Pengertian SEO (Seach Engine Optization): Tujuan, Jenis SEO Lengkap

0
Ilustrasi Gambar Pengertian SEO
Ilustrasi Gambar Pengertian SEO

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

Pengertian SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi pemasaran online yang paling populer dan powerful dalam digital marketing. Penggunaan strategi SEO yang tepat dapat meningkatkan bisnis Anda, namun apabila salah, bisnis Anda tidak akan dapat di temukan dalam mesin pencari.

Strategi ini digunakan untuk menampilkan website Anda di halaman pertama dalam hasil pencarian untuk kata kunci pilihan Anda.

Sebagai contoh, untuk bisnis ‘toko bunga’, apabila ingin berada di halaman pertama saat orang mencari kata ‘toko bunga’ di mesin pencari (seperti Google, Yahoo, atau Bing), bisnis tersebut harus menggunakan SEO.

Permasalahnya yaitu adalah, tempat di halaman pertama hasil pencarian (Search Engine Result Page – SERP) terbatas. Kurang lebih terdapat 10 tempat. Dan sedangkan setiap pemilik bisnis ingin agar bisnis mereka berada di halaman 1 hasil pencarian. Di sini adalah bagian penerapan strategi SEO.

Dalam pengaplikasian SEO dan untuk memahami pengertian SEO, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan:

Kompetisi dan Persaingan SEO

Semakin banyak (jumlah) bisnis yang ingin berada di halaman pertama, maka kompetisi semakin tinggi.

Dan apabila jumlah pencari (Anda bisa research menggunakan keyword planner) semakin banyak, biasanya kompetisi semakin tinggi.

Saat kompetisi di nilai tinggi, maka strategi SEO yang di perlukan semakin kompleks (dan akan membutuhkan keahlian dan biaya yang semakin tinggi)

Website atau Situs

Website atau situs memiliki peranan penting dalam SEO. Dalam pembuatan website ini, Anda perlu membuat website yang Search Engine Friendly (SEF).

Baca Juga :  Pengertian Router: Fungsi Router, Cara Kerja dan Jenis Router Lengkap

Tujuan SEO

Ilustrasi Gambar Pengertian SEO
Ilustrasi Gambar Tujuan SEO

Sekarang, pertanyaan berikutnya apa tujuan dan juga manfaatnya buat situs? Jika kita tarik menurut definisi apa itu SEO dan ilustrasi pada penjelasan di atas, maka bisa kita tarik beberapa poin tujuan dan manfaat menerapkan SEO.

  • Tujuan paling fundamental dari SEO tentu adalah memperoleh posisi yang optimal di mesin pencari.
  • Tujuan lainnya, menerima traffic atau kemudian lintas pengunjung. Jika dibuatkan alurnya, waktu tujuan pertama di atas tercapai, maka secara otomatis situs akan menerima yang namanya traffic
  • Mendapatkan pengunjung baru yang berkualitas. Maksudnya, pengunjung yang diperoleh benar-benar adalah pengunjung yang membutuhkan informasi yang disajikan.
  • Meningkatkan durasi kunjungan. Pengunjung yang mendapatkan informasi yang diperlukan, logikanya akan rela berdiam lebih lama pada situs demi memuaskan rasa ingin tahunya.
  • Meningkatkan konversi, apabila Anda adalah seorang penjual, maka SEO bisa mendatangkan konversi yang lebih baik.
  • Meningkatkan popularitas, otoritas dan tentu saja brandawareness. Artinya, orang akan lebih mudah ingat dengan dan juga situs Anda.

Jenis SEO

Setelah membahas soal pengertian kemudian tujuan dan manfaat, datang waktunya kita masuk ke ulasan berikutnya. Yaitu jenis SEO. Secara umum ada dua jenis SEO dan cara meningkatkannya (optimasi) secara optimal, yang pertama SEO On Page dan yang kedua SEO Off Page.

a. SEO On Page

SEO On Page adalah rangkaian upaya meningkatkan secara optimal yang dilakukan di situs Anda sendiri supaya page/halaman yang ada memenuhi kriteria SEO yang baik. Optimasi jenis ini termasuk meningkatkan secara optimal yang paling gampang dilakukan dan bahkan telah jadi ritual rutin bagi para blogger.

Teknik SEO On Page dapat dilakukan dengan dan juga cara menyisipkan kata kunci yang relevan di beberapa bagian situs Anda. Misalnya:

  • Judul situs atau judul artikel
  • Deskripsi atau Meta Deskripsi pada laman utama dan juga juga artikel
  • Isi situs atau artikel
  • Kategori
  • Permalink atau URL
  • Heading
  • Image dan image ALT
Baca Juga :  Pengertian Blog: Struktur, Sejarah, Jenis dan Manfaat Blog Secara Lengkap!

b. SEO Off Page

SEO Off page juga sama, dia jua adalah rangkaian proses optimasi, tetapi dilakukan di luar menurut situs Anda namun adalah bagian dari faktor-faktor yang bisa mensugesti ranking situs Anda. Dalam hal ini kita akan lebih banyak menyampaikan soal backlink atau tautan balik.

Teknik ini dilakukan dengan dan juga cara membangun backlink dari situs eksklusif yang menuju ke situs Anda. Gunanya apa? Gunanya buat menaikkan popularitas situs yang juga akan menjadi satu dari indikator menentukan posisi di mesin pencari.

Ketika metode SEO Off Page berkembang dan mengalami perubahan, beberapa praktisi bahkan menganggap backlink telah munjadi hal yang tidak penting lagi. Namun saya eksklusif berpendapat, backlink tetaplah krusial dan menentukan selama diterapkan dengan cara yang benar. Berikut ini yaitu adalah beberapa jenis backlink yang direkomendasikan oleh praktisi SEO.

  • Jejaring sosial misalnya Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan juga lain-lain
  • Web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, Tumblr, Wix dan lain sebagainya)
  • Forum signature (kaskus, lembaga detik, forum kompas)
  • Social bookmark
  • Komentar blog dengan dan juga cara mengunjungi blog homogen dan juga meninggalkan komentar serta tautan.
  • Guest post

Strategi SEO (Search Engine Optimization)

Banyak orang yang bilang kalau mereka mengerti tentang bagaimana mengaplikasikan strategi SEO. Tetapi perlu diketahui, banyak yang menggunakan cara-cara illegal untuk membuat tujuan mereka tercapai.

Mereka yang menyalahgunakan pengertian apa itu SEO, menggunakan strategi illegal ini di sebut juga dengan Black-Hat-SEO. Anda HARUS mengaplikasikan White-Hat-SEO. Anda tentu dapat mempelajarinya dari berbagai sumber terpercaya seperti dari Distilled, Moz, dan lain sebagainya atau menggunakan jasa professional terpercaya.

White-hat-SEO ini tidak sulit namun memang juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun hasilnya ini tentu akan lebih baik daripada mereka yang menggunakan Black-Hat atau Gray-Hat di masa depan.

Baca Juga :  Pengertian XAMPP: Menurut Para Ahli, Sejarah XAMPP, Penggunaannya

Penutup

Bagusnya Anda mendiskusikan penggunaan dan pengertian SEO kepada mereka yang telah mempelajari SEO sebelumnya. Karena dalam melakukannya, akan ada beberapa hal yang perlu Anda mengerti hingga Anda mendapatkan hasil yang baik juga. Jangan lupa tambah pengetahuan Anda dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar