Pengertian Marketing Automation (Otomasi Pemasaran) dan Praktiknya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Marketing Automation (Otomasi Pemasaran)
Ilustrasi Gambar Pengertian Marketing Automation (Otomasi Pemasaran)

Pengertian Marketing Automation

Jadi apa itu Marketing Automation (Otomasi Pemasaran)? Marketing Automation atau Otomatisasi pemasaran adalah teknologi yang mengelola proses pemasaran dan kampanye multifungsi, di berbagai saluran, secara otomatis.

Dengan otomatisasi pemasaran, bisnis dapat menargetkan pelanggan dengan pesan otomatis melintasi email, website, media sosial, dan teks. Pesan dikirim secara otomatis, sesuai dengan set instruksi yang disebut alur kerja. Alur kerja dapat ditentukan oleh templat, dibuat khusus dari awal, atau dimodifikasi pada pertengahan kampanye untuk mencapai hasil yang lebih baik. Bagian pemasaran dan penjualan menggunakan otomasi pemasaran untuk mengotomatiskan kampanye pemasaran online dan kegiatan penjualan untuk meningkatkan pendapatan dan memaksimalkan efisiensi. Ketika otomasi digunakan secara efektif untuk menangani tugas yang berulang, karyawan bebas untuk mengatasi masalah tingkat tinggi, dan kesalahan manusia berkurang.

Otomasi Pemasaran atau Marketing Automation (dalam bahasa inggris) membantu menghasilkan, memimpin, memelihara, dan membuat skor, serta mengukur ROI keseluruhan pada kampanye. Efek menghemat waktu dan biaya dari otomatisasi meningkat ketika organisasi tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas. Sistem otomasi pemasaran yang baik dirancang untuk meningkatkan skala bersama bisnis Anda.

Apa yang dapat dilakukan Marketing Automation (Otomasi Pemasaran)?

Mengacu pada Pengertian Marketing Automation (Otomasi Pemasaran) di atas, dalam bentuknya yang paling mendasar, otomatisasi pemasaran adalah seperangkat alat yang dirancang untuk merampingkan dan menyederhanakan beberapa tanggung jawab yang paling memakan waktu dari peran pemasaran dan penjualan modern. Dari mengotomatiskan proses kualifikasi utama hingga menciptakan hub untuk pembuatan kampanye digital, otomasi adalah tentang menyederhanakan dunia bisnis yang tumbuh terlalu rumit, terlalu cepat.

Baca Juga :  Pengertian Clickbait: Ciri, Jenis Clickbait dan Dampaknya Secara Lengkap

Otomatisasi pemasaran memungkinkan Anda menerapkan strategi pemasaran digital tanpa harus menekan “kirim” secara manual pada setiap email, pesan, kampanye, atau posting yang Anda buat. Alat otomatisasi yang baik membantu Anda mengidentifikasi audiens Anda, merancang konten yang tepat, dan secara otomatis memicu tindakan berdasarkan jadwal dan perilaku pelanggan. Setelah kampanye Anda berjalan, Anda dapat fokus pada tugas-tugas lain, kemudian menganalisis dan mengubah rencana pemasaran Anda saat hasilnya mulai masuk. Strategi pemasaran otomatis dapat menghemat waktu dan sumber daya, mendorong pendapatan dan ROI sambil Anda fokus pada pengembangan bisnis Anda.

Cara Kerja Marketing Automation (Otomasi Pemasaran)

Anda mengumpulkan data pelanggan melalui banyak interaksi seperti email, kunjungan situs web, penggunaan aplikasi, di media sosial, dan sebagainya sebagaimana yang dijelaskan dalam Pengertian Marketing Automation (Otomasi Pemasaran) di atas. Data ini membantu menciptakan pandangan 360 derajat dari setiap pelanggan.

Dari sana, otomatisasi pemasaran melakukan semua pekerjaan yang menyederhanakan proses segmentasi dan penargetan untuk menentukan audiens yang tepat, dengan cepat dan dalam skala besar. Menyesuaikan pesan ke setiap pelanggan secara otomatis berdasarkan profil mereka. Membuat olahpesan yang relevan dan dipersonalisasi di email, seluler, sosial, pengalaman web, dan seterusnya dengan beberapa klik sederhana. Memberikan pengalaman yang dipersonalisasi untuk pelanggan Anda, apakah Anda memiliki 100 atau 100 juta, secara efisien dan efektif.

Praktik Merancang Strategi Marketing Automation (Otomasi Pemasaran)

Ilustrasi Praktik dalam Pengertian Marketing Automation
Ilustrasi Praktik dalam Marketing Automation (Otomasi Pemasaran)

Berikut adalah praktik terbaik yang perlu diingat ketika merancang strategi otomasi pemasaran Anda:

  • Tentukan dan sajikan tujuan Anda. Gunakan bilangan real untuk membenarkan investasi dalam platform otomasi pemasaran kepada para pemangku kepentingan Anda.
  • Berkolaborasi dengan tim lain. Strategi otomasi pemasaran Anda akan menyentuh beberapa tim di perusahaan Anda. Dapatkan input dan dukungan mereka sebelum Anda mulai.
  • Buat visualisasi proses. Gunakan diagram terperinci dari alur kerja otomasi pemasaran Anda untuk menyampaikan sasaran gambaran besar Anda ke seluruh organisasi Anda – secara efisien dan efektif.
  • Mempersiapkan segmentasi basis data. Pertimbangkan data pelanggan Anda. Pikirkan tentang siapa yang ingin Anda libatkan, dan mengapa.
  • Persiapkan strategi konten Anda. Bangun pustaka konten Anda. Buat perpesanan yang menarik, menarik, dan relevan yang dirancang untuk mencapai semua tahap siklus hidup pelanggan.
  • Rencanakan peluncuran yang lambat. Perusahaan otomasi pemasaran paling sukses di dunia mengejutkan peluncuran mereka. Tes awal dan optimalkan blok program berikutnya untuk memberikan diri Anda peluang sukses terbaik.
  • Analisis saat Anda pergi. Lihat apa yang berfungsi dan apa yang tidak. Gunakan sebagian waktu Anda kembali dari otomatisasi untuk menggali analitik dan membuat perubahan yang akan menumbuhkan bisnis Anda.
Baca Juga :  Ternyata Ini Pengertian Unicorn, Decacorn dan Hectocorn dalam Startup!

Penutup

Demikian ulasan singkat Kami kali ini mengenai Pengertian Marketing Automation (Otomasi Pemasaran) dan Praktiknya serta penjelasannya secara lengkap. semoga tulisan ini dapat bermanfaat terutama bagi Kalian yang sedang belajar Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam Belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar