Inilah Pengertian Affiliate Marketing: Apa itu Pemasaran Afiliasi? Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan serta Contohnya!

0
Gambar Pengertian Affiliate Marketing Apa Itu Pemasaran Afiliasi Cara Kerja Jenis Kelebihan Dan Kekurangan Serta Contohnya Bagaimana Cara Menjadi Seorang Affiliate Dan Menghasilkan Uang
Gambar Pengertian Affiliate Marketing Apa Itu Pemasaran Afiliasi Cara Kerja Jenis Kelebihan Dan Kekurangan Serta Contohnya Bagaimana Cara Menjadi Seorang Affiliate Dan Menghasilkan Uang

Tahukan Anda, Penjelasan Pengertian Affiliate Marketing, Apa itu Pemasaran Afiliasi? Cara kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan dan Contohnya? Hmmm? Memang benar, menjadi bagian dari sebuah jaringan afiliasi adalah strategi yang sangat baik, terutama bagi blogger yang mencari penghasilan atau bahkan hanya untuk mulai menghasilkan uang dari blog (baca pengertian blog disini) mereka. Ada beberapa pilihan ketika datang ke pemasaran afiliasi serta strategi untuk membuatnya bekerja dengan baik untuk Anda.

Zaman sekarang ini, terutama di tahun 2020 sekarang ini, setiap orang memiliki koneksi internet dan rata-rata dari mereka meiliki pengetahuan untuk dapat menghasilkan uang dengan membantu sebuah brand atau merek tumbuh dan menjual produk mereka secara online dengan berpartisipasi dalam pemasaran afiliasi. Ya! Itulah salah satu manfaat utama mereka. Terkair hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lenlebih detail dan detail tentang apa itu pengertian affiliate marketing atau pemasaran afiliasi ini. Mari kita simak ulasannya berikut ini!

Pengertian Affiliate Marketing

Berarti pemasaran afiliasi atau affiliate marketing adalah salah satu bentuk pemasaran digital tertua di mana Anda merujuk seseorang ke produk online mana pun dan ketika orang itu membeli produk berdasarkan rekomendasi Anda, Anda menerima komisi dari penjualan tersebut berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Shoutmeloud.

Apa itu Pemasaran Afiliasi?

Jadi, apa itu sebenarnya pemasaran afiliasi? Mengacu pada pengertian affiliate marketing di atas, ini adalah taktik penjualan online yang memungkinkan pemilik produk meningkatkan penjualan dengan memungkinkan orang lain menargetkan audiens mereka.

Kata “afiliasi” disini bertujuan untuk mendapatkan komisi dengan merekomendasikan sebuah produk kepada orang lain. Pada saat yang sama, afiliasi memungkinkan kita untuk mendapatkan uang dari penjualan produk tanpa membuat produk sendiri.

Biaya untuk pelanggan yang membeli produk atau layanan melalui sebuah afiliasi adalah sama dengan membeli langsung dari pemilik produk. Sementara pemilik produk menghasilkan lebih sedikit uang per penjualan karena mereka harus membayar persentase dari penjualan kepada affiliate (yang menjualkan produk mereka), mereka juga menjangkau pelanggan potensial yang mungkin tidak akan mereka jangkau sendiri.

Dengan melakukan afiliasi, kida dapat memperoleh komisi atas pembelian satu kali atau berulang melalui penjualan berlangganan atau program membership (keanggotaan).

Cara kerja Affiliate Marketing (Pemasaran Afiliasi)

Ilustrasi Gambar Cara Kerja Pemasaran Afiliasi Dalam Pembahasan Pengertian Affiliate Marketing
Ilustrasi Gambar Cara Kerja Pemasaran Afiliasi Dalam Pembahasan Pengertian Affiliate Marketing

Seperti yang sudah Kami bahas pada penjelasan tentang apa itu pengertian affiliate marketing (pemasaran afiliasi) di atas, terkait cara kerjanya, adapun setelah diterima dalam program affiliate marketing atau program pemasaran afiliasi, marketer atau pemasar akan mendapatkan URL (baca selengkapnya tentang pengertian URL disini) atau link (tautan) unik yang menyertakan ID afiliasi mereka.

Mereka membagikan URL unik itu dengan pelanggan, pengunjung situs, dan jejaring sosial mereka melalui link, teks atau iklan. Ketika seseorang mengkliknya, software (perangkat lunak) afiliasi merekam klik tersebut dan setiap penjualan produk yang dihasilkan di akun afiliasi. Ketika komisi mencapai ambang yang ditentukan sebelumnya, maka afiliasi akan dibayar.

Agar lebih memahaminya, berikut ini adalah cara kerja affiliate marketing atau pemasaran afiliasi dalam 4 langkah sederhana:

  • Anda masuk, dan bergabung dengan sebuah layanan program affliate atau afiliasi.
  • Kemudian, Anda memilih produk yang mereka sediakan untuk dipromosikan (anda akan mendapatkan link atau tautan afiliasi unik).
  • Anda membagikan link (tautan) tersebut melalui media sosial, blog, video YouTube, iklan Facebook atau bentuk lainnya.
  • Ketika seseorang melakukan pembelian melalui link tersebut, Anda mendapatkan komisi afiliasi yang sesuai.
Baca Juga :  Memahami Pengertian CTR (Click Trough Rate): Apa itu? Fungsi, Cara Meningkatkan, Tips Mengoptimalkan serta Perbedaannya dengan Conversion Rate!

Jenis Affiliate Marketing

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Affiliate Marketing Atau Pemasaran Afiliasi Dalam Membahas Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Affiliate Marketing Atau Pemasaran Afiliasi Dalam Membahas Pengertiannya

Membahas mengenai pemasaran afiliasi atau affiliate marketing, adalah merupakan hal yang penting bagi kita untuk mengetahui apa saja jenis-jenis mereka.

Ada 3 jenis utama pemasaran afiliasi atau affiliate marketing yang harus kalian ketahui, mereka termasuk:

  1. Unattached affiliate marketing
  2. Related affiliate marketing
  3. Involved affiliate marketingi

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing jenis pemasaran afiliasi di atas.

1. Unattached Affiliate Marketing

Jenis yang pertama adalah affiliate marketing yang tidak terikat, unattached affiliate marketing adalah kampanye pemasaran afiliasi bayar per-klik dasar Anda di mana Anda tidak memiliki keberadaan dan tidak memiliki otoritas di dalam niche atau ceruk produk yang Anda promosikan.

Tidak ada hubungan antara Anda dan konsumen akhir, dan semua yang Anda lakukan adalah meletakkan link (tautan afiliasi) di depan seseorang melalui Google Adwords, iklan Facebook, dan lain sebagainya. Dengan harapan mereka akan mengklik tautan Anda, membeli produk, dan mendapatkan komisi.

Alasan mengapa jenis pemasaran afiliasi atau affiliate marketing ini menjadi sangat menarik bagi banyak orang adalah karena tidak ada kehadiran atau otoritas yang diperlukan! Hanya membutuhkan waktu untuk membangun reputasi dan kepercayaan dengan kelompok orang tertentu secara online.

2. Related Affiliate Marketing

Bentuk lain dari pemasaran afiliasi adalah apa yang disebut pemasaran afiliasi terkait atau related affiliate marketing.

Di sinilah Anda diharuskan untuk memiliki semacam kehadiran online, apakah itu melalui blog, podcast, video, atau di media sosial dan Anda memiliki link atau tautan afiliasi ke produk yang terkait dengan niche Anda, tetapi hal itu untuk produk yang sebenarnya tidak Anda miliki (bukan produk Anda).

3. Involved Affiliate Marketing

Jenis yang terakhir adalah pemasaran afiliasi yang dilibatkan, involved affiliate marketing adalah tempat Anda menggunakan produk atau layanan, Anda benar-benar meyakininya, dan secara pribadi merekomendasikannya kepada audiens Anda.

Bukan dalam iklan spanduk atau di suatu tempat yang mengatakan “sumber yang direkomendasikan”, melainkan dalam konten Anda sendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Affiliate Marketing

Membahas mengenai pengertian pemasaran afiliasi atau yang sering kita kenal dengan affliliate marketing, seperti kebanyakan peluang menghasilkan uang lainnya secara online, pemasaran afiliasi memiliki pro dan kontra.

Disini Kami juga berfokus untuk membahas kelebihan dan kekurangan ketika terlibat dalam dunia pemasaran afiliasi. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian dalam menggunakan affiliate marketing (pemasaran afiliasi).

A. Kelebihan Affiliate Marketing

Berikut ini adalah apa saja hal-hal terkait yang menjadi kelebihan mereka:

  • Pedagang online akan membayar Anda untuk hasil yang menghasilkan (per penjualan, bayar per klik, per lead atau arahan).
  • Afiliasi, di sisi lain hanya membutuhkan ruang iklan untuk mempromosikan produk pedagang, dan dengan demikian Anda hanya perlu menunggu hasilnya dan mendapatkan uang tunai.
  • Affiliate marketer atau pengiklan dapat mempromosikan produk ke khalayak luas, memberi mereka lebih banyak eksposur dan pengakuan terhadap brand atau merek.
  • Pemasar dapat berkolaborasi dengan affiliate network atau jaringan afiliasi dan cukup dengan hanya mengurus tahap eksekusi, pedagang tidak perlu repot-repot dalam prosedur.
  • Konsumen yang berasal dari situs afiliasi dapat memberikan informasi penting mengenai tren dan tuntutan terkini.

B. Kekurangan affiliate marketing

Berikut ini adalah apa saja hal-hal yang menjadi kekurangan dan kerugian mereka:

  • Iklan palsu yang ada di situs web afiliasi dapat menghancurkan reputasi pedagang. Semakin banyak afiliasi sekarang ini terlibat dalam skema semacam ini.
  • Pedagang online dapat menderita dari biaya komisi yang mereka berikan. Pengaturan dan pemeliharaan juga dapat berarti lebih banyak uang keluar bagi pedagang karena memiliki terlalu banyak afiliasi.
  • Risiko afiliasi tidak dibayar. Pedagang yang mengalami bankruptcy atau kebangkrutan dapat dengan mudah meninggalkan dan menutup program tanpa membayar afiliasi.
  • Beberapa afiliasi tertipu ke dalam program di mana mereka bisa mendapatkan komisi tinggi dan kemudian mendapatkan kurang dari apa yang sebenarnya dijanjikan oleh pedagang. Perlu kalian ketahui, beberapa program afiliasi mengharuskan afiliasi untuk keanggotaan yang berbayar.
  • Ada juga beberapa orang tidak bermoral yang membajak url atau link (tautan afiliasi), mencuri komisi mereka dalam proses tersebut.
  • Dengan potensi hasil yang tinggi, affiliate marketing (pemasaran afiliasi) juga menjadi target bagi scammers dan individu yang licik yang ingin mendapatkan hasil dari kerja keras orang lain.
Baca Juga :  Memahami Pengertian Embedding (Penyematan): Manfaat, Cara Melakukan dan Perbedaannya dengan Uploading!

Contoh Website yang Menggunakan Affiliate Marketing (Pemasaran Afiliasi)

Sekarang kita sudah mengenal apa itu pengertian affliliate marketing, bagaimana cara kerjanya dan apa saja jenis-jenis dari pemasaran afiliasi di atas.

Terkadang merupakan ide bagus untuk benar-benar melihat beberapa kisah sukses dalam pemasar pemasaran afiliasi untuk benar-benar memahami konsep “affiliate marketing”.

Di bawah ini Kami telah merangkum dan memasukkan beberapa contoh nyata dari situs web yang menghasilkan ribuan dolar per bulan/hari, dengan pemasaran afiliasi.

1. Huffingtonpost.com

Yang pertama adalah Huffingtonpost, banyak blogger juga telah menerbitkan lebih banyak koleksi tradisional dari tulisan mereka, yang memungkinkan beberapa peluang pemasaran afiliasi dalam setiap potongan online mereka.

Secara khusus, link (tautan) afiliasi ke pedagang atau pengecer online dapat dimasukkan sebagai bagian dari artikel penulis atau postingan blog.

2. Toptenselect.com

Situs review atau ulasan produk populer Toptenselect ini mengulas berbagai jenis produk amazon dan mengkompilasinya ke dalam tabel perbandingan dan 10 daftar teratas.

Situs ini tampaknya didanai langsung oleh program pemasaran afiliasi, yaitu adalah amazon associates, dan hanya mencari traffic (pengunjung lalu lintas) dari satu saluran pemasaran Google.

Konten di situs ini terbilang komprehensif dan memberi pengguna nasihat bagus tentang produk apa yang sepadan dengan uang mereka.

3. Dodoburd.com

Situs review dan ulasan hadiah gokil yang sangat populer lainnya, Dodoburd tidak hanya mendapatkan traffic organik dari Google tetapi mereka juga memiliki cakupan dari Pinterest yang kuat.

Semua postingan mereka dioptimalkan untuk digunakan di pinterest dan kontennya pun juga komprehensif serta ditulis dengan baik. Sebuah contoh yang bagus dari content marketing atau pemasaran konten yaitu mendorong pertumbuhan pendapatan afiliasi yang sangat besar.

Cara Menjadi Seorang Affliate (Pemasar Afiliasi)?

Lalu, bagaimana cara menjadi seorang affiliate marketer? Jika Anda tertarik, pemasar dapat menjadi afiliasi dengan beberapa cara yang antara lain sebagai berikut:

  • Mendaftar untuk menjadi afiliasi di situs ritel atau e-commerce. Sebagai contoh misalnya seperti Shopify yang memiliki program afiliasi yang memungkinkan pemasar mendapatkan komisi pada pelanggan Shopify baru atau situs Ratakan (untuk penduduk asli Indonesia).
  • Survei pelanggan yang ada untuk mempelajari produk atau layanan favorit mereka dan kemudian menghubungi perusahaan-perusahaan tersebut untuk menanyakan tentang program afiliasi. Misalnya, konsultan business marketing bisnis kecil dapat menjadi afiliasi dari manajemen daftar e-mail dan layanan distribusi.
  • Mencari secara online untuk produk yang relevan dengan situs pemasar yang akan menarik audiens (baca pengertian audiens disini) target. Sebagian besar perusahaan yang menawarkan program afiliasi menunjukkan bahwa dengan tautan “afiliasi” atau “mitra” di bagian bawah halaman beranda website mereka.
  • Mencari produk afiliasi potensial di program afiliasi yang meliputi commission junction, clickbank, dan shareasale.
  • Memasarkan link (tautan) afiliasi Anda yang dilengkapi dengan ID unik.
  • Jika Anda berhasil melakukan penjualan melalui link tersebut, maka saldo yang Anda miliki pada jaringan atau layanan yang menyediakan fitur affiliate marketing pun akan bertambah.
Baca Juga :  Memahami Pengertian Reach (Jangkauan): Apa itu Social Reach? Jenis, Penggunaan, Cara Meningkatkan dan Perbedaannya dengan Impression!

Menghasilkan Uang sebagai Affiliate Mmarketer

Bagaimana seorang afiliasi menghasilkan uang? Percaya atau tidak, bisnis affiliate marketing mungkin adalah salah satu yang paling menguntungkan yang mungkin Anda temui. Atur dengan benar, hal tersebut bisa menjadi sangat menguntungkan.

Pembayaran afiliasi didasarkan pada komisi afiliasi dari perusahaan tempat mereka menjadi afiliasi atau dibayar melalui program affiliate marketing atau jaringan seperti shareasale atau awin.

Tombol, link (tautan), atau spanduk dari produk yang Anda coba jual dan pasarkan biasanya mengandung ID pengguna unik Anda ketika Anda memasukkan kode HTML ke blog Anda yang membuat iklan muncul.

Ketika pengguna atau audiens mengklik iklan, link (tautan) atau gambar itu dan memilih untuk membeli produk, perusahaan akan diberitahu bahwa Anda adalah afiliasi yang mengarahkan mereka ke pembelian itu. Dengan demikian, Anda akan menerima komisi dari perusahaan karena bertanggung jawab dalam mengarahkan traffic (lalu lintas) dan pelanggan baru ke situs website (baca pengertian website disini) mereka.

Kesimpulan

Sudah jelaskan? Baiklah, dari pembahasan dan Penjelasan Pengertian Affiliate Marketing, Apa itu Pemasaran Afiliasi? Cara kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan dan Contohnya, Cara Menjadi Affiliate Marketer dan Menghasilkan Uang di atas, dapat kita simpulkan bahwa apa yang dimaksud dengan pemasaran afiliasi atau affiliate marketing adalah proses di mana afiliasi mendapatkan komisi untuk memasarkan produk orang lain atau perusahaan.

Affiliate (afiliasi) hanya perlu mencari produk yang mereka sukai, kemudian mempromosikan produk itu dan mendapat keuntungan dari setiap penjualan yang mereka lakukan. Penjualan tersebut dilacak melalui link (tautan) afiliasi dari satu website ke situs web lainnya.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat yang dapat Kami bagikan kali ini yang membahas mengenai Penjelasan Pengertian Affiliate Marketing, Apa itu Pemasaran Afiliasi? Cara kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan dan Contohnya, Cara Menjadi Affiliate Marketer dan Menghasilkan Uang. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama dalam mengetahui dan memahami istilah-istilah teknologi dalam belajar teknologi informasi.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar