Statistics: Apa itu Statistik? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Dasar atau Fundamentals, Jenis, Macam serta Kenapa itu Penting!

0
Gambar Dari Pengertian Statistics Apa Itu Statistik Sejarah Tujuan Dasar Atau Fundamentals Jenis Macam Masalah Contoh Dan Pentingnya
Gambar Dari Pengertian Statistics Apa Itu Statistik Sejarah Tujuan Dasar Atau Fundamentals Jenis Macam Masalah Contoh Dan Pentingnya

Mengenal Pengertian Statistics, Apa itu Statistik? Sejarah, Tujuan, Dasar atau Fundamentals, Jenis dan Macam serta Kenapa itu Penting!

Ya, dapat Kami katakan bahwa pentingnya statistik dapat dipahami dengan ungkapan bahwa itu adalah bagian penting dalam hidup kita.

Perlu kalian ketahui bahwa ini semua bukanlah mata pelajaran yang mudah untuk dipahami dan dipecahkan oleh para mahasiswa.

Tetapi, perlu Kami tekankan disini bahwa statistik cukup membantu dalam kehidupan kita sehari-hari.

Saat ini, statistik memainkan peran penting dalam membangun dunia dan mereka ada di mana-mana.

Ada banyak kegunaannya dalam hidup kita, seperti aplikasi yang kita gunakan di perangkat seluler pribadi didasarkan pada statistik.

Para ahli atau pakar psikologi juga mengatakan semakin kita bisa memanfaatkannya, semakin tinggi peluang yang kita dapatkan.

Oke, terkait hal itu dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian statistics. Mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Statistics

Statistik atau statistics adalah istilah yang digunakan untuk meringkas proses yang digunakan analis untuk mengkarakterisasi kumpulan data.

Analisis statistik melibatkan proses pengumpulan dan evaluasi data dan kemudian meringkas data ke dalam bentuk matematika, dimana ini juga sesuai berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Investopedia.

Jika kumpulan data (baca pengertian data disini) bergantung pada sampel dari populasi yang lebih besar, maka analis dapat mengembangkan interpretasi tentang populasi terutama berdasarkan hasil statistics dari sampel tersebut.

Apa itu Statistik atau Statistika?

Ilustrasi Gambar Dari Apa Itu Statistik Atau Statistika Serta Sejarahnya
Ilustrasi Gambar Dari Apa Itu Statistik Atau Statistika Serta Sejarahnya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksudkan dengan statistik?

Ya, seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, kata ini lebih dikenal dengan sebutan statistics, terutama jika merujuk pada kurikulum global informatika.

Statistika adalah ilmu yang berkaitan dengan pengembangan dan pembelajaran metode untuk mengumpulkan, menganalisis, menafsirkan dan menyajikan data empiris.

Sedangkan, statistik adalah bidang yang sangat interdisipliner.

Penelitian dalam statistik menemukan penerapan secara virtual di hampir semua bidang ilmiah dan pertanyaan penelitian di berbagai bidang ilmiah, dimana hal inilah yang memotivasi pengembangan metode dan teori statistik baru.

Dalam mengembangkan metode dan mempelajari teori yang mendasari metode, ahli statistik menggunakan berbagai alat matematika dan komputasi.

Adapun 2 (dua) gagasan mendasar di bidang statistik adalah ketidakpastian dan variasi.

Ada banyak situasi yang kita hadapi dalam sains (atau lebih umum lagi dalam kehidupan) di mana hasilnya tidak pasti (uncertain).

Dalam beberapa kasus ketidakpastian adalah karena hasil yang dipermasalahkan belum ditentukan.

Sebagai contoh misalnya, kita mungkin tidak tahu apakah akan hujan besok, sedangkan dalam kasus lain ketidakpastian adalah sesuatu yang karena meskipun hasilnya sudah ditentukan, dan itu tidak kita sadari.

Sebagai contoh misalnya, kita mungkin tidak tahu apakah kita bisa lulus dalam jenis ujian tertentu.

Yup! Probabilitas adalah bahasa matematika yang digunakan untuk membahas peristiwa yang tidak pasti dan probabilitas memainkan peran kunci dalam statistik.

Setiap upaya pengukuran atau pengumpulan data tunduk pada sejumlah sumber variasinya.

Yang Kami maksud dengan ini adalah jika pengukuran yang sama diulangi, maka jawabannya kemungkinan besar akan berubah.

Para ahli atau pakar statistik selalu berusaha untuk memahami dan mengontrol (jika mungkin) sumber variasi dalam situasi apa pun.

Sejarah Awal dari Statistics

Agar kita dapat lebih memahami tentang apa itu arti statistics, maka kita juga harus mengetahui terkait sejarah awalnya.

Perlu untuk diketahui bahwa kata statistics (statistik) ini berasal dari kata latin “status” atau kata Italia “statista”, dimana arti dari kata tersebut adalah “negara politik” atau “pemerintah”.

Dahulu, statistik sering digunakan oleh para penguasa.

Adapun untuk penerapan dari statistics ini, mereka terbilang sangat terbatas, tetapi para penguasa dan raja membutuhkan informasi tentang tanah, pertanian, perdagangan, populasi negara mereka untuk menilai potensi militer mereka, kekayaan mereka, perpajakan dan aspek pemerintahan lainnya.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Onboard: Apa Itu On Board? Tujuan dan Fungsi, Contoh Teknologi, Perbedaan serta Letaknya pada Komputer!

Seorang ahli atau pakar bernama Gottfried Achenwall menggunakan kata statistik di sebuah universitas Jerman pada tahun 1749 yang berarti ilmu politik dari berbagai negara.

Pada tahun 1771, W. Hooper (orang Inggris) menggunakan kata statistik dalam terjemahannya dari Elements of Universal Erudition yang ditulis oleh Baron B.F Bieford.

Dalam bukunya, pengertian statistics menurut para ahli atau pakar tersebut didefinisikan sebagai ilmu yang mengajari kita tatanan politik dari semua negara modern di dunia yang dikenal.

Memang, ada kesenjangan besar antara statistik lama dan statistik modern, tetapi statistik lama juga digunakan sebagai bagian dari statistik masa kini.

Selama abad ke-18, para penulis Inggris menggunakan kata statistics dalam karya mereka, sehingga statistik berkembang secara bertahap selama beberapa abad terakhir.

Banyak pekerjaan yang dilakukan pada akhir abad kesembilan belas.

Pada awal abad ke-20, seorang pakar yang bernama William S Gosset mengembangkan metode pengambilan keputusan berdasarkan kumpulan data kecil.

Selama abad tersebut, beberapa ahli statistik aktif mengembangkan metode, teori, dan aplikasi statistik baru.

Saat ini terutama di tahun 2021, ketersediaan elektronik merupakan faktor utama dalam perkembangan statistik modern.

Tujuan Statistics serta Fungsinya

Dalam membahas tentang arti statistics, tentunya hal tersebut juga tidak terlepas dari apa tujuan serta fungsi dalam menggunakannya bukan?

Berdasarkan penjelasan yang sudah Kami terangkan di atas, dapat kita lihat bahwa statistics atau statistik adalah ilmu matematika yang terlibat dalam penerapan prinsip-prinsip kuantitatif untuk pengumpulan, analisis dan penyajian data numerik.

Praktik statistics menggunakan data dari beberapa populasi untuk mendeskripsikannya secara bermakna, menarik kesimpulan darinya dan membuat keputusan berdasarkan informasi (baca pengertian informasi disini).

Terkait tujuan utamanya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa statistics ini sering digunakan dalam berbagai disiplin ilmu seperti psikologi, bisnis, ilmu fisik dan sosial, humaniora, pemerintahan, dan manufaktur.

Data statistik dikumpulkan dengan menggunakan prosedur sampel atau metode lain.

Berkenaan dengan fungsinya, ada 2 (dua) jenis metode statistik digunakan dalam menganalisis data, yaitu statistik deskriptif dan inferensial.

Statistik deskriptif berfungsi untuk mensinopsi data dari sampel yang menggunakan mean atau deviasi standar.

Sedangkan statistik inferensial berfungsi dan dapat digunakan ketika data dipandang sebagai subclass dari populasi tertentu.

Dasar atau Fundamentals Statistics

Sebelum kita lebih mendalami tentang pengertian statistics, dalam postingan kali ini Kami juga akan menjelaskan apa saja dasar-dasar atau fundamentals dari statistika.

Ya! Istilah statistik dasar paling umum yang akan Anda temukan adalah mean, mode, dan median.

Ini semua yang dikenal sebagai Measures of Central Tendency yang artinya adalah ukuran tendensi sentral.

Hal penting dalam bab-bab awal statistik ini adalah bentuk distribusi.

Ini memberi tahu kita sesuatu tentang bagaimana data tersebar di sekitar mean atau median.

Well, mungkin distribusi paling umum yang akan Anda lihat adalah distribusi normal (terkadang disebut kurva lonceng), ketinggian, bobot, dan banyak hal lain yang ditemukan dan cenderung berbentuk seperti ini:

Gambar Dasar Dasar Dalam Statistik Atau Fundamentals Statistics
Gambar Dasar Dasar Dalam Statistik Atau Fundamentals Statistics

Di ujung skala lainnya, Anda juga bisa mendapatkan distribusi datar.

Dengan bentuk ini, kemungkinan terjadinya sesuatu adalah sama.

Sebagai contoh misalnya, distribusi seragam dapat mewakili pemilihan kartu tertentu dari dek standar.

Semua kartu memiliki peluang 1/52 untuk dipilih, atau seperti ketika melempar koin, di mana Anda memiliki peluang 50% (persen) untuk mendapatkan kepala atau ekornya.

Gambar Uniform Distribution Atau Distribusi Seragam
Gambar Uniform Distribution Atau Distribusi Seragam

Statistika dasar atau fundamentals statistics meletakkan dasar untuk studi lebih lanjut dalam bidang ini.

Ini mencakup banyak cara untuk mengklasifikasikan dan mengurutkan variabel dan data sehingga dapat dipelajari dengan alat yang akan Anda pelajari nanti.

Sebagai contoh misalnya seperti uji korelasi dan hipotesis.

Jenis-Jenis Statistics atau Statistik

Oke, sekarang kita telah mengetahui arti statistik adalah istilah yang umum dan luas, jadi wajar jika di bawah bidang ini terdapat sejumlah macam model yang berbeda.

Di bawah ini merupakan beberapa jenis-jenis statistics yang harus kalian ketahui.

a. Mean

Rata-rata atau mean adalah rata-rata matematis dari sekelompok 2 (dua) angka atau lebih.

Rata-rata untuk sekumpulan angka tertentu dapat dihitung dengan berbagai cara, termasuk rata-rata aritmatika yang menunjukkan seberapa baik kinerja komoditas tertentu dari waktu ke waktu.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Resolution: Apa itu Resolusi? Jenis dan Macam, Pengukuran serta Apa yang Terjadi ketika itu Ditingkatkan atau Diturunkan!

Cara lainnya yaitu dengan mean atau rata-rata geometrik, yang menunjukkan hasil kinerja portofolio investor yang diinvestasikan dalam komoditas yang sama, selama periode yang sama.

b. Analisis Regresi

Jenis dari statistics berikutnya yaitu analisis regresi, ini menentukan sejauh mana faktor-faktor tertentu seperti suku bunga, harga produk atau jasa.

Atau seperti industri serta sektor tertentu mempengaruhi fluktuasi harga suatu aset.

Benar! Hal ini digambarkan dalam bentuk garis lurus yang disebut regresi linier.

c. Kecondongan

Kecontongan atau skewness menggambarkan derajat suatu kumpulan data bervariasi dari distribusi standar dalam satu set data dari statistics.

Sebagian besar kumpulan data, termasuk pengembalian komoditas dan harga saham, memiliki kemiringan positif, kurva miring ke kiri rata-rata data, atau miring negatif, kurva miring ke kanan rata-rata data.

d. Kurtosis

Jenis statistics kurtosis ini mengukur apakah data bersifat light-tailed (kurang outlier-rawan) atau heavy-tailed (lebih outlier-rawan) daripada distribusi normal.

Kumpulan data dengan kurtosis tinggi memiliki ekor yang berat, pencilan yang menyiratkan risiko investasi yang lebih besar dalam bentuk pengembalian liar sesekali.

Kumpulan data dengan kurtosis rendah memiliki ekor yang ringan, atau kurangnya pencilan, dimana ini menyiratkan risiko investasi yang lebih rendah.

e. Varians atau Perbedaan

Jenis statistics yang berupa varians atau perbedaan adalah pengukuran rentang angka dalam suatu kumpulan data.

Varians mengukur jarak setiap angka dalam himpunan dari mean.

Dalam dunia bisnis, varians dapat membantu menentukan risiko yang mungkin diterima investor saat membeli investasi.

Ini sering digunakan untuk menentukan pengaruh variabel soliter terhadap variabel dependen serta untuk membandingkan kinerja saham yang berbeda dari waktu ke waktu.

Macam-Macam Statistics dan Masalahnya

Selanjutnya, dalam subbagian ini Kami juga akan menjelaskan sedikit terkait macam-macam statistics dan masalahnya.

Seperti yang kita ketahui, sebuah populasi dapat berupa komunitas, organisasi, lini produksi, counter layanan, atau fenomena seperti cuaca.

Ahli statistik menentukan model kuantitatif mana yang benar untuk suatu jenis masalah dan mereka memutuskan jenis serta macam data apa yang harus dikumpulkan dan diperiksa.

Statistik terapan berkaitan dengan penerapan metodologi umum untuk masalah tertentu.

Hal ini sering membutuhkan penggunaan teknik data analyrics atau analisis data berbasis komputer.

Adapun beberapa contoh masalah dalam statistics yakni seperti:

  • Interpretasi bukti yang menghubungkan faktor lingkungan dan penyakit.
  • Desain eksperimen untuk mengevaluasi efektivitas obat-obatan.
  • Melakukan data mining atau penambangan data untuk menemukan segmen sasaran dalam populasi.
  • Riset pasar untuk memperkirakan permintaan produk baru.
  • Jajak pendapat dalam politik.
  • Estimasi ukuran populasi hewan untuk membantu dalam menetapkan peraturan konservasi.
  • Studi keandalan untuk menentukan jaminan.
  • Meningkatkan kualitas layanan atau barang yang diproduksi.
  • Perkiraan cuaca.
  • Analisis kesalahan dalam eksperimen ilmiah.
  • Prediksi harga pasar saham.

Betul! Ahli statistik adalah kontributor utama untuk metodologi ilmiah.

Mereka dapat menggunakan pengetahuan kuantitatifnya untuk merancang skema pengumpulan data, mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan hasilnya.

Lebih lanjutnya lagi, ahli statistik sering membuat evaluasi kritis tentang keandalan data dan apakah kesimpulan yang diambil dapat dibuat dengan percaya diri.

Mereka juga membantu mengidentifikasi penyalahgunaan data yang menyesatkan yang mungkin menggambarkan akun situasi yang tidak akurat.

Kenapa itu Statistics itu Penting?

Ilustrasi Gambar Jenis Macam Statistics Serta Pengertian Dan Pentingnya Statistik Dalam Berbagai Bidang
Ilustrasi Gambar Jenis Macam Statistics Serta Pengertian Dan Pentingnya Statistik Dalam Berbagai Bidang

Jadi, apa yang membuat statistics itu merupakan hal yang penting, terutama ketika berbicara tentang statistika dalam dunia Information Technology atau IT?

Ya, Anda mungkin tidak menyadari bahwa statistics memainkan peran penting dalam pemrograman atau programming (baca pengertian programming disini).

Saat ini, sebagian besar pemrograman tingkat lanjut didasarkan pada statistika.

Seperti sebagian besar pengembang bahasa pemrograman Python yang mempelajari statistik untuk meningkatkan karir mereka dalam pemrograman bidang itu.

Dan tahukah Anda? Statistika atau statistics adalah dasar dari kecerdasan buatan atau yang lebih dekenal dengan Artificial Intelligence (AI) dan pembelajaran mesin (machine learning).

Well, Anda tidak bisa mendapatkan kendali yang baik atas teknologi ini tanpa bantuan statistik.

Selain itu, statistik juga membantu Anda meningkatkan logika pemrograman Anda.

Terlebih, apabila jika Anda melakukan latihan statistik harian, maka Anda akan meningkatkan logika pemrograman Anda.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Leading: Apa itu Leading (Font) dan Line-Height? Sejarah Kata, Tujuan, Cara Menyesuaikan dan Tips Menerapkannya dalam Typography!

Statistik paling banyak digunakan di beberapa bahasa pemrograman yang paling populer yaitu, Java, Python, Swift, C, dan C++.

Seperti yang kita ketahui bahwa statistik banyak digunakan dalam analisis data dan teknologi data science.

Tetapi ini semua juga merupakan dasar dari teknologi data besar atau big data (baca selengkapnya tentang definisi big data menurut ahli disini).

Data besar tidak ada artinya tanpa data, dan data tidak berguna tanpa statistik.

Jadi, pada dasarnya teknologi big data sangat bergantung pada statistik.

Kami pribadi sering menggunakan statistik pada tahap awal big data, khususnya pada penyortiran data mentah (Raw).

Kemudian Kami menggunakannya di tahap lain saat kami menggunakan bahasa pemrograman di big data.

Kami juga sering menggunakan bahasa Python dalam statistik untuk melakukan semua fungsi utama dari teknologi ini

Terlepas daripada itu semua, manfaat statistik lainnya, yaitu mereka juga memainkan perannya dalam industri kesehatan.

Ini membantu para ahli atau pakar seperti dokter untuk mengambil dan mengelola data pasien mereka.

Selain itu, WHO juga menggunakan statistik untuk menghasilkan laporan tahunan mereka tentang populasi kesehatan dunia.

Berdasarkan statistik, ilmuwan medis telah menemukan banyak vaksin dan anti tode untuk melawan penyakit utama.

Betul! Kami pribadi juga telah melihat bahwa dalam Pandemi COVID 19 ini, statistik memainkan peran penting dalam menganalisis seberapa besar dampaknya di seluruh dunia, wilayah mana yang memiliki jumlah kasus paling banyak dan banyak lagi yang lainnya.

Right! Semua ini dapat mungkin terjadi karena adanya statistics (statistik).

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sekarang sudah cukup jelas untuk penjelasan statistic fundamental.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang Pengertian Statistics, Apa itu Statistik? Sejarah, Tujuan, Dasar atau Fundamentals, Jenis dan Macam serta Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa statistik, statistika atau statistics adalah bentuk analisis matematika yang menggunakan model, representasi, dan sinopsis terkuantifikasi untuk sekumpulan data eksperimen atau studi real-life (kehidupan nyata).

Pada dasarnya, statistik mempelajari metodologi untuk mengumpulkan, meninjau, menganalisis, dan menarik kesimpulan dari data.

Beberapa jenis pengukuran statistik meliputi:

  • Mean
  • Analisis regresi
  • Kecondongan
  • Kurtosis
  • Perbedaan
  • Analisis varians

Statistik merupakan disiplin luas yang disatukan oleh tujuan bersama untuk mengekstraksi pengetahuan dari atau membuat keputusan berdasarkan data.

Disiplinnya termasuk statistik teoritis dan probabilitas, yang memberikan dasar matematika untuk banyak hal yang kita lakukan.

Seperti metodologi statistik juga abstraksi prosedur analisis data yang memungkinkan kita untuk menggeneralisasi beberapa alur kerja kita, statistik terapan dan analisis data, proses interaktif kompleks bertengkar, mengeksplorasi, memvisualisasikan dan menerapkan metode pada data, dan komputasi.

Serta juga pada pengembangan alat digital yang sangat diperlukan dan abstraksi terkait yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan kita secara efisien.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Statistics, Apa itu Statistik? Sejarah, Tujuan, Dasar atau Fundamentals, Jenis dan Macam serta Kenapa itu Penting.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan data secara umum.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar