Penjelasan Pengertian Marketing Automation: Apa itu Otomasi Pemasaran? Fungsi, Cara Kerja, Proses dan Bagaimana Praktiknya?

0
Gambar Pengertian Marketing Automation Apa Itu Otomasi Pemasaran Fungsi Seperti Apa Cara Kerja Proses Dan Bagaimana Praktiknya
Gambar Pengertian Marketing Automation Apa Itu Otomasi Pemasaran Fungsi Seperti Apa Cara Kerja Proses Dan Bagaimana Praktiknya

Tahukah Anda, Pengertian Marketing Automation, Apa itu Automasi Pemasaran? Fungsi, Cara Kerja, Proses dan Bagaimana Praktiknya? Ya! Perusahaan besar telah lama menemukan nilai dalam teknologinya, tetapi otomasi pemasaran bukan hanya untuk perusahaan besar saja. Faktanya, usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan segmen dengan pertumbuhan terbesar saat ini. Ribuan bisinis dan perusahaan bahkan yang terbilang lebih kecil daripada mereka yang sudah terlebih dahulu mengotomatisasinya, kini juga mulai menggunakannya. Selain itu, perjalanan pelanggan adalah jumlah pengalaman pribadi yang dipersonalisasi dengan merek Anda.

Dengan memanfaatkan praktik ini, maka Anda dapat menyesuaikan setiap interaksi berdasarkan data pelanggan untuk menciptakan perjalanan yang berkelanjutan dan mulus melalui setiap titik kontak brand atau merek. Tindakan ini menciptakan konten dan pesan yang relevan pada skala di banyak saluran. Mengirim pesan e-mail dengan konten dinamis yang dipersonalisasi jauh lebih baik daripada hanya menempel nama depan pelanggan di baris subjek. Oleh karena itu, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu marketing automation atau otomasi pemasaran ini. Langsung saja, berikut ini ulasannya!

Pengertian Marketing Automation

Berarti otomatisasi pemasaran, marketing automation adalah semua tentang menggunakan perangkat lunak untuk mengotomatiskan kegiatan pemasaran berdasarkan simpulan Kami yang bersumber dari Situs HubSpot.

Banyak departemen pemasaran mengotomatiskan tugas yang berulang seperti pemasaran e-mail, postingan media sosial, dan bahkan kampanye iklan tidak hanya demi efisiensi, tetapi sehingga mereka dapat memberikan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan mereka.

Untuk hal tersebutlah, teknologi (baca pengertian teknologi disini) otomatisasi pemasaran membuat tugas-tugas ini lebih mudah.

Apa itu Otomasi Pemasaran?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Otomasi Pemasaran Dalam Membahas Pengertian Marketing Automation
Ilustrasi Gambar Apa Itu Otomasi Pemasaran Dalam Membahas Pengertian Marketing Automation

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan otomasi pemasaran ini? Seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, pada penjelasan pengertian marketing automation, ini adalah teknologi yang mengelola proses pemasaran dan kampanye multifungsi, di berbagai channel atau saluran, secara otomatis.

Dengan otomatisasi pemasaran, bisnis dapat menargetkan pelanggan dengan pesan otomatis melintasi e-mail, website, media sosial, dan pesan teks. Pesan dikirim secara otomatis, sesuai dengan set instruksi yang disebutkan pada flow work atau alur kerja.

Alur kerja dapat ditentukan oleh template (baca pengertian template disini), dibuat khusus dari awal, atau dimodifikasi pada pertengahan kampanye untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Bagian pemasaran dan penjualan menggunakan otomasi pemasaran untuk mengotomatiskan kampanye pemasaran online dan kegiatan penjualan untuk meningkatkan pendapatan dan memaksimalkan efisiensi.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Cinta: Menurut Ahli dan Macam-Macam Maknanya!

Ketika otomasi digunakan secara efektif untuk menangani tugas yang berulang, para karyawan bebas dan hanya perlu mengatasi masalah tingkat tinggi, serta kesalahan manusia juga dapat dikatakan berkurang.

Otomasi pemasaran atau marketing automation (dalam bahasa Inggris) membantu menghasilkan, memimpin, memelihara, dan membuat skor, serta mengukur ROI keseluruhan pada kampanye.

Efek menghemat waktu dan biaya dari otomatisasi meningkat ketika organisasi tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas. Sistem otomasi pemasaran yang baik dirancang untuk meningkatkan skala bersama bisnis Anda.

Fungsi Marketing Automation (Otomasi Pemasaran)

Mengacu pada pembahasan apa itu pengertian marketing automation (otomasi pemasaran) di atas, dalam bentuknya yang paling mendasar, otomatisasi pemasaran adalah seperangkat alat yang dirancang untuk merampingkan dan menyederhanakan beberapa tanggung jawab yang paling memakan waktu dari peran pemasaran dan penjualan modern.

Terkait fungsinya sendiri, ini dimulai dari mengotomatiskan proses kualifikasi utama hingga menciptakan hub untuk pembuatan kampanye digital. Otomasi yang Kami maksud disini adalah tentang menyederhanakan dunia bisnis yang tumbuh terlalu rumit, bahkan terbilang terlalu cepat.

Otomatisasi pemasaran memungkinkan Anda menerapkan strategi pemasaran digital tanpa harus menekan “kirim” secara manual pada setiap e-mail, pesan, kampanye, atau postingan yang Anda buat.

Alat otomatisasi yang baik membantu Anda mengidentifikasi audiens (baca selengkapnya tentang pengertian audiens disini) Anda, merancang konten yang tepat, dan secara otomatis memicu tindakan berdasarkan jadwal dan perilaku pelanggan.

Setelah kampanye Anda berjalan, Anda dapat fokus pada tugas-tugas lain, kemudian menganalisis dan mengubah rencana pemasaran Anda saat hasilnya mulai masuk.

Strategi pemasaran otomatis dapat menghemat waktu dan sumber daya, mendorong pendapatan dan ROI sambil Anda fokus pada pengembangan bisnis Anda.

Cara Kerja Marketing Automation

Setelah kita mengetahui apa arti dan fungsi dari marketing automation (otomasi pemasaran), selanjutnya kita juga harus mengetahui seperti apa sebenarnya cara kerja mereka.

Agar kita dapat memahami cara kerjanya, misalkan seperti saat Anda mengumpulkan data pelanggan melalui banyak interaksi seperti e-mail, kunjungan situs web, penggunaan aplikasi, di media sosial (baca pengertian media sosial disini), dan sebagainya sebagaimana yang dijelaskan dalam pengertiannya di atas.

Adapun data (yang didapatkan) ini membantu kita dalam menciptakan pandangan 360 derajat dari setiap pelanggan. Dari sana, otomatisasi pemasaran melakukan semua pekerjaan yang menyederhanakan proses segmentasi dan penargetan untuk menentukan audiens yang tepat, dengan cepat dan dalam skala besar.

Menyesuaikan pesan ke setiap pelanggan secara otomatis berdasarkan profil mereka. Membuat olahpesan yang relevan dan dipersonalisasi di e-mail, seluler, sosial, pengalaman web, dan seterusnya dengan hanya beberapa klik sederhana. Maka ini akan bekerja dalam memberikan pengalaman yang dipersonalisasi untuk pelanggan Anda, secara efisien dan efektif.

Baca Juga :  Pengertian AMA (Ask Me Anything) pada Media Sosial (Reddit)

Proses Marketing Automation atau Otomasi Pemasaran

Dalam membahas mengenai pengertian otomasi pemasaran, tentu hal tersebut tidak terlepas dari bagaimana prosesnya bukan? Ya! Marketing automation membantu pemasar merampingkan generasi lead, segmentasi, pemeliharan dan penilaian timbal, pemasaran siklus hidup pelanggan, cross-sell dan up-sell, retensi pelanggan, serta pengukuran ROI pemasaran.

Beberapa praktik ini dimungkinkan dilakukan pada volume kecil tanpa software (perangkat lunak), walaupun pada dasarnya teknologi selalu menjadi penting dengan jumlah skala apa pun serta dengan meningkatnya jumlah saluran yang harus dikelola pemasar.

Terkait hal tersebut, perlu kalian ketahui bahwa secara khusus semua proses ini membutuhkan beberapa hal di bawah ini.

1. Database Pemasaran Pusat

Hal pertama yang terdapat dalam proses marketing automation adalah database pemasaran pusat. Tempat untuk semua data pemasaran Anda, termasuk prospek terperinci dan interaksi dan perilaku pelanggan.

Sehingga Anda dapat membagi dan menargetkan pesan yang tepat untuk setiap pelanggan. Anggap saja ini sebagai “sistem catatan” untuk semua informasi pemasaran Anda.

2. Mesin Pemasaran Engagement

Berikutnya adalah mesin pemasaran engagement (keterlibatan). Lingkungan untuk pembuatan, pengelolaan, dan otomatisasi proses pemasaran dan percakapan di saluran online dan offline.

Anggap ini sebagai “konduktor orkestra” untuk interaksi pelanggan Anda.

3. Mesin Analytics atau Analitik

Kemudian yang terakhir adalah alat atau mesin analytics (analitik). Ini merupakan cara Anda untuk menguji, mengukur, dan mengoptimalkan ROI pemasaran dan berdampak pada pendapatan.

Anggaplah ini sebagai tempat Anda pergi untuk memahami apa yang berhasil, apa yang tidak, dan di mana Anda dapat meningkatkan.

Praktik Merancang Strategi Marketing Automation

Ilustrasi Gambar Praktik Dalam Merancang Strategi Marketing Automation Atau Otomasi Pemasaran Dalam Penjelasan Pengertiannya
Ilustrasi Gambar Praktik Dalam Merancang Strategi Marketing Automation Atau Otomasi Pemasaran Dalam Penjelasan Pengertiannya

Dalam membahas marketing automation dan artinya, perlu kalian garis bawahi bahwa otomatisasi pemasaran adalah soal kemudahan penggunaan. Membuat kampanye dengan hanya satu klik. Kontrol semua aspek strategi pemasaran digital Anda di satu tempat.

Antarmuka pengguna yang disederhanakan dan fungsionalitas drag-and-drop atau seret-dan-lepas yang familiar dari aplikasi lain yang Anda gunakan setiap hari.

Selain itu, adapun beberapa praktik terbaik yang perlu diingat ketika merancang strategi marketing automation (otomasi pemasaran) yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Tentukan dan sajikan tujuan Anda; Gunakan bilangan real untuk membenarkan investasi dalam platform otomasi pemasaran kepada para pemangku kepentingan Anda.
  • Berkolaborasi dengan tim lain; Strategi otomasi pemasaran Anda akan menyentuh beberapa tim di perusahaan Anda. Dapatkan input dan dukungan mereka sebelum Anda mulai.
  • Buatlah visualisasi proses; Gunakan diagram terperinci dari alur kerja otomasi pemasaran Anda untuk menyampaikan sasaran gambaran besar Anda ke seluruh organisasi Anda, secara efisien dan efektif.
  • Mempersiapkan segmentasi database (basis data); Pertimbangkan data pelanggan Anda. Pikirkan tentang siapa yang ingin Anda libatkan, dan mengapa.
  • Persiapkan strategi konten Anda; Bangun pustaka konten Anda. Buat perpesanan yang menarik, menarik, dan relevan yang dirancang untuk mencapai semua tahap siklus hidup pelanggan.
  • Rencanakan peluncuran yang lambat; Perusahaan otomasi pemasaran paling sukses di dunia yaitu adalah dengan mengejutkan peluncuran mereka. Tes awal dan optimalkan blok program berikutnya untuk memberikan diri Anda peluang sukses terbaik.
  • Lakukan analisis saat Anda pergi; Lihat apa yang berfungsi dan apa yang tidak. Gunakan sebagian waktu Anda kembali dari otomatisasi untuk menggali analytics atau analitik dan membuat perubahan yang akan menumbuhkan bisnis Anda.
Baca Juga :  Pengertian Data Modelling: Apa itu Pemodelan Data? Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan serta Cara Memodelkan Data!

Kesimpulan

Bagaimana sudah cukup lengkap bukan? Baiklah, jadi berdasarkan penjelasan dan pembahasan mengenai Pengertian Marketing automation, Apa itu Automasi Pemasaran? Fungsi, Cara Kerja, Proses dan Bagaimana Praktiknya di atas, dapat kita simpulakan bahwa otomatisasi pemasaran atau marketing automation adalah kategori teknologi yang memungkinkan perusahaan untuk merampingkan, mengotomatisasi, dan mengukur tugas dan alur kerja pemasaran, sehingga mereka dapat meningkatkan efisiensi operasional dan menumbuhkan pendapatan lebih cepat.

Seperti kebanyakan teknologi, otomasi pemasaran terus berkembang. Ketika kita berhasil memanfaatkan dalam praktiknya, maka itu akan meningkatkan transaksi dan menghasilkan lebih banyak profit.

Penutup

Demikian ulasan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas tentang Pengertian Marketing automation, Apa itu Automasi Pemasaran? Fungsi, Cara Kerja, Proses dan Bagaimana Praktiknya. Semoga tulisan kali ini dapat bermanfaat terutama bagi Kalian yang sedang belajar istilah-istilah dalam dunia teknologi yang harus diketahui dalam belajar teknologi informasi.

Silahkan bagikan artikel dan tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar