Research Methodology: Apa itu Metodologi Riset dan Penelitian? Tujuan, Fungsi, Jenis, Cara Memilih, Menulis, Tips serta Pentingnya!

0
Gambar Dari Pengertian Research Methodology Apa Itu Metodologi Riset Dan Penelitan Tujuan Dan Fungsi Jenis Cara Memilih Menulis Tips Serta Kenapa Itu Penting
Gambar Dari Pengertian Research Methodology Apa Itu Metodologi Riset Dan Penelitan Tujuan Dan Fungsi Jenis Cara Memilih Menulis Tips Serta Kenapa Itu Penting

Penjelasan Pengertian Research Methodology, Apa itu Metodologi Riset dan Penelitian? Tujuan, Fungsi, Jenis, Cara Memilih, Menulis, Tips serta Kenapa itu Penting!

Khusus para ahli atau para akademisi yang ingin menyelesaikan tugas akhir studi mereka terkait dalam bidang research (riset) ada beberapa hal yang ingin Kami sampaikan sebelumnya.

Setelah kita menguasai tinjauan pustaka, dalam melakukan penelitian, hal itu berarti sudah saatnya untuk mulai memikirkan studi yang akan Anda rancang untuk menjawab kesenjangan yang akan Anda identifikasi.

Sebagai contoh misalnya seperti metodologi mana yang akan Anda gunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian Anda?

Atau apakah Anda akan menggunakan metodologi kualitatif, kuantitatif, atau metode campuran? Anda akan memilih metode penelitian yang paling sesuai dengan pertanyaan riset Anda.

Baiklah, berkenaan akan hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara lebih lengkap dan detail tentang apa itu pengertian research methodology atau metodologi riset atau penelitian.

Oke langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini!

Pengertian Research Methodology

Berarti metodologi penelitian (dalam bahasa Indonesia), research methodology adalah prosedur atau teknik khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi, memilih, memproses, dan menganalisis informasi tentang suatu topik atau masalah.

Seperti yang juga dijelaskan oleh Situs Witz.ac.za, dalam makalah penelitian, bagian metodologi pada research memungkinkan pembaca untuk mengevaluasi secara kritis validitas dan reliabilitas studi secara keseluruhan.

Ya! Bagian metodologi riset atau penelitian ini akan menjawab 2 (dua) pertanyaan utama Anda, yaitu bagaimana data dikumpulkan atau dihasilkan serta bagaimana cara menganalisisnya.

Apa itu Metodologi Riset dan Penelitian?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Metodologi Riset Dan Penelitian Serta Tujuan Dan Fungsi Research Methodology
Ilustrasi Gambar Apa Itu Metodologi Riset Dan Penelitian Serta Tujuan Dan Fungsi Research Methodology

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan metodologi riset dan penelitian ini?

Benar, seperti yang sudah Kami terangkan di atas, istilah kata ini juga sering dikenal dengan sebutan research methodology secara global.

Metodologi riset dan penelitian adalah kata mengacu pada “bagaimana” praktis yang terdapat dari setiap bagian penelitian.

Lebih khususnya lagi, metodologi riset dan penelitian atau research methodology ini adalah tentang bagaimana seorang peneliti secara sistematis merancang studi untuk memastikan hasil yang valid dan dapat diandalkan yang membahas tujuan dan sasaran penelitian.

Oke, sebagai contoh misalnya, berikut ini adalah beberapa cara bagaimana peneliti memutuskan:

  • Data apa yang harus dikumpulkan serta data apa yang diabaikan.
  • Dari siapa untuk mengumpulkannya atau yang sering disebut dengan desain pengambilan sampel dalam penelitian.
  • Cara mengumpulkannya yang disebut “metode pengumpulan data”.
  • Serta dengan cara menganalisisnya yang biasa disebut dengan “metode analisis data”.

Dalam disertasi untuk program Doktor, tesis untuk Magister, skripsi (baca pengertian skripsi menurut para ahli disini) untuk Sarjana dan artikel jurnal akademik (atau hampir semua penelitian formal), Anda akan menemukan bab (atau bagian) metodologi penelitian yang mencakup aspek-aspek yang disebutkan di atas.

Benar! Yang penting, bab metodologi yang baik dalam disertasi atau tesis menjelaskan tidak hanya pilihan metodologis apa saja yang dibuat, tetapi juga menjelaskan mengapa itu dibuat.

Dengan kata lain, bab metodologi harus menjustifikasi pilihan desain, dengan menunjukkan bahwa metode dan teknik yang dipilih paling sesuai untuk maksud dan tujuan penelitian, dan akan memberikan hasil yang valid dan dapat diandalkan.

Yup! Metodologi atapenelitian (research methodology) yang baik akan memberikan temuan yang logic dan masuk akal secara ilmiah, sedangkan metodologi yang buruk tidak.

Apa itu Metodologi Penelitian Ilmiah atau Scientific Research Methodology?

Kemudian, apa itu metodologi penelitian ilmiah atau scientific research methodology?

Berkaitan erat dengan bidang penelitian, ini adalah cara lain untuk menyelesaikan proyek penelitian.

Metodologi penelitian ilmiah lebih bersifat teknis penulisan serta scientific research methodology ini dimulai dari pertanyaan umum yang diikuti dengan konsep khusus, dimana hipotesis umum dipersempit untuk menyoroti aspek tertentu dari topik tersebut.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian SM Bus: Apa itu System Management Bus Controller? Sejarah, Fungsi, Protokol dan Cara Mengatasi Masalah Umumnya pada Komputer!

Di samping itu, di dalamnya juga dikembangkan rancangan penelitian untuk mengamati dan menganalisis aspek fokus secara cermat.

Dan pada akhirnya, kesimpulan pun dikembangkan dan digeneralisasikan sesuai dengan real atau dunia nyata.

Tujuan dan Fungsi Riset atau Research Methodology

Agar lebih memahami tentang apa itu arti research methodology, maka juga merupakan hal yang penting bagi kita untuk mengetahui apa tujuan dan fungsi metodologi riset atau penelitian ini secara khusus.

Benar! Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, terkait tujuan utamanya sendiri, adapun research methodology atau metodologi penelitian seringkali digunakan untuk identify (mengidentifikasi), choose (memilih), process (memproses), dan analyze (menganalisis) informasi (baca pengertian informasi disini).

Kemudian, perlu untuk diketahui bahwa metodologi penelitian (research methodology) ini tentunya menjalankan banyak fungsi.

Well, fungsi ini tersebut pastinya berlaku untuk sejumlah pekerjaan yang dilakukan dalam proses penelitian.

Baiklah di bawah ini adalah fungsi-fungsi yang terdapat dalam research methodology yang harus kalian ketahui:

  • Mengidentifikasi aktivitas penelitian dalam arti yang sebenarnya.
  • Secara lebih lanjut menentukan dan mendefinisikan konsep yang sebenarnya.
  • Metodologi penelitian ini selanjutnya akan menyatakan metode seperti apa yang akan diperlukan untuk penyelidikan lebih lanjut, terlebih. Apalagi, bagaimana kemajuan bisa diukur.
  • Research methodology, mereka menawarkan platform (baca pengertian platform disini) untuk mendemonstrasikan bagaimana kita dapat mengkomunikasikan aktivitas penelitian dalam arti yang sebenarnya.

Jenis-Jenis Research Methodology (Metodologi Penelitian)

Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Dan Macam Metodologi Riset Dan Penelitian Atau Research Methodology
Ilustrasi Gambar Jenis Jenis Dan Macam Metodologi Riset Dan Penelitian Atau Research Methodology

Setelah kita mengetahui arti dari research methodology, apa itu metodologi riset atau penelitian di atas, selanjutnya dalam subbagian kali ini, Kami juga akan menjelaskan terkait jenisnya.

Perlu kalian ketahui, research methodology ini memiliki beberapa jenis metodologi yang berbeda.

Mereka dibedakan berdasarkan apakah metodologi tersebut berfokus pada kata, angka, atau keduanya.

Di bawah ini akan Kami jelaskan secara lebih lanjut terkait jenis-jenis tipe research methodology (metodologi riset atau penelitian) tersebut.

a. Qualitative Research Methodology

Jenis research methodology yang pertama yaitu metode riset dan penelitian kualitatif atau qualitative research methodology.

Penelitian kualitatif ini mengacu pada penelitian yang berfokus pada pengumpulan dan analisis kata (tertulis atau lisan) dan data tekstual.

Sedangkan lawannya, yaitu penelitian kuantitatif berfokus pada pengukuran dan pengujian dengan menggunakan data numerik.

Analisis qualitative (kualitatif) juga dapat berfokus pada poin data yang “lebih lembut”, seperti bahasa tubuh atau elemen visual.

b. Quantitative Research Methodology

Jenis macam berikutnya yaitu metodologi penelitian kualitatif atau quantitative research methodology.

Tipe penelitian kuantitatif ini terbilang cukup umum digunakan ketika maksud dan tujuan penelitian bersifat eksploratif.

Sebagai contoh misalnya, qualitative methodology (metodologi kualitatif) dapat digunakan untuk memahami persepsi masyarakat tentang suatu peristiwa yang terjadi, atau kandidat yang mencalonkan diri sebagai presiden.

Berbeda dengan ini, metodologi quantitative atau kuantitatif biasanya digunakan ketika tujuan dan sasaran penelitian bersifat konfirmatori.

Contohnya misalnya, metodologi kuantitatif dapat digunakan untuk mengukur hubungan antara 2 (dua) variabel seperti tipe kepribadian dan kemungkinan melakukan kejahatan atau untuk menguji serangkaian hipotesis.

c. Mixed Research Methodology

Tipe research methodology terakhir yang dapat Kami jelaskan kali ini yaitu adalah metodologi penelitian campuran atau mixed research methodology.

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, metodologi penelitian dengan metode campuran mencoba menggabungkan yang terbaik dari metodologi kualitatif dan kuantitatif.

Betul! Dan perlu kalian ketahui bahwa hal tersebut seringkali dilakukan untuk mengintegrasikan perspektif dan menciptakan gambaran yang rich (kaya).

Cara Memilih Metodologi Riset atau Penelitian yang Baik

Ketika membahas tentang arti dan pengertian dari research methodology (metodologi penelitian), maka akan muncul pertanyaan umum seperti bagaimana cara saya memilih metodologinya yang baik?

Oke, perlu Kami tekankan sekali lagi disini, seperti yang mungkin sudah Anda pelajari sekarang, maksud dan tujuan penelitian Anda memiliki pengaruh besar pada research methodology atau metodologi penelitian kalian.

Yup! Jadi, titik awal untuk mengembangkan research methodology Anda adalah dengan mundur selangkah dan melihat gambaran besar penelitian Anda, sebelum Anda membuat keputusan metodologi.

Adapun pertanyaan pertama yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah apakah penelitian Anda bersifat eksplorasi atau konfirmatori.

Betul! Jika tujuan dan sasaran penelitian Anda terutama bersifat eksplorasi, penelitian Anda kemungkinan besar akan bersifat qualitative (kualitatif).

Baca Juga :  Statistics: Apa itu Statistik? Sejarah, Tujuan, Fungsi, Dasar atau Fundamentals, Jenis, Macam serta Kenapa itu Penting!

Dan oleh karena itulah Anda dapat mempertimbangkan metode pengumpulan data kualitatif, sebagai contoh misalnya seperti wawancara dan metode analisis seperti analisis isi kualitatif.

Sebaliknya, jika tujuan dan sasaran penelitian Anda ingin mengukur atau menguji sesuatu (dalam hal ini seperti konfirmatori), maka penelitian Anda kemungkinan besar akan bersifat kuantitatif.

Ya! Anda dapat mempertimbangkan metode pengumpulan data qualitative atau kuantitatif dalam research methodology, sebagai contoh misalnya survei dan analisis seperti misalnya analisis statistik atau statistics (baca pengertian statistics disini).

Cara Menulis Metodologi Penelitian atau Research Methodology

Sekarang kita semua pastinya sudah memahami apa saja dasar-dasar yang dalam research methodology ini.

Oke, dalam postingan kali ini selain membahas tentang artinya, disini Kami juga akan menjelaskan terkait bagaimana cara menulis metodologi penelitian atau riset.

Memang, dalam tesis atau disertasi Anda, Anda pastinya harus mendiskusikan metode yang Anda gunakan untuk melakukan penelitiannya.

Bab methodology (metodologi) akan menjelaskan apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda melakukannya.

Hal itu memungkinkan pembaca untuk mengevaluasi reliabilitas dan validitas penelitian kalian, dimana ini harus mencakup:

  • Jenis penelitian yang Anda lakukan.
  • Bagaimana Anda mengumpulkan data Anda.
  • Bagaimana Anda menganalisis data Anda.
  • Alat atau bahan apa pun yang Anda gunakan dalam penelitian.
  • Alasan Anda memilih metodenya.

Oke langsung saja, di bawah ini akan Kami jelaskan bagaimana cara menulis research methodology atau metodologi penelitian (riset) yang tepat.

1. Jelaskan Pendekatan Methodologic (Metodologis) Anda

Pertama-tama, mulailah dengan memperkenalkan pendekatan keseluruhan Anda pada penelitian.

Masalah penelitian atau pertanyaan apa yang Anda selidiki?

Sebagai contoh misalnya, apakah Anda bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik sesuatu secara sistematis, mengeksplorasi topik yang belum diteliti.

Atau untuk membangun hubungan sebab-akibat? Dan jenis data apa yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan ini?

2. Jelaskan Metode Pengumpulan Data Anda

Setelah memperkenalkan pendekatan metodologis keseluruhan dalam research methodology Anda, Anda harus memberikan rincian lengkap tentang metode pengumpulan atau data collection (baca selengkapnya arti dari data collection disini) Anda.

3. Jelaskan Metode Analisis Anda

Selanjutnya, Anda harus menunjukkan bagaimana Anda memproses dan menganalisis data dengan menjelaskan metode analisis Anda.

Dalam menerapkan langkah ini, saran Kami pribadi, hindari menjelaskan terlalu banyak detail — Anda tidak boleh mulai mempresentasikan atau mendiskusikan hasil apa pun pada tahap ini.

4. Evaluasi dan Justifikasi Pilihan Metodologis Anda

Langkah terakhir dalam cara menulis research methodology yaitu dengan mengevaluasi dan menjustifikasi pilihan metodologis Anda.

Metodologi Anda harus menjelaskan alasan Anda memilih metode khusus ini, terutama jika Anda tidak mengambil pendekatan yang paling standar untuk topik Anda.

Diskusikan mengapa metode lain tidak cocok untuk tujuan Anda, dan tunjukkan bagaimana pendekatan ini dapat memberikan kontribusi pengetahuan atau pemahaman baru.

Tips Menulis Research Methodology atau Metodologi Riset dan Penelitian yang Benar

Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Memilih Menulis Tips Dan Pentingnya Research Methodology Dalam Membahas Pengertian Metodologi Riset Dan Penelitian
Ilustrasi Gambar Bagaimana Cara Memilih Menulis Tips Dan Pentingnya Research Methodology Dalam Membahas Pengertian Metodologi Riset Dan Penelitian

Selain bagaimana cara untuk menulis research methodology atau metodologi penelitian (riset) di atas, kemudian apa saja kiat atau tips-tipsnya?

Well, ingatlah bahwa tujuan Anda bukan hanya untuk mendeskripsikan metode Anda, tetapi untuk menunjukkan bagaimana dan mengapa Anda menerapkannya dan untuk menunjukkan bahwa penelitian Anda dilakukan dengan ketat.

Untuk kiat-kiatnya sendiri, di bawah ini adalah beberapa tips dalam menulis research methodology yang baik dan benar yang perlu kalian ketahui:

  • Fokus pada tujuan dan pertanyaan penelitian; Bagian metodologi harus dengan jelas menunjukkan mengapa metode Anda sesuai dengan tujuan Anda dan meyakinkan pembaca bahwa Anda memilih pendekatan terbaik untuk menjawab pernyataan masalah dan pertanyaan penelitian Anda. Sepanjang bagiannya, hubungkanlah kembali pilihan Anda ke tujuan utama disertasi Anda.
  • Kutip sumber yang relevan; Benar! Metodologi Anda dapat diperkuat dengan mengacu pada penelitian di lapangan yang baik.
  • Konfirmasikan bahwa Anda mengikuti praktik yang sudah mapan untuk jenis penelitian; Diskusikan bagaimana Anda mengevaluasi metodologi yang berbeda dan memutuskan pendekatan Anda
    Tunjukkan bahwa Anda menggunakan pendekatan metodologis baru untuk mengatasi kesenjangan dalam literatur.
  • Tulislah untuk audiens Anda; Pertimbangkan seberapa banyak informasi yang perlu Anda berikan, dan jangan membahas detail yang tidak perlu. Jika Anda menggunakan metode yang standar untuk disiplin Anda, Anda mungkin tidak perlu memberikan banyak latar belakang atau pembenaran. Tetapi jika Anda mengambil pendekatan yang kurang umum di bidang Anda, Anda mungkin perlu menjelaskan dan membenarkan pilihan metodologis Anda kepada audience (baca pengertian audience disini) serta, dalam ke-2 (dua) kasus tersebut, metodologi Anda harus berupa teks yang jelas dan terstruktur dengan baik yang menjadi argumen untuk pendekatan Anda, bukan hanya daftar detail teknis dan prosedur.
  • Diskusikan hambatan yang ada; Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengumpulkan atau menganalisis data, jelaskan cara Anda menanganinya. Ya! Tunjukkan bagaimana Anda meminimalkan dampak dari adanya rintangan yang tidak terduga. Singkirkan kritik besar apa pun dari pendekatan Anda dan tunjukkan bahwa Anda akan membuat penelitian seketat mungkin.
Baca Juga :  Inilah Pengertian Falsafah Keperawatan: Konsep Inti dan Perbedaannya dengan Disiplin Ilmu Lainnya!

Kenapa Research Methodology itu Penting?

Terkait penjelasan arti dan pengertian sebelumnya di atas, lalu, mengapa research methodology atau metodologi penelitian ini merupakan hal yang penting?

Oke, sebelumnya perlu kalian ketahui, jika kalian yang kebetulan sedang membaca postingan Kami disini dan kebetulan sedang menanyakan pentingnya research methodology, maka dapat Kami katakan bahwa kalian berada di tempat yang tepat.

Mengapa? Tentu saja karena disini Kami akan berusaha dalam menjawabnya secara singkat, padat dan jelas.

Yup! Memang, seringkali ini merupakan pertanyaan yang sangat penting karena apa kita mengadopsi metodologi penelitian.

Adapun jawaban dari pertanyaan itu sebenarnya tidak terlalu sulit.

Perlu Kami tekankan disini bawah sebuah teori selalu perlu diperiksa relevansinya.

Research methodology atau metodologi penelitian diadopsi untuk memeriksa teori tertentu dan aplikasinya sepanjang serangkaian standar akademik tertentu.

Benar! Ini merupakan hal yang wajib agar semua penelitian memenuhi standar dalam spesifik lapangan.

Kesimpulan

Baiklah, Kami pikir pembahasannya sudah cukup jelas untuk sekarang.

Jadi, berdasarkan penjelasan dan pembahasan tentang Pengertian Research Methodology, Apa itu Metodologi Riset dan Penelitian? Tujuan, Fungsi, Jenis, Cara Memilih, Menulis, Tips serta Kenapa itu Penting di atas, dapat kita simpulkan bahwa metodologi riset dan penelitian atau research methodology adalah sesuatu yang melibatkan teknik tertentu yang diadopsi dalam proses penelitian untuk mengumpulkan, mengumpulkan dan mengevaluasi data.

Metodologi penelitian mendefinisikan alat-alat yang digunakan untuk mengumpulkan informasi yang relevan dalam studi penelitian tertentu.

Seperti survey (survei), kuesioner dan wawancara merupakan alat penelitian yang umum dalam pengumpulan datanya.

Sebuah methodology atau metodologi ini dapat dengan tepat mengacu pada analisis teoritis dari metode yang sesuai dengan bidang studi atau tubuh metode dan prinsip tertentu dalam sebuah cabang pengetahuan.

Pertanyaan dan eksplorasi terorganisir baik dengan pembentukan hipotesis atau pengujian ilmiah dari setiap penyelidikan atau permintaan dengan mengikuti seperangkat aturan dan prosedur standar didefinisikan sebagai metodologi riset atau penelitian.

Merancang penelitian Anda dan mengerjakan metodologi Anda adalah topik besar, yang pastinya juga akan kita bahas dan singgung di postingan lainnya.

Namun, untuk saat ini, kesimpulan utamanya adalah Anda harus selalu memulai dengan tujuan dan sasaran penelitian Anda.

Yup! Setiap keputusan metodologi akan mengalir dari situ.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Research Methodology, Apa itu Metodologi Riset dan Penelitian? Tujuan, Fungsi, Jenis, Cara Memilih, Menulis, Tips serta Kenapa itu Penting.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi web.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar