Pengertian Influencer: Fungsi dan Jenis Influencer dalam Media Sosial

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Influencer
Ilustrasi Gambar Pengertian Influencer

Sebenarnya, apa itu pengertian Influencer? dan apa itu Influencer? Jika Anda mencari-cari di situs web ini, ini merupakan bagian dari Kumpulan Istilah-Istilah Teknologi. Dan kali ini Kami akan memberikan ulasan mengenai Influencer dan penjelasannya secara lengkap. Berikut ulasannya.

Pengertian Influencer

Influencer adalah individu yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain karena otoritasnya, pengetahuan, posisi atau hubungannya dengan audiensnya.

Seseorang yang memiliki pengikut pada sebuah bidang tertentu, yang secara aktif mereka ikuti. Ukuran berikut ini tergantung pada ukuran bidang tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa individu-individu ini bukan sekadar alat pemasaran, tetapi lebih merupakan aset hubungan sosial yang dengannya merek dapat berkolaborasi untuk mencapai tujuan pemasaran mereka.

Fungsi Influencer di Media Sosial?

Selama dekade terakhir kita telah melihat pentingnya media sosial tumbuh dengan cepat. Menurut Global Digital Statshot Agustus 2017 dari We Are Social and Hootsuite, 3.028 Miliar orang secara aktif menggunakan media sosial, yaitu 40% dari populasi dunia. Orang-orang ini memandang influencer di media sosial untuk membimbing mereka dalam pengambilan keputusan.

Influencer di media sosial adalah orang-orang yang telah membangun reputasi untuk pengetahuan dan keahlian mereka pada topik tertentu. Mereka membuat posting reguler tentang topik itu di saluran media sosial pilihan mereka dan menghasilkan banyak pengikut antusias yang memperhatikan pandangan mereka.

Pemilik Brand (Merek) menyukai influencer media sosial karena mereka dapat menciptakan tren dan mendorong pengikut mereka untuk membeli produk yang mereka promosikan. Influencer di Media Sosial juga bisa disebut Influencer Marketing.

Baca Juga :  Pengertian Cartridge: Jenis, Fungsi dan Urutan Warna Isi Tinta Printer

Jenis Influencer

Ilustrasi Gambar Pengertian Influencer
Ilustrasi Gambar Jenis Influencer

Setelah mengetahui apa pengertian Influencer dan fungsinya di atas, Kita juga harus mengetahui jenis-jenis dari Influencer ini. Mayoritas influencer masuk ke dalam kategori berikut, dengan kategori terakhir dengan cepat menjadi yang paling penting:

  • Selebriti
  • Pakar industri dan pemimpin pemikiran
  • Blogger dan pembuat konten
  • Influencer Mikro

Sebagian besar pemasaran influencer sosial saat ini terjadi di media sosial, terutama dengan influencer mikro, dan blogging. Pakar industri dan pemimpin pemikiran seperti jurnalis juga dapat dianggap sebagai influencer dan memegang posisi penting untuk merek. Lalu ada selebritas. Ini adalah influencer asli, dan mereka masih memiliki peran untuk dimainkan, meskipun pentingnya mereka sebagai influencer berkurang.

Blogger dan influencer di media sosial (terutama micro-blogger) memiliki hubungan paling otentik dan aktif dengan penggemar mereka. Merek sekarang mengakui dan mendorong ini.

a. Selebriti

Pemasaran influencer tumbuh dari dukungan selebriti. Bisnis telah menemukan selama bertahun-tahun bahwa penjualan mereka biasanya naik ketika seorang selebriti mempromosikan atau mendukung produk mereka. Masih ada banyak kasus bisnis, terutama merek kelas atas, menggunakan selebritas sebagai influencer.

Selebriti mungkin memiliki banyak penggemar dan pengikut media sosial raksasa. Namun, dapat diperdebatkan persis seberapa besar pengaruh nyata yang mereka miliki terhadap mereka yang mengikuti mereka.

b. Pakar Industri dan Pemimpin Pikiran (Thought Leaders)

Pemimpin industri dan pemimpin pemikiran mendapatkan rasa hormat karena kualifikasi, posisi, atau pengalaman mereka tentang topik keahlian mereka. Seringkali, penghargaan ini didapat lebih karena reputasi tempat mereka bekerja. Misalnya, seorang jurnalis di sebuah surat kabar besar mungkin bukan ahli dalam hal-hal yang ia tuliskan dalam laporan berita, tetapi ia dihormati karena menjadi penulis yang cukup baik untuk bekerja sebagai publikasi bergengsi seperti itu. Para ahli ini meliputi:

  1. Jurnalis
  2. Akademisi
  3. Pakar industri
  4. Penasihat profesional
Baca Juga :  Pengertian Data Visualization: Sejarah, Tujuan dan Jenis Data Visual

c. Blogger dan Pembuat Konten

Blogging telah terhubung ke pemasaran influencer selama beberapa waktu sekarang. Ada banyak blog yang sangat berpengaruh di internet. Jika seorang blogger populer secara positif menyebutkan produk Anda dalam sebuah pos, itu dapat menyebabkan para pendukung blogger yang ingin mencoba produk Anda.

Banyak blogger telah membangun pengikut yang cukup besar di sektor tertentu. Misalnya, ada blog yang sangat berpengaruh tentang pengembangan pribadi, keuangan, kesehatan, pengasuhan anak, musik, dan banyak topik lainnya, termasuk blogging itu sendiri. Hal utama yang dimiliki oleh blog sukses adalah rasa hormat dari pembaca mereka.

Variasi untuk membuat blogger menulis sesuatu yang merekomendasikan produk Anda adalah dengan berpartisipasi dalam posting tamu (Guest Post). Jika Anda dapat mengambil tempat posting tamu di blog besar, Anda dapat mengontrol konten, dan Anda biasanya akan diizinkan untuk menempatkan tautan ke situs Anda sendiri pada profil dan bio penulis Anda.

d. Influencer Mikro

Mikro influencer adalah orang normal sehari-hari yang telah dikenal karena pengetahuan mereka tentang beberapa ceruk khusus. Dengan demikian, mereka biasanya memperoleh media sosial yang cukup besar di antara para penggemar ceruk itu. Tentu saja, bukan hanya jumlah pengikut yang menunjukkan tingkat pengaruh, itu adalah hubungan dan interaksi yang dimiliki influencer mikro dengan pengikut-pengikutnya.

Ada kemungkinan bahwa influencer mikro tidak menyadari keberadaan suatu perusahaan sebelum perusahaan mencoba menjangkau mereka. Jika demikian, perusahaan harus terlebih dahulu meyakinkan pemberi pengaruh tentang nilainya. Mikro influencer telah membangun pengikut khusus, dan mereka tidak akan ingin merusak hubungan mereka dengan penggemar mereka jika mereka terlihat mempromosikan lemon.

Sifat pengaruh semakin berubah. Influencer mikro sekarang menjadi lebih umum, dan lebih terkenal. Beberapa telah meningkat dari ketidakjelasan virtual menjadi hampir sama terkenalnya dengan selebriti tradisional. Ini khususnya terjadi pada Generasi Z (lanjutan dari Generasi Milenial) yang menghabiskan lebih banyak waktu di internet daripada menonton televisi atau pergi ke olahraga atau film.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Serial Number: Fungsi, Cara Menemukan Serial Number

Dalam semua kenyataan, influencer mikro ini adalah influencer di masa depan. Internet telah menyebabkan fragmentasi ke media menjadi banyak topik niche kecil. Bahkan jika Anda tertarik dengan sesuatu yang relatif tidak jelas, Anda cenderung menemukan grup Facebook atau papan Pinterest yang dikhususkan untuknya. Dan di dalam kelompok dan dewan khusus inilah influencer mikro memantapkan diri mereka sebagai influencer sejati.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini mengenai pengertian Influencer dan penjelasannya secara lengkap beserta jenisnya dalam Media Sosial. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar