Mengenal Pengertian Serial Number: Apa itu Nomor Seri? Tujuan dan Fungsi, Macam-Macam Letak dan Bagaimana Cara Menemukannya!

0
Gambar Pengertian Serial Number Apa Itu Nomor Seri Atau SN Tujuan Dan Fungsi Jenis Dan Macam Macam Letak Serta Bagaimana Cara Menemukannya Dalam Perangkat Kita
Gambar Pengertian Serial Number Apa Itu Nomor Seri Atau SN Tujuan Dan Fungsi Jenis Dan Macam Macam Letak Serta Bagaimana Cara Menemukannya Dalam Perangkat Kita

Tahukah Kalian, Pengertian Serial Number, Apa itu Nomor Seri? Tujuan dan Fungsi, Macam-Macam Letak serta Bagaimana Cara Menemukannya! Benar, perlu kalian ketahui bahwa, nomor seri secara umum adalah nomor atau kelompok nomor dan huruf unik yang digunakan untuk masing-masing hardware (perangkat keras) atau software (perangkat lunak). Betul! Bukan hanya itu saja, hal-hal lain yang ada di sekitar kita juga bisa memiliki nomor seri, termasuk uang kertas dan dokumen serupa lainnya.

Selain itu juga, gagasan di balik nomor seri adalah agar dapat mempermudah ketika mengidentifikasi item tertentu, seperti halnya finger print atau sidik jari mengidentifikasi orang tertentu. Alih-alih beberapa nama atau angka yang menentukan seluruh jajaran produk, nomor seri dimaksudkan untuk memberikan nomor unik pada satu perangkat pada satu waktu. Terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian serial number. Baiklah, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian Serial Number

Sering dikenal dan disingkat sengan serial no., SN atau S/N, serial number adalah nomor unik yang digunakan untuk keperluan identifikasi dan inventaris.

Nomor seri memungkinkan perusahaan mengidentifikasi produk dan mendapatkan informasi tambahan tentangnya, untuk penggantian, atau sebagai cara untuk menemukan komponen yang kompatibel.

Karena seral number (nomor seri) ini terbilang unik, mereka dapat digunakan untuk mengidentifikasi perangkat tertentu, dimana hal ini juga sesuai berdasarkan sumber Kami dari Situs Computerhope.

Maka dari itu, ketika Anda mendaftarkan produk secara online, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk memasukkan serial number atau nomor seri produk bersamaan dengan beberapa informasi lainnya.

Apa Itu Nomor Seri atau SN?

Gambar Apa Itu Nomor Serti Atau SN Serta Apa Tujuan Dan Fungsinya
Gambar Apa Itu Nomor Serti Atau SN Serta Apa Tujuan Dan Fungsinya

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan nomor seri ini? Benar, seperti ang sudah Kami jelaskan di atas, istilah ini sering dikenal dengan akronim atau sebutan serial number.

Nomor seri adalah nomor atau kelompok nomor dan huruf unik yang digunakan untuk masing-masing perangkat keras atau perangkat lunak.

Nomor seri dari hardware (perangkat keras) seperti komputer biasanya tertanam di perangkat, sedangkan untuk software (perangkat lunak) memiliki virtual serial number (nomor seri virtual) yang kadang-kadang diterapkan pada pengguna yang akan menggunakan perangkatnya.

Dengan kata lain, nomor atau serial number yang digunakan untuk program perangkat lunak dan application (baca pengertian application disini) terikat pada pembeli, bukan salinan spesifik dari program tersebut.

Baca Juga :  Mari Pahami Pengertian CBIS: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Komponen dan Contohnya!

Sebagaimana yang sudah Kami jelaskan sebelumnya, istilah serial number atau nomor seri ini sering disingkat menjadi hanya S/N atau SN saja, terutama ketika kata itu merupakan kata pendahulu (yang mendahului) nomor seri aktual pada sesuatu.

Perlu kalian ketahui bahwa nomor seri juga kadang-kadang, walaupun tidak sering, juga disebut sebagai serial code atau kode serial.

Tujuan dan Fungsi Serial Number atau Nomor Seri

Setelah kita mengetahui apa itu arti dan yang dimaksud dengan serial number (SN) atau nomor seri, pastinya kita juga harus mengetahui apa tujuan dan fungsi terkait penggunaannya bukan?

Ya, seperti yang sudah Kami singgung di atas, nomor seri atau SN ini adalah berupa kode yang terdiri dari sejumlah huruf atau angka, yang diberikan kepada suatu produk atau serangkaian produk.

Ini bertujuan untuk mengidentifikasi tempat dan waktu pembuatan, menentukan legalitas asalnya, dan kadang-kadang juga fitur-fitur perangkat, seperti berupa warna atau kapasitas storage atau penyimpanannya.

Untuk kebanyakan smartphone (baca apa itu yang dimaksud smartphone disini) yang berdasarkan nomor seri, Kami pribagi biasanya dapat memeriksa banyak informasi tentang ponsel.

Anda pasti juga sering dapat memeriksa tanggal pembuatan, negara asal atau masa garansinya bukan?

Ya, serial code atau nomor seri tidak memiliki struktur seperti nomor IMEI.

Setiap pabrikan menugaskannya sesuai dengan skema dan mendefinisikannya dengan berbagai fitur dan karakteristiknya.

Terkait penggunaanya sendiri, Serial Number (SN) ini berfungsi untuk membantu produsen melacak produk mereka.

Sebagai contoh misalnya, jika perusahaan membuat produk yang sama di beberapa fasilitas, setiap lokasi dapat menggunakan rentang nomor seri yang berbeda.

Pabrikan juga dapat menggunakan rentang nomor seri yang berbeda untuk periode waktu yang berbeda.

Fungsi ini membantu dengan kontrol kualitas di berbagai lokasi dan waktu.

Sebagai contoh misalnya ketika suatu produk dipanggil atau ditarik kembali, mereka para pabrikan dapat memberikan serangkaian nomor seri untuk perangkat yang terpengaruh.

Macam-Macam Letak Serial Number (Nomor Seri)

Gambar Jenis Dan Macam Letak Serial Number Dalam Pengertian Nomor Seri Serta Bagaimana Cara Itu Diperoleh Atau Ditemukan
Gambar Jenis Dan Macam Letak Serial Number Dalam Pengertian Nomor Seri Serta Bagaimana Cara Itu Diperoleh Atau Ditemukan

Agar lebih memahami tentang apa itu arti Serial Number (SN) atau nomor seri ini, maka adalah merupakan hal yang penting bagi Kami untuk juga menjelaskan jenis dan macam letaknya.

Sebelumnya, harus kalian ketahui bahwa tidak ada format standar untuk serial code (nomor seri) ini.

Sebagai gantinya, gaya atau konvensi dipilih oleh masing-masing produsen.

Beberapa nomor seri hanya menyertakan angka, sementara nomor serial yang lain adalah berupa alfanumerik atau alphanumeric

(baca selengkapnya apa itu alphanumeric disini) yang artinya termasuk huruf dan angka.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian IDE: Apa itu Integrated Development Environment? Sejarah, Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Contoh serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Juga, adalah hal umum untuk sebuah nomor seri untuk mengecualikan huruf “O” untuk menghindari kebingungan dengan angka “0”.

Untuk jenis dan macam letaknya, dalam dunia teknologi, umumnya tempat peletakan nomor serial ini biasanya dapat ditemukan dalam hardware dan software.

Di bawah ini merupakan penjelasan daripada masing-masing jenis dan macam letak serial number (nomor seri) atau SN ini.

1. Hardware (Perangkat Keras)

Jenis dan macam letak serial number yang pertama adalah pada hardware (perangkat keras).

Serial number (nomor seri) untuk perangkat perangkat keras seperti komputer atau printer hampir selalu dapat ditemukan di bagian bawah atau belakang perangkat.

2. Software (Perangkat Lunak)

Letak berikutnya adalah pada software (perangkat lunak), untuk serial number perangkat lunak, mereka juga dikenal sebagai nomor identifikasi produk dan CD Key (kunci CD).

Mereka dapat diakses dengan masuk ke website dari perangkat lunak tersebut dengan akun pengguna yang diverifikasi, atau mungkin terdaftar di paket fisik perangkat lunak, atau terdapat pada kotak CD/DVD.

Bagaimana Cara Menemukan Serial Number (SN)?

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan dan menemukan serial number (nomor seri) atau SN produk yang kita miliki?

Jika kalian yang sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang bertanya-tanya darimana serial number ini diperoleh, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat!

Mengapa? Ya! Tentu saja karena Kami juga akan menjelaskannya disini!

Oke, sebagaimana penjelasan apa itu yang dimaksud serial number serta artinya di atas, nomor seri ini sering dicetak dan dapat diperoleh dari bagian belakang atau bawah perangkat elektronik.

Dimana hal itu membuatnya tidak terlihat menarik, akan tetapi juga sulit ditemukan.

Nomor dapat dicetak pada label atau diukir pada perangkat keras itu sendiri.

Ketika mencarinya, penting bagi kalian untuk mencari istilah seperti “nomor seri atau serial number“, “nomor servis atau services number” dan juga”SN” karena mungkin ada nomor lain yang terdaftar, seperti ID produk, ID jaringan, atau misalnya seperti UPC.

Banyak perangkat elektronik menyimpan nomor seri secara permanen di dalam ROM perangkat.

Hal ini memungkinkan Anda untuk melihatnya menggunakan software atau perangkat lunak.

Sebagai contoh misalnya, Anda dapat mencari nomor seri komputer dengan melihat properti komputer di Windows atau pada bagian “about this computer” pada MacOS.

Selain itu, Anda dapat melihat serial number atau nomor seri smartphone Anda dengan cara:

Masuk ke pengaturan>tentang

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat melihat SN perangkat periferal dengan menghubungkannya ke komputer atau TV dengan kabel USB atau HDMI.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Meta Element: Apa itu Meta Tag? Fungsi, Jenis dan Contoh serta Tips dan Cara Menggunakannya untuk SEO!

Dalam software (perangkat lunak), istilah serial number (nomor seri) juga dapat digunakan secara sinonim dengan “activation key atau kunci aktivasi)”.

Namun, cara seperti ini menjadi kurang umum dalam beberapa tahun terakhir karena hal tersebut lebih mudah untuk di-patch serta di-crack.

Kesimpulan

Baiklah, Kami rasa sudah cukup jelas untuk sekarang. Jadi, berdasarkan pembahasan dan penjelasan mengenai Pengertian Serial Number, Apa itu Nomor Seri? Tujuan dan Fungsi, Macam-Macam Letak serta Bagaimana Cara Menemukannya di atas, dapat Kita simpulkan bahwa, nomor seri, SN atau serial number adalah pengidentifikasi unik yang umumnya diberikan secara bertahap atau berurutan ke suatu item, untuk mengidentifikasinya secara unik serta Nomor Seri ini juga tidak harus berupa angka. Serial Number (SN) adalah nomor unik atau serangkaian karakter yang mengidentifikasi suatu produk.

Meskipun produk apa pun mungkin memiliki nomor seri, produk tersebut umumnya umum untuk elektronik, seperti komputer, perangkat mobile (seluler), dan peralatan audio dan video. Nomor seri iasanya menautkan perangkat tertentu ke nama atau akun Anda, yang bermanfaat untuk tujuan garansi dan untuk permintaan dukungan teknis yang mungkin Anda miliki saat menggunakan produk.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Serial Number, Apa itu Nomor Seri? Tujuan dan Fungsi, Macam-Macam Letak serta Bagaimana Cara Menemukannya. Semoga apa yang telah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan Kita semua. Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom Komentar di bawah ini atau Hubungi Kami pada halaman Kontak untuk informasi lebih lanjut.

Jangan lupa like, share dan subscribe blog serta YouTube Kami untuk pembaruan artikel serta video belajar teknologi dan informasi lainnya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar