Pengertian SERM (Search Engine Reputation Management) dan Fungsinya

0
Gambar Pengertian SERM Apa Itu SERM Dan Fungsi SERM
Gambar Pengertian SERM Apa Itu SERM Dan Fungsi SERM

Sebenarnya apa itu pengertian SERM? Ya, memang sebagian besar referensi pemasaran digital menyebutkan Industri Manajemen Reputasi Online atau SERM (Search Engine Reputation Management) yang lebih besar dan perusahaan yang menawarkan berbagai layanan dalam industri ini, seperti pemantauan Media Sosial, manajemen komunitas dan pengaruh percakapan bingung akan arti dari apa itu SERM (Search Engine Reputation Management) dan melemparkannya ke dalam kategori ORM yang sama yaitu Reputation Management.

Apa itu SERM?

SERM (Search Engine Reputation Management) adalah bagian dari ORM. Ini merujuk pada tiga area utama manipulasi oleh praktisi.

  • Masalah reputasi yang disebabkan oleh Google Autocomplete
  • Hasil pencarian negatif pada SERP pertama
  • Konotasi negatif yang terkait dengan Saran Google di bagian bawah SERPs

Ini adalah area yang paling terlihat dari masalah reputasi yang disebabkan oleh mesin pencari, terutama oleh Google. Banyak karier yang telah dihancurkan oleh hasil ini karena masyarakat luas memandang algoritma Google menjadi otonom dan dipengaruhi oleh suara tanpa filter. Studi menunjukkan bahwa, ketika sampai pada apa yang diungkapkan Google, orang percaya “ada kebenaran dalam angka”.

Autocomplete juga memiliki andil dalam menciptakan bentuk baru “surfing ego”, di mana pengguna mencari nama mereka sendiri untuk melihat bagaimana Google secara otomatis melengkapi kueri, yang memberikan wawasan tentang bagaimana orang lain melihat Anda.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal New Media dan Society oleh para peneliti Esteve Sanz dan Juraj Stancik menemukan bahwa orang yang menggunakan mesin pencari paling banyak juga mengungkapkan jumlah kepercayaan yang lebih besar pada orang lain.

Baca Juga :  Membahas Pengertian NFC: Apa itu Near Field Communication? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Cara Menggunakan, Contoh serta Perbedannya dengan Bluetooth dan Wi-Fi!

Sanz dan Stancik menulis bahwa ini adalah upaya untuk menciptakan rasa tempat “dalam kaitannya dengan kolektivitas”. Barometer reputasi jika Anda mau. Di Media Sosial, Influencer dipandang memiliki lebih banyak suara secara tidak proporsional, sehingga pesannya dapat dibajak.

Jadi, ketika Google mendaftarkan sedikit ketertarikan pada topik yang negatif, itu mungkin merugikan merek Anda. Justru karena orang melihatnya sebagai “kebenaran” yang demokratis.

Pengertian SERM (Search Engine Reputation Management) adalah sesuatu yang mengacu pada hal yang memengaruhi dan mengendalikan reputasi bisnis atau merek atau Brand. Awalnya istilah yaitu PR atau Page Rank, pertumbuhan Internet dan Media Sosial telah menjadikan hasil pencarian bagian penting dari reputasi bisnis apa pun.

Fungsi SERM (Search Engine Reputation Management)

Ilustrasi Gambar Pengertian SERM Apa Itu SERM Dan Fungsi SERM
Ilustrasi Gambar Pengertian SERM Apa Itu SERM Dan Fungsi SERM

Berdasarkan pengertian SERM (Search Engine Reputation Management) di atas, layaknya (seperti) SEO, layanan manajemen reputasi mesin pencari fokus pada halaman pertama hasil Google. Tetapi juga menggali lebih dalam ke dalam SERP. Konten positif yang telah terendam melewati halaman 3 mungkin perlu ditarik ke atas.

Manajemen reputasi Strategi SEO mengurasi hasil pencarian untuk memberikan kesan pertama yang paling positif dari sebuah bisnis atau individu. Tetapi untuk melakukannya, itu berarti peringkat beberapa properti dalam hasil mesin pencari, bukan hanya yang Anda miliki. Ini dapat terbukti sangat menantang jika Anda tidak memiliki kendali atas situs.

Bisakah Anda Mengubah Bagaimana Google Melihat Anda?

Website Searchreputation mendedikasikan dirinya untuk mempengaruhi persepsi ini yang disebabkan oleh mentalitas “kebenaran dalam angka” ini. Sebagian besar yang kami lakukan melibatkan menciptakan kembali pembelajaran alternatif untuk algoritma pembelajaran mesin baru Google, yang disebut RankBrain.

Dengan membuat konten alternatif dan memulai keterlibatan pengguna atau User Engagement dengan cara crowdsourcing, kami dapat memengaruhi Google secara positif bagi klien kami. Meskipun kami menggunakan beberapa teknik SEO on-page dan off-page yang mapan, kami tidak suka disatukan dengan SEO dan perusahaan reputasi online. Itu karena kita melakukan lebih baik dan jauh lebih banyak!

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Parse: Apa Itu Parser? Tujuan dan Cara Kerjanya

Penutup

Itulah sedikit ulasan yang dapat Kami bagikan dalam tulisan kali ini mengenai pengertian SERM (Search Engine Reputation Management) dan Fungsinya beserta pembahasannya secara lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi Kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar