Pengertian Website Optimization (Optimasi Situs Web): Tujuan, Elemen

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Website Optimization
Ilustrasi Gambar Pengertian Website Optimization

Pengertian Website Optimization

Apa itu Website Optimization (Pengoptimalan Situs Web)? Website Optimization adalah proses menggunakan eksperimen terkontrol untuk meningkatkan kemampuan situs web untuk mengarahkan tujuan bisnis. Untuk meningkatkan kinerja Website mereka, pemilik situs web menerapkan Pengujian A/B untuk bereksperimen dengan variasi pada halaman situs web mereka untuk menentukan perubahan mana yang pada akhirnya akan menghasilkan lebih banyak konversi dan Web Performance yang bagus misalnya permintaan demo, peningkatan hasil pencarian organik, lebih banyak pembelian, berkurang waktu layanan pelanggan, dan lain sebagainya.

Tujuan Website Optimization (Pengoptimalan Situs Web)

Ilustrasi Gambar Pengertian Website Optimization
Ilustrasi Gambar Tujuan Website Optimization

Tujuan situs web akan bervariasi tergantung pada jenis bisnis, target pelanggan bisnis, dan tindakan yang diinginkan oleh audiens pembelian, mengisi formulir, atau membaca artikel. Tindakan yang diinginkan pengunjung situs web juga bisa berupa konversi, atau jumlah anggota audiens yang menyelesaikan tindakan tertentu. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Publikasi Online; Mempraktikkan optimasi situs web dengan tujuan konversi untuk meningkatkan jumlah artikel yang dibaca pengunjung.
  • Toko Online atau E-Commerce; Mengoptimalkan situs webnya untuk mendorong penyelesaian checkout dan mengulangi pembelian.
  • Perusahaan Software Online; mengoptimalkan situs webnya untuk meningkatkan tingkat pengunjung yang mendaftar (atau mengonversi ke) uji coba produk secara gratis.
  • Perusahaan Asuransi; mengoptimalkan situs webnya untuk menangkap lebih banyak calon pelanggan potensial untuk penjualan asuransi.
  • Kampanye Penggalangan Dana; mengoptimalkan bentuk donasi mereka untuk mendorong lebih banyak donasi.

Elemen untuk Website Optimization

Mengacu pada pengertian Website Optimization di atas, bergantung pada tujuan perusahaan, pengoptimalan situs web dapat mencakup pengujian. Berikut adalah 8 elemennya:

  1. Judul, atau pesan utama yang terkait dengan proposisi nilai perusahaan.
  2. Penggunaan media visual, seperti fotografi atau video.
  3. Panjang formulir, memvariasikan jumlah bidang yang diperlukan atau urutan penyelesaian.
  4. Tampilan menonjol studi kasus pelanggan yang menggambarkan keberhasilan mereka menggunakan produk atau layanan Anda.
  5. Gaya visual, teks, dan penempatan tombol atau Call to Action (CTA).
  6. Organisasi navigasi situs web.
  7. Penempatan fungsi berbagi sosial.
  8. Tampilan dan organisasi laman web untuk pengunjung di perangkat seluler.
Baca Juga :  Pengertian Data Architecture: Komponen, Tujuan dan Prosesnya

Laman Landing untuk pemasaran juga sering menjadi area situs web yang dapat dioptimalkan, karena lalu lintas berkualitas tinggi yang dikirim ke sana melalui iklan, Email, atau Media Sosial. Pemilik Website juga dapat melakukan optimasi situs web pada proses multi-halaman di situs web mereka, seperti pendaftaran percobaan gratis, bagian checkout, atau formulir multi-halaman apa pun.

Perbedaan Optimasi Situs Web dengan SEO (Optimasi Mesin Pencari)

Pengoptimalan situs web juga kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan praktik peningkatan kemampuan menemukan situs web untuk mesin pencari, dengan tujuan akhir meningkatkan peringkat hasil pencarian untuk istilah pencarian utama.

Faktor peringkat utama yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan optimasi mesin pencari (SEO) meliputi mengubah judul halaman, mengurangi kecepatan memuat halaman, meminimalkan pengalaman pengguna yang buruk, menggunakan kata kunci yang tepat dan memproduksi konten yang ditulis dengan baik.

Pengoptimalan situs web juga dapat dihubungkan untuk meningkatkan kecepatan dan keandalan kinerja situs web. Ini secara cepat dan relevan dengan tujuan pengoptimalan situs web sebagai penyelesaian tindakan yang diinginkan pada situs web. Performa situs web yang buruk, seperti latensi atau kesalahan, dapat menghalangi pengunjung untuk mengambil tindakan karena ketidakmampuan untuk menavigasi situs web.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami kali ini mengenai pengertian Website Optimization dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua, terutama bagi Teman-Teman yang sedang belajar Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam Bejalar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar