9+ Tips atau Kiat Pemasaran atau Facebook Marketing untuk Bisnis UMKM!

0
Gambar Dari Apa Saja Tips Atau Kiat Pemasaran Atau Facebook Marketing Untuk Bisnis Usaha Mikro Kecil Dan Mengengah Atau UMKM
Gambar Dari Apa Saja Tips Atau Kiat Pemasaran Atau Facebook Marketing Untuk Bisnis Usaha Mikro Kecil Dan Mengengah Atau UMKM

Apa Saja Tips atau Kiat Pemasaran atau Facebook Marketing untuk Bisnis UMKM?

Sebelumnya, mungkin sebagian dari Anda adalah pemilik usaha atau Usaha Mikro Kecil dan Mengengah (UMKM).

Ya, tentunya Anda akan memasarkan produk yang Anda tawarkan agar konsumen Anda bisa melihat dan membelinya.

Marketing, saat ini tentunya juga merambah ke dunia teknologi digital atau digital technology, dimana salah satunya dengan menggunakan platform Facebook.

Yup! Facebook adalah platform online paling populer di dunia saat ini.

Dengan jumlah pengguna aktif mencapai 2,38 miliar lebih pada 2021. Untuk di Indonesia sendiri, pengguna Facebook telah mencapai 120 (seratus dua puluh) juta pengguna.

Tentunya hal ini dapat dimanfaatkan oleh para pemilik usaha untuk memanfaatkan Facebook marketing untuk UMKM.

Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan mencoba memberikan beberapa tips atau kiat dalam melakukan pemasaran atau Facebook marketing.

Apa itu Facebook Marketing?

Ilustrasi Gambar Facebook Ads Dalam Membahas Tips Kiat Pemasaran Atau Marketing Media Sosial Facebook
Ilustrasi Gambar Facebook Ads Dalam Membahas Tips Kiat Pemasaran Atau Marketing Media Sosial Facebook

Bagi kalian yang masih belum tahu, sebelum kita lanjut membahas apa saja kiat untuk praktiknya, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu Facebook marketing.

Oke, pemasaran atau Facebook marketing adalah platform (baca pengertian platform disini) yang menawarkan berbagai iklan berbayar dan posting organik yang sangat bertarget.

Benar! Ini pastinya akan memungkinkan brand atau merek untuk menempatkan produk dan layanan mereka di depan khalayak yang sangat besar.

9+ Tips atau Kiat Pemasaran atau Facebook Marketing untuk Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Gambar Tips Atau Kiat Kiat Dalam Melakukan Pemasaran Atau Facebook Marketing Untuk Bisnis UMKM
Gambar Tips Atau Kiat Kiat Dalam Melakukan Pemasaran Atau Facebook Marketing Untuk Bisnis UMKM

Ya! Tidak masalah saluran mana yang Anda gunakan, Anda perlu mengembangkan strategi.

Beberapa tips di bawah ini tentunya akan membantu Anda menetapkan tujuan dengan jelas, memilih teknik terbaik untuk mencapainya, menentukan audiens (baca pengertian audiens disini) target Anda, mengukur keefektifan kampanye Anda, dan meningkatkannya.

Oke baiklah langsung saja, berikut ini adalah tips-tips dalam melakukan pemasaran Facebook yang perlu kalian ketahui.

1. Perjelas Maksud dan Tujuan Anda

Tips atau kiat yang pertama yaitu dengan memperjelas maksud dan tujuan Anda.

Saat Anda nantinya menjadikan Facebook sebagai platform untuk kegiatan marketing, Anda harus memiliki tujuan dan niat yang jelas tentang apa yang akan Anda posting di Facebook.

Baca Juga :  Strategic Information System (SIS): Apa itu Sistem Informasi Strategis? Tujuan, Fungsi, Jenis dan Macam serta Pentingnya!

Tujuan Anda memposting di Facebook adalah untuk membantu pelanggan Anda melihat produk dan membelinya.

Jadi, Anda juga harus memposting dengan niat dan usaha penuh.

Hal inilah yang mendorong aktivitas marketing di Facebook yang tidak bisa Anda jadikan sembarangan karena nantinya akan memiliki hasil balik yang tinggi.

2. Menjadwalkan Postingan Menggunakan Content Calender

Menjadwalkan postingan dengan content calendar ini sangat penting untuk membantu kelancaran Anda dalam melakukan Facebook Marketing.

Alasan penting karena content calendar akan membantu Anda dalam mengatur jadwal posting semua kegiatan marketing beserta promosi yang Anda lakukan.

Anda bisa menjadwalkan semua postingan dari yang paling urgent sampai yang sifatnya tidak.

Nantinya jadwal postingan Anda akan tertata rapid an bisa dijadikan sebagai reminder untuk postingan berikutnya.

Perlu Anda ketahui, content calendar juga tidak digunakan untuk memposting produk saja, tetapi Anda dapat memasukan tanggal ataupun hari besar pada kalendar Anda sebagai salah satu konten.

3. Mengoptimasi Halaman Profil

Berikutnya yaitu dengan mengoptimasi halaman profil.

Pada halaman profil bisnis di Facebook Anda, akan ada banyak bagian yang bisa Anda lengkapi sehingga akan menunjang kegiatan marketing untuk berjalan dengan lancar.

Ketika nantinya halaman bisnis Anda sudah lengkap, maka akan terlihat meyakinkan jika dilihat oleh calon pelanggan.

Anda juga bisa menambahkan beberapa informasi singkat mengenai bisnis dan produk yang Anda tawarkan.

Dan bisa dijelaskan pula mengenai impact yang nantinya Anda berikan kepada masyarakat pada umumnya.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memasukan beberapa informasi yang berkaitan dengan review yang diberikan oleh pelanggan terhadap produk yang Anda jual.

Sehingga, pengunjung profil Facebook Anda akan mengetahui tentang review produk dan bisa mempertimbangkannya.

4. Buat Konten Menarik

Membuat konten menarik juga merupakan salah satu hal penting yang harus Anda terapkan dalam melakukan marketing di Facebook.

Anda harus membuat sesuatu yang berbeda sehingga akan memunculkan sebuah keunikan.

Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah promosi dengan menggunakan ide yang out of the box.

Contohnya adalah seperti dengan membuat video promosi secara tersirat sehingga tujuan dari video yang Anda buat harus ditelaah oleh calon pelanggan Anda.

Tentu hal tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri agar usaha Anda membuat konsumen penasaran dan mencari lebih dalam mengenai apa bisnis Anda, produk dan juga bagaimana tentang kegiatan pemasaran yang Anda lakukan tidak membosankan.

5. Buat Grup Facebook (FB)

Grup Facebook juga tidak hanya membahas mengenai promosi produk atau menawarkan produk secara langsung.

Baca Juga :  GooTrek! Ini Dia Tips Memulai Blogging bagi Pemula dan Bagaimana Caranya Memulai Bisnis Ngeblog!

Karena bisa juga digunakan agar bisa mengumpulkan pihak yang nantinya bisa saling membantu satu dengan lainnya.

Sehingga ketika suatu saat terjadi sebuah interaksi akan menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan.

Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah grup Facebook dengan orang yang bisa jadi merupakan orang yang membutuhkan produk Anda.

Dalam grup tersebut, Anda hanya perlu melakukan sharing session mengenai informasi dan pengalaman yang nantinya bertujuan memberikan informasi mengenai produk Anda.

Oleh karena itu, audience yang ada dalam grup tersebut akan menjadi aware terhadap produk Anda.

6. Menentukan Nama Grup dengan Baik

Ketika akhirnya Anda memutuskan untuk membuat sebuah grup di Facebook, selanjutnya Anda harus memperhatikan nama grup dengan baik untuk Anda gunakan.

Nama grup bisa Anda sesuaikan dengan forum yang akan dibuat dan sebisa mungkin harus bisa membantu meningkatkan awareness audience mengenai brand yang sedang Anda promosikan melalui Facebook.

Perlu untuk diketahui jika nama grup adalah hal yang pertama kali dilihat.

Sehingga jika Anda membuat nama grup yang bagus dan bisa mengundang semua audience, maka mereka akan senang karena bisa mendapatkan undangan secara pribadi agar bisa masuk ke dalam sebuah grup yang berkualitas.

7. Membangun Sebuah Komunitas di Facebook

Kiat lainnya yaitu dengan membangun sebuah komunitas di Facebook.

Terutama sebagai pelaku bisnis atau UMKM, Anda hanya perlu membangun sebuah hubungan baik dengan partner ataupun pelanggan Anda.

Sehingga, Anda juga harus aktif di komunitas Facebook agar bisa mempunyai hubungan yang baik yang nantinya bisa berpotensi untuk melaksanakan sebuah hubungan kerjasama yang menguntungkan.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa bertemu dengan orang-orang baru yang mempunyai pengalaman yang sama atau lebih.

8. Mulai Aktif di Story Facebook

Selain dari beberapa tips atau kiat yang sudah Kami sebutkan di atas, menurut riset yang Kami lakukan, ternyata aktif di story Facebook juga merupakan hal yang sangat penting.

Audience dan calon pelanggan Anda akan bisa mengetahui kegiatan apa saja yang Anda lakukan untuk memajukan usaha atau bisnis yang Anda jalankan.

Dari story Facebook itu juga nantinya mereka akan mengetahui jika bisnis Anda benar-benar bagus dan terus berjalan.

Untuk itu, Anda sangat perlu untuk memposting banyak hal tentang bisnis Anda disana.

Beberapa kegiatan yang bisa Anda bagikan tentunya tentang sneak peak produk yang nantinya akan di launching, review konsumen yang sudah membeli produk Anda dan juga tutorial (baca pengertian tutorial disini) yang biasanya Anda lakukan mengenai produk Anda.

Benar! Dengan memberikan sebuah informasi yang bermanfaat, pelanggan juga akan lebih aware dan respect terhadap produk Anda.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Call To Action (CTA): Apa itu? Fungsi, Frasa, Cara Membuat, Contoh Kalimat dan Tips Membuatnya agar Efektif!

9. Gunakan Facebook sebagai Layanan atau Customer Service

Tidak hanya bisa dilakukan untuk menjalankan kegiatan marketing dan promosi saja, Facebook juga bisa Anda maksimalkan untuk menjadi sebuah sarana layanan atau customer service.

Anda bisa melakukan pengaturan chat untuk customer service agar bisa memudahkan pelanggan Anda yang ingin bertanya dan juga melakukan komplain.

Tidak hanya itu, customer service yang ada di Facebook juga bisa memudahkan Anda dalam menjangkau konsumen yang mempunyai masalah.

Sehingga hubungan baik antara Anda dengan konsumen juga bisa terjalin dengan baik dalam waktu yang lama.

Hal ini pastinya juga bisa membantu Anda dalam mengedepankan kepuasan konsumen dan mulai mempedulikan hubungan baik dengan pelanggan Anda.

Kesimpulan

Baiklah, di atas adalah Apa Saja Tips atau Kiat Pemasaran atau Facebook Marketing untuk Bisnis UMKM yang dapat kalian coba untuk terapkan.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga bisa memanfaatkan iklan berbayar yang disediakan oleh Facebook atau yang lebih dikenal dengan Facebook Ads.

Dengan menggunakan ads (iklan) platform tersebut, audience yang bisa Anda capai pastinya menjadi lebih banyak dan sangat bisa disesuaikan dengan kriteria audience yang ingin Anda dapatkan.

Yup! Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar internet atau dunia marketing secara online, jangan sungkan untuk menanyakannya langsung pada Kami.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dalam tulisan artikel kali ini, dimana Kami membahas terkait Apa Saja Tips atau Kiat Pemasaran atau Facebook Marketing untuk Bisnis UMKM.

Semoga apa yang sudah Kami terangkan serta jabarkan disini dapat bermanfaat untuk kalian, khususnya bagi kalian yang sedang mempelajari bidang bisnis dan internet serta social media.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar