Pengertian Affiliate Marketing (Pemasaran Digital): Contoh dan Cara Kerja

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Affiliate Marketing (Pemasaran Digital)
Ilustrasi Gambar Pengertian Affiliate Marketing (Pemasaran Digital)

Pengertian Affiliate Marketing (Pemasaran Afiliasi)

Jadi, apa itu Affiliate Marketing (Pemasaran Affiliasi) dan apa itu Pengertian Affiliate Merketing atau Pemasaran Afiliasi? Affiliate Marketing atau Pemasaran afiliasi adalah taktik penjualan online yang memungkinkan pemilik produk meningkatkan penjualan dengan memungkinkan orang lain menargetkan audiens yang sama “afiliasi” dengan tujuan untuk mendapatkan komisi dengan merekomendasikan produk kepada orang lain. Pada saat yang sama, memungkinkan afiliasi untuk mendapatkan uang dari penjualan produk tanpa membuat produk sendiri.

Biaya untuk pelanggan yang membeli produk atau layanan melalui afiliasi sama dengan membeli langsung dari pemilik produk. Sementara pemilik produk menghasilkan lebih sedikit uang per penjualan karena mereka harus membayar persentase dari penjualan kepada afiliasi, mereka juga menjangkau pelanggan potensial yang mungkin tidak akan mereka jangkau sendiri. Afiliasi dapat memperoleh komisi atas pembelian satu kali atau pendapatan berulang melalui penjualan berlangganan atau program keanggotaan.

Contoh Website yang Menggunakan Affiliate Marketing (Pemasaran Afiliasi)

Terkadang merupakan ide bagus untuk benar-benar melihat beberapa kisah sukses dalam pemasaran afiliasi untuk benar-benar memahami konsep “pemasaran afiliasi”. Di bawah ini saya telah memasukkan beberapa contoh nyata dari situs web yang menghasilkan ribuan dolar per bulan/hari, dengan pemasaran afiliasi.

1. HuffingtonPost.com

Banyak blogger juga telah menerbitkan lebih banyak dari koleksi tradisional dari tulisan mereka, yang memungkinkan beberapa peluang pemasaran afiliasi dalam setiap potongan online mereka. Secara khusus, tautan afiliasi ke pengecer online dapat dimasukkan sebagai bagian dari artikel penulis atau posting blog.

Baca Juga :  5 Tips Mendesain Aplikasi Mobile Pertama Anda yang Baik

2. TopTenSelect.com

Situs ulasan produk populer ini mengulas berbagai jenis produk Amazon dan mengkompilasinya ke dalam tabel perbandingan dan 10 daftar teratas. Situs ini tampaknya didanai terutama oleh program pemasaran afiliasi, Amazon Associates, dan hanya mencari untuk mendapatkan traffic dari satu saluran pemasaran (Google). Konten di situs ini komprehensif dan memberi pengguna nasihat bagus tentang produk apa yang sepadan dengan uang.

3. Dodoburd.com

Situs review dan ulasan hadiah gila yang sangat populer lainnya, dodoburd tidak hanya mendapatkan traffic organik dari Google tetapi mereka juga memiliki permainan Pinterest yang kuat. Semua posting mereka dioptimalkan untuk digunakan di Pinterest dan kontennya komprehensif dan ditulis dengan baik. Sebuah contoh yang bagus dari pemasaran konten yang mendorong pertumbuhan pendapatan afiliasi yang sangat besar.

Cara Kerja Affiliate Marketing (Pemasaran Afiliasi)

Ilustrasi Gambar Pengertian Affiliate Marketing (Pemasaran Digital)
Ilustrasi Gambar Cara Kerja Affiliate Marketing (Pemasaran Digital)

Mengacu pada pengertian Affiliate Marketing (Pemasaran Afiliasi) di atas setelah diterima dalam program Affiliate Marketing atau Pemasaran Afiliasi, pemasar menerima URL unik yang menyertakan ID afiliasi mereka. Mereka membagikan URL unik itu dengan pelanggan, pengunjung situs, dan jejaring sosial melalui tautan teks atau iklan. Ketika seseorang mengklik tautan itu, perangkat lunak afiliasi merekam klik itu dan setiap penjualan produk yang dihasilkan di akun afiliasi. Ketika komisi mencapai ambang yang ditentukan sebelumnya, afiliasi dibayar.

Cara untuk Menjadi Seorang Afiliasi

Pemasar dapat menjadi afiliasi dengan beberapa cara yang antara lain sebagai berikut:

  • Mendaftar untuk menjadi afiliasi di situs ritel atau ecommerce. Shopify, misalnya, memiliki program afiliasi yang memungkinkan pemasar mendapatkan komisi pada pelanggan Shopify baru.
  • Survei pelanggan yang ada untuk mempelajari produk atau layanan favorit mereka dan kemudian menghubungi perusahaan-perusahaan tersebut untuk menanyakan tentang program afiliasi. Misalnya, konsultan pemasaran bisnis kecil dapat menjadi afiliasi dari manajemen daftar email dan layanan distribusi.
  • Mencari online untuk produk yang relevan dengan situs pemasar dan akan menarik bagi audiens target. Sebagian besar perusahaan yang menawarkan program afiliasi menunjukkan bahwa dengan tautan “Afiliasi” atau “Mitra” di bagian bawah halaman beranda situs mereka.
  • Mencari produk afiliasi potensial di manajer program afiliasi yang meliputi Commission Junction, Clickbank, dan ShareASale.
Baca Juga :  Pengertian Semantic HTML: Manfaat dan Macam-Macam Tag Semantic

Menghasilkan Uang sebagai Pemasar Afiliasi

Bagaimana tepatnya seorang afiliasi menghasilkan uang? Percaya atau tidak, bisnis pemasaran afiliasi mungkin adalah salah satu yang paling menguntungkan yang mungkin Anda temui. Atur dengan benar, itu bisa sangat menguntungkan. Pembayaran afiliasi didasarkan pada komisi afiliasi dari perusahaan tempat mereka menjadi afiliasi atau dibayar melalui program pemasaran afiliasi atau jaringan seperti Shareasale atau Awin. Tombol, tautan, atau spanduk dari produk yang Anda coba jual mengandung ID pengguna unik Anda ketika Anda memasukkan kode HTML ke blog Anda yang membuat iklan muncul.

Ketika pengguna mengklik iklan, tautan atau gambar itu dan memilih untuk membeli produk, perusahaan akan diberitahu bahwa Anda adalah afiliasi yang mengarahkan mereka ke pembelian itu. Dengan demikian, Anda akan menerima komisi dari perusahaan karena bertanggung jawab dalam mengarahkan lalu lintas dan pelanggan baru ke situs website mereka.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini mengenai pengertian Affiliate Marketing (Pemasaran Digital) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama dalam belajar Istilah-Istilah Teknologi dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar