Pengertian Bounce Rate (Tingkat Pentalan) dan Cara Menurunkannya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Bounce Rate (Tingkat Pentalan) dan Cara Menurunkannya
Ilustrasi Gambar Pengertian Bounce Rate (Tingkat Pentalan) dan Cara Menurunkannya

Sebenarnya, apa itu Bounce Rate (Tingkat Pentalan) dan pengertian Bounce Rate (Tingkat Pentalan? bahas berdasarkan sumber resmi. Definisi “rasio pentalan”, menurut Google, adalah persentase sesi satu halaman yaitu sesi di mana orang tersebut meninggalkan situs Anda dari halaman masuk tanpa berinteraksi dengan halaman. Mari kita buat menjadi sedikit lebih sederhana. Rasio pentalan didefinisikan sebagai persentase pengunjung situs web yang mengklik tombol kembali atau meninggalkan situs Anda tanpa mengunjungi halaman apa pun selain halaman yang pertama kali mereka kunjungi.

Jika seseorang “bounce” atau “memantul” (dalam artian pengunjung Anda tersebut keluar) dari situs Anda, itu tidak berarti mereka tidak membaca konten Anda atau melihat apa yang ada di halaman Anda. Ini adalah salah satu kesalahpahaman terbesar tentang Pengertian Bounce Rate (Tingkat Pentalan). Semua itu artinya pengunjung tersebut hanya melihat satu halaman ini di situs Anda, dan tidak membuka halaman lainnya. Itu disebut “bouncing” hanya karena mereka mungkin kembali (“bouncing”) ke hasil pencarian, baik untuk melihat opsi lain atau untuk lebih sempit menargetkan permintaan mereka.

Jika pengunjung datang ke situs Anda melalui pencarian Google dan mengunjungi setidaknya satu halaman lagi sebelum mengklik tombol kembali di browser mereka, mereka akan dihitung dalam metrik laju keluar alih-alih rasio pentalan.

Cara Mengetahui (Bounce Rate) Tingkat Pentalan

Setelah mengetahui tentang Pengertian Bounce Rate (Tingkat Pentalan) di atas, kita juga harus tahu juga tentang Cara Mengetahui Bounce Rate (Tingkat Pentalan). Anda dapat menemukan rasio pentalan untuk situs web Anda, serta masing-masing halaman individual Anda, dengan mengakses Google Analytics dan meninjau informasi dalam bagian Audiens, Akuisisi, dan Perilaku.

Baca Juga :  Pengertian CTR (Click-Through Rate): Fungsi dan Cara Meningkatkannya

Cara terbaik untuk melihat informasi terperinci tentang rasio pentalan di situs web Anda misalnya, rasio pentalan halaman tertentu yaitu adalah mengakses Perilaku, Konten Situs, dan Semua Halaman. Dari layar ini, Anda dapat mencari atau menelusuri halaman yang ingin Anda tinjau, dan mengubah tanggal laporan Anda untuk mengetahui berapa rata-rata rasio pentalan halaman tersebut.

Penyebab Tingkat Pentalan yang Tinggi

Jika rasio pentalan Anda di atas 40%, ini mungkin bukan alasan untuk langsung khawatir. Kami akan melihat sekarang pada beberapa alasan yang benar untuk rasio pentalan yang lebih tinggi, maka kami akan mengatasi masalah yang mungkin terjadi.

1. Traffic yang Dibayar Atau dari Media Sosial

Jika Anda mengambil persentase lalu lintas yang tinggi dari Media Sosial atau iklan berbayar, ini dapat memengaruhi tingkat pentalan rata-rata Anda, karena pengunjung ini cenderung memiliki tingkat pentalan yang lebih tinggi.

Meskipun lalu lintas penelusuran berbayar normal untuk memantul pada tingkat yang lebih tinggi daripada lalu lintas Organik, dalam contoh ini, rasio pentalan persis dua kali lipat. Ini menunjukkan bahwa penargetan iklan perlu dilihat. Biasanya, iklan menarik lalu lintas yang tidak memenuhi syarat (mungkin mereka menunjukkan frasa yang tidak relevan dengan bisnis), atau halaman arahan tidak melakukan pekerjaan yang baik untuk mengubah lalu lintas menjadi pelanggan.

2. Posting Blog yang Mengenai Traffic

Anda akan tahu bahwa menulis postingan blog yang luar biasa dapat memberi Anda banyak traffic. Tapi, lalu lintas ini sering kali mencari lalu lintas informasi, daripada pengunjung dengan niat komersial (untuk melakukan transaksi) yang tinggi. Jadi, lalu lintas ke posting blog cenderung memiliki rasio pentalan yang lebih tinggi daripada lalu lintas ke beranda Anda, atau halaman inti lainnya di situs.

3. Banyaknya Traffic Mobile

Pengunjung pada perangkat seluler memantul lebih banyak, jadi jika situs web Anda menerima persentase tinggi lalu lintas dari Mobile atau Smartphone ini akan memengaruhi tingkat pentalan rata-rata Anda.

Baca Juga :  Pengertian Conversion (Konversi) dalam Digital Marketing dan Dasarnya

Perhatikan bagaimana situs ini menerima hampir 65% lalu lintas dari perangkat seluler dan tablet. Anda juga akan melihat bagaimana lalu lintas dari seluler memantul pada 53%, yang membawa tingkat pentalan rata-rata hingga 44%. Rasio pentalan seluler ini sebenarnya tidak terlalu buruk sama sekali, terutama mengingat jumlah lalu lintas Media Sosial yang didapat situs ini, jadi sementara pemilik situs selalu dapat mencari lebih banyak cara untuk membuat lalu lintas seluler bertahan lebih lama, kenyataannya adalah mereka sedang melakukan pekerjaan yang cukup bagus. Tingkat pentalan desktop sebesar 30% sangat sehat dan menunjukkan bahwa lalu lintas memenuhi syarat dan situs tersebut tentu User-Friendly.

Penyebab Bounce Rate yang Rendah

1. Referral Atau Bot Spam

Situs web Anda sering dirayapi oleh bot. Beberapa bagus dan ramah (Googlebot merayapi situs Anda untuk membaca konten Anda dan memutuskan di mana peringkat Anda), sementara yang lain jahat dan jahat (beberapa bot mencari konten untuk dikikis dan dimasukkan ke situs spam). Kadang-kadang, aktivitas bot ini diambil oleh Google Analytics dan benar-benar dapat mengubah angka Anda, karena lalu lintas bot sering dapat memiliki rasio pentalan 0% atau 100%.

Jika kita mengklik lalu lintas rujukan untuk memeriksanya lebih dekat, kita melihat bahwa sebagian besar lalu lintas rujukan ini sebenarnya dari dua bot. Anda akan melihat rasio pentalan lalu lintas ini sangat tinggi karena bukan pengunjung asli. Ini telah memiringkan tingkat pentalan lalu lintas rujukan, dan karenanya, tingkat pentalan rata-rata situs.

2. Kesalahan Konfigurasi

Kesalahan konfigurasi Analytics dapat menyebabkan beberapa perayaan yang sangat singkat di antara pemilik situs senang mengetahui bahwa total 0% pengunjung mereka memantul dari situs web mereka.

Cara Menurunkan Bounce Rate

Ilustrasi Gambar Pengertian Bounce Rate (Tingkat Pentalan) dan Cara Menurunkannya
Ilustrasi Gambar Cara Menurunkan Bounce Rate (Tingkat Pentalan)

Mengacu pada pengertian Bounce Rate (Tingkat Pentalan) dan penyebabnya di atas. Sekarang setelah kami mengetahui jenis rasio pentalan yang kami targetkan dan kami telah menetapkan penyebab paling umum dari rasio pentalan tinggi, mari kita lihat beberapa cara untuk mengurangi rasio pentalan dan meningkatkan keterlibatan dengan website Anda.

Untuk lebih jelasnya berikut Kami uraikan secara lengkap:

Baca Juga :  Pengertian Router: Fungsi Router, Cara Kerja dan Jenis Router Lengkap

1. Permak Navigasi Website

Navigasi yang jelas membawa orang ke tempat yang mereka inginkan. Navigasi yang jelas membawa orang-orang ke tempat yang mereka inginkan, secepat mungkin dan dengan stres dan pemikiran minimum.

2. Manfaatkan Beranda Anda dengan Baik

Untuk mengatur adegan dan menyalurkan niat pengunjung. Pikirkan beranda Anda sebagai orang yang membantu check-in di hotel. Orang yang check-in memiliki dua pekerjaan:

  • Temukan reservasi Anda dan buat Anda merasa di rumah (ini adalah tempat saya seharusnya)
  • Memberitahu Anda ke mana harus pergi berikutnya, apakah ini kamar Anda, area lounge untuk minum-minum, atau restoran (Ini adalah tempat saya harus pergi berikutnya) dan lain sebagainya

3. Buat CTA (Call to Action) di setiap halaman

Ingatlah bahwa orang tidak selalu memasuki situs Anda melalui beranda mereka akan sering masuk melalui subhalaman Anda. Anda harus membuat sesuatu misalnya seperti pop-up yang akan menampilkan aksi (CTA ) yang menarik. Maka itu akan membuat pengunjung anda tambah betah.

4. Percepat situs web Anda

Menurut Kissmetrics, 47% orang mengharapkan halaman dimuat dalam dua detik, sementara 40% meninggalkan situs web yang membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk memuat. Studi yang dilakukan oleh SOASTA ini menemukan bahwa tambahan satu detik waktu muat pada perangkat seluler meningkatkan rasio pentalan sebesar 56%.

Jadi, kompres gambar menggunakan Shortpixel, perkecil dan kompres JS dan CSS Anda, dan pastikan server Anda tajam.

5. Tombol Popup atau obrolan dapat mengurangi pantulan

Cara yang tepat untuk melakukan popup adalah mengatur waktu agar muncul ketika seseorang akan meninggalkan situs Anda. Saat mereka menggerakkan kursor untuk keluar dari jendela, sebuah popup yang ditargetkan dengan baik memberi Anda satu kesempatan terakhir untuk menyimpan sesi dan menggoda mereka kembali untuk lebih.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini mengenai Pengertian Bounce Rate (Tingkat Pentalan) dan Cara Menurunkannya Secara Lengkap. Semoga tulisan ini dapat berguna dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam Istilah-Istilah Teknologi dalam Belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar