Mengenal Pengertian Vector Image: Apa itu Gambar atau Vector Graphics? Fungsi, Manfaat dan Keuntungan, Format serta Perbedaannya dengan Raster!

0
Gambar Pengertian Vector Image Apa Itu Gambar Atau Vector Graphics Fungsi Manfaat Dan Keuntungan Format Serta Perbedaannya Dengan Raster
Gambar Pengertian Vector Image Apa Itu Gambar Atau Vector Graphics Fungsi Manfaat Dan Keuntungan Format Serta Perbedaannya Dengan Raster

Tahukah Kalian, Pengertian Vector Image, Apa itu Gambar atau Vector Graphics? Fungsi, Manfaat dan Keuntungan, Format serta Perbedaannya dengan Raster! Benar sekali, terkait hal grafis, jika Anda bingung tentang perbedaan antara banyak jenis file gambar, maka Anda tidaklah sendirian. Ketika memulai sebuah proyek, salah satu hal pertama yang Kami minta dari klien biasanya adalah file vektor dari logo mereka. Namun, permintaan itu sering kali dipenuhi dengan tatapan kosong atau tanggapan aneh.

Ya, pertanyaan tersebut misalnya seperti “bisakah agan langsung mengambil logo-nya dari situs website saja?” Sebagai seorang marketer atau pemasar, memahami pentingnya dan peran berbagai jenis file (baca pengertian file disini) gambar sangat penting untuk memastikan merek Anda terwakili dengan baik dan untuk berkomunikasi lebih baik dengan desainer, pengembang, dan printer. Oke, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang apa itu pengertian vector image secara lebih detail dan lengkap. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Vector Image

Berarti grafik vektor (dalam bahasa Indonesia), vector graphics atau vector image adalah gambar yang dibuat dari paths atau jalur (garis dengan titik awal dan akhir) berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Computerhope.

Path atau jalur ini, semua berdasarkan ekspresi matematika, terdiri dari bentuk geometris dasar, seperti lines (garis), polygons (poligon), dan curves (kurva).

Keuntungan utama menggunakan grafik vektor sebagai lawan dari gambar raster atau raster image adalah kemampuannya untuk menskala tanpa mengurangi kualitas gambar.

Apa itu Gambar atau Vector Graphics?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Grafik Vektor Atau Vector Graphics Dalam Penjelasan Pengertian Vector Image
Ilustrasi Gambar Apa Itu Grafik Vektor Atau Vector Graphics Dalam Penjelasan Pengertian Vector Image

Jadi, apa itu sebenarnya yang simaksud dengan gambar atau vector graphics? Ya, seperti yang sudah Kami jelaskan sebelumnya di atas, ini lebih dikenal dengan kata vector image, gambar vektor adalah penggunaan poligon untuk mewakili gambar dalam grafik komputer.

Seperti namanya, vector image didasarkan pada vektor, yang mengarah melalui lokasi yang disebut titik kontrol atau node.

Masing-masing titik memiliki posisi yang pasti pada sumbu X dan Y dari bidang kerja dan menentukan arah jalur, lebih lanjutnya, setiap jalur dapat diberi berbagai atribut, termasuk nilai-nilai seperti warna goresan, bentuk, kurva, ketebalan, dan isinya.

Vector graphics juga cocok untuk pekerjaan ilustrasi terperinci dan ilustrasi industri. Mereka juga disebut grafis berbasis objek atau grafis berorientasi objek.

Sebagai contoh misalnya, Anda dapat menggunakan vektor untuk membantu membuat spanduk. Gambar bisa jadi berukuran kecil di komputer Anda tetapi dapat diskalakan ke ukuran yang dibutuhkan tanpa jaggies atau distorsi gambar lainnya.

Fungsi Vector Image (Gambar Vektor)

Setelah mengetahui apa arti vector image dan apa itu vector graphics, kita juga harus mengetahui apa sebetulnya fungsi mereka bukan?

Ya, dalam dunia desain grafis, grafik vektor atau vector image merupakan bagian besar dari sebagian besar materi cetak atau terbitan.

Sebagai contoh logo, misalnya, harus selalu memiliki format vektor. Garis-garis dan bentuk yang halus menghasilkan bahan cetak kualitas terbaik, memiliki warna yang solid, konsisten, dan teks yang jelas dan jernih.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Smart Home: Fungsi, Manfaat, Karekteristik, Kelebihan dan Kekurangannya!

Anda dapat menggunakan logo vektor Anda yang besar di papan reklame atau dibuat lebih kecil untuk pulpen dan kop surat Anda. Ikon dan karya seni yang terlihat lebih bergambar juga bagus untuk dimiliki dalam file vector (vektor).

Grafik vektor membuat proyek desain lebih mudah dan lebih cepat untuk diedit.

Jika Anda memiliki file-file ini, mereka dapat menghemat banyak waktu bagi graphics designer atau desainer grafis Anda, yang pada gilirannya akan menghemat anggaran perusahaan atau uang Anda, serta menghasilkan hasil dengan kualitas yang lebih tinggi.

Untuk pengguna sehari-hari, grafik vektor adalah sesuatu yang jarang Anda gunakan jika Anda tidak memiliki software (perangkat lunak) untuk membukanya, misalnya eperti produk Adobe dan QuarkXPress.

Kebanyakan orang akan merujuk ke grafik vektor sebagai file .eps. Mereka mungkin juga memiliki ekstensi .i untuk file Illustrator.

Meskipun Anda mungkin tidak pernah secara pribadi menggunakan file-file ini atau bahkan memiliki program untuk membukanya, sangat penting untuk tidak menghapus file grafik vektor Anda.

Jika Anda berencana untuk melakukan pekerjaan graphic design (desain grafis) atau ingin membuat logo Anda ditempatkan pada barang-barang promosi Anda, maka akan memerlukan file grafik vektor.

Vector graphics atau vector image ini sangat cocok digunakan untuk karya ilustratif terperinci, desain logo, karya seni sehingga mendukung kepribadian kreatif Anda.

Dan karena reskalabilitasnya yang tanpa batas tanpa mengurangi kualitasnya, mereka juga dapat digunakan untuk mereproduksi cetakan dengan ukuran berapa pun, besar atau kecil.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Vector Image

Agar lebih memahami tentang apa itu vector image atau vector graphic, maka kita juga harus mengetahui beberapa manfaat atau keuntungan dalam menggunakannya sendiri.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan daripada vector image yang harus kalian ketahui.

1. Ukuran File

Manfaat dan keuntungannya yang pertama adalah pada ukuran file atau file size vektor. Penskalaan gambar vektor memiliki dampak yang sangat kecil pada ukuran file.

Namun mengubah ukuran gambar menjadi bitmap, maka hal itu akan memiliki efek dramatis karena ribuan (dan terkadang jutaan) piksel dibuat atau dihapus agar sesuai dengan ukurannya yang baru.

Karena vektor pada dasarnya adalah daftar instruksi tentang cara menampilkan gambar, ukuran filenya sering kali lebih kecil daripada gambar serupa dalam bentuk bitmap.

2. Dapat Disesuaikan

Kemampuan untuk dengan mudah mengubah skala gambar vektor ke ukuran berapa pun agar dapat disesuaikan adalah keuntungan besar.

Mereka dapat diubah ukurannya tanpa pernah kehilangan kualitas gambar pada saat resizing, dimana gambar akan tetap terlihat sangat tajam pada ukuran berapa pun.

Komputer kita hanya perlu menggambar ulang gambar vektor menggunakan data (baca pengertian data disini) matematika dalam file ke skala baru yang disesuaikan.

Berbeda dengan gambar bitmap, ketika gambar bitmap diubah ukurannya, piksel akan hilang (jika diperkecil) atau digandakan (jika ditingkatkan) yang menghasilkan gambar “kabur” atau blur dengan kualitas lebih buruk.

3. Mudah Diedit

Dengan aplikasi pengeditan vektor seperti Adobe Illustrator, Corel Draw atau Inkscape, file gambar vektor dapat dengan mudah diedit.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Growth Hacking: Apa itu Growth Hacker? Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Strategi, Contoh dan Bagaimana Cara Memulainya?

Poin dan path atau jalur dari masing-masing objek dapat dipilih dan diubah atau dihapus sesuai kebutuhan kita. Warna atau isi dalam gambar juga dapat dipilih dan dimodifikasi dengan mudah.

Walaupun gambar bitmap juga dapat diedit dengan aplikasi seperti Adobe Photoshop tetapi elemen individual dalam gambar tidak selalu dapat diandalkan.

Oke, terkait keuntungan dalam menggunakannya, mengacu pada manfaat daripada vector image di atas, adapun beberapa keunggulannya dalam mendesain adalah sebagai berikut:

  • Mereka dapat dengan mudah dibuat.
  • Vector image bisa diukur.
  • Tidak ada masalah distorsi gambar.
  • Mereka lebih mudah diedit kembali.
  • Ukuran file mereka kecil.
  • Mereka ideal untuk ilustrasi rinci.
  • Mereka terlihat bagus di media cetak.
  • Grafik jenis ini biasanya lebih estetis.
  • Ukuran file mereka didasarkan pada kompleksitas dan bukan pada ukuran kedalaman warnanya.
  • Mereka bagus untuk digunakan dalam animasi dan presentasi.

Format Vector Image

Selain dari pengertian vector image dan artinya, serta manfaat dan keuntungannya di atas, disini Kami juga akan membahas tentang format mereka.

Benar, format file standar W3C untuk gambar vektor atau vector image adalah Scalable Vector Graphics (SVG), tetapi format yang lebih umum digunakan adalah Encapsulated PostScript (EPS) dan Portable Document Format (PDF).

Adapun salah satu program paling populer yang digunakan untuk melihat dan membuat gambar vektor adalah Adobe Illustrator.

Format gambar vektor milik Adobe Illustrator (AI) juga banyak digunakan. Ada sejumlah format file yang berbeda (ekstensi file) yang dapat digunakan untuk membuat grafik vektor.

Untuk jenis ekstensi file vector image atau graphics yang paling umum antara lain yaitu:

  • .ai
  • .eps
  • .pdf, dan
  • .svg

Perbedaan Gambar atau Vector Image atau Raster Image

Gambar Perbedaan Dari Vector Image Atau Vektor Graphic Dengan Raster Image
Gambar Perbedaan Dari Vector Image Atau Vektor Graphic Dengan Raster Image

Dalam membahas pengertian vector image serta apa perbedaan mereka, perlu kalian ketahui bahwa terdapat 2 (dua) jenis utama file gambar yaitu raster dan vektor.

Gambar raster dibuat dengan program berbasis piksel atau seperti gambar yang ditangkap dengan kamera atau pemindai (Kami juga pernah menjelaskan secara lebih detail terkait perbedaan mereka pada penjelasan raster image).

Mereka lebih umum pada umumnya berekstensi .jpg, .gif, .png, dan terbilang cukup banyak digunakan di web.

Sedangkan vector image atau grafik vektor dibuat dengan software (perangkat lunak) vektor dan umumnya digunakan untuk gambar yang akan diterapkan ke produk fisik.

Grafik vektor juga digunakan dalam program seperti CAD, program-program dunia teknik, serta berbagai macam software grafik 3D lainnya.

Saat menggunakan program vektor, Anda menggambar garis besar bentuk dan itu mirip dengan membuat gambar dengan ubin dari semua bentuk dan ukuran yang berbeda.

Sebagai contoh misalnya bentuk mata, bentuk hidung, bentuk bibir. Bentuk-bentuk yang disebut objek tersebut menampilkan masing-masing satu warna.

Sedangkan saat menggunakan program raster Anda melukis gambar dan itu mirip dengan mencelupkan kuas ke dalam cat dan lukisan. Anda dapat memadukan warna untuk memperlunak transisi dari satu warna ke warna lainnya.

Banyak gambar dapat dibuat dengan program raster atau vektor dan terlihat sama persis di kedua program.

Gambar dengan gradasi halus satu warna ke warna lain adalah gambar yang akan terlihat paling berbeda karena program vektor perlu membuat bentuk yang terpisah untuk setiap warna warna.

Baca Juga :  Ini Dia 4 Software Alternatif Selain Aplikasi Deep Freeze yang Sejenis dan Mirip!

Beberapa program vektor memang memiliki kemampuan untuk membuat gradien warna dalam satu bentuk tunggal, tetapi ini sebenarnya adalah efek raster atau yang biasa dikenal dengan raster effect.

Vector graphics (grafik vektor) dengan gradien mengandung elemen vektor dan raster dan tidak akan cocok untuk proses yang membutuhkan 100% vektor atau seni vektor sejati.

Mengapa Perusahaan Percetakan Membutuhkan Gambar Vektor?

Jika kalian yang sedang membaca tulisan ini bertanya-tanya kenapa perusahaan media cetak sering menggunakan vector image atau gambar vektor, maka dapat Kami katakan bahwa Anda berada di tempat yang tepat.

Ada banyak alasan mengapa sebagian besar perusahaan percetakan membutuhkan gambar vektor.

Seperti disebutkan sebelumnya, kemampuan untuk mengubah ukuran gambar ke ukuran apa pun tanpa kehilangan kualitas atau distorsi adalah salah satu alasan terbesar sebagian besar perusahaan memerlukan gambar vektor.

Adapun beberapa alasan lainnya yaitu adalah kemampuan untuk menguraikan semua elemen gambar, yang memungkinkan printer untuk memberikan tampilan font (baca pengertian font disini) apa pun, bahkan jika font tersebut tidak tersedia untuk printer.

Kesimpulan

Baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Oke, dari pembahasan dan penjelasan Pengertian Vector Image, Apa itu Gambar atau Vector Graphics? Fungsi, Manfaat dan Keuntungan, Format serta Perbedaannya dengan Raster di atas, dapat kita simpulkan bahwa gambar vektor, vector graphics atau vector image adalah gambar yang dibangun berdasarkan rumus matematika yang menetapkan titik pada grid (kisi). File vektor lebih fleksibel untuk jenis tugas tertentu daripada file raster.

Gambar animasi biasanya dibuat sebagai file vektor. Misalnya seperti produk Flash Shockwave yang memungkinkan Anda membuat animasi 2D dan 3D yang dikirim pada pengguna sebagai file vektor dan kemudian dijadikan menjadi raster on the fly saat dilihat.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam postingan kali ini yang membahas mengenai Pengertian Vector Image, Apa itu Gambar atau Vector Graphics? Fungsi, Manfaat dan Keuntungan, Format serta Perbedaannya dengan Raster. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi yang harus diketahui dalam belajar teknologi informasi dan graphic design.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman, kerabat serta rekan kerja kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar