Memahami Pengertian Rich Media: Apa itu? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam, Manfaat, Cara Membuat serta Kenapa itu Penting!

0
Gambar Dari Pengertian Rich Media Apa Itu Iklan Atau Rich Media Ads Tujuan dan Fungsi Jenis Tipe Format Macam Fitur Manfaat Cara Membuat Dan Tipsnya Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Dari Pengertian Rich Media Apa Itu Iklan Atau Rich Media Ads Tujuan dan Fungsi Jenis Tipe Format Macam Fitur Manfaat Cara Membuat Dan Tipsnya Serta Kenapa Itu Penting

Tahukah Anda, Pengertian Rich Media, Apa itu Iklan atau Rich Media Ads? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam, Manfaat, Cara Membuat serta Kenapa itu Penting!

Memang, untuk jenis strategi pemasaran apa pun, elemen terpenting dari sebuah kesuksesan yaitu adalah menarik audiens target Anda.

Mari kita terima kenyataan bahwa saat ini pembeli menjadi semakin canggih dan mereka melakukan perbandigan dan membaca informasi secara online seperti yang juga di jelaskan dalam laporan yang dirilis oleh salah satu e-commerce terbesar yang menunjukkan bahwa 88% (persen) konsumen melakukan penelitian sebelum membeli.

Dalam skenario seperti itu, profesional marketer perlu mencari cara yang lebih baru dan inovatif untuk memikat pelanggan mereka agar mencoba produk dan layanan mereka.

Untuk perusahaan yang terus mencari opsi cerdas untuk menjangkau pembeli potensial mereka, rich atau media yang kaya adalah solusi ideal untuk kebutuhan pemasaran mereka.

Tren dan contoh terbaru dari merek terkemuka menunjukkan bahwa perusahaan beralih ke periklanan menggunakan iklan multimedia.

Oke baiklah, terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian rich media.

Berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Rich Media

Berarti media kaya (dalam bahasa Indonesia), rich media adalah segala bentuk periklanan digital yang mencakup beberapa elemen interaktif seperti video, audio, atau lainnya yang dirancang khusus untuk mendorong interaksi pengguna.

Multimedia atau rich media memungkinkan advertiser (pengiklan) dan marketer (pemasar) membuat iklan canggih yang dapat memicu respons pengguna dengan mudah dimana hal ini juga sesuai berdasarkan simpulan Kami yang merujuk dan bersumber dari Situs Google.

Dengan penggunaan teknologi HTML5 (baca pengertian HTML5 disini), iklan rich media dapat menggabungkan beberapa lapisan konten yang berbeda dalam 1 (satu) penempatan.

Karena media kaya menggunakan beberapa elemen interaktif untuk iklan seperti audio, video, dan bahkan video langsung-ini menawarkan kemungkinan tak terbatas bagi pengiklan.

Apa itu Iklan atau Rich Media Ads?

Gambar Apa Itu Iklan Atau Rich Media Ads Tujuan Fungsi Jenis Dan Macam Fiturnya Serta Manfaatnya
Gambar Apa Itu Iklan Atau Rich Media Ads Tujuan Fungsi Jenis Dan Macam Fiturnya Serta Manfaatnya

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan iklan atau rich media ads ini?

Benar! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, DoubleClick Studio Google mendefinisikan ini sebagai sebuah akronim, jargon atau istilah periklanan digital untuk iklan yang mencakup fitur-fitur canggih seperti video, audio, atau elemen lain yang mendorong audiens (pemirsa) untuk berinteraksi dan terlibat dengan konten.

Iklan atau rich media ads, seperti namanya, pengertian atau artinya adalah penggabungan dari media kaya yaitu seperti teks, gambar, audio, video, animasi, atau lainnya.

Iklan ini bergaya dinamis dan dapat dibentuk sesuai dengan gerakan di layar atau device (perangkat) pengguna.

Dalam bahasa awam, Anda dapat menganggap iklan multimedia atau rich media sebagai solusi satu ukuran untuk semua atau satu iklan untuk semua.

Ya! Iklan multimedia seperti visualisasi yang dihidupkan!

Coba bayangkan spanduk yang memiliki latar belakang statis dan latar depan dinamis yang berperilaku sesuai dengan gerakan di layar Anda.

Kedengarannya menarik? Yup! Kami pikir demikian.

Tujuan dan Fungsi Menggunakan Rich Media

Agar lebih memahami terkait apa itu arti dan pengertian dari rich media, maka adalah merupakan hal yang penting juga bagi kita untuk mengetahui apa tujuan dan fungsi mereka.

Secara sederhana, adapun tujuan utamanya yaitu adalah untuk membuat iklan lebih interaktif dan memberikan pengalaman pengguna atau user experience (UX) yang lebih baik.

Multimedia atau rich media ini terbilang sangat bagus untuk menarik pelanggan.

Sebagai contoh misalnya, saat pelanggan berinteraksi dengan iklan spanduk, mereka kemungkinan besar akan mengingat mereknya.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Mood Board (Papan Mood): Tujuan, Fungsi, Jenis, Alasan Penggunaan dan Cara Membuatnya yang Baik serta Contohnya!

Di dunia di mana pelanggan dibanjiri dengan semua jenis iklan, rich media ads dapat benar-benar menonjol dari yang lain dan menarik perhatian pelanggan.

Selain itu, mereka memungkinkan merek dan pemasar menggunakan lebih banyak ruang untuk iklan.

Berbeda dengan zaman dahulu, di dunia internet, hanya terdapat ruang terbatas untuk menampilkan iklan.

Iklan statis diperbolehkan hanya untuk satu kerangka informasi dan iklan tersebut dapat dibuat lebih kecil untuk menyesuaikan dengan layar yang lebih kecil.

Media kaya, bagaimanapun, memungkinkan merek beriklan dalam skala yang lebih besar, apa pun perangkat yang digunakan.

Menggulir konten, audio yang disematkan, dan memperluas iklan jauh lebih efektif daripada iklan statis.

Pemasar juga dapat memilih untuk menggabungkan 2 (dua) atau lebih jenis media dan fungsi untuk menciptakan pengalaman yang lebih kompleks.

Terkait fungsinya sendiri, adapun sebuah format yang bisa disebut sebagai rich media, yaitu jika memenuhi setidaknya salah satu dari fungsi berikut ini:

  • Pengguna dapat berinteraksi dengan elemen dengan cara yang melampaui dari klik biasa.
  • Memiliki tampilan dinamis.
  • Tampilan termasuk suara atau video.

Jenis-Jenis Tipe Rich Media

Dalam membahas mengenai apa itu arti dari rich media, pastinya hal tersebut tidak terlepas dari apa saja jenis-jenis dan tipe mereka.

Perlu untuk dipahami bahwa iklan multimedia (rich media) memberi pengiklan banyak kebebasan berkreasi.

Ragam format iklan rich media tersedia dan dapat memberi Anda ruang untuk bereksperimen dan mencoba ide-ide baru dengan iklan Anda.

Berikut ini merupakan jenis-jenis tipe dan format iklan rich media pada umumnya beserta definisinya yang harus kalian ketahui.

a. Interstitial

Jenis dan tipe rich media yang pertama yaitu adalah pengantara atau interstitial.

Jenis ini adalah format rich media yang multifaset, yaitu adalah penempatan iklan layar penuh yang mendukung video dan HTML5.

Ini diizinkan untuk menyetel dan menyesuaikan ukuran khusus untuk pengantaranya.

b. Banner

Jenis dan tipe format berikutnya yaitu spanduk atau banner.

Ya! Ini adalah format iklan yang paling banyak dikenal dan digunakan.

Mereka ditempatkan di paro atas pada halaman web dan sangat mungkin dilihat oleh pengguna.

c. Expandable

Selanjutnya yaitu tipe iklan yang dapat diperluas atau expandable.

Pengguna dapat memicu iklan yang dapat diperluas untuk memperluas ukurannya pada tipe format ini.

Ini bisa dilakukan melalui mengklik dengan mouse atau mengetuk pada perangkat seluler (mobile) atau tablet.

Mereka kemudian akan dihilangkan setelah iklan dimainkan.

d. Pushdown

Tipe format berikutnya adalah bentang bawah atau pushdown.

Iklan multimedia atau rich media bentang bawah atau pushdown ini mirip dengan iklan yang dapat diperluas.

Mereka tidak membesar dalam ukurannya, melainkan menekan konten pada halaman yang sedang dilihat pengguna.

e. Slider

Jenis tipe terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu format penggeser atau slider.

Iklan rich media penggeser sering kali menggunakan materi iklan yang didasarkan pada .swfs, .img, dan kode pihak ke-3 (tiga).

Mereka ditampilkan di bagian bawah layar pengguna dan akan menempel ke halaman saat pengguna menggulirnya.

Macam-Macam Fitur Rich Media

Setelah kita mengetahui arti dan pengertian rich media serta tujuan, fungsi dan jenisnya di atas, selanjutnya dalam postingan ini, Kami akan menjelaskan tentang apa saja macam-macam fitur yang terdapat di dalamnya.

Oke, sebelumnya, perlu Kami ingatkan sekali lagi bahwa format iklan multimedia atau rich media ini memungkinkan penceritaan merek yang efektif di berbagai saluran.

Benar! Mereka menjadi menonjol dari bentuk periklanan lain karena fitur mereka yang berbeda.

Oke, adapun beberapa macam fitur terutama yang membuat rich media menjadi lebih menojol adalah sebagai berikut.

  • Berfokus pada elemen audio atau visual dinamis tidak seperti iklan bergambar standar, yang semuanya tentang gambar statis.
  • Bersifat interaktif dan memerlukan beberapa tindakan pengguna agar audio atau video dapat diputar.
  • Iklan rich media bahkan dapat menyertakan elemen game (permainan) dimana itulah yang menjadikannya format yang bagus untuk digunakan sebagai pengganti iklan video dalam aplikasi.
  • Kompatibel dengan Java, Javascript, dan HTML5, sehingga dapat digunakan di situs web dan aplikasi apa pun, sama seperti format iklan lainnya.
  • Iklan rich media yang kaya tidak selalu mengirimkan memberikan dampak langsung pada kampanye iklan kalian, sebaliknya, klik dapat menghasilkan perluasan atau suara untuk iklan.
  • Iklan kaya mediadapat diukur dengan berbagai metrik dan mengumpulkan lebih banyak data (baca pengertian data disini) berharga karena lebih banyak interaksi yang tersedia.
Baca Juga :  Harga Diri Rendah: Pengertian, Apa itu Harga Diri dan Bagaimana Cara Meningkatkannya agar Lebih Mempercayai Diri Sendiri?

Manfaat Menggunakan Rich Media

Lalu, dalam subbagian ini, Kami juga akan menjelaskan terkait apa saja manfaat yang akan kalian dapatkan ketika menggunakan rich media.

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, iklan rich media dapat secara signifikan memperkuat kampanye iklan langsung dan terprogram.

Ada banyak alasan mengapa Anda harus mulai menggunakannya!

Bagi para advertiser (pengiklan), berikut ini adalah beberapa manfaat rich media yang akan mereka dapatkan:

  1. Click Through Rate (CTR) yang tinggi; Iklan media yang kaya telah terbukti memberikan CTR (baca pengertian CTR disini) yang tinggi. Berdasarkan survey yang Kami lakukan, mereka dapat mengungguli iklan spanduk standar seperti banner hingga 230% (persen).
  2. Format interaktif Mmenambahkan nilai pengalaman pengguna; Alasan unit rich media memiliki Return Of Investment (ROI) yang begitu baik adalah karena unit tersebut memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, membuat pengguna lebih memperhatikannya. Pengguna tidak dipaksa untuk meninggalkan situs mereka atau mengganggu penjelajahan mereka.
  3. Bagus dalam mendorong niat membeli; Cukup hanya dengan menggunakan format seperti .swf sederhana, maka niat end user untuk membeli pun akan meningkat.
  4. Mendatangkan lebih banyak data; Teknologi (baca pengertian teknologi disini) rich media memungkinkan lebih banyak metrik dan insight (wawasan). Pada gilirannya, pengiklan dapat mengukur dan menyesuaikan kampanye dengan pengetahuan yang lebih baik tentang apa yang berhasil (atau tidak) pada kampanye mereka untuk mendapatkan hasil jangka panjang yang lebih baik.
  5. Membangun brand awareness yang lebih cepat; Iklan kaya media membantu merek membangun pijakan yang lebih besar dan membangun kesadaran terutama like atau kesukaan pengguna yang melihatnya.

Memang, para advertiser atau pengiklan tidak hanya meraup keuntungan iklan rich media, tetapi Kami pribadi yang merupakan publisher (penerbit) juga menikmatinya.

Banyak aspek iklan rich media yang bermanfaat bagi pengiklan yang juga bermanfaat bagi penerbit, berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Tidak mengganggu pengalaman browsing atau menjelajah pengguna; Tidak seperti iklan statis yang mengarahkan pengunjung situs web penerbit ke halaman arahan pengiklan, iklan rich media tidak mengganggu pengalaman browsing pengguna. Pengguna tidak dipaksa untuk meninggalkan situs penerbit, jadi niat awal mereka akan tetap dipertahankan.
  2. Lebih terukur; Interaktivitas iklan multimedia memungkinkan penayang melacak lebih banyak metrik. Ini memberi Anda lebih banyak data untuk dikembalikan kepada pengiklan untuk menunjukkan kepada mereka nilai iklan di situs Anda.
  3. Biaya menggunakan jenis format rich media lebih besar; Cost Per Mille (CPM) atau biaya per 1000 (seribu) tayangan biasanya lebih tinggi pada iklan multimedia daripada pada iklan banner ads (iklan spanduk). Ya! Ini memberi para publisher kesempatan untuk meningkatkan pendapatan iklan mereka.

Cara Membuat Iklan atau Rich Media Ads

Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Membuat Iklan Kaya Media Atau Rich Media Ads Dan Tipsnya Serta Kenapa Itu Penting
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Membuat Iklan Kaya Media Atau Rich Media Ads Dan Tipsnya Serta Kenapa Itu Penting

Lalu, bagaimana cara membuat iklan atau rich media ads ini?

Seperti yang sudah kita ketahui, teknologi HTML5 memberi penayang, penerbit atau publisher platform untuk membuat iklan rich media.

Dan kerennya lagi, ada banyak alat di luar sana yang tersedia memungkinkan user (pengguna) untuk menambahkan elemen yang menarik ke dalamnya.

Tools atau alat seperti Google Web Designer, Bannersnack, Bannerflow, AdCanvas, MadYourself memungkinkan Anda mengembangkan beberapa iklan rich media yang tampak bagus.

Sebagian besar tools ini menawarkan penggunaan gratis sampai batas tertentu.

Dan beberapa bahkan mungkin membantu Anda dengan template (baca pengertian template disini) yang sudah jadi.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Spam: Sejarah, Tujuan, Jenis, Istilah, Contoh, Dampak dan Cara Mengidentifikasinya!

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki bakat desain, platform seperti Adobe (Animate CC4, Flash Builder) dapat kalian manfaatkan untuk membantu Anda membuatnya.

Untuk cara membuatnya sendiri, kalian dapat mengikuti tips langkah dan caranya di bawah ini:

  1. Mulailah dengan memilih pembuat iklan atau HTML5 ads maker untuk mulai membuat iklan rich media.
  2. Siapkanlah media khusus untuk iklan rich media Anda yaitu elemen seperti gambar, bingkai, grafik, dan lain sebagainya.
  3. Simpan file dalam format seperti seperti .gif, .swf atau video dan kontrol ukuran filenya.
  4. Tambahkan media yang diperlukan untuk pembuat iklan Anda.
  5. Ikuti antarmuka pengguna platform yang mengarahkan Anda untuk membuat iklan.

Kenapa Rich Media Penting?

Kemudian, mengapa rich media ini merupakan hal yang penting?

Perlu untuk diketahui, selama bertahun-tahun, marketer atau pemasar telah mempelajari bahwa dalam hal meningkatkan kesadaran merek, iklan interaktif bekerja paling baik.

Selain itu, ini membantu dalam memungkinkan pengambilan data instan, niat membeli, dan asosiasi untuk pesan.

Dengan memberikan pengalaman yang lebih menarik dan interaktif, pemasar dapat secara efektif menarik perhatian pengguna.

Iklan banner atau spanduk sering kali memiliki ruang terbatas untuk menampilkan pesan Anda.

Adapun masalah utama dengan iklan statis adalah iklan tersebut hanya diizinkan untuk satu bingkai, yang akan menjadi lebih kecil bila dilihat melalui tablet atau layar mobile (seluler).

Iklan rich media, di sisi lain, memungkinkan pemasar beriklan dalam skala yang lebih besar apa pun perangkat yang digunakan.

Sebagai contoh misalnya, dengan fitur tracking (pelacakan), Anda dapat mengetahui berapa banyak orang yang menonton iklan video Anda dan sampai dengan durasi berapa mereka dilihat.

Kesimpulan

Baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang.

Jadi berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian Rich Media, Apa itu Iklan atau Rich Media Ads? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam, Manfaat, Cara Membuat serta Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa iklan multimedia, kaya media atau rich media ini merupakan jenis media baru dan lebih mengacu pada format iklan yang menawarkan pengalaman yang lebih baik dibandingkan dengan format mainstream yang lebih lama.

Format grafik standar seperti .jpeg dan .png bahkan .gif sekarang di tahun 2020 ini tidak akan dianggap sebagai rich media.

Beberapa format populer yang umumnya dianggap kaya media termasuk Macromedia Flash dan Shockwave, bersama dengan berbagai format audio dan video.

Penayang zaman baru berfokus pada pengalaman pengguna seperti halnya mereka peduli dengan revenue (pendapatan).

Ya! Saat itulah iklan rich media mulai berperan.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam postingan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Rich Media, Apa itu Iklan atau Rich Media Ads? Tujuan dan Fungsi, Jenis, Macam, Manfaat, Cara Membuat serta Kenapa itu Penting.

Semoga apa yang sudah Kami coba untuk terangkan dan jelaskan disini dapat bermanfaat serta juga bisa menambah wawasan kalian semua dalam memahami dan mempelajari dunia teknologi dan bisnis dalam bidang digital marketing.

Silahkan like, share kepada teman, kerabat serta rekan bisni kalian semua dan jangan lupa juga untuk subscribe Blog Kami dengan e-mail serta YouTube Kami. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar