Memahami Pengertian Onboard: Apa Itu On Board? Tujuan dan Fungsi, Contoh Teknologi, Perbedaan serta Letaknya pada Komputer!

0
Gambar Pengertian Onboard Apa Itu On Board Tujuan Dan Fungsi Contoh Teknologi Perbedaan Letak Serta Mana Penulisannya Yang Benar
Gambar Pengertian Onboard Apa Itu On Board Tujuan Dan Fungsi Contoh Teknologi Perbedaan Letak Serta Mana Penulisannya Yang Benar

Tahukah Anda, Pengertian Onboard, Apa itu On Board? Tujuan dan Fungsi, Contoh Teknologi, Perbedaan, Letak serta Mana Penulisannya yang Benar! Benar, sederhananya, kata onboard ini, mereka disebut sebagai suatu alat yang terintegrasi dalam Komputer. Ini merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan komponen perangkat keras yang tertanam dalam papan sirkuit. Dalam dunia teknologi komputer, kata ini sering digunakan ketika merujuk ke perangkat seperti kartu sound (suara), jaringan, unit pemrosesan atau Graphical Processing Unit (GPU), atau WLAN yang terintegrasi ke motherboard.

Benar sekali, ini pastinya berbeda dan tidak seperti kartu ekspansi (expansion card), terutama ketika user (pengguna) tidak dapat menghapus komponen-komponen ini dari komputer mereka. Walaupun memang, mereka dapat dinonaktifkan melalui software (perangkat lunak) atau pengaturan CMOS atau secara otomatis dinonaktifkan ketika kartu ekspansi tersebut ditambahkan ke komputer. Oke baiklah, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian onboard serta artinya terutama dalam perangkat komputer. Baiklah langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Onboard

Onboard dalam komputer adalah satu atau lebih komputer yang merupakan bagian dari perangkat lain.

Sebagai contoh, sebuah mobil dapat memiliki banyak komputer onboard yang berbeda yang membantu memonitor dan mengontrol berbagai fitur elektroniknya.

Ketika merujuk pada pekerjaan atau karyawan baru, “onboarding” atau orientasi adalah proses yang diperlukan perusahaan untuk memperkenalkan orang baru kepada perusahaan.

Proses onboard atau orientasi perusahaan dapat mencakup pemberian akses, memperkenalkan sistem perusahaan, menjelaskan aturan dan budayanya, dan hal lain yang membuat karyawan produktif.

Apa itu On Board atau On-Board?

Gambar Onboard Video Dan Back Panel Motherboard Dalam Penjelasan Apa Itu Onboard Dan On Board Serta Tujuan Dan Fungsinya
Gambar Onboard Video Dan Back Panel Motherboard Dalam Penjelasan Apa Itu Onboard Dan On Board Serta Tujuan Dan Fungsinya

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan on board atau on-board ini? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, arti dari kata ini akan berbeda terutama jika digunakan dengan spasi atau dengan menggunakan tanda penghubung.

Onboard adalah satu kata (kadang-kadang ditulis dengan tanda penghubung pada papan tulis), kata itu sering muncul sebelum kata benda yang dimodifikasi berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Computerhope.

Sebagai contoh misalnya, onboard VGA (graphics), onboard computer.

Di tempat lain, penulis biasanya mungkin membuat menjadi 2 (dua) kata untuk membuat artinya menjadi berbeda.

Sebagai contoh, beberapa orang mungkin akan menulis seperti:

Kami membawa radio sehingga Kami bisa memiliki radio on board.

Kata di atas berarti sebuah radio yang dibawa dan berada di sebuah kapal karena kata tersebut diletakkan setelah kata benda (noun).

Istilah onboarding dapat merujuk pada pengenalan perangkat baru dalam jaringan atau networking (baca selengkapnya apa itu networking dalam dunia teknologi dan pekerjaan disini).

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Peopleware: Apa itu Peopleware? Sejarah, Tujuan dan Contohnya!

Pada intinya, apa itu yang dimaksud dengan istilah on-board adalah sesuatu yang dipasang dan berjalan di atasnya.

Tujuan dan Fungsi Onboard

Agar lebih memahami tentang apa itu pengertian dan maksud kata onboard, maka kita juga harus mengetahui apa tujuan dan fungsi terutama terkait penggunaannya bukan?

Benar, seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, onboard dalam dunia teknologi merupakan sebuah perangkat komputer atau sistem komputer yang dipasang di objek seluler.

Contohnya, misalnya seperti mobil, kapal selam, kapal laut, pesawat terbang, pesawat ruang angkasa dan lain sebagainya.

Perangkat onboard seperti radar, teknik radio, optik, dan lainnya di atas bertujuan untuk digunakan dalam mengendalikan objek dan sistem on-board-nya dan memeriksa aktivitas dan instrumentasi on-board.

Perlu kalian ketahui bahwa komputer on-board ini berfungsi memproses berbagai informasi yang dikirimkan ke objek bergerak dari luar dan juga informasi yang dimasukkan dari sistem on-board.

Komputer digital elektronik, dan terkadang sistem komputasi hybrid (hibrid), digunakan sebagai komputer on-board.

Komputer terpasang dibangun dari sirkuit terpadu mikrominatur dan berat mulai dari 1 (satu) hingga beberapa lusin atau kilo (kg), memerlukan beberapa lusin hingga ratusan watt daya listrik.

Mereka juga memiliki kecepatan operasional yang tinggi (dengan urutan beberapa puluhan ribu operasi per detik) serta keandalan lainnya (rseperti atusan jam operasi bebas atau tanpa masalah).

Contoh Teknologi Onboard

Setelah kita mengetahui apa itu arti onboard berserta tujuan dan fungsi di atas, tentunya kita juga harus mengetahui seperti apa contohnya bukan?

Oke, untuk menjelaskannya, Kami akan menjelaskannya dengan teknologi onboard pada mobil.

Ya! Semua mobil yang diproduksi saat ini mengandung setidaknya satu komputer.

Computer tersebut bertanggung jawab untuk memantau emisi engine (mesin) dan menyesuaikan itu untuk menjaga emisinya serendah mungkin.

Komputer tersebut juga menerima informasi dari berbagai sensor, termasuk:

  • Sensor oksigen
  • Sensor tekanan udara
  • Sensor suhu udara
  • Sensor suhu mesin
  • Sensor posisi throttle
  • Sensor ketukan
  • Sensor oksigen

Dengan menggunakan informasi dari sensor-sensor ini, komputer dapat mengontrol hal-hal seperti injektor bahan bakar, busi, dan kecepatan idle untuk mendapatkan kinerja terbaik dari engine dengan tetap menjaga emisi rendah.

Komputer juga dapat merasakan ketika ada masalah dan dapat menginformasikan pengemudi dengan lampu dan hal lainnya.

Selain itu juga, seorang mekanik lebih terbantu karena dapat membaca kode diagnostik dari komputer untuk memperbaiki masalahnya.

Tergantung pada seberapa mahal mobil itu, mereka juga bisa dilengkapi jenis teknologi dan komputer lain seperti:

  • Adanya komputer yang bisa mengendalikan transmisi otomatis.
  • Jika mobil memiliki rem anti-lock, pasti ada komputer yang membaca kecepatan roda dan mengendalikan rem
  • Banyak sistem kantong udara memiliki komputer mereka sendiri.
  • Mobil dengan entri tanpa kunci atau sistem keamanan memiliki komputer untuk sistem ini.
  • Sistem kontrol iklim canggih juga sering memiliki komputer.
  • Beberapa mobil sekarang memiliki kursi dan cermin bermotor yang dapat mengingat pengaturan untuk beberapa pengemudi, dan ini pastinya juga berisi komputer.
  • Radio atau pemutar CD apa pun dengan layar digital berisi komputernya sendiri.
  • Sistem kontrol yang juga menggunakan komputer.
Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Proyektor: Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Jenis serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Dengan kata lain, mobil mewah modern adalah jaringan komputer yang berputar dengan banyaknya controller atau pengendali onboard (tertanam) yang dapat dimiliki mobil.

Perbedaan Onboard dengan On Board serta Kapan Menggunakannya

Lalu, apa yang membedakan kata onboard dengan on board? Ya, bagi kalian yang kebetulan sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya tentang perbedaannya, maka kalian berada di tempat yang tepat!

Kenapa? Tentu saja karena Kami juga akan menjelaskannya disini! Selain itu juga, Kami akan menjelaskan pada Anda contoh kalimat ketika memilih menggunakan kata onboard atau on board.

Jadi, kapan kita harus menggunakan kata onboard ini?

Perlu kalian ketahui bahwa, onboard dapat berupa kata sifat atau kata kerja.

Sebagai kata sifat, onboard berarti terpasang atau integral, terutama ketika merujuk pada peralatan (benda).

Komputer onboard misalnya, adalah komputer yang dibangun ke dalam desain sebuah benda.

Contoh kalimatnya adalah seperti:

  1. Ashlynn membeli mobil baru dan dia berhati-hati untuk memilih satu dengan “GPS onboard” untuk membantunya lebih mudah dalam melakukan navigasi.
  2. Sistem navigasi onboard membantu pilot memilih rute tercepat tanpa harus membuang banyak bahan bakar.

On boarding atau onboarding juga dapat menjadi kata sifat.

Seperti kalimat di atas, onboard selalu datang sebelum kata benda yang dimodifikasi, yaitu adalah GPS dan sistem, dimana setelah kata kerja, pilih dan gunakan frasa “di atas sesuatu” sebagai gantinya.

Lalu, kapan saat menggunakan on board?

Benar! On board dapat berupa frasa preposis atau dapat berfungsi sebagai kata keterangan dalam kalimat.

Di atas benda seperti kapal dan lainnya, kata tersebut berarti hadir, dalam persetujuan, atau dalam arti yang paling literal, berada dengan aman di dalam kapal.

Berikut ini adalah 2 (dua) contoh kalimat penggunaannya:

  1. Saat berada (on board) di pesawat, tolong jangan merokok.
  2. Kevin sering mabuk laut ketika berada di atas (on board) kapal laut.

Kata on board memiliki sinonim, yaitu aboard yang di atas kapal, yang bisa menjadi pilihan dalam beberapa kasus.

Hal itu berarti hal yang sama, namun jadi lebih pendek dan sederhana.

Dimana Letak Koneksi untuk Perangkat Onboard?

Gambar Back Panel Motherboard Sebagai Pengertian Dan Contoh Serta Letak Koneksi Onboard Dalam Perangkat Komputer
Gambar Back Panel Motherboard Sebagai Pengertian Dan Contoh Serta Letak Koneksi Onboard Dalam Perangkat Komputer

Kemudian, dimana letak koneksi untuk perangkan onboard ini berada?

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, ketika merujuk ke komputer, harus kalian ketahui bahwa koneksi perangkat onboard semuanya berada di panel belakang motherboard.

Gambar di atas adalah contoh motherboard dengan audio onboard dan jack audio yang terdapat di panel belakang.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Bug: Apa itu Programming dan Software Bug? Sejarah, Jenis dan Klasifikasi, Macam serta Perbedannya dengan Error!

Pada contoh tersebut, tidak ada koneksi untuk monitor karena motherboard tersebut tidak memiliki video onboard.

Onboard dan On-Board, Mana Penulisan yang Benar?

Jadi, haruskah kita menggunakan onboard, on-board atau on board?

Saat menggambarkan komputer atau komponen komputer yang merupakan bagian dari papan sirkuit lain (seperti dijelaskan di atas), penggunaan kata “onboard” dan “on-board” sudah benar.

Sebagai contoh misalnya, “onboard sound card” dan “on-board sound card” merupakan penulisan yang benar ketika menggambarkan kartu suara yang ada pada motherboard.

Namun, ketika menggambarkan sesuatu yang berkaitan dengan komputer, “on board” (dengan spasi) tidak boleh digunakan, karena hal tersebut akan menggambarkan sesuatu yang berada di atasnya alih-alih perangkatnya.

Kami pribadi lebih memilih untuk menggunakan “onboard” pada semua penjelasan yang ada dalam postingan ini demi menjaga konsistensi penulisan.

Kesimpulan

Oke, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Baiklah, berdasarkan Pengertian Onboard, Apa itu On Board? Tujuan dan Fungsi, Contoh Teknologi, Perbedaan, Letak serta Mana Penulisannya yang Benar di atas, dapat kita simpulkan bahwa, onboard dalam komputer adalah alat yang tertanam. Artinya secara harfiah yaitu “di papan sirkuit” misalnya seperti on-board memory, ini mengacu pada chip memori yang terdapat pada motherboard dan on-board modem yaitu modem yang berada di papan ekspansi.

Onboard merupakan kata sifat yang berarti terlampir, dan kata kerja yang berarti untuk menyesuaikan sesuatu pada tempatnya. Sedangkan kata on board merupakan kata keterangan atau frasa preposisi yang berarti berada dengan aman seperti di atas kapal atau dalam sebuah perjanjian dan lain sebagainya.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami kali ini, dimana Kami membahas mengenai Pengertian Onboard, Apa itu On Board? Tujuan dan Fungsi, Contoh Teknologi, Perbedaan, Letak serta Mana Penulisannya yang Benar. Semoga apa yang telah Kami bahas dan sampaikan disini dapat bermanfaat serta bisa menambah wawasan kalian semua terutama dalam memahami artinya.

Jangan lupa like, share dan subscribe blog dan YouTube Kami untuk berbagai macam referensi, informasi serta tips dan trik teknologi lainnya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar