2 Adsense 1 Website atau Domain? Apakah Bisa? Berikut Penjelasan dan Caranya!

0
Gambar Dari 2 Dua Akun Adsense 1 Satu Website Atau Domain Apakah Bisa Apa Penjelasan Dan Bagaimana Caranya
Gambar Dari 2 Dua Akun Adsense 1 Satu Website Atau Domain Apakah Bisa Apa Penjelasan Dan Bagaimana Caranya

Membahas tentang 2 (Dua) Akun Adsense 1 (Satu) Website atau Domain Apakah Bisa? Apa Penjelasan dan Bagaimana Caranya?

Ya, seperti yang sudah kalian ketahui, Google Adsense, sebuah program yang awalnya dirilis pada tanggal 18 juni 2003 ini merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan penerbit untuk menambahkan konten web mereka dalam bentuk teks, gambar, spanduk, dan media interaktif lainnya.

Yup! Semua konten iklan dikelola dan diurutkan oleh Google sendiri.

Penayang iklan tersebut menghasilkan pendapatan mereka berdasarkan per klik atau per tayangan yang dikenal dengan istilah CPC.

Sekarang 15,3 juta lebih website adalah pengguna aktif program Google Adsense.

Beberapa situs web menggunakan program Adsense untuk memonetisasi konten web mereka (situs web, video online, konten audio online, dan lainnya) untuk menghasilkan pendapatan.

Adsense membuat dan menempatkan iklan berdasarkan usia, minat, pengguna dan relevansi konten web dengan syarat umum yaitu hanya untuk 1 domain.

Oke terkait hal itu, dalam postingan kali ini, Kami akan menjelaskan terkait apakah 2 (dua) akun atau lebih banyak akun Adsense bisa untuk 1 (satu) website atau domain?

Oke baiklah langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut!

Apa itu Google Adsense?

Gambar Platform Google Adsense Apa Itu Dan Bagaimana Cara Kerja Serta Jenis Macam Teknik Memaksimalkan Pendapatannya
Gambar Platform Google Adsense Apa Itu Dan Bagaimana Cara Kerja Serta Jenis Macam Teknik Memaksimalkan Pendapatannya

Sebelum kita membahas lebih lanjut terkait penjelasan apakah bisa menggunakan banyak akun Adsense di sebuah website atau domain, mari kita mengenal lebih lanjut tentang apa itu Adsense.

Google AdSense adalah program kerjasama periklanan yang memungkinkan penerbit digital untuk memonetisasi konten mereka melalui iklan bertarget yang disesuaikan untuk audiens Anda.

Pemilik situs web kemudian memperoleh pendapatan setiap kali pengguna mengklik iklan.

Jika Anda adalah penayang (publisher) dengan jumlah pengunjung situs web yang cukup besar setiap bulan dan saat ini tidak menggunakan AdSense untuk monetisasi, maka dapat Kami katakan bahwa kalian sudah menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan uang.

Bahkan jika blog yang Anda hanya untuk sekedar hobi, namun jika itu menghasilkan jumlah pengunjung yang dijamin setiap bulan (berdasarkan pengikut media sosial Anda atau sumber daya lainnya), tentunya merupakan hal yang masuk akal untuk mulai berpikir tentang monetisasi situs web dengan Adsense.

Betul! Pikirkan saja bagaimana rasanya apabila Anda bisa mendapatkan uang di rekening bank Anda setiap bulan dengan pembayaran dari platform tersebut.

Cara Kerja dan Jenis Macam Teknik Memaksimalkan Pendapatan dari Google Adsense

Dalam cara kerja dan jenis tekniknya, pastinya saat bekerja dengan Adsense, banyak dari kita sering bertanya-tanya untuk menghasilkan pendapatan maksimal dengan sedikit usaha dan beberapa trik lebih.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Akun Premium: Apa itu Premium Account? Manfaat, Contoh, Cara Upgrade serta Apakah Mereka Setimpal?

Pendapatan Adsense bekerja dan didasarkan pada program Google Adwords.

Adwords adalah program berdasarkan model penetapan harga kompleks yang disebut auction atau lelang harga Vickrey (tertutup).

Publisher (penerbit) atau webmaster (baca pengertian webmaster disini) yang ingin berpartisipasi dalam Adsense, harus memasukkan kode JavaScript ke dalam halaman web.

Pada setiap kunjungan pengguna akhir, kode skrip java ini menampilkan konten yang diambil dari server Google menggunakan teknologi JSON sebaris atau inline.

Beberapa publisher atau penerbit seringkali menggunakan strategi yang berbeda untuk menarik traffic (lalu lintas) untuk mendapatkan hasil pendapatan maksimal.

Dengan menggunakan berbagai teknik cara meningkatkan traffic atau lalu lintas situs website.

Seperti membangun konten di berbagai platform lainnya baik itu situs web, video online, konten audio online, dan lain sebagainya yang menarik pengiklan, yang membayar paling banyak untuk klik tambahan.

Ya, mereka seringkali juga menggunakan konten dengan penggunaan teks kelas atas untuk mendorong pengunjung mereka mengklik iklan, dimana praktik tersebut juga dikenal dengan istilah copywriting.

Mendapatkan Persetujuan (Approval) Google Adsense untuk Bergabung dan Berpartisipasi dalam Programnya

Untuk dapat mendapatkan persetujuan atau approval (getting approved) dalam program GA atau Google Adsense, user (pengguna) pastinya harus membuat akun Google terlebih dahulu.

Setelah masuk, pengguna harus meletakkan kode JavaScript tertentu di situs web mereka.

Sebagai contoh misalnya seperti meletakkannya pada file HTML di bawah bagian tag head.

Setelah pengajuan aplikasi, Google meninjau aplikasi untuk situs web tertentu dan menolak atau menyetujui situs web berdasarkan konten situs web dan jumlah pengunjung di situs web.

Setelah persetujuan aplikasi, webmaster diizinkan untuk menampilkan ads (iklan) di situs web mereka untuk menghasilkan pendapatan.

Dual (Banyak) Publisher Adsense di 1 (Satu) Halaman Web, Situs Website atau Domain

Terkait hal dual (banyak) publisher Adsense dalam hal ini akunnya, di 1 (satu) halaman web, situs website atau domain, akan kita bahas lebih lanjut di subbagian ini.

Ya! Penerbit yang telah sepenuhnya menyetujui akun adsense bebas pastinya menggunakan kode iklan untuk menampilkan iklan dan menghasilkan pendapatan di situs sebanyak yang mereka capai berdasarkan persyaratan dan kebijakan standar (policies).

Pada umumnya, seorang pengguna hanya diperbolehkan memiliki satu akun adsense seumur hidup, walaupun masih dapat kita buat dengan menggunakan IP serta rekening yang berbeda.

Berkenaan dengan topik utama kita di postingan ini, yaitu 2 akun adsense atau lebih banyak di 1 website atau domain, perlu Kami tekankan disini bahwa jawabannya adalah bisa.

Khususnya, jika Anda menjalankan situs web dalam kemitraan (partnership) sebagai contoh misalnya situs media nasional seperti Detik atau Tribunnews, Anda dapat menggunakan 2 (dua) akun Adsense untuk menampilkan tambahan pendapatan lebih.

Untuk cara mengetesnya, kalian dapat mencoba melihat teks pengiklan dengan format “namadomain/ads.txt”, yang akan menampilkan data publisher yang menempatkan iklan disana.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Sales Funnel: Apa itu Saluran atau Corong Penjualan? Dasar, Cara Kerja, Konsep dan Contohnya!

Hal ini tentunya juga berdasarkan sumber dari FAQ kebijakan penayang iklan langsung dari Google, seperti yang dapat kalian lihat pada gambar tangkapan layar (screenshoot) di bawah ini.

Gambar Screenshoot Support Google Adsense Pertanyaan Dan Jawabannya Tentang Iklan Di Halaman Atau Situs Website Domain Yang Sama Dengan Publisher Atau Penayang Lain
Gambar Screenshoot Support Google Adsense Pertanyaan Dan Jawabannya Tentang Iklan Di Halaman Atau Situs Website Domain Yang Sama Dengan Publisher Atau Penayang Lain

Selain itu, adapun case atau kasus paling umum dalam menempatkan dual atau lebih banyak akun Adsense di situs web yang sama muncul ketika Anda menjalankan situs dalam kemitraan.

Kemitraan ini bisa dalam bentuk posting tamu (guest post) dengan penulis eksternal yang memiliki akun Adsense sendiri yang pastinya sudah disetujui melalui Adsense Approval Verification.

Bagaimana Cara Mendapatkan 2 (Dua) atau Lebih Persetujuan Google Adsense untuk 1 (Satu) Domain atau Website? Apakah Bisa?

Lalu, apakah bisa kita mendapatkan 2 (dua) atau lebih banyak approval (persetujuan) Google Adsense sekaligus dengan menggunakan 1 (satu) domain atau situs website yang sama?

Klien konsultasi dan teman-teman Kami pernah bertanya kepada Kami, apakah cara seperti itu bisa dilakukan?

Well, untuk menjawab hal itu, satu-satunya jawaban yang dapat Kami sampaikan yaitu adalah it depends (tergantung), asalkan hal itu sesuai dengan kebijakan persyaratan dari GA (Google Adsense).

Memang benar, hal itu pastinya dapat mempermudah kita sebagai publisher, terlebih jika kita ingin melakukan ternak akun Adsense.

Untuk menemukan jawabannya, Kami dan tim pergi langsung ke lapangan, melalui beberapa forum Google dan akhirnya Kami pun dapat mengetahui jawabannya.

Oke, terkadang, seorang pengguna yang tidak tahu tentang pengembangan web atau development dan hanya bisa membuat konten, mereka seringkali menyewa pengembang web untuk membuat situs web atau mereka membeli semua situs web yang sudah dirancang dan diterbitkan.

Dalam hal ini mereka ingin menghasilkan uang sendiri dengan menampilkan ads yang dikendalikan oleh akun Adsense mereka sendiri.

Dengan begitu, maka jawabannya adalah sudah pasti bisa.

Anda bisa mendapatkan approval (persetujuan) untuk 2 (dua) atau lebih akun Adsense di domain atau situs web yang sama.

Dalam melakukannya, adapun beberahapa hal yang perlu diingat sebelum Anda mengajukan Adsense baru di domain atau situs web sama yang sudah dimonetisasi adalah sebagai berikut:

  • Pastikan kalian menghapus code (baca pengertian code disini) atau kode iklan yang ada yang pernah ditempelkan di situs web dari akun Adsense yang lama, pastikan untuk menghapus nama domain Anda dari tab situs pada akun Adsense pertama kalian.
  • Menempatkan kode verifikasi dari akun adsense baru di situs web yang telah dimonetisasi oleh akun Adsense lainnya dapat menyebabkan penangguhan (ban) di ke-2 (dua) akun Adsense kalian. Setelah berhasil menghapus kode iklan dari situs web, pastikan kalian juga menghapus kode verifikasi header tema WordPress atau Blogger yang telah Anda tempatkan dan letakkan disana untuk mendapatkan persetujuan akun Adsense lama.
  • Untuk melakukannya kalian dapat langsung masuk ke akun Adsense baru kalian, membuat kode verifikasi, lalu menempelkan kode-nya di bawah bagian tema situs website kalian.
  • Tunggu e-mail konfirmasi dari Adsense, apabila website Anda sudah pernah disetujui oleh tim Google Adsense, maka kemungkinan Anda akan kembali disetujui untuk akun Adsense lain tentunya sangat besar dan cepat pastinya dan pada umumnya, biasanya akan memakan waktu 7 (tujuh) hari kerja untuk mendapatkan balasan dari tim Google Adsense.
Baca Juga :  Inilah 5 Tips Cara Mendapatkan Halaman Wikipedia untuk Bisnis atau Personal (Anda Sendiri)!

Kesimpulan

Di atas, adalah ulasan tentang 2 (Dua) Akun Adsense 1 (Satu) Website atau Domain Apakah Bisa? Apa Penjelasan dan Bagaimana Caranya.

Persyaratan yang sudah Kami jelaskan dalam postingan di atas tentunya dapat kalian terapkan sekarang juga.

Sekali lagi, perlu Kami tekankan bahwa setiap penyedia layanan pastinya mempunya jenis dan macam-macam persyaratannya sendiri, terlebih platform periklanan GA (Google Adsense).

Penerbit, penayang, publisher atau pengguna tentunya hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) akun Adsense saja seumur hidup.

Tetapi, jika Anda menjalankan situs web dalam kemitraan (partnership) seperti yang mereka jelaskan di atas, Anda dapat menggunakan 2 (dua) atau lebih akun Adsense untuk menampilkan tambahan dari banyak akun Adsense.

Adapun kasus yang paling umum menempatkan 2 (dua) atau lebih akun Adsense di situs web yang sama muncul ketika Anda menjalankan situs dalam kemitraan seperti guest post (posting tamu) dengan penulis eksternal yang memiliki akun approved Adsense account (yang sudah disetujui).

Untuk penjelasan lebih lanjut, kalian dapat langsung mengunjungi halaman kebijakan privasi Adsense terkait hal itu disini.

Penutup

Demikianlah postingan artikel atau tulisan yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas mengenai 2 (Dua) Akun Adsense 1 (Satu) Website atau Domain Apakah Bisa? Apa Penjelasan dan Bagaimana Caranya.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bisang Bisnis, SEO dan dunia blogging.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar