Flute Player, perangkat mekanik memainkan 12 lagu.
  • Tahun 1920; Kata “robot” muncul pertama kali dalam drama Karel Capek R.U.R. Robot berasal dari kata Ceko “robota,” yang berarti “kerja paksa.”
  • Tahun 1926; Robot film pertama muncul di Metropolis.
  • Tahun 1936; Alan Turing menerbitkan makalah yang berjudul “On Computable Numbers,” sebuah makalah yang memperkenalkan konsep komputer teoretis yang disebut Mesin Turing.
  • Tahun 1948; Cybernetics atau Control and Communication in the Animal diterbitkan oleh profesor MIT Norbert Wiener. Buku ini berbicara tentang konsep komunikasi dan kontrol dalam sistem elektronik, mekanik dan biologis.
  • Tahun 1949; William Gray Walter, seorang neurofisiolog dan penemu, memperkenalkan Elmer dan Elsie, sepasang robot yang dioperasikan dengan baterai yang terlihat seperti kura-kura. Robot memindahkan objek, menemukan sumber cahaya, dan menemukan jalan kembali ke stasiun pengisian daya.
  • Tahun 1950; Isaac Asimov menerbitkan Tiga Hukum Robotika.
  • Tahun 1950; Alan Turing menerbitkan makalah “Mesin Komputasi dan Kecerdasan,” mengusulkan apa yang sekarang dikenal sebagai Tes Turing, sebuah metode untuk menentukan apakah sebuah mesin cerdas.
  • Tahun 1961; Lengan robot pertama bekerja di fasilitas General Motors. Lengan mengangkat dan menumpuk bagian logam dan mengikuti program untuk sekitar 200 gerakan. Lengan itu diciptakan oleh George Devol dan rekannya Joseph Engelberger.
  • Tahun 1969; Victor Scheinman menciptakan Stanford Arm, lengan robot dengan enam sendi yang dapat meniru gerakan lengan manusia. Ini adalah salah satu robot pertama yang dirancang untuk dikendalikan oleh komputer.
  • Tahun 1972; Sekelompok insinyur atau para ahli (pakar) di Stanford Research Institute menciptakan Shakey, robot pertama yang menggunakan kecerdasan buatan. Shakey menyelesaikan tugas dengan mengamati lingkungannya dan membentuk rencana. Robot menggunakan sensor, pencari jarak, dan alat peka sentuhan untuk merencanakan gerakannya.
  • Tahun 1978; Hiroshi Makino, seorang peneliti otomasi, merancang lengan robot SCARA empat sumbu. Dikenal sebagai robot “pick and place” pertama, lengannya diprogram untuk mengambil objek, memutar dan meletakkannya di lokasi lain.
  • Tahun 1985; Penggunaan prosedur bedah berbantuan robot yang pertama kali didokumentasikan menggunakan lengan bedah robotik PUMA 560.
  • Tahun 1985; William Whittaker membangun 2 (dua) robot yang dioperasikan dari jarak jauh yang dikirim ke pembangkit listrik tenaga nuklir Three Mile Island. Robot bekerja di ruang bawah tanah gedung reaktor yang rusak untuk mensurvei lokasi, mengirim kembali informasi, dan mengebor sampel inti untuk mengukur tingkat radiasi.
  • Tahun 1989; Peneliti MIT Rodney Brooks dan A. M. Flynn menerbitkan paper Fast, Cheap and Out of Control: A Robot Invasion of the Solar System. Paper atau makalah ini berpendapat untuk membangun banyak robot kecil dan murah daripada beberapa yang besar dan mahal.
  • Tahun 1990; Sekelompok peneliti dari MIT menemukan iRobot, perusahaan di balik penyedot debu Roomba.
  • Tahun 1992; Marc Raibert, peneliti MIT lainnya, mendirikan perusahaan robotika Boston Dynamics.
  • Tahun 1997; Sojourner mendarat di Mars. Penjelajah bebas mengirim 2,3 miliar bit data kembali ke Bumi, termasuk lebih dari 17.000 gambar, 15 analisis kimia batuan dan tanah, dan data ekstensif tentang cuaca Mars.
  • Tahun 1998; Furby, mainan robot hewan peliharaan yang dikembangkan oleh Tiger Electronics, dirilis dan akhirnya terjual puluhan juta unit. Furbys diprogram untuk berbicara omong kosong dan belajar bahasa lain dari waktu ke waktu.
  • Tahun 1999; Aibo, anak anjing robot yang ditenagai oleh AI memasuki pasar komersial. Dikembangkan oleh Sony, robot anjing bereaksi terhadap suara dan memiliki beberapa perilaku yang telah diprogram sebelumnya.
  • Tahun 2000; Cynthia Breazeal menciptakan kepala robot yang diprogram untuk memancing emosi sekaligus bereaksi terhadapnya. Disebut Kismet, robot ini terdiri dari 21 motor, sensor audio dan algoritma untuk memahami nada vokal.
  • Tahun 2000; Sony memperkenalkan Sony Dream Robot humanoid, robot hiburan humanoid bipedal yang dikembangkan dan dipasarkan tetapi tidak pernah dijual.
  • Tahun 2001; PackBot iRobot mencari situs World Trade Center setelah 11 September.
  • Tahun 2002; iRobot menciptakan Roomba. Robot vakum adalah robot pertama yang menjadi populer di sektor komersial di kalangan masyarakat.
  • Tahun 2003; Mick Mountz dan salah satu pendiri Amazon Robotics Tahun sebelumnya Kiva Systems, menemukan robot Kiva yang merupakan robot bermanuver di sekitar gudang dan memindahkan barang.
  • Tahun 2004; Boston Dynamics memperkenalkan BigDog, robot berkaki empat yang dikendalikan oleh manusia. Robot ini dikenal lebih gesit daripada robot iterasi sebelumnya, karena hanya mampu memiliki dua kaki di tanah pada satu waktu. Ini memiliki 50 sensor dan komputer onboard (baca pengertian onboard di sini) yang mengatur gaya berjalan dan membuatnya tetap stabil.
  • Tahun 2004; Badan proyek Defense Department’s Defense Advanced Research Projects Agency menetapkan tantangan besar DARPA. Balapan mobil self-driving yang bertujuan untuk menginspirasi inovasi dalam teknologi kendaraan otonom militer.
  • Tahun 2005; Sebuah Volkswagen Touareg bernama Stanley memenangkan DARPA Grand Challenge ke-2 (dua). Mobil tersebut menggunakan Artificial Intelligence (AI) yang dilatih tentang kebiasaan mengemudi manusia di dunia nyata dan lima sensor laser lidar untuk menyelesaikan jalur sejauh 131,2 mil di Gurun Mojave.
  • Tahun 2011; NASA dan General Motors berkolaborasi untuk mengirim Robonaut 2, asisten robot manusiawi, ke luar angkasa dengan pesawat ulang-alik Discovery. Robot ini menjadi penduduk tetap Stasiun Luar Angkasa Internasional.
  • Tahun 2013; Boston Dynamics merilis Atlas, robot berkaki dua humanoid yang menggunakan 28 (dua puluh delapan) sambungan hidrolik untuk meniru gerakan manusia, termasuk melakukan backflip.
  • Tahun 2012; Lisensi pertama untuk mobil swakemudi dikeluarkan di Nevada. Mobil tersebut merupakan Toyota Prius yang dimodifikasi dengan teknologi yang dikembangkan oleh Google.
  • Tahun 2014; Peneliti Kanada mengembangkan hitchBOT, bot yang menumpang di Kanada dan Eropa sebagai bagian dari eksperimen sosial.
  • Tahun 2016; Sophia, robot humanoid yang dijuluki sebagai robot warga pertama, diciptakan oleh Hanson Robotics. Robot ini mampu mengenali wajah, komunikasi verbal, dan ekspresi wajah.
  • Tahun 2020; Robot digunakan untuk mendistribusikan tes dan vaksinasi COVID-19.
  • Tahun 2020; 384.000 robot industri dikirim ke seluruh dunia untuk melakukan berbagai pekerjaan manufaktur dan gudang.
  • Tahun 2021; Cruise, sebuah perusahaan mobil otonom, melakukan dua uji wahana robotaxi pertamanya di San Francisco.
Baca Juga :  Pilih Software atau Manual? Pahami 4 Perbedaan Software Payroll dan Manual!

Memang, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perkembangan robotika ini terbilang sangat pesat, terlebih melihat ruang lingkup teknologi, khususnya ruang lingkup informatika (baca pengertian dari kata informatika di sini) dalam robotics hingga seperti yang dapat kita lihat seperti di zaman tahun 2022 sekarang.

Tujuan dan Fungsi Robotics

Setelah mengetahui apa pengertian robotics, robot, robotika, dan Robotic Process Automation (RPA), selanjutnya kita juga perlu membahas terkait tujuan dan fungsi utama mereka.

Ya! Robot ada untuk memanipulasi objek dengan mengamati, memindahkan, memilih, memodifikasi sifat fisik objek.

Baik, terkait tujuan utamanya sendiri, perlu ketahui bahwa robotics bertujuan untuk melakukan desain, konstruksi dan penggunaan robot mekanik.

Kemudian untuk fungsinya sendiri, robot atau robotika (robotics) ini dapat dijabarkan dalam 2 (dua) fungsi utama, yakni sebagai berikut.

1. Independent (Independen)

Fungsi tujuan pertama yaitu adalah independent atau independen.

Independen maksudnya berfungsi sepenuhnya secara mandiri dan independen dari kontrol operator manusia.

Ini biasanya membutuhkan pemrograman yang lebih intens tetapi memungkinkan robot untuk menggantikan manusia ketika melakukan tugas-tugas berbahaya, biasa atau tidak mungkin, dari difusi bom dan perjalanan laut dalam hingga otomatisasi pabrik.

Robot independen telah terbukti paling mengganggu masyarakat, karena mereka menghilangkan pekerjaan tertentu tetapi juga menghadirkan kemungkinan baru untuk pertumbuhan.

2. Dependent (Dependen)

Kemudian, yaitu adalah dependent atau dependen.

Robot dependen dalam robotics adalah robot non-otonom yang berinteraksi dengan manusia untuk meningkatkan dan melengkapi tindakan mereka yang sudah ada.

Ini adalah bentuk teknologi yang relatif baru dan terus dikembangkan ke dalam aplikasi baru, tetapi salah satu bentuk robot ketergantungan yang telah direalisasikan adalah prostetik canggih yang dikendalikan oleh pikiran manusia.

Karakteristik atau Ciri-Ciri Penting Robotika

Ilustrasi Gambar Karakteristik Ciri Tanda Jenis Jenis Tipe Robotika Dan Macam Macam Komponen Utama Robot Dalam Membahas Pengertian Robotics Serta Tujuan Dan Fungsi Robotika
Ilustrasi Gambar Karakteristik Ciri Tanda Jenis Jenis Tipe Robotika Dan Macam Macam Komponen Utama Robot Dalam Membahas Pengertian Robotics Serta Tujuan Dan Fungsi Robotika

Selanjutnya, dalam subbagian ini kita akan mengenal terkait apa saja karakteristik, ciri, atau tanda utama dalam bidang robotics, khususnya mengacu pada objeknya, yaitu robot.

Yup! Sementara dunia robotika secara keseluruhan berkembang, robot memiliki beberapa karakteristik yang konsisten, yakni:

  • Robot terdiri dari semacam konstruksi mekanis; Aspek mekanis robot membantunya menyelesaikan tugas di lingkungan yang dirancangnya. Misalnya, roda Mars 2020 Rover dimotori secara individual dan terbuat dari tabung titanium yang membantunya mencengkeram medan keras planet merah dengan kuat.
  • Robot membutuhkan komponen listrik yang mengontrol dan memberi daya pada mesin; Pada dasarnya, arus listrik, seperti baterai misalnya, di mana itu diperlukan untuk memberi daya pada sebagian besar robot.
  • Robot mengandung setidaknya beberapa tingkat pemrograman komputer; Tanpa seperangkat kode yang memberi tahu apa yang harus dilakukan, robot hanya akan menjadi bagian lain dari mesin sederhana. Memasukkan program ke dalam robot memberinya kemampuan untuk mengetahui kapan dan bagaimana melakukan tugas.
Baca Juga :  Inilah Pengertian Brainware: Fungsi, Jenis, Komponen, Perannya dalam Bisnis serta Contohnya!

Betul! Kita semua pasti akan melihat janji industri robotika lebih cepat, daripada nanti, karena kecerdasan buatan dan perangkat lunak juga terus berkembang.

Dalam waktu dekat, berkat kemajuan teknologi ini, robot akan terus menjadi lebih pintar, lebih fleksibel, dan lebih hemat energi.

Selain itu, mereka juga akan terus menjadi titik fokus utama di pabrik pintar (smart fabrics), di mana mereka akan menghadapi tantangan yang lebih sulit dan membantu mengamankan rantai pasokan global.

Industri robotika dipenuhi dengan janji kemajuan yang mengagumkan yang hanya bisa diimpikan oleh fiksi ilmiah.

Dari kedalaman terdalam lautan kita hingga ribuan mil di luar angkasa, robot akan ditemukan melakukan tugas yang tidak dapat diimpikan oleh manusia untuk dicapai sendiri.

Jenis-Jenis Tipe dalam Robotics (Robotika)

Oke, sekarang kita sudah memahami konsep utama robotics setelah mengetahui pengertian dan tujuan serta fungsi utamanya di atas, lalu sekarang, apa saja jenis-jenis tipe robotika itu?

Well, bot mekanis hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk melakukan tugas yang dirancang secara efisien.

Yup! Semua robot bervariasi dalam desain, fungsionalitas, dan tingkat otonominya.

Sebagai contoh misalnya mulai dari “RoboBee” sepanjang 0,2 milimeter hingga kapal pengiriman robot sepanjang 200 meter, yakni “Vindskip,” yang merupakan robot yang muncul untuk melakukan tugas yang tidak bisa dilakukan manusia.

Baik, ada 5 (lima) jenis robot berbeda dalam robotics yang melakukan tugas tergantung pada kemampuannya, di mana secara garis besar, jenis tipe robot dalam robotika tersebut akan Kami jelaskan di bawah ini.

a. Pre-Programmed Robots

Robot yang telah diprogram sebelumnya atau yang disebut dengan pro-programmed robots beroperasi di lingkungan yang terkendali di mana mereka melakukan tugas-tugas yang sederhana dan monoton.

Contoh robot yang telah diprogram sebelumnya adalah lengan mekanik pada jalur perakitan otomotif.

Cirinya seringkali seperti lengan dengan memiliki satu fungsi, biasanya untuk mengelas pintu, memasukkan bagian tertentu ke dalam mesin, dan lain sebagainya.

Selain itu, biasanya tugasnya adalah melakukan tugas itu lebih lama, lebih cepat, dan lebih efisien daripada manusia.

b. Robot Humanoid

Robot humanoid adalah robot yang menyerupai atau meniru perilaku manusia.

Benar! Robot-robot ini biasanya melakukan aktivitas seperti manusia (seperti berlari, melompat dan membawa benda), dan terkadang dirancang agar terlihat seperti kita, bahkan memiliki wajah dan ekspresi manusia.

Contoh robot humanoid yang paling menonjol adalah seperti Sophia dari Hanson Robotics dan Atlas dari Boston Dynamics.

c. Robot Otonom

Robot otonom beroperasi secara independen dari operator manusia.

Robot ini biasanya dirancang untuk melakukan tugas di lingkungan terbuka yang tidak memerlukan pengawasan manusia.

Benar! Mereka cukup unik karena mereka menggunakan sensor untuk melihat dunia di sekitar mereka, dan kemudian menggunakan struktur pengambilan keputusan (biasanya komputer) untuk mengambil langkah optimal berikutnya berdasarkan data dan misi mereka.

Salah satu contoh robot otonom adalah penyedot debu Roomba, yang menggunakan sensor untuk berkeliaran dengan bebas di seluruh rumah.

Sedangkan untuk contoh lainnya dari jenis tipe robot dalam robotics yang otonom yaitu seperti bot pemangkasan rumput, bot perhotelan, Drone otonom, serta bot asisten medis.

d. Robot Teleoperated

Robot teleoperated adalah bot semi-otonom yang menggunakan jaringan wireless (nirkabel) untuk memungkinkan kontrol manusia dari jarak yang aman.

Robot-robot ini biasanya bekerja dalam kondisi geografis, cuaca, dan keadaan yang ekstrim.

Contoh robot teleoperated adalah kapal selam yang dikendalikan manusia yang digunakan untuk memperbaiki kebocoran pipa bawah air selama tumpahan minyak BP atau drone yang digunakan untuk mendeteksi ranjau darat di medan perang.

e. Augmenting Robots

Robot augmenting, augment robots, atau yang juga dikenal sebagai robot VR, meningkatkan kemampuan manusia saat ini atau menggantikan kemampuan yang mungkin hilang dari manusia.

Bidang robotika untuk augmentasi manusia adalah bidang di mana fiksi ilmiah bisa menjadi kenyataan segera, dengan bot yang memiliki kemampuan untuk mendefinisikan kembali definisi kemanusiaan dengan membuat manusia lebih cepat dan lebih kuat.

Beberapa contoh robot augmenting saat ini adalah kaki palsu robot atau kerangka luar yang digunakan untuk mengangkat beban berat.

Macam-Macam Komponen Robotika

Selain dari jenis tipe robot dalam robotics, dalam postingan ini Kami juga akan menjelaskan tentang apa saja macam-macam komponen yang ada dalam robotika.

Betul, robot dibangun untuk menghadirkan solusi untuk berbagai kebutuhan dan memenuhi beberapa tujuan yang berbeda, dan oleh karena itu, mereka seringkali memerlukan berbagai komponen khusus untuk menyelesaikan tugas ini.

Berikut ini adalah berbagai macam komponen-komponen robot dalam membahas pengertian robotics atau robotika.

1. Control System (Sistem Kontrol atau Pengaturan)

Macam komponen pertama dalam robotics yaitu adalah control system atau sistem kontrol atau pengaturan.

Komputasi mencakup semua komponen yang membentuk unit pemrosesan pusat robot, sering disebut sebagai sistem kontrolnya.

Sistem kontrol diprogram untuk memberi tahu robot cara memanfaatkan komponen spesifiknya, serupa dalam beberapa hal dengan cara otak manusia mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh, untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Tugas terkait dalam robotics ini dapat terdiri dari apa saja mulai dari operasi invasif minimal hingga pengemasan jalur perakitan.

2. Sensor

Komponen berikutnya yaitu sensor, ini memberi robot rangsangan berupa sinyal listrik yang diproses oleh pengontrol dan memungkinkan robot untuk berinteraksi dengan dunia luar.

Sensor umum yang ditemukan di dalam robot termasuk kamera video yang berfungsi sebagai mata, fotoresistor yang bereaksi terhadap cahaya, dan mikrofon yang beroperasi seperti telinga.

Benar! Sensor ini memungkinkan robot untuk menangkap sekelilingnya dan memproses kesimpulan paling logis berdasarkan momen saat ini dan memungkinkan pengontrol untuk menyampaikan perintah ke komponen tambahan.

3. Actuators (Aktuator)

Komponen ke-3 (tiga) robotika atau robotics adalah actuators atau aktuator.

Seperti yang kita ketahui, device atau perangkat hanya dapat dianggap sebagai robot jika memiliki kerangka atau tubuh yang dapat dipindahkan.

Aktuator adalah komponen yang bertanggung jawab untuk gerakan ini.

Komponen ini terdiri dari motor yang menerima sinyal dari sistem kontrol dan bergerak bersama-sama untuk melakukan gerakan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Aktuator dapat dibuat dari berbagai bahan, seperti logam atau elastis, dan umumnya dioperasikan dengan menggunakan udara tekan (aktuator pneumatik) atau minyak (aktuator hidrolik) tetapi tersedia dalam berbagai format untuk memenuhi peran khusus mereka dengan baik.

4. Power Supply (Catu Daya)

Ke-4 (empat) ada power suppy atau catu daya yang menjadi komponen utama dalam robotika lainnya.

Yup! Seperti tubuh manusia yang membutuhkan makanan agar dapat berfungsi, robot membutuhkan tenaga.

Robot stasioner, seperti yang ditemukan di pabrik, dapat berjalan dengan daya AC melalui stopkontak tetapi lebih umum, robot beroperasi melalui baterai internal.

Kebanyakan robot menggunakan baterai timbal-asam untuk kualitas yang aman dan umur simpan yang lama sementara yang lain dapat menggunakan varietas perak-kadmium yang lebih kompak tetapi juga lebih mahal.

Baca Juga :  Pengertian TWAIN: Apa Itu TWAIN? Sejarah, Tujuan dan Istilahnya

Keamanan, berat, penggantian, dan siklus hidup merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat merancang catu daya robot.

Beberapa sumber daya potensial untuk pengembangan robot di masa depan juga mencakup daya pneumatik dari gas terkompresi, tenaga surya, tenaga hidrolik, penyimpanan energi roda gila sampah organik melalui pencernaan anaerobik dan tenaga nuklir.

5. End Effectors (Efektor Akhir)

Terakhir, yakni seperti namanya jenis macam tipe komponen robotics-nya sendiri, yaitu adalah end effectors atau efektor akhir.

Ini adalah komponen fisik, biasanya eksternal yang memungkinkan robot menyelesaikan tugasnya.

Yup! Robot di pabrik sering memiliki alat yang dapat dipertukarkan seperti penyemprot cat dan bor, robot bedah dapat dilengkapi dengan pisau bedah dan jenis robot lainnya dapat dibuat dengan cakar.

Mereka juga bahkan dilengkapi dengan tangan untuk tugas-tugas seperti pengiriman, pengepakan, difusi bom, dan banyak lagi hal lainnya.

Contoh, Aplikasi, dan Implementasi Robotika

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan untuk pembahasan terkait pengertian dari robotics, khususnya setelah kita membaca apa saja jenis macam tipe robot dalam robotika di atas?

Oke, untuk menambah pengetahun kita dalam bidang praktik robotika, saat ini, robot industri, serta banyak jenis robot lainnya, digunakan untuk melakukan tugas yang berulang.

Benar! Mereka mungkin berbentuk lengan robot, kerangka luar robot atau robot humanoid tradisional.

Robot industri dan lengan robot digunakan oleh produsen dan gudang, seperti yang dimiliki oleh Amazon, Devol, Best Buy, dan lainnya.

Dalam robotics, agar semuanya dapat berfungsi, kombinasi pemrograman dan algoritme atau algoritma (baca pengertian lengkap dan tujuan algoritma di sini) komputer, manipulator, aktuator, sistem kontrol yang dikendalikan dari jarak jauh, di mana tindakan, pemrosesan, dan persepsi, serta sensor waktu nyata dan elemen otomatisasi akan membantu menginformasikan apa yang dilakukan robot atau sistem robot.

Beberapa contoh, aplikasi, dan implementasi tambahan untuk robotika adalah sebagai berikut:

  • Home electronics atau elektronik rumah, seperti ASIMO Honda.
  • Computer science atau ilmu komputer serta pemrograman komputer.
  • Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.
  • Data science atau ilmu data, lihat makalah data science di sini.
  • Bidang penegakan hukum atau militer.
  • Bidang teknik mesin.
  • Mechatronics atau mekatronik.
  • Nanotechnology (nanoteknologi).
  • Bioteknologi atau pada bidang kesehatan.
  • Aerospace (kedirgantaraan) seperti Urbie dari National Aeronautics and Space Administration.

Apa Saja Pro dan Kontra dalam Robotika?

Gambar Apa Dari Kelebihan Kekurangan Atau Pro Dan Kontra Dalam Robotika Serta Bagaimana Penerapan Dan Perkembangan Data Science Machine Learning ML Dalam Robotics
Gambar Apa Dari Kelebihan Kekurangan Atau Pro Dan Kontra Dalam Robotika Serta Bagaimana Penerapan Dan Perkembangan Data Science Machine Learning ML Dalam Robotics

Terkait pembahasan mengenai pengertian, arti, plus tujuan dan fungsi robotics, memang, segala hal yang merupakan ciptaan manusia, tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, begitupun juga dengan bidang ilmu robotika ini.

Bagi kalian yang sedang membaca postingan Kami yang memabahas tentang pengertian dari robotics ini, dan kebetulan sedang mencari terkait kelebihan dan kekurangan robotika, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Benar! Tentu saja karena di sini Kami akan menjelaskan beberapa hal terkait pro dan kontra yang ada dalah bidang robotika!

Well, sistem robotik didambakan di banyak industri karena dapat meningkatkan akurasi, mengurangi biaya, dan meningkatkan keselamatan bagi manusia.

Faktanya, keselamatan bisa dibilang salah satu manfaat terbesar robotika, karena banyak lingkungan berbahaya atau tidak sehat tidak lagi membutuhkan unsur manusia.

Sebagai contoh, misalnya seperti industri nuklir, luar angkasa, pertahanan, pemeliharaan dan banyak lagi.

Dengan robot atau sistem robot, pekerja dapat menghindari paparan bahan kimia berbahaya dan bahkan membatasi risiko kesehatan psikososial dan ergonomis.

Selain itu, seperti yang disampaikan oleh pemerintah Indonesia di tahun 2021, robotics, khususnya dengan implementasi kecerdasan buatan juga berpotensi besar untuk menggantikan tenaga Aparat Sipil Negara (ASN) atau para PNS.

Akan tetapi, terlepas dari manfaat ini, ada beberapa kelemahan robotika juga.

Pastinya masih banya tugas tertentu yang lebih cocok untuk manusia, sebagai contoh misalnya, pekerjaan yang membutuhkan kreativitas, kemampuan beradaptasi, dan keterampilan pengambilan keputusan yang kritis.

Bagaimana Penerapan dan Perkembangan Machine Learning (ML) dalam Robotics atau Robotika?

Oke, lalu seperti apa implementasi Machine Learning (ML) atau pembelajaran mesin dalam lingkup robotics?

Pembelajaran mesin dan robotika bersinggungan dalam bidang yang dikenal sebagai pembelajaran robot atau yang dikenal dengan istilah Robot Learning.

Pembelajaran robot adalah studi tentang teknik yang memungkinkan robot memperoleh pengetahuan atau keterampilan baru melalui algoritma pembelajaran mesin.

Beberapa aplikasi yang telah dieksplorasi oleh robot learning antara lain menggenggam objek, kategorisasi objek dan bahkan interaksi linguistik dengan sesama manusia.

Proses learning atau pembelajaran di dalamnya dapat terjadi melalui eksplorasi diri atau melalui bimbingan dari operator manusia.

Untuk belajar, robot cerdas harus mengumpulkan fakta melalui input atau sensor manusia.

Kemudian, unit pemrosesan robot akan membandingkan data yang baru diperoleh dengan informasi yang disimpan sebelumnya dan memprediksi tindakan terbaik berdasarkan data yang diperolehnya.

Namun, penting untuk dipahami bahwa robot hanya dapat memecahkan masalah yang dibuat untuk dipecahkan, dan itu tidak memiliki kemampuan analitis umum (general analytics power).

Kesimpulan

Baiklah, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan Pengertian Robotics, Apa itu Robotika, Robot, dan RPA? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Karakteristik, Jenis, Macam Komponen, Contoh, Implementasi, serta Pro Kontranya.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang di atas, dapat kita simpulkan bahwa robotika atau robotics rekayasa dan pengoperasian mesin yang dapat secara otonom atau semi-otonom melakukan tugas fisik atas nama manusia.

Biasanya robot melakukan tugas yang sangat berulang atau terlalu berbahaya bagi manusia untuk dilakukan dengan aman.

Robot mekanik menggunakan sensor, aktuator, dan pemrosesan data untuk berinteraksi dengan dunia fisik, di mana itu merupakan beberapa dari jenis macam komponen utama robotics (robotika).

Seseorang yang ingin berkaris dalam bidang robotics atau robotika harus memiliki latar belakang yang kuat di bidang teknik mesin, teknik elektro dan pemrograman komputer.

Memang, dalam beberapa tahun terakhir, bidang robotika mulai tumpang tindih dengan pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan.

Untuk memperjelas, khususnya menghindari kebingungan di masa mendatang, maka Kami terangkan sekarang bahwa kata bot tidak lagi digunakan untuk menggambarkan robot fisik.

Sebaliknya, kata bot ini digunakan untuk menggambarkan robot perangkat lunak yang tidak memiliki tubuh mekanis.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Robotics, Apa itu Robotika, Robot, dan RPA? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Karakteristik, Jenis, Macam Komponen, Contoh, Implementasi, serta Pro Kontranya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi komputer, pemrograman, dan robotika.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian Saya, Rifqi, Terima Kasih.

1 Komentar

  1. Terima kasih min, artikel ini sangat membantu pembaca untuk mengetahui apa itu Robotika dan juga dilengkapi dengan pengertian dari Robotika itu sendiri, tujuan dan fungsi, serta Jenis, macam komponen, contoh, karakteristik dari robotika bahkan disertai sejarahnya dengan lengkap.

Tinggalkan Komentar