Pengertian Application Framework: Tujuan, Peran, Manfaat, Contohnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Framework Application Framework Definisi Framework, Contoh Framework, Peran Framework, Manfaat Framework, Tujuan Framework
Ilustrasi Gambar Pengertian Framework Application Framework

Pengertian Application Framework (Framework)

Apa itu Application Framework? Application Framework (Framework) atau Kerangka kerja aplikasi adalah pustaka perangkat lunak yang menyediakan struktur dasar untuk mendukung pengembangan aplikasi untuk lingkungan tertentu. Application Framework (Framework) ini bertindak sebagai dukungan kerangka untuk membangun aplikasi.

Secara umum, Framework adalah struktur nyata atau konseptual yang dimaksudkan untuk berfungsi sebagai dukungan atau panduan untuk membangun sesuatu yang memperluas struktur menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Dalam sistem komputer, sebuah Application Framework atau Software Framework (kerangka kerja) seringkali merupakan struktur berlapis yang menunjukkan jenis program apa yang dapat atau harus dibangun dan bagaimana mereka akan saling terkait. Beberapa kerangka kerja sistem komputer juga termasuk program aktual, menentukan antarmuka pemrograman, atau menawarkan alat pemrograman untuk menggunakan Framework. Suatu Framework atau kerangka kerja mungkin untuk seperangkat fungsi dalam suatu sistem dan bagaimana mereka saling terkait, lapisan-lapisan sistem operasi, lapisan-lapisan suatu Sub-System dari Application (Aplikasi) dan bagaimana komunikasi harus distandarisasi pada beberapa tingkat jaringan dan seterusnya. Kerangka kerja umumnya lebih komprehensif daripada protokol dan lebih bersifat preskriptif daripada struktur.

Tujuan Application Framework (Framework)

Tujuan dari merancang kerangka kerja aplikasi adalah untuk mengurangi masalah umum yang dihadapi selama pengembangan aplikasi. Ini dicapai melalui penggunaan kode yang dapat dibagi di berbagai modul aplikasi. Kerangka kerja aplikasi digunakan tidak hanya dalam pengembangan UI (User Interface) Grafis, tetapi juga di bidang lain seperti aplikasi berbasis web.

Baca Juga :  Pengertian Intranet: Sejarah Intranet, Fungsi dan Manfaatnya Lengkap

Kerangka kerja aplikasi bukanlah ide yang baru muncul. Beberapa kerangka kerja aplikasi lama yang masih digunakan saat ini adalah kerangka antarmuka pengguna SmallTalk, MacApp (untuk Macintosh), dan Struts (untuk aplikasi Java berbasis web).

Peran Application Framework

Berdasarkan pengertian Application Framework atau Kerangka kerja aplikasi di atas, Application Framework berperan sebagai alat untuk memasok struktur dan template untuk membangun aplikasi. Dengan menggunakan teknik berorientasi objek sambil mengimplementasikan framework, kelas yang sudah ada dapat digunakan untuk membangun aplikasi dengan mudah.

Manfaat menggunakan Application Framework (Framework)

Ilustrasi Gambar Pengertian Framework Application Framework Definisi Framework, Contoh Framework, Peran Framework, Manfaat Framework, Tujuan Framework
Ilustrasi Gambar Pengertian Framework Application Framework Dan Manfaatnya

Berdasarkan pengertian Application Framework di atas, adapun manfaat menggunakan kerangka kerja aplikasi adalah:

  • Komponenisasi kerangka memungkinkan pengembang untuk menggunakannya secara sepotong-sepotong. Ini menghasilkan alokasi pengembang yang lebih baik berdasarkan keahlian mereka, pengurangan kesalahan, dan biaya pengembangan yang lebih rendah.
  • Penggunaan kembali kode dan desain membantu dalam penggunaan komponen yang diuji, yang meningkatkan kualitas.
  • Ekstensibilitas untuk menyesuaikan kerangka kerja untuk mengimplementasikan persyaratan bisnis.
  • Kesederhanaan dicapai oleh fitur enkapsulasi, yang membantu mengontrol akses komponen dan memberikan keamanan data.
  • Pemeliharaan kode yang lebih baik karena semua kode dasar dipusatkan di satu lokasi.
  • Selain kode, interaksi yang telah ditentukan sebelumnya antara berbagai kelas membentuk templat untuk mengurangi upaya pengembangan. Ini memberikan awal yang lebih baik untuk pengembangan perangkat lunak dan membantu dalam pengembangan aplikasi yang cepat.

Contoh Application Framework

Karena keinginan untuk membuat UI (User Interface) Grafis dalam aplikasi dengan upaya pengembangan yang kurang, kerangka kerja aplikasi terbukti menjadi solusi yang baik, dengan menyediakan kerangka kerja standar dengan struktur kode yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya, MFC (Microsoft Foundation Classes) adalah Framework atau kerangka kerja aplikasi yang digunakan di lingkungan Windows untuk mengembangkan aplikasi dalam bahasa C ++. MFC ini memiliki semua alat untuk pembuatan kode otomatis untuk kontrol GUI dalam Framework (kerangka kerja).

Baca Juga :  Pengertian Topologi Mesh: Ciri, Cara Kerja dan Jenisnya Secara Lengkap

Adapun contoh Framework atau kerangka kerja yang saat ini digunakan atau ditawarkan oleh badan standar atau perusahaan meliputi:

1. Resource Description Framework

Merupakan seperangkat aturan dari World Wide Web Consortium untuk cara mendeskripsikan sumber daya Internet apa pun seperti situs Web dan kontennya.

2. Internet Business Framework

Internet Business Framework atau Kerangka Kerja Bisnis Internet adalah sekelompok program yang membentuk dasar teknologi untuk produk mySAP dari SAP, perusahaan Jerman yang memasarkan lini produk manajemen sumber daya perusahaan

3. Sender Policy Framework

Sender Policy Framework (Kerangka Kebijakan Pengirim) yaitu pendekatan dan pemrograman yang didefinisikan untuk membuat email lebih aman

4. Zachman Framework

Zachman Framework atau Kerangka kerja Zachman ini merupakan struktur logis yang dimaksudkan untuk memberikan representasi komprehensif dari perusahaan teknologi informasi yang independen terhadap alat dan metode yang digunakan dalam bisnis Teknologi Informasi tertentu.

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas tentang Software Framework atau Application Framework (Framework) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar