Mechatronics: Pengertian, Apa itu Mekatronika dan Engineer-nya? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Jenis Bidang Pekerjaan, Macam Komponen, Contoh, serta Pentingnya di Masa Depan!

Gambar Dari Pengertian Mechatronics Apa Itu Mekatronika Serta Engineering Tujuan Fungsi Jenis Bidang Pekerjaan Macam Komponen Contoh Serta Kenapa Itu Penting Di Masa Depan Mendatang
Gambar Dari Pengertian Mechatronics Apa Itu Mekatronika Serta Engineering Tujuan Fungsi Jenis Bidang Pekerjaan Macam Komponen Contoh Serta Kenapa Itu Penting Di Masa Depan Mendatang

Mengenal Pengertian Mechatronics, Apa itu Mekatronika? Tujuan, Fungsi, Jenis Bidang Pekerjaan, Macam Komponen, Contoh, serta Kenapa itu Penting di Masa Depan!

Oke, sebelumnya, dapat Kami katakan bahwa, semenjak tahun 2018, kita sudah berada di tengah-tengah revolusi industri keempat yang dikenal dengan istilah industri 4.0.

Dengan kata lain, gagasan digitalisasi segala sesuatu telah menjadi kenyataan selama beberapa tahun terakhir.

Berkat Artificial Intelligence, AI, atau kecerdasan buatan, robotika atau robotics (baca pengertian lengkap dari apa itu robotics di sini), otomatisasi (automation), dan teknologi canggih lainnya, umat manusia sudah dapat menangkap data, menjelajahi konsep, dan membuat produk lebih efisien daripada sebelumnya.

Peningkatan teknologi, mekanisasi (mechanization), dan digitalisasi memiliki dampak yang tidak dapat disangkal pada manufaktur seperti yang kita kenal.

Manufaktur sekarang adalah salah satu industri yang paling berteknologi tinggi dan mutakhir saat ini, penuh dengan inovator dan pencipta berbakat.

Di dalamnya, ada banyak spesialisasi digital yang berbeda yang dapat Anda kejar.

Seperti misalnya, permesinan CNC, yang merupakan metode komputerisasi untuk membuat barang.

Yup! Salah satu jalur yang kurang dikenal, tetapi muncul dengan cepat di bidang manufaktur, adalah mekatronik.

Berdasarkan hal tersebutlah, dalam postingan kali ini Kami akan mengulas secara lebih detail terkait apa itu pengertian dari mechatronics (mekatronika), jenis bidang, serta macam komponennya.

Mari kita simak!

Pengertian Mechatronics

Berarti mekatronika (dalam bahasa Indonesia), mechatronics adalah jenis teknik yang berfokus pada kombinasi sistem mekanik, komputer dan listrik.

Insinyur mekatronika atau yang dikenal dengan istilah mechatronics engineer berspesialisasi dalam teknik listrik dan mekanik dan dapat bekerja dalam berbagai pekerjaan di berbagai disiplin ilmu.

Selain itu, mengacu pada sumber simpulan pengertian dan definisi Kami yang bersumber dari Situs Techtarget, mechatronics adalah cabang teknik yang berfokus pada perancangan, pembuatan, dan pemeliharaan produk yang memiliki komponen mekanis dan elektronik.

Terkait awal mulanya sendiri (akan kita bahas lebih lanjut di bagian sejarahnya), istilah ini diciptakan pada tahun 1969 oleh insinyur, pakar, atau ahli bernama Tetsuro Mori untuk menggambarkan sinergi yang ada antara sistem kontrol listrik dan mesin mekanik yang mereka atur.

Sejak itu, arti dari istilah tersebut telah diperluas untuk mencakup integrasi beberapa disiplin ilmu lainnya, termasuk teknik komputer, teknik sistem dan pemrograman.

Apa itu Mekatronika?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Mekatronika Dan Mechatronics Engineering Sejarah Awal Mula Serta Tujuan Dan Fungsi Mereka
Ilustrasi Gambar Apa Itu Mekatronika Dan Mechatronics Engineering Sejarah Awal Mula Serta Tujuan Dan Fungsi Mereka

Oke, jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan mekatronika?

Ya! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan mechatronics secara global.

Mekatronika (mechatronics) sendiri sebenarnya merupakan studi multidisiplin antara teknik mesin, teknik elektro, dan pemrograman atau yang dikenal dengan istilah programming (baca pengertian dari programming di sini) oleh anak IT.

Ke-3 (tiga) kajian utama tersebut diramu sedemikian rupa dan diterapkan secara utuh guna menjawab permasalahan dunia nyata (real-world) saat ini.

Singkatnya, teknik mekatronika akan membantu Anda untuk dapat memproduksi produk-produk pintar (baik untuk keperluan rumah tangga maupun industri) seperti robot.

Yup! Aplikasi mekatronika sendiri, pastinya sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi mekatronika dapat dilihat dari berbagai hal.

Sama seperti penerapannya di dunia industri, aplikasi mekatronika dalam kehidupan sehari-hari juga dibuat untuk mempermudah hidup Anda.

Sebagai contoh, misalnya seperti saat kita sedang berfoto selfie, autofokus di smartphone (baca pengertian dan arti smartphone di sini) juga jadi bukti nyata produk mechatronics (mekatronika).

Selain itu, ada beberapa contoh produk lainnya seperti sistem pengereman anti terkunci, mesin fotokopi, pintu otomatis, dan masih banyak lagi.

Bagi kalian yang sangat menyukai bidang teknologi, pasti tahu juga tentang robot vakum otomatis yang sering digunakan oleh keluarga modern saat ini bukan?

Atau juga, coba ingat lampu malam LED pintar, yang bisa menyala otomatis saat cuaca mulai gelap, dan mati saat cuaca cerah.

Benar! Kedua produk tersebut juga merupakan produk hasil rekayasa mekatronika dalam kehidupan sehari-hari!

Apa itu Mechatronics Engineering?

Dalam bidang ini, ada juga istilah kunci atau penting lainnya yang perlu kita ketahui, yakni mechatronics engineering.

Teknik mekatronika atau mechatronics engineering ini adalah bidang teknik yang mencakup berbagai disiplin ilmu termasuk teknik komputer, mekanik, dan elektronik.

Baca Juga :  Memahami Pengertian HTML5: Apa itu? Sejarah, Tujuan, Manfaat, API Javascript, Elemen dan Atribut Baru serta Perbedaannya dengan HTML4!

Jenis teknik ini berfokus pada sistem mekanik dan listrik dan dapat menggabungkan penggunaan sistem komputer, robotika, sistem kontrol, elektronik, dan telekomunikasi.

Terkait contoh dan implementasinya, yaitu seperti produk yang telah dirancang menggunakan teknik mekatronika, termasuk seperti DVD, sistem pengereman anti-lock mobil dan harddisk komputer.

Yup! Sementara masing-masing produk ini mekanis, mereka membutuhkan komputer dan sistem kontrol listrik untuk berfungsi.

Sejarah Awal Mechatronics

Agar kita dapat lebih memahami terkait apa itu mechatronics, dan apa sebenarnya arti mekatronika itu, maka tentunya kita harus memahami tentang sejarah awal mereka terlebih dahulu.

Seperti yang sudah Kami singgung di atas, istilah mechatronics atau mekatronik diperkenalkan ke terminologi teknis (lihat macam-macam terminologi teknis oleh RM Digital) oleh perusahaan Jepang Yaskawa Elektric Corporation (perusahaan yang didirikan pada tahun 1915) dan sejak tahun 1971 telah dilindungi sebagai nama dagang (trade name).

Mekatronika pada periode awal mula mereka dipahami sebagai kegiatan desain dan konstruksi yang melibatkan masuknya komponen dan sistem elektronik ke struktur fungsional berbagai mekanisme presisi.

Pada tahun 1982, Yaskawa Elektric Co. mengundurkan diri dari perlindungan paten merek dagangnya dan mulai sekarang kita semua dapat menggunakan istilah ini.

Hari ini, sekarang ini, khususnya di tahun 2022 kini, istilah mechatronics berarti kegiatan rekayasa mekatronik termasuk merancang, menguji dan mengoperasikan mesin dan peralatan, di mana terdapat integrasi fungsional tingkat tinggi dari sistem mekanik dengan elektronik dan kontrol komputer.

Sebagaimana yang sudah Kami sebutkan pada bagian pengertian dan apa itu mekatronika di atas, mechatronics secara khusus merupakan bidang interdisipliner, menggabungkan secara sinergis pengetahuan klasik teknik mesin, hidrolika, pneumatik, elektronik, optik dan ilmu komputer.

Dalam berbagai sumber literatur dapat ditemukan beberapa definisi mekatronika, hampir semuanya menekankan pada integrasi fungsional aktuator mekanik dengan elektronika dan kontrol komputer.

Mekatronik mencakup perangkat elektronik yang dapat diprogram dan sistem elektromekanis untuk tertanam, struktur terdistribusi dari sensor, sinyal pemrosesan, aktuator, dan komunikasi.

Tujuan dan Fungsi dari Mechatronics (Mekatronik)

Selain membahas pengertian mechatronics dan sejarah di dalamnya, di sini secara spesifik kita juga akan membahas untuk tujuan dan fungsi dari mekatronik.

Oke, mekatronika dapat dimasukkan ke dalam berbagai industri dan mendukung berbagai aplikasi.

Tujuan utama dari mekatronik adalah untuk meningkatkan fungsionalitas sistem teknis dan penciptaan konsep baru mesin dan peralatan dengan “kecerdasan buatan” bawaan (default-nya).

Meskipun bidang mekatronika paling umum ditemukan di industri manufaktur (termasuk produksi barang konsumsi, barang industri, otomotif, elektronik, dan lain sebagainya), mekatronik juga memainkan peran penting dalam perawatan kesehatan, transportasi, dan banyak bidang lainnya.

Terkait fungsinya sendiri, di bawah ini adalah beberapa tempat mekatronik di mana mechatronics difungsikan atau digunakan:

  • Otomatisasi robot
  • Otomatisasi rumah dan gedung
  • Mesin yang digerakkan oleh komputer
  • Sistem pencitraan medis
  • Bedah robotik
  • Visi dan inspeksi mesin
  • Berbagai sistem penginderaan dan kontrol
  • Kontrol suhu atau kelembaban
  • Teknik otomotif
  • Desain dan produksi dengan bantuan komputer (seperti Computer Numerical Control atau CNC)
  • Bidang angkutan

Ya, seperti yang kalian lihat, karena mekatronik digunakan di banyak industri dan aplikasi yang berbeda, disiplin ini cocok diterapkan secara luas di jalur karir yang beragam.

Jenis Bidang serta Tipe Pekerjaan dalam Mechatronics

Ilustrasi Gambar Jenis Macam Tipe Mechatronics Bidang Dan Pekerjaannya Serta Macam Macam Komponen Utamanya
Ilustrasi Gambar Jenis Macam Tipe Mechatronics Bidang Dan Pekerjaannya Serta Macam Macam Komponen Utamanya

Dalam membahas tentang pengertian mechatronics, untuk memahaminya lebih dalam, maka kita juga perlu untuk mengetahui apa saja jenis bidang serta terkait tipe pekerjaan yang adalah dalam ilmu mekatronika.

Benar! Ada beberapa karir berbeda yang dapat dikejar oleh seorang insinyur mekatronik atau mechatronics engineer.

Berikut ini adalah beberapa jenis tipe bidang mechatronics yang pada umumnya dilakukan oleh seorang insinyur mekatronik:

  • Automotive Engineering (Teknik Otomotif)
  • Project Engineer (Teknis Proyek)
  • System Engineering (Rekayasa Sistem)
  • Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)
  • Instrumentation Engineering (Rekayasa Instrumentasi)

a. Automotive Engineering (Teknik Otomotif)

Jenis mechatronics dan tipe pekerjaan yang pertama yaitu ada di bidang automotive engineering atau teknik otomotif.

Seorang insinyur otomotif seringkali menganalisa pengembangan dan peningkatan kendaraan termasuk mobil, van, bus, truk dan sepeda motor.

Sebagai seorang insinyur otomotif, Anda dapat menggunakan keterampilan teknik mekatronik Anda untuk merancang mekanisme dan sistem kendaraan.

Insinyur otomotif juga bekerja untuk memecahkan masalah dalam sistem kendaraan yang ada serta mengawasi pembuatan mobil.

b. Project Engineer (Teknik Proyek)

Jenis mechatronics dan tipe pekerjaannya yang berikutnya yaitu adalah project engineer atau teknik proyek.

Seorang insinyur proyek, project engineer, atau project manager (baca pengertian project manager di sini) mengawasi tim teknik di seluruh desain dan pembuatan proyek teknik mesin atau teknis.

Insinyur proyek biasanya bekerja dengan semua pihak yang terkait dengan proyek termasuk pemangku kepentingan dan tim.

Baca Juga :  Ini Dia Pengertian Mention: Apa itu @Mentions? Cara Melacak, Menafsirkan dan Tips Meresponnya dalam Media Sosial!

Mereka bertanggung jawab langsung untuk perencanaan, penganggaran dan personil proyek selama durasi proyek rekayasa.

c. System Engineering (Rekayasa Sistem)

Kemudian, ada juga jenis bidang dan pekerjaan terkait dalam system engineering atau teknisi/rekayasa sistem.

Insinyur sistem terutama bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara efisiensi sistem dan proses.

Mereka dapat bekerja di berbagai bidang termasuk perangkat lunak, pengembangan produk, dan manufaktur.

Tujuan seorang insinyur sistem adalah menciptakan sistem yang dapat mengembangkan produk dari awal hingga akhir dengan sedikit atau tanpa campur tangan manusia.

d. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)

Dalam jenis dan bidang pekerjaan mechatronics untuk software engineering atau rekayasa perangkat lunak, seorang insinyur perangkat lunak adalah seorang profesional yang menggunakan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak untuk mengembangkan, merancang dan membangun perangkat lunak untuk diimplementasikan terhadap mekatronika.

Jenis perangkat lunak umum yang dapat dikembangkan oleh insinyur ini meliputi middleware, aplikasi bisnis, video dan permainan komputer, serta sistem kontrol jaringan.

Seorang insinyur perangkat lunak juga dapat bekerja sebagai insinyur aplikasi dengan merancang, menginstal dan memelihara program komputer dan aplikasi untuk bisnis.

Seorang insinyur perangkat lunak juga dapat disebut sebagai pengembang perangkat lunak atau yang dikenal dengan istilah software developer, pemrogram komputer (computer programmer), atau ilmuwan komputer (computer scientist).

e. Instrumentation Engineering (Rekayasa Instrumentasi)

Jenis dan tipe mechatronics serta bidang pekerjaan terkait di dalam mekatronika terakhir yang akan Kami jelaskan di sini yaitu adalah instrumentation engineering atau teknik/rekayasa instrumentasi.

Sebuah insinyur teknik instrumentasi bertanggung jawab untuk merancang, memasang dan memelihara mesin dan sistem kontrol dalam pengaturan manufaktur.

Yup! Mereka juga dapat mengawasi dan mengelola tim yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan sistem kontrol yang sudah dirancang dan diterapkan.

Adapun produk umum yang dapat dirancang oleh insinyur instrumentasi termasuk monitor glukosa darah, detektor asap, dan sensor mesin.

Insinyur jenis ini dapat bekerja di berbagai industri dan dapat dipekerjakan oleh organisasi yang mencakup perusahaan biomedis, kontraktor pertahanan, lembaga pemerintah, dan perusahaan teknik swasta.

Macam-Macam Komponen Utama Mechatronics (Mekatronika)

Dalam membahas tentang mechatronics, tentunya juga merupakan hal yang penting bagi Kami untuk menjelaskan apa saja macam-macam komponen utama yang terdapat di dalam mekatronika ini.

Oke, sebelumnya, perlu Kami perjelas terlebih dahulu bahwa dalam definisi, khususnya menurut pakar atau ahli bernama Stephen Amato dan profesor pengajar untuk Bachelor of Science in Mechatronics di Northeastern University menjelaskan bahwa mekatronik adalah bidang yang menggabungkan berbagai jenis teknik, semuanya terintegrasi ke dalam satu bidang studi teknis.

Dengan begitu, dapat kita sebutkan bahwa mekatronika adalah kombinasi sinergis dari rekayasa presisi, kontrol elektronik dan sistem mekanik.

Betul! Ini adalah sains, yang ada di antarmuka di antara 5 (lima) disiplin ilmu lainnya yang menjadi macam-macam komponen utama di dalamnya seperti:

True! Ini adalah salah satu bidang teknologi dan sains yang paling dinamis terkait dalam perkembangannya dan secara spesifik, dalam dijelaskan dalam penguraian berikut.

mekatronik = mekanika + elektronika + komputasi

rifqimulyawan.com

Contoh Mechatronics serta Implementasi Mekatronik

Ilustrasi Gambar Contoh Mechatronics Serta Kenapa Mekatronika Penting Di Masa Depan Mendatang
Ilustrasi Gambar Contoh Mechatronics Serta Kenapa Mekatronika Penting Di Masa Depan Mendatang

Baik, sekarang kalian pastinya sudah dapat gambaran luas tentang apa itu mekatronika bukan?

Khususnya setelah membaca penjelasan pengertian, apa itu mechatronics dan engineering beserta sejarah awalnya.

Untuk lebih memperdalam pembahasan kita, sekarang, mari kita lihat seperti apa contoh mechatronics pada umumnya.

Sebagai perluasan dan penyempurnaan sistem mekanis dengan sensor dan mikrokomputer yang merupakan aspek terpentingnya, fakta bahwa sistem seperti itu menangkap perubahan di lingkungannya oleh sensor seperti implementasi sensor networks (baca pembahasan pengertian sensor networks di sini), dan bereaksi terhadap sinyalnya menggunakan pemrosesan informasi yang sesuai, membuatnya berbeda dari mesin konvensional.

Contoh sistem mekatronik adalah robot, mesin pembakaran yang dikontrol secara digital, peralatan mesin dengan alat yang dapat beradaptasi sendiri, bantalan magnet bebas kontak, kendaraan berpemandu otomatis, dan lain sebagainya.

Tipikal untuk produk semacam itu adalah banyaknya pengetahuan sistem dan perangkat lunak yang diperlukan untuk desainnya.

Selanjutnya, dan sebagai suatu hal yang paling penting, perangkat lunak telah menjadi bagian integral dari produk itu sendiri, yang diperlukan untuk fungsi dan operasinya.

Yup! Hal ini sepenuhnya dibenarkan untuk mengatakan perangkat lunak telah menjadi “elemen mesin” yang sebenarnya.

Kenapa Mechatronics atau Mekatronika itu Penting di Masa Depan Mendatang?

Oke, jadi apa yang menjadikan mechatronics atau mekatronika ini sebagai suatu hal yang penting, khususnya di masa depan mendatang?

Seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya di atas, mekatronik meningkatkan dunia manufaktur, satu solusi otomatis pada satu waktu.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian SM Bus: Apa itu System Management Bus Controller? Sejarah, Fungsi, Protokol dan Cara Mengatasi Masalah Umumnya pada Komputer!

Hal tersebut membuat produksi lebih terjangkau bagi produsen, dan membuat barang berkualitas lebih tinggi bagi konsumen, lebih cepat daripada waktu tradisional.

Mekatronika telah menjadi bagian terpadu dari manufaktur modern untuk alasan ini, dan belum lagi, telah membantu menghasilkan sistem mekanik-listrik seperti sistem rem anti-lock di mobil.

Mechatronics engineering atau insinyur mekatronika, umumnya dikenal sebagai teknisi mekatronik (mechatronics technician) atau teknisi elektro-mekanik (electro-mechanics technician), adalah jantung di balik pekerjaan itu.

Mereka menggabungkan pengetahuan mereka tentang teknologi mekanik dan sirkuit listrik untuk memajukan manufaktur.

Para profesional ini bertanggung jawab untuk mengoperasikan, menguji, dan memelihara peralatan otomatis, robotik, atau elektromekanisnya.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Mechatronics Engineer (Insinyur Mekatronik)

Benar! Di bidang teknologi yang makin berkembang saat ini, pastinya banyak juga peluang karir di dalam bidang mekatronika.

Untuk cara menjadi seorang mechatronics engineer, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kalian ambil untuk mengejar karir sebagai insinyur mekatronik:

  1. Memperoleh gelar minimal sarjana; Sebagian besar negara bagian mengharuskan Anda memiliki minimal gelar sarjana agar memenuhi syarat untuk bekerja sebagai insinyur mekatronik. Jurusan umum untuk insinyur mekatronik termasuk teknik mekatronik, teknik mesin, robotika atau bidang terkait. Ini biasanya program 4 (empat) hingga 5 (lima) tahun dan memberikan siswa pengetahuan tentang prinsip-prinsip teknik dasar yang terkait dengan industri mekatronik, di mana skripsi (baca pengertian dari skripsi di sini) adalah tahapan akhirnya.
  2. Dapatkan pengalaman kerja terkait; Banyak pengusaha membutuhkan calon insinyur mekatronik potensial untuk memiliki beberapa tahun pengalaman bekerja di industri yang sama baik sebagai magang atau sebagai insinyur. Bekerja atau magang dalam otomatisasi, produksi pabrik atau area terkait dapat memberikan pengalaman langsung yang berharga. Selain itu, untuk menerima sertifikasi untuk bekerja secara mandiri sebagai insinyur mekatronik, Anda kemungkinan akan diminta untuk memiliki minimal empat tahun pengalaman bekerja sebagai seorang insinyur.
  3. Bersertifikat; Ada berbagai sertifikasi yang dapat Anda kejar untuk memajukan karir Anda sebagai insinyur mekatronik. Semua sertifikasi ini biasanya ditawarkan melalui institut manufaktur mesin.

Kesimpulan

Baik, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan Pengertian Mechatronics, Apa itu Mekatronika? Tujuan, Fungsi, Jenis Bidang Pekerjaan, Macam Komponen, Contoh, serta Kenapa itu Penting di Masa Depan di atas.

Jadi, sekarang dapat kita simpulkan bahwa mekatronika atau mechatronics adalah bidang teknik interdisipliner yang menggabungkan teknik mesin dan listrik dan ilmu komputer.

Sistem mekatronik tipikalnya mengambil sinyal dari lingkungan, memprosesnya untuk menghasilkan sinyal keluaran, dan mengubahnya menjadi, sebagai contoh misalnya seperti gaya, gerakan, dan tindakan.

Pekerjaan seorang insinyur mekatronik akan bervariasi menurut majikan dan tempat kerja.

Beberapa merancang, mengembangkan, dan mengelola sistem rekayasa teknologi tinggi dan otomatis.

Orang lain mungkin menerapkan solusi tersebut untuk pembuatan produk konsumen, seperti kamera.

Kadang-kadang, mereka akan bertanggung jawab untuk mempelajari dan menguji kelayakan dan manfaat kinerja peralatan mekatronik baru.

Teknik mekatronika di Indonesia sendiri bisa dibilang sebagai studi baru dan banyak sekali peluang yang bisa Anda ambil dengan mempelajari ilmu mekatronika.

Teknik mekatronik sebenarnya cukup luas, otomasi industri menjadi target utama bidang kerja mahasiswa teknik mekatronik.

Di sana, Anda dapat menjadi insinyur/teknisi robotika, insinyur otomasi, insinyur desain elektronik, insinyur desain sistem kontrol/pemecahan masalah (troubleshooter), dan banyak lagi.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Mechatronics, Apa itu Mekatronika? Tujuan, Fungsi, Jenis Bidang Pekerjaan, Macam Komponen, Contoh, serta Kenapa itu Penting di Masa Depan.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi komputer, pemrograman, dan mekatronika.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian Saya, Rifqi, Terima Kasih.

1 Komentar

  1. Terima kasih min. Artikel ini sangat membantu untuk mengetahui apa itu Mechatronics, dan juga dilengkapi dengan pengertiannya, sejarah, tujuan, fungsi, jenis bidang pekerjaan, macam komponen dan contoh, serta pentingnya Mechatronics.

Tinggalkan Komentar