Memahami Pengertian Typographic Hierarchy: Apa itu Hirarki Tipografi? Faktor, Contoh, Tips Cara Menerapkannya dan Kenapa itu Penting?

0
Gambar Pengertian Typographic Hierarchy Apa Itu Hirarki Tipografi Faktor Yang Membentuk Contoh Tips Menerapkannya Dan Kenapa Itu Penting
Gambar Pengertian Typographic Hierarchy Apa Itu Hirarki Tipografi Faktor Yang Membentuk Contoh Tips Menerapkannya Dan Kenapa Itu Penting

Tahukah Kalian, Pengertian Typographic Hierarchy, Apa itu Hirarki Tipografi? Faktor-Faktor, Contoh, Tips Cara Menerapkannya dan Kenapa itu Penting? Benar, perlu kalian ketahui bahwa salah satu teknik paling penting untuk mengkomunikasikan konten (atau “menghargai”) secara efektif adalah dengan menggunakan hierarki tipografi. Hirarki tipografi mewakili sistem yang mengatur tipe atau jenis huruf yang menetapkan urutan kepentingan dalam data, memungkinkan pembaca untuk dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dan menavigasi konten.

Seperti kutipan oleh seorang ahli atau pakar bernama Robert Bringhurst, “tipografi ada untuk menghormati konten” dimana hal ini akan membantu membimbing mata pembaca ke tempat bagian dimulai dan berakhir, sementara itu ini juga memungkinkan pengguna untuk mengisolasi informasi tertentu berdasarkan penggunaan gaya yang konsisten di seluruh teks. Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail tentang apa itu pengertian typographic hierarchy atau hirarki tipografi. Oke baiklah, langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Typographic Hierarchy

Berarti hirarki tipografi (dalam bahasa Indonesia) typographic hierarchy adalah sistem yang menggunakan tipografi seperti ukuran, font, dan layout atau tata letak berbagai teks untuk membuat divisi hierarkis yang dapat menunjukkan kepada pengguna tempat mencari jenis informasi tertentu berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Technopedia.

Hirarki tipografi adalah sistem pengorganisasian untuk menetapkan pesanan dalam satu set data dengan membuat berbagai ukuran, bentuk, dan blok teks.

Para developers atau pengembang dapat mengarahkan mata pengguna ke informasi yang paling dibutuhkan audiens (baca pengertian audience disini), atau mengelompokkan informasi tersebut secara visual untuk audiens.

Apa itu Hirarki Tipografi?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Hirarki Tipografi Dan Faktor Faktor Pembentuknya Dalam Penjelasan Pengertian Typographic Hierarchy
Ilustrasi Gambar Apa Itu Hirarki Tipografi Dan Faktor Faktor Pembentuknya Dalam Penjelasan Pengertian Typographic Hierarchy

Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan hirarki tipografi ini? Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, hirarki tipografi yang Kami bahas disini, biasanya lebih dikenal dengan istilah typographic hierarchy dalam istilah global.

Hirarki tipografi adalah bentuk lain dari hierarki visual, sebuah sub-hierarki per se dalam proyek desain keseluruhan.

Hirarki seni tulisan ini menyajikan huruf sehingga kata-kata yang paling penting ditampilkan dengan dampak paling besar sehingga pengguna dapat memindai teks untuk informasi kunci.

Tanpa adanya typography hierarchy, setiap huruf, setiap kata, dan setiap kalimat dalam desain akan terlihat sama.

Benar, dapatkah Anda bayangkan membaca sesuatu yang semuanya memiliki font (baca pengertian font disini) dan ukuran dan warna yang sama? Di mana Anda mulai? Bagaimana Anda tahu yang paling penting?

Hirarki tipografi menciptakan kontras antara elemen. Desainer mencapai ini melalui penggunaan tipografi, ukuran, berat, huruf kapital dan huruf kecil, cetak tebal atau miring, orientasi dan warna.

Kombinasi dari alat-alat desain tersebut digunakan untuk membuat tipe atau jenis huruf yang jatuh ke lapisan yang berbeda.

Faktor-Faktor yang Membentuk Typographic Hierarchy

Mengacu pada penjelasan pengertian dan arti typographic hierarchy di atas, hirarki tipografi menunjukkan kepada pembaca informasi yang menjadi fokus, seperti perbedaan mana yang paling penting dan mana yang hanya mendukung poin-poin utama.

Baca Juga :  Pengertian Warez: Apa Itu Warez? Sejarah dan Contoh Penggunaan Warez

Ada berbagai hal yang membentuk hierarki tipografi terutama di website, berikut ini adalah beberapa faktor-faktor pembentuk typography hierarchy yang harus kalian ketahui.

1. Type dan Font Style

Faktor pembentuk yang pertama adalah type dan font style atau gaya jenis huruf. Tipografi dan berat ukuran font memainkan peran penting dalam membangun hierarki tipografi, terutama untuk tajuk berita utama dan subjudul.

Secara umum, huruf tebal, dekoratif, atau typestyles yang lebih khas menuntut perhatian dan menunjukkan kepentingan, tetapi demikian juga jenis huruf ultra ringan dalam pengaturan yang tepat.

2. Font Size

Faktor berikutnya adalah font size atau ukuran huruf. Mata penonton biasanya ditarik ke tipe berukuran terbesar terlebih dahulu (yang biasanya, tetapi tidak selalu seperti judul), dan kemudian beralih ke elemen lain.

Meskipun tajuk paling umum muncul berada di bagian atas halaman, penempatan ini bukanlah menjadi sebuah keharusan.

Komposisi yang dirancang dengan baik akan memandu pembaca ke tajuk utama dan elemen penting lainnya di mana pun mereka berada.

3. Color

Faktor berikutnya adalah color atau warna. Penggunaan warna dapat menarik perhatian atau mengurangi elemen.

Sebagai contoh misalnya, jenis huruf warna merah pada halaman dengan sebagian besar teks hitam akan langsung menonjol, sementara membuat elemen abu-abu yang kurang penting di tengah-tengah teks hitam akan mengecilkannya.

Perlu diingat bahwa terlalu banyak warna yang digunakan dalam banyak contoh dapat membuat kebingungan visual, yang pada gilirannya merusak efektivitasnya.

4. Case

Penggunaan case atau huruf besar dalam dosis kecil dapat menjadi cara yang efektif untuk menarik perhatian dan menunjukkan kepentingan, terutama untuk judul atau subjudul.

Di sisi lain, pemberian huruf besar diketahui akan membuat keterbacaan berkurang, jadi menggunakan huruf besar dan kecil lebih disukai untuk pengaturan yang panjang, termasuk running text.

5. Position dan Space

kemudian yaitu position dan space atau posisi dan spasi. Penempatan semua elemen, serta ruang antara dan di sekitar mereka, adalah bagian dari keseluruhan hierarki.

Selalu jaga agar informasi yang paling penting tetap menonjol. Tempatkan semua elemen terkait secara bersamaan, sambil memisahkan yang lain secara visual untuk mengatur konten.

6. Alignment

Alignment atau penjajaran adalah bagaimana elemen-elemen disejajarkan dapat menyiratkan tingkat signifikansi relatifnya.

Centering, misalnya untuk menyampaikan rasa penting, dan sering digunakan untuk judul, berita utama, pengumuman, dan undangan.

Sebaliknya, menjalankan body copy (bagian utama teks) biasanya membutuhkan penekanan yang lebih sedikit daripada judul dan subjudul, dan biasanya dibiarkan rata, yang lebih mudah dibaca.

7. White Space

Penggunaan white space atau ruang putih, atau negatif, digunakan untuk menciptakan penekanan dan menarik perhatian pada elemen-elemen penting.

Tahan godaan untuk mengisi setiap bit ruang pada halaman, yang dapat menciptakan terlalu banyak “noise visual” yang dapat membingungkan.

Contoh Typographic Hierarchy (Hirarki Tipografi)

Gambar Contoh Typographic Hierarchy Atau Hirarki Tipografi Dan Tips Cara Menerapkannya Serta Kenapa Itu Penting | Tutplus
Gambar Contoh Typographic Hierarchy Atau Hirarki Tipografi Dan Tips Cara Menerapkannya Serta Kenapa Itu Penting | Tutplus

Dalam membahas mengenai apa itu pengertian typographic hierarchy atau hirarki tipografi, tentunya kita juga harus mengetahui seperti apa contohnya terutama dalam hal penerapannya.

Seperti yang kalian lihat, gambar di atas adalah contoh hirarki tipografi yang terdiri dari judul, keterangan dan isi paragraf.

Baca Juga :  Apa Itu Pengertian Industri 4.0: Menurut Para Ahli, Komponen dan Prinsipnya

Adapun contoh langsung typographic hierarchy (hierarki tipografi) dalam typography ini adalah seperti kita mengambil serangkaian informasi umum, seperti deskripsi produk, dan mengubahnya dari satu blok teks generik menjadi beberapa unit yang berbeda.

Misalkan ada ulasan atau deskripsi produk termasuk nama produk, harganya, deskripsi dan spesifikasinya, semua ditulis dalam satu blok teks sederhana.

Hal tersebut tentunya akan sangat sulit bagi audiens untuk membaca dan menerima setiap informasi yang berbeda, sebagian karena mereka tidak mengerti bagian apa yang memainkan setiap peran tertentu.

Dengan kata lain, ketika mereka mencari sesuatu yang spesifik, seperti harga, mereka harus menyisir seluruh blok teks.

Metode hierarki tipografi akan mengambil setiap elemen tertentu, dimulai dengan nama, harga, dan item lainnya, dan membaginya menjadi bagian-bagian yang berbeda dengan ukuran teks dan font yang berbeda.

Nama itu akan sering menjadi blok terbesar, mungkin diikuti oleh harganya, yang akan menampilkan font tersendiri di sepotong ruang putih untuk membedakannya dari sisa informasi.

Dan untuk spesifikasinya sendiri, mereka sering dimasukkan dalam poin-poin untuk membedakannya dari teks lain.

Tips Menerapkan Typographic Hierarchy yang Baik dalam Desain

Jika Anda yang sedang membaca postingan Kami disini, kebetulan sedang bertanya-tanya bagaimana tips menerapkannya yang baik terutama dalam desain, maka Anda berada di tempat yang tepat!

Kenapa? Tentu saja disini Kami juga akan membagikan bagaimana tips untuk menerapkannya yang baik dan benar.

Ya, saat Anda menjejalkan konten ke laman dengan banyak garis putus-putus, huruf tebal dan miring, Anda pasti sudah yakin bukan bahwa hasilnya akan terlihat buruk.

Halaman yang tampak cantik membutuhkan ketulusan dan rasa dalam membuatnya. Di bawah ini adalah beberapa tips penerapan typographic hierarchy atau hirarki tipografi yang harus kalian ketahui terutama dalam desain web.

  • Ketahui konten Anda; Untuk membuat hierarki tipografi yang berhasil, penting bagi Anda untuk memahami kedua elemen yang dibutuhkan pada halaman dan kepentingan relatifnya.
  • Pisahkan bagian dari paragraf; Hal ini menghasilkan desain halaman yang lebih harmonis dan pengalaman membaca yang lebih baik.
  • Coba dengan kombinasi jenis yang berbeda; Ukuran, warna, posisi, jenis huruf. Ini hanyalah beberapa atribut yang dapat Anda coba untuk membuat hierarki tipografi. Kombinasi yang tepat akan memberikan konten Anda tampilan yang sama sekali baru, buat judul bagian pop dan membantu membimbing mata pembaca Anda melalui halaman.
  • Gunakan huruf yang lebih besar untuk teks isi; Anda tidak akan dapat membaca artikel panjang dengan font 12px sampai akhir, terutama pada layar mobile (seluler) atau perangkat komputer lainnya yang dari tahun ke tahun semakin mengecil.
  • Tempatkan gambar di atas konten terkait; Arah membaca alami kita adalah kiri ke kanan, atas ke bawah. Otak kita merasakan dan memproses gambar lebih cepat daripada teks, yang berarti kita melihat gambar terlebih dahulu, lalu secara alami melanjutkan membaca apa pun yang kita temukan di bawahnya.
  • Berikan mock up pada teks untuk proyek yang kaya konten; Untuk sebagian besar proyek, Anda dapat bereksperimen dengan tipe saat bekerja dengan elemen lain di tata letak Anda. Kemungkinan Anda tidak akan membutuhkan lebih dari satu judul halaman, judul bagian, dan teks paragraf. Tetapi jika proyek Anda melibatkan hierarki tipografi yang lebih kompleks (seperti koran atau majalah online), maka hal yang terbaik adalah melakukan mockup terlebih dahulu.
Baca Juga :  Mengenal Pengertian SEO Specialist (Expert): Apa itu SEO Consultant? Jenis dan Macam Skill serta Caranya!

Kenapa Typographyc Hierarchy Penting?

Jadi, kenapa typographic hierarchy (hirarki tipografi) ini merupakan hal yang penting terutama dalam graphic design dan web design?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli atau pakar bernama Dr. Martin Hilbert dari University of Southern California, rata-rata orang saat ini menerima dosis informasi (baca pengertian informasi disini) harian yang setara dengan 174 surat kabar.

Tentu saja, itu adalah hal yang masuk akal! Situs atau website Kami saja memproses ribuan halaman informasi setiap harinya.

Selain itu, kita juga memproses ribuan informasi melalui membaca, mendengarkan, dan menonton terutama melalui internet.

Sebagai seorang desainer profesional, Anda tidak akan pernah mendapat kesempatan untuk memainkan peran yang lebih besar dalam hal ini daripada dengan mengatur informasi visual dengan cara yang paling mudah dicerna dan komprehensif.

Tingkat kekacauan yang terjadi dalam level keterbacaan berkaitan erat hirarki tipografi. Perlu kalian garis bawahi bahwa dari perspektif desain, tidak ada tugas dan hal yang lebih besar atau lebih penting dari itu.

Kesimpulan

Baiklah, Kami rasa sudah cukup penjelasannya untuk sekarang. Jadi dari pembahasan dan penjelasan Pengertian Typographic Hierarchy, Apa itu Hirarki Tipografi? Faktor-Faktor, Contoh, Tips Cara Menerapkannya dan Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa hirarki tipografi atau typographic hierarchy adalah segala hal yang mengacu pada penyajian konten dengan cara yang secara visual menyampaikan ke mana harus mencari, dan dalam urutan apa saja itu.

Penataan dan penempatan semua elemen, baik itu jenis huruf dan gambar harus dapat memandu pemirsa melalui konten sesuai dengan kepentingannya. Secara umum, hierarki tipografi adalah disiplin yang sangat berguna dalam desain website dan grafis terutama dalam hal agar mendapatkan hasil yang lebih spesifik, oleh karena itulah kita harus mengetahui apa maksud dari typographic hierarchy ini.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan yang membahas mengenai Pengertian Typographic Hierarchy, Apa itu Hirarki Tipografi? Faktor-Faktor, Contoh, Tips Cara Menerapkannya dan Kenapa itu Penting kali ini. Semoga apa yang Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta manambah wawasan Kita semua.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman, kerabat, kawan serta rekan kerja kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar