Pengertian SEA (Search Engine Advertising): Cara Kerja dan Manfaatnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian SEA Apa Itu SEA atau Search Engine Advertising Cara Kerja SEA dan Manfaat SEA
Ilustrasi Gambar Pengertian SEA Apa Itu SEA atau Search Engine Advertising Cara Kerja SEA dan Manfaat SEA

Sebenarnya apa itu pengertian SEA (Search Engine Advertising)? Jika upaya SEO Anda tidak membuahkan hasil pertimbangkan untuk menambahkan SEA (Search Engine Advertising) atau Iklan Mesin Pencari untuk membangun merek dan basis pelanggan Anda lebih cepat.

Meskipun SEO membutuhkan waktu, pemasaran mesin pencari atau SEM (Search Engine Marketing) memungkinkan Anda menghemat waktu dan secara otomatis muncul di depan audiens target yang aktif mencari produk dan layanan seperti milik Anda.

Pengertian SEA (Search Engine Advertising) atau Iklan Mesin Pencari?

SEA adalah kepanjangan dari Search Engine Advertising atau Iklan Mesin Pencari (juga dikenal sebagai iklan pencarian, iklan pencarian Internet, atau iklan pencarian online) memungkinkan Anda untuk langsung menampilkan iklan berbayar di antara hasil pencarian di berbagai mesin pencari, seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Pengiklan yang menggunakan iklan pencarian menunjukkan iklan mereka kepada pengguna yang secara aktif mencari kata kunci tertentu, dan mereka membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik. Jenis iklan PPC ini sangat efektif karena orang yang melakukan pencarian cenderung mengungkapkan banyak tentang niat mereka dengan permintaan pencarian mereka.

Bagaimana cara kerja SEA (Search Engine Advertising) atau Iklan Mesin Pencari?

Gambar Pengertian SEA Apa Itu SEA atau Search Engine Advertising Cara Kerja SEA dan Manfaat SEA
Gambar Pengertian SEA Apa Itu SEA atau Search Engine Advertising Cara Kerja SEA dan Manfaat SEA

SEA (Search Engine Advertising) atau Iklan Mesin Pencari beroperasi menggunakan sistem berbasis lelang, di mana pengiklan menawar kata kunci tertentu yang relevan dengan produk atau layanan mereka. Namun harus disebutkan bahwa tawaran dan klik berbeda. Hanya karena Anda dapat menawar $100 (dalam Dollar) untuk frasa kata kunci, tidak berarti Anda akan dikenakan biaya $100 untuk setiap klik iklan.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Media Sosial: Menurut Ahli, Sejarah, Fungsi, Tujuan, Jenis, Fitur dan Perbedaannya dengan Jejaring Sosial!

Pilihan kata kunci menentukan pencarian mana yang menampilkan iklan Anda, jadi tanpa riset kata kunci yang mendalam untuk mengidentifikasi istilah yang paling tepat, Anda berpotensi kehilangan audiens target Anda. Memilih kata kunci yang tepat (yang dengan volume tinggi dan persaingan rendah) juga dapat membuat peringkat iklan Anda lebih tinggi dan lebih murah.

Meskipun tawaran BPK kompetitif dan kata kunci yang sangat bertarget penting, Skor Kualitas Anda juga memainkan peran penting dalam peringkat SERP (posisi hasil pencarian) Anda.

Skor Kualitas menunjukkan seberapa baik iklan Anda memenuhi kebutuhan dan maksud pencarian audiens target Anda, dan digunakan oleh mesin pencari untuk memberikan hasil yang paling berguna kepada para pencari.

Manfaat memiliki strategi penerapan SEA (Search Engine Advertising)

Seperti yang sudah kita bahas pada pengertian SEA (Search Engine Advertising) di atas, adapun manfaat SEA (Search Engine Advertising) adalah sebagai berikut:

1. Implementasi yang cepat dan mudah

Menyiapkan kampanye iklan pencarian relatif cepat dan mudah. Ini sangat fleksibel dan dapat dikonfigurasi, dan biasanya dapat diatur hanya dalam beberapa jam. Selain itu, perubahan dapat dilakukan berdasarkan ad hoc, sehingga Anda dapat terus menyesuaikan konten Website, kata kunci, dan pengeluaran iklan berdasarkan perilaku audiens Anda.

Anda juga dapat mengimpor kampanye Iklan Google yang ada secara langsung ke Iklan Bing, jadi hanya dengan beberapa klik, kampanye Anda aktif dan berjalan tanpa harus membuat ulang semuanya dari awal.

2. Niat Pengguna yang Tinggi

Karena iklan pencarian didasarkan pada permintaan pencarian yang berfokus pada kata kunci, ia menawarkan iklan yang sangat bertarget kepada pengguna pencarian. Orang-orang memberi tahu Anda apa yang mereka minati, sehingga Anda menjangkau audiens yang tepat. Faktanya, satu survei menunjukkan bahwa 90% pencari tahu persis apa yang mereka cari, yang merupakan pertanda baik ketika Anda ingin mereka mengambil tindakan (membeli, mengunduh, mendaftar, dan lain sebagainya).

Juga, karena iklan pencarian berbayar sangat ditargetkan, mereka dianggap jauh lebih tidak mengganggu daripada jenis iklan lainnya. Dengan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengguna Internet, mereka dapat, pada gilirannya, secara substansial meningkatkan tingkat konversi dan ROI.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Email Marketing: Apa itu Pemasaran Email? Tujuan, Jenis, Manfaat serta Bagaimana Tips Melakukan dan Menjalankannya!

3. Hasil yang Cepat

Ada real estat terbatas untuk posisi teratas dalam hasil pencarian organik, dan mencapai posisi-posisi yang didambakan membutuhkan banyak pekerjaan SEO. Bahkan jika Anda berhasil sampai di sana, butuh waktu dan kesabaran yang luas. Namun, dengan membayar jalan Anda ke SERP (meskipun ruang juga terbatas di sini), jauh lebih cepat dan lebih mudah untuk mencetak posisi teratas.

4. Kesadaran Merek yang Lebih Besar

SEA (Search Engine Advertising) atau Iklan Mesin Pencari juga membantu meningkatkan kesadaran merek karena semakin tinggi peringkat iklan Anda, semakin akan terlihat. Ketika prospek menjadi lebih akrab dengan Anda dari waktu ke waktu mengenali Anda sebagai perusahaan yang relevan dan dapat dipercaya istilah pencarian mereka akan semakin terkait dengan produk, layanan, atau merek Anda.

Plus, ketika orang mengklik ke situs Anda, dan Anda memiliki piksel penargetan ulang, mereka akan terus melihat nama merek dan proposisi nilai Anda pada iklan bergambar.

5. Pengukuran dan Analisis yang Mendalam

Mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing memberi pengiklan data waktu nyata dan analisis pencarian berbayar sehingga kinerja kampanye dapat dengan mudah dilacak dan diukur. Melacak informasi bermanfaat dan mendalam, seperti:

  • Uang yang dihabiskan vs nilai yang dihasilkan
  • Total tayangan
  • RKT
  • BPK
  • Posisi Iklan rata-rata
  • Tingkat konversi
  • Biaya per konversi
  • Lokasi geografis calon pelanggan
  • Jenis perangkat apa yang mereka gunakan
  • Waktu rata-rata di halaman
  • Halaman apa yang mereka kunjungi di situs Anda

Elemen SEA (Search Engine Advertising) atau Iklan Mesin Pencari?

Berdasarkan pengertian SEA (Search Engine Advertising) di atas, di Bing dan Yahoo, SEA (Search Engine Advertising) atau Iklan Mesin Pencari biasanya muncul di atas, di bawah, atau di sebelah hasil pencarian organik. Itulah satu perbedaan utama antara Google dan mesin pencari lainnya karena Google hanya menampilkan iklan di atas dan di bawah hasil pencarian. Apa pun itu, iklan pencarian mencakup elemen-elemen kunci berikut:

  • Judul; yang harus memasukkan kata kunci yang relevan dan menarik perhatian karena merupakan komponen iklan terbesar dan paling terlihat.
  • URL Tayangan; terdiri dari domain URL final, subdomain opsional, dan bidang jalur, untuk memberikan kepada para pencari gagasan tentang ke mana mereka akan diambil begitu mereka mengklik (mudah-mudahan ke halaman arahan pasca-klik Anda). Di Google, Bing, dan Yahoo, URL tayangan berwarna hijau, langsung di bawah tajuk utama. Di Bing, mereka juga berani:
  • Teks Deskripsi; untuk menyorot detail terpenting tentang produk atau layanan Anda, dan meyakinkan pengguna mengapa mereka harus mengklik.
  • Ekstensi Iklan; seperti yang ada di iklan Yahoo di bawah ini, memungkinkan iklan Anda mengambil lebih banyak ruang dalam daftar hasil, meningkatkan visibilitasnya dan memungkinkan Anda memberikan lebih banyak informasi tentang produk atau layanan Anda. Untuk mendapatkan klik yang didambakan, setiap komponen harus bekerja bersama dan menggunakan pengalaman pasca-klik yang kuat, disorot oleh halaman arahan pasca-klik.
Baca Juga :  Ini Pengertian Crisis Management: Cara Kerja, Jenis, Ruang Lingkup, Contoh dan Cara Mengatasinya!

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian SEA (Search Engine Advertising), Cara Kerja dan Manfaatnya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi Kita semua dan dapat menambah wawasan Kita semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar