Pengertian User Research (Riset Pengguna): Jenis, Dasar dan Metode

0
Ilustrasi Gambar Pengertian User Research (Riset Pengguna)
Ilustrasi Gambar Pengertian User Research (Riset Pengguna)

Pengertian User Research

Apa itu User Research? User Research (Riset Pengguna) adalah adalah tindakan mewawancarai calon pengguna dan pengguna aktual produk Anda untuk mendapatkan kejelasan tentang sejumlah tujuan. Anda dapat menggunakannya untuk mencari tahu mengapa orang tidak menambahkan produk yang direkomendasikan ke keranjang belanja, mengapa mereka tidak mengklik Email Anda di ponsel, atau mengapa adopsi aplikasi Anda telah turun secara signifikan.

Anda mungkin juga sedang mengembangkan produk baru atau mendesain ulang sebuah situs web dan tahu Anda ingin melakukannya secara berbeda kali ini. Semua ini adalah alasan bagus untuk membuat pengguna Anda memberi tahu Anda bagaimana perasaan mereka tentang produk Anda. User Research (Riset Pengguna) dilakukan untuk memahami karakteristik, tujuan, dan perilaku pengguna untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuannya adalah untuk menghasilkan desain yang meningkatkan praktik dan kehidupan kerja mereka. Penelitian pengguna juga melibatkan evaluasi terus menerus dari dampak desain pada pengguna, tidak hanya selama fase desain dan pengembangan tetapi setelah penggunaan jangka panjang juga.

Untuk melakukan User Research (Riset Pengguna), tim multidisiplin dapat menggunakan metodologi observasi dan eksperimental. Tim seperti itu akan menggunakan ini dengan harapan membentuk pemahaman lengkap tentang persyaratan pengguna dalam konteks di mana mereka mungkin menggunakan produk atau layanan. Sebagian besar sistem memiliki kompleksitas yang meningkat dengan keragaman pengguna potensial, tujuan, dan konteks penggunaan. Karena itu, pemahaman penuh tentang persyaratan desain tidak mungkin berhasil ditangkap pada tahap awal. Dengan demikian, aplikasi berulang dan berkelanjutan dari metodologi penelitian pengguna sangat penting untuk keberhasilan proses pengembangan.

Baca Juga :  Pengertian Social Graph (Grafik Sosial) dalam Media Sosial Lengkap

Jenis User Research (Riset Pengguna)

Jenis penelitian pengguna yang dapat dilakukan mencakup kualitatif (misalnya Studi etnografi, skenario, personas, grup fokus, prototipe) dan metode kuantitatif (seperti Survei, pelacakan mata, laboratorium terkontrol, atau pengujian lapangan). Alat dan metodologi yang dipilih tergantung pada jenis sistem yang akan dikembangkan, batasan waktu dan anggaran, dan lingkungan penggunaan. Penelitian pengguna bertujuan untuk menerapkan prinsip-prinsip ilmiah tidak hanya untuk menyelesaikan masalah desain.

Hal ini juga dilakukan untuk memberi makan temuan kembali ke berbagai disiplin ilmu, sehingga dapat menginformasikan dan membentuk teori saat ini pada prinsip-prinsip yang mendasarinya. Mengingat bahwa seluk-beluk yang melingkupi konteks penggunaan dan persyaratan pengguna suatu produk dapat tetap tersembunyi sampai jauh ke masa pengembangan, desainer akan cenderung menghargai nilai penghematan waktu dan, dalam beberapa kasus, penghematan proyek dari riset pengguna di belakang.

Dasar User Research (Riset Pengguna)

Ilustrasi Gambar Pengertian User Research (Riset Pengguna)
Ilustrasi Gambar Dasar User Research (Riset Pengguna)

Berdasarkan pengertian User Research (Riset Pengguna) di atas, penelitian pengguna berfokus pada memahami perilaku, kebutuhan, dan motivasi pengguna melalui teknik observasi, analisis tugas, dan metodologi umpan balik lainnya. Mike Kuniaysky lebih lanjut mencatat bahwa itu adalah “proses memahami dampak desain pada audiens.”

Jenis-jenis penelitian pengguna yang dapat atau harus Anda lakukan akan tergantung pada jenis situs, sistem atau aplikasi yang Anda kembangkan, garis waktu Anda, dan lingkungan Anda.

Metode User Research (Riset Pengguna)

Mengacu pada pengertian User Research (Riset Pengguna) di atas, berbagai metode penelitian tersedia di bidang penelitian pengguna. Untuk lebih memahami kapan harus menggunakan metode mana, akan sangat membantu untuk melihatnya sepanjang kerangka 3 dimensi dengan sumbu berikut:

  • Attitudinal vs behavioral
  • Kualitatif vs kuantitatif
  • Konteks penggunaan
Baca Juga :  Begini Cara Mengetahui Tanggal Akun Email Google Dibuat (Creation Date)

Sehubungan dengan penelitian pengguna di bidang desain, penelitian biasanya didekati dengan perspektif empati untuk memanusiakan data yang dikumpulkan tentang orang. Metode ini juga dapat dirujuk ke pendekatan yang berpusat pada manusia untuk penyelesaian masalah. Peneliti pengguna bertujuan untuk mengungkap hambatan atau frustrasi yang dihadapi pengguna saat mereka berinteraksi dengan produk, layanan, atau sistem. Sisi unik dari penelitian pengguna adalah penelitian User Experience (UX) atau Pengalaman Pengguna yang berfokus pada perasaan, pemikiran, dan situasi yang dilalui pengguna saat mereka berinteraksi dengan produk, layanan, dan sistem. Profesional yang bekerja untuk memahami hambatan ini disebut sebagai peneliti UX.

Penutup

Demikianlah tulisan Kami kali ini yang membahas mengenai pengertian User Research (Riset Pengguna) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Kita semua terutama dalam mengetahui Istilah-Istilah Teknologi yang harus diketahui dalam belajar Teknologi Informasi. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar