Mengenal Pengertian User Persona: Tujuan, Jenis, Manfaat dan Cara Mendesainnya serta Kenapa Anda Membutuhkannya!

0
Gambar Pengertian User Persona Apa Itu Kepribadian Atau Persona Pengguna Tujuan Jenis Manfaat Dan Langkah Cara Mendesainnya Serta Kenapa Anda Membutuhkannya Dalam Bisnis
Gambar Pengertian User Persona Apa Itu Kepribadian Atau Persona Pengguna Tujuan Jenis Manfaat Dan Langkah Cara Mendesainnya Serta Kenapa Anda Membutuhkannya Dalam Bisnis

Tahukah Anda, Pengertian User Persona, Apa itu Kepribadian atau Persona Pengguna? Tujuan, Jenis, Manfaat dan Langkah Cara Mendesainnya serta Kenapa Anda Membutuhkannya? Ya! Ketika Kami mulai belajar desain, Kami belum pernah mendengar tentang “kepribadian atau persona pengguna” dan tentu saja tidak tahu bagaimana cara meneliti atau menggunakannya secara efektif dalam proyek-proyek Kami. Perlu kalian ketahui bahwa dengan mengembangkan gambaran akurat tentang pelanggan Anda tidaklah memerlukan banyak uang dan upaya.

Ada waktu dan tempat untuk tools atau alat khusus, wawancara mendalam, dan kumpulan data yang rumit. Tetapi Anda juga dapat melakukan banyak hal dengan hanya dengan bertanya kepada pelanggan Anda, tiga pertanyaan akan memberi Anda gagasan yang cukup jelas tentang siapa yang Anda hadapi sehingga Anda dapat meningkatkan pengalaman situs web Anda untuk mereka. Dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian user persona atau kepribadian pengguna. Oke baiklah, berikut ini adalah ulasannya!

Pengertian User Persona

Berarti persona pengguna (dalam bahasa Indonesia) user persona adalah karakter semi-fiksi berdasarkan pelanggan Anda saat ini (yang ideal) berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs Hotjar.

Persona dapat dibuat dengan berbicara kepada pengguna dan mensegmentasi oleh berbagai data demografis dan psikografis untuk meningkatkan marketing atau pemasaran produk Anda.

Apa itu Kepribadian atau Persona Pengguna?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Kepribadian Atau Persona Pengguna Dan Jenisnya Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Kepribadian Atau Persona Pengguna Dan Jenisnya Dalam Membahas Pengertian Dan Artinya

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan kepribadian atau persona pengguna? Seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, istilah ini lebih dikenal dengan user persona dalam istilah global.

Kepribadian atau persona pengguna adalah representasi fiksi dari pelanggan ideal Anda.

Sebagai perancang user experience atau UX (baca pengertan UX disini) yang baik, Anda akan memulai proses desain dengan melakukan user research (riset pengguna), membangun empati dengan pengguna target Anda dan mengidentifikasi dengan tepat apa yang mereka butuhkan dari produk yang Anda desain.

Persona = Person (orang atau pengguna) + Activity (aktivitas)

Persona umumnya didasarkan pada penelitian pengguna ini dan menggabungkan kebutuhan, tujuan, dan pola perilaku yang diamati dari audiens target Anda.

Apa itu Persona?

Lalu, apa yang dimaksud dengan persona? Persona adalah orang atau karakter fiksi, yang Anda buat berdasarkan penelitian Anda untuk mewakili berbagai jenis pengguna yang mungkin menggunakan layanan, produk, situs, atau merek Anda dengan cara yang sama.

Membuat persona akan membantu Anda memahami kebutuhan, pengalaman, perilaku, dan tujuan pengguna Anda. Menciptakan kepribadian dapat membantu Anda keluar dari diri sendiri.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian BTX (Balanced Technology Extended), Sejarah, Fungsi dan Tujuannya

Ini dapat membantu Anda mengenali bahwa orang yang berbeda memiliki kebutuhan dan harapan yang berbeda, dan itu juga dapat membantu Anda mengidentifikasi dengan pengguna yang Anda rancang.

Persona membuat tugas desain (seperti web design) menjadi lebih mudah, memandu proses ide Anda, dan mereka dapat membantu Anda mencapai tujuan menciptakan pengalaman pengguna yang baik untuk kelompok pengguna target Anda.

Tujuan User Persona (Kepribadian Pengguna)

Dalam membahas mengenai apa arti user persona atau kepribadian pengguna, adalah merupakan hal yang penting bagi kita untuk mengetahui apa sebenarnya tujuan dari penggunaannya.

Begini, intinya adalah agar Anda dapat memahami bagaimana produk atau layanan. Apakah sudah benar-benar cocok dengan kehidupan pengguna dan pelanggan Anda.

Atan menentukan kesimpulan mengapa mereka membeli dan menggunakannya? Serta tindakan apa yang mereka coba selesaikan atau masalah apa yang mereka coba selesaikan?

Menanggapi jadwal proyek yang lebih pendek, personas adalah metode masuk untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna dengan cepat.

Dengan menggunakan data (baca pengertian data disini) yang bersifat real (nyata) untuk mengembangkan pengguna arketipikal, tim dapat merancang persona dengan keyakinan bahwa mereka juga akan memenuhi kebutuhan basis konsumen yang lebih luas.

Jenis-Jenis User Persona

Setelah mengetahui apa pengertian dari user persona dan apa itu kepribadian pengguna di atas, pastinya kita juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis mereka.

Persona lebih dari sekadar orang, mereka mencerminkan pola perilaku, sikap, keahlian, motivasi, dan sasaran nyata pengguna sasaran dalam domain produk.

a. Goal-Directed Personas

Jenis persona yang pertama adalah yang berdasarkan pada tujuan atau goal directed personas, ini adalah untuk memeriksa proses dan alur kerja yang lebih disukai pengguna Anda untuk mencapai tujuan (baca pengertian tujuan disini) mereka.

Setelah dirasa sudah cukup melakukan penelitian, sekarang lanjutkan untuk merancang untuk tujuan tersebut.

b. Role-Based Personas

Berikutnya adalah jenis persona berdasarkan peran atau role-based personas. Pemeriksaan peran yang biasanya dimainkan pengguna di kehidupan nyata dapat membantu menginformasikan keputusan desain produk yang lebih baik.

c. Engaging Personas

Selanjutnya ada persona yang melibatkan atau engaging personas. Idenya adalah untuk membuat rendering 3D pengguna yang benar-benar melalui penggunaan personas.

Semakin banyak orang terlibat dengan orang tersebut dan kita melihatnya sebagai hal yang “real atau nyata” maka itu semakin baik dan membuat kita cenderung mempertimbangkan mereka selama desain agar dapat melayani mereka dengan produk terbaik.

Persona ini menguji emosi pengguna, psikologi mereka, latar belakang mereka dan membuat mereka relevan dengan tugas yang ada.

d. Fictional Personas

Jenis yang terakhir adalah persona fiksi atau fictional personas. Fiksi persona tidak muncul dari hanya melakukan user research (riset pengguna) saja, itu muncul dari pengalaman tim desain UX.

Baca Juga :  Apa Itu Pengertian CNR (Communication and Networking Riser): Sejarah, Tujuan dan Fungsinya

Hal ini mengharuskan tim untuk membuat asumsi berdasarkan interaksi masa lalu mereka dengan basis pengguna dan produk untuk memberikan gambar atau gambaran.

Manfaat User Persona (Persona Pengguna)

Ilustrasi Gambar Manfaat Dari User Persona Atau Kepribadian Pengguna Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Manfaat Dari User Persona Atau Kepribadian Pengguna Dalam Penjelasan Pengertiannya

Berdasarkan penjelasan arti user persona (kepribadian pengguna) di atas, kita dapat memahami salah satu manfaat utamanya terutama ketika dilakukan dengan benar, personas sangat berguna untuk membantu Anda mengembangkan dan meningkatkan bisnis Anda.

Adapun beberapa manfaat menggunakan user persona atau kpribadian pengguna yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut:

  • Membantu anggota tim membagikan pemahaman spesifik dan konsisten tentang berbagai kelompok audiens (baca pengertian audience disini).
  • Data tentang kelompok dapat dimasukkan ke dalam konteks yang tepat dan dapat dipahami dan diingat dalam cerita yang koheren atau terkait.
  • Solusi yang diajukan dapat dipandu oleh seberapa baik mereka memenuhi kebutuhan persona pengguna perorangan.
  • Fitur dapat diprioritaskan berdasarkan seberapa baik mereka memenuhi kebutuhan satu atau lebih persona.
  • Memberikan “wajah” manusia untuk menciptakan empati bagi orang-orang yang diwakili oleh demografi.

Langkah dan Cara untuk Mendesain User Persona

Kemudian untuk tips langkah dan cara mendesain persona yang baik, berdasarkan data yang Anda analisis, mulailah buat satu persona pengguna sederhana yang mewakili bagian terbesar dari basis pengguna Anda, dan identifikasi hal-hal seperti:

  • Demografis utama pengguna.
  • Tujuan utamanya.
  • Keraguan atau kekhawatiran utama yang menjadi penghalang pengguna untuk membeli.

Kemudian untuk cara membangun dan mendesain user persona yang baik dan harus kalian ketahui, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mulai dengan mengumpulkan data.
  • Bentuk hipotesis.
  • Terapkan hipotesis tersebut dalam tim Anda.
  • Tetapkan jumlah persona terakhir.
  • Jelaskan dan gambarkan personas.
  • Persiapkan situasi dan skenario untuk persona atau kepribadian Anda.
  • Mendapatkan penerimaan dari hasil dalam organisasi adalah yang terpenting.
  • Buat penyesuaian terus-menerus, revisi deskripsi secara berkala dan perbarui personas Anda.

Mengapa Anda Membutuhkan Persona?

Jika Anda yang sedang membaca tulisan Kami yang membahas tentang pengertian user persona atau kepribadian pengguna disini dan kebetulan kalian sedang bertanya-tanya kenapa kita membutuhkannya, maka Anda berada ditempat yang tepat.

Kenapa, tentu saja karena disini Kami juga akan membahasnnya! Ya, baik Anda sedang mengembangkan aplikasi smartphone (ponsel cerdas) atau situs web yang responsif untuk seluler, sangat penting untuk memahami siapa yang akan menggunakan produk.

Untuk menyelesaikan masalah pengguna yang real (nyata), Anda harus memiliki pernyataan masalah yang jelas dalam pikiran Anda.

Untuk menulis pernyataan masalah ini, Anda harus terlebih dahulu memahami pengguna dan kebutuhan mereka.

Mengetahui audiens Anda akan membantu memengaruhi fitur dan elemen desain yang Anda pilih, sehingga membuat produk Anda lebih bermanfaat.

Baca Juga :  Mengenal Perangkat Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis dan Macam serta Penjelasannya!

Kami biasanya mengklarifikasi siapa saja yang ada dalam audiens target Kami dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Siapa pelanggan ideal saya?
  • Apa pola perilaku pengguna Saya saat ini?
  • Apa kebutuhan dan tujuan pengguna Saya?
  • Apa masalah dan poin kekurangan apa yang mereka hadapi saat ini dalam konteks yang diberikan?

Memahami kebutuhan pengguna Anda sangat penting untuk mengembangkan produk yang sukses.

Persona yang terdefinisi dengan baik akan memungkinkan Anda mengidentifikasi dan mengkomunikasikan kebutuhan pengguna secara efisien.

Persona juga akan membantu Anda menggambarkan individu yang menggunakan produk Anda, yang sangat penting untuk keseluruhan proposisi nilai Anda.

User persona membantu dalam menyusun strategi dan membuat keputusan desain yang cerdas.

Mereka membuat pengguna nyata berkesan bagi tim produk, membantu memfokuskan upaya dan membangun empati.

Kesimpulan

Baiklah, berdasarkan penjelasan dan pembahasan Pengertian User Persona, Apa itu Kepribadian atau Persona Pengguna? Tujuan, Jenis, Manfaat dan Langkah Cara Mendesainnya serta Kenapa Anda Membutuhkannya di atas, dapat kita simpulkan bahwa kepribadian pengguna atau user persona adalah karakter fiktif yang digunakan untuk mewakili audiens target nyata. Mereka digunakan untuk merangkum dan mengkomunikasikan penelitian tentang audiens yang spesifik dengan cara yang ringkas dan mudah dicerna. Ini merupakan hal yang penting dalam membantu Anda merancang produk Anda untuk memenuhi kebutuhan pengguna Anda

Persona pengguna akan memiliki satu set dunia nyata dan data relevan yang terkait dengannya, seperti usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, keluarga, status perkawinan, status keuangan, ciri-ciri kepribadian, motivasi, tujuan, dan banyak lagi hal-hal yang lainnya.

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas mengenai Pengertian User Persona, Apa itu Kepribadian atau Persona Pengguna? Tujuan, Jenis, Manfaat dan Langkah Cara Mendesainnya serta Kenapa Anda Membutuhkannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui istilah-istilah teknologi terutama yang berkaitan dengan UX atau user experience.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman, kerabat dan bahkan rekan bisnis Anda sekalipun. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar