Pengertian Search Engine Marketing (SEM): Alat, Sektor dan Cara Kerja

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Search Engine Marketing (SEM)
Ilustrasi Gambar Pengertian Search Engine Marketing (SEM)

Pengertian Search Engine Marketing (SEM)

Apa itu SEM (Search Engine Marketing)? pengertian Search Engine Marketing (SEM) atau Pemasaran Mesin Pencari (dalam bahasa Indonesia) adalah proses di mana beberapa metode digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan paparan pasar untuk suatu merek, produk atau layanan.

Mekanisme Search Engine Marketing (SEM) meliputi Optimasi Mesin Pencari (SEO), Media Sosial, penempatan tawaran, bayar per klik (PPC), iklan kontekstual, inklusi berbayar, geomapping, AdSense dan AdWords, serta berbagai format media, seperti YouTube dan pemasaran geospesifik , seperti Foursquare.

Alat-Alat Search Engine Marketing (SEM)

Setelah mengetahui pengertian Search Engine Marketing (SEM) di atas, adapun alat-alat yang biasa digunakan dalam SEM ini, antara lain sebagai berikut:

a. Search Engine Optimization (SEO)

Memaksimalkan paparan hasil pencarian dengan menargetkan dan mengarahkan lalu lintas Web dan akhirnya memberikan peningkatan penjualan. Sebagian besar hasil halaman mesin pencari berasal dari pencarian yang tidak dibayar atau organik. SEO mengoptimalkan situs web untuk memastikan penempatan mesin pencari teratas, seperti Google, karena hanya 15 persen pencari yang melanjutkan melampaui halaman satu.

b. Social Media Marketing (SMM)

Berfokus pada branding, peningkatan reputasi dan layanan pelanggan yang ditingkatkan melalui jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube dan LinkedIn. Saluran SMM yang lebih kecil termasuk Digg, Delicious, Wikipedia, StumbleUpon dan MySpace. Jejaring sosial dikunjungi oleh total kolektif lebih dari satu miliar orang. Dengan demikian, bahkan upaya pemasaran yang paling sederhana, seperti iklan berbayar, menjangkau khalayak yang berpotensi besar.

Baca Juga :  Pengertian Reach (Jangkauan): Jenis dan Cara Meningkatkannya di Media Sosial

c. Pencarian Berbayar

Contoh pencarian berbayar termasuk tautan sponsor, iklan banner dan sidebar, di mana iklan yang dihasilkan secara kontekstual didasarkan pada hasil pencarian organik.

Sektor Search Engine Marketing (SEM)

SEM ini diwakili oleh sektor-sektor berikut:

  • Layanan konsultasi/pemasaran: 12%
  • Ritel: 10%
  • Layanan keuangan (termasuk asuransi): 8%
  • Teknologi Informasi, perangkat lunak atau Software, dan pendidikan: 70%

Cara SEM Meningkatkan Aktivitas Website

Mengacu pada pengertian Search Engine Marketing (SEM) di atas. SEM meningkatkan aktivitas Website dengan cara berikut:

  1. Melibatkan pengguna
  2. Mengelola lalu lintas atau Traffic
  3. Meningkatkan kesadaran dan reputasi merek
  4. Meningkatkan halaman hasil mesin pencari (SERP)
  5. Menjual produk atau layanan
  6. Menghasilkan prospek
  7. Menyediakan konten untuk tujuan penelitian
  8. Meningkatkan tingkat konversi

Cara Kerja Search Engine Marketing (SEM)

Ilustrasi Gambar Pengertian Search Engine Marketing (SEM)
Ilustrasi Gambar Cara Kerja Search Engine Marketing (SEM)

Mesin pencari menggunakan algoritma yang rumit untuk memastikan hasil yang paling relevan dikembalikan untuk setiap pencarian, termasuk lokasi dan informasi lain yang tersedia. Dalam iklan pencarian berbayar, iklan yang disponsori muncul di bagian atas dan di samping halaman hasil mesin pencari untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas dan keunggulan daripada hasil organik.

Katakanlah Anda adalah pelanggan yang mencari produk atau layanan online. Anda pergi ke mesin pencari dan ketik istilah pencarian Anda (juga dikenal sebagai kata kunci). Di halaman hasil pencarian Anda, Anda akan menemukan berbagai iklan perusahaan yang kata kunci cocok dengan kata kunci dalam pencarian Anda.

Iklan ini muncul di lokasi yang menonjol di halaman, bersama dengan daftar pencarian lain yang cocok dengan kata kunci Anda. Daftar berbayar sangat relevan dengan pencarian spesifik Anda, sehingga kemungkinan Anda akan mengkliknya. Sekarang mari kita lihat bagaimana SEM bekerja dari perspektif pemasar.

Baca Juga :  Pengertian SEO: Menurut Para Ahli, Tujuan, Cara Kerja dan Jenis-Jenis SEO Lengkap!

Jaringan SEM seperti operasi swalayan. Setelah seorang pemasar memilih jaringan, dia bisa mendapatkan kampanye dalam waktu singkat. Saat menyiapkan kampanye dalam jaringan SEM, pemasar diminta untuk:

  • Pilih satu set kata kunci yang terkait dengan situs web atau produk mereka;
  • Pilih lokasi geografis untuk iklan yang akan ditampilkan;
  • Buat iklan berbasis teks untuk ditampilkan dalam hasil pencarian;
  • Menawar harga yang bersedia mereka bayarkan untuk setiap klik pada iklan mereka.
  • Iklan hanya teks mudah diproduksi. Pemasar memasukkan judul, teks untuk badan iklan, ajakan untuk bertindak dan URL untuk hyperlink.

Pemasaran mesin pencari dianggap oleh banyak orang sebagai cara paling efisien untuk menghabiskan uang pemasaran.

Contoh Jaringan Iklan Pencarian

Dua jaringan pencarian utama yang ditargetkan oleh para profesional SEM adalah Google AdWords dan Iklan Bing.

a. Google AdWords

Sebenarnya adalah dua jaringan: Google Search Network dan Google Display Network. Jaringan pertama terdiri dari situs web terkait pencarian yang dimiliki oleh Google, sementara yang kedua mencakup properti seperti YouTube, Blogger, dan Gmail.

b. Bing Ads

Memungkinkan pelanggan untuk membeli iklan di jaringan situs web Yahoo dan jaringan Bing. Meskipun Google AdWords adalah jaringan yang jauh lebih besar (ukurannya sekitar 2x), harganya sering lebih rendah pada Iklan Bing. Pemasar mungkin bisa mendapatkan peringkat yang lebih baik untuk frasa kata kunci kompetitif dengan harga kurang dari yang didapat di Google. Dan beberapa melaporkan bahwa rasio klik-tayang juga lebih tinggi.

Penutup

Demikianlah ulasan Kami kali ini mengenai pengertian Search Engine Marketing (SEM) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kalian semua yang sedang Belajar Teknologi Informasi dan menambah pengetahuan Kita mengenai Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Baca Juga :  Pengertian Conversion (Konversi) dalam Digital Marketing dan Dasarnya

Tinggalkan Komentar