Pengertian Conversion (Konversi) dalam Digital Marketing dan Dasarnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Conversion
Ilustrasi Gambar Pengertian Conversion

Pengertian Conversion adalah

Apa itu Conversion? Conversion atau Konversi mengacu pada pengunjung situs web yang melakukan daftar tindakan yang diinginkan yang ditargetkan. Ini dapat mencakup mengklik tautan tertentu, mengunduh program yang diinginkan, berlangganan daftar buletin, memberikan informasi pribadi sebagai pemimpin bisnis atau membeli produk atau layanan. Konversi disesuaikan dengan kebutuhan spesifik situs web dan dapat diberikan nilai spesifik. Konversi sangat penting untuk keberhasilan situs web karena lalu lintas saja tidak menjamin kesuksesan Website. Umumnya konversi yang diterjemahkan langsung ke pendapatan, seperti pembelian, dianggap sebagai akuisisi.

Dasar Conversion (Konversi)

Mari fokus pada Conversion (konversi) dalam pembelian untuk saat ini. Banyak konsumen mulai berbelanja dan kemudian meninggalkan kereta mereka terganggu, mereka menjadi tidak berkomitmen, mereka memutuskan mereka akan membeli barang nanti atau bahkan mungkin di dalam toko. Pemasar yang cerdas dapat mengubah gerobak terlantar ini menjadi penjualan mereka sudah tahu produk apa yang diminati konsumen. Bahkan jika pengguna tidak memasukkan sesuatu ke keranjang, Anda masih tahu produk apa yang mereka lihat di Website.

Jika Anda ingin meningkatkan rasio konversi pembelian atau lainnya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan “Micro Conversion” atau “konversi mikro.” Alih-alih bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang menakutkan, Bagaimana kita membuat orang membeli lebih banyak? Akan lebih bijaksana untuk memecah konversi menjadi banyak langkah dan elemennya, tulis pakar E-Commerce dan Barker.

Dia merekomendasikan untuk memeriksa halaman Website Anda yang paling penting dan jalur konsumen umum, dan memperhatikan statistik seperti persentase pencarian yang menghasilkan klik ke halaman produk. Berbekal informasi itu, Anda dapat fokus untuk mengoptimalkan hasil pencarian Anda untuk meningkatkan “Micro Conversion” atau “Konversi Mikro” ini dan mendorong lebih banyak bisnis.

Baca Juga :  Pengertian Web Server: Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Web Server

Cara Mengetahui Conversion

Ilustrasi Gambar Pengertian Conversion
Ilustrasi Gambar Cara Mengetahui Conversion

Mengacu pada pengertian Conversion (Konversi) di atas, bagaimana Anda tahu jika konversi terjadi? Dengan mengukur tingkat konversi, atau persentase keseluruhan pengunjung yang melakukan tindakan Anda. Misalnya, jika Anda memiliki 10 pengunjung dari total Traffic Anda situs web per hari dan 5 di antaranya mengklik unduhan gratis Anda, tingkat konversi Anda adalah 50 persen. Anda ingin tingkat konversi yang lebih tinggi karena beberapa alasan sederhana. Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan, Anda meningkatkan kesadaran merek Anda, dan akhirnya, Anda mendapatkan lebih banyak pendapatan.

Gagasan pemasaran konversi mempertimbangkan banyak hal, termasuk bagaimana penawaran dibuat, waktu penawaran khusus, dan bahkan desain situs web hingga font dan warna yang digunakan! Dengan begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan, bagaimana Anda memilih strategi yang akan meningkatkan konversi? Mari kita lihat beberapa contoh kemungkinan pemacu konversi.

Berhati-hatilah untuk Fokus pada Hanya Tingkat Konversi

Tentu saja, tingkat konversi saja tidak menceritakan keseluruhannya. Conversion Rate atau Rasio konversi adalah persentase sederhana, rasio orang yang melakukan sesuatu (membeli barang, mendaftar untuk email atau petunjuk lainnya) dari semua orang yang diberikan opsi untuk melakukan sesuatu (semua pengunjung situs). Dan sementara tingkat konversi 20% terlihat lebih baik daripada tingkat konversi 10% setelah semua, lebih banyak pengunjung situs Anda mengonversi bisnis Anda dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan dari tingkat konversi 10%, karena tingkat konversi tidak mempertimbangkan total pengeluaran pengguna. Plus, tidak setiap pengunjung yang datang ke situs Anda bermaksud untuk membeli mungkin mereka menelusuri produk, atau mencari informasi kontak atau jam bisnis.

Tingkat konversi tidak mengukur waktu yang dihabiskan atau halaman per kunjungan atau seberapa banyak pengguna terlibat dengan situs Anda, dan itu adalah tiga perilaku yang sangat penting yang mengembangkan afinitas merek, meningkatkan sentimen merek dan dapat menyebabkan konversi di jalan. Tingkat konversi penting, tetapi penting untuk tidak mengembangkan miopia konversi.

Baca Juga :  Caching (Cache) Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Tujuan Caching

Anda perlu memahami bahwa tingkat konversi sangat bervariasi berdasarkan saluran rujukan, dan Anda dapat mengubah pendekatan Anda untuk setiap saluran untuk mengoptimalkan pengalaman dan memberi tip skala pada konversi untuk berbagai jenis pengguna.

Penutup

Demikianlah sedikit ulasan Kami mengenai pengertian Conversion (Konversi) dalam Digital Marketing dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar