Begini Cara Mengatasi Masalah Wi-Fi Connection Failure (Koneksi Gagal) pada HP atau Smartphone Android!

0
Gambar Apa Itu WiFi Connection Problem Dan Penyebab WiFi Connection Failure Serta Cara Mengatasinya Pada HP Atau Smartphone Android
Gambar Apa Itu WiFi Connection Problem Dan Penyebab WiFi Connection Failure Serta Cara Mengatasinya Pada HP Atau Smartphone Android

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Wi-Fi Connection Failure serta Apa Penyebabnya pada HP atau Smartphone Android? Benar, masalah konektivitas internet seperti ini, terbilang sering dan sangat umum di kalangan pengguna ponsel Android. Betul sekali, seperti ketika Anda sudah berada di rumah setelah jam kerja, menyalakan Wi-Fi di telpon seluler Anda dan setelah menunggunya dengan sabar tetapi tidak ada koneksi apapun yang terjadi! Anda telah mencoba melakukan turn-off dan turn-on Wi-Fi Anda lagi, namun tetap tidak ada perubahan.

Ya, kedengarannya mengesalkan, bukan? Nah, jangan khawatir. Anda bukan satu-satunya yang mengalami masalah kegagalan koneksi Wi-Fi di Android. Bahkan, Kami pribadi telah melihat banyak masalah kegagalan koneksi WLAN di Android. Sederhanya, Anda dapat memperbaikinya dengan mematikan Wi-Fi dan menyalakannya. Namun, ada beberapa masalah yang tidak dapat diperbaiki dengan mudah dengan trik itu. Terkait hal tersebut dalam postingan ini, Kami akan membagikan bagaimana cara mengatasi Wi-Fi connection failure atau problem. Mari simak ulasannya!

Apa itu Wi-Fi Connection Problem?

Ilustrasi Gambar Apa Itu WiFi Connection Problem Dan Failure Penyebab Serta Cara Mengatasi Kegagalan Koneksinya
Ilustrasi Gambar Apa Itu WiFi Connection Problem Dan Failure Penyebab Serta Cara Mengatasi Kegagalan Koneksinya

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan Wi-Fi connection problem ini? Ya, ini adalah pesan error atau kegagalan yang ditampilkan suatu sistem operasi seperti Android atau iOS kepada penggunanya untuk memberitahukan bahwa ada kegagalan (failure) ketika menghubungkan WLAN.

Bayangkan Anda kembali ketika Anda sudah berada di tempat kediaman setelah beraktivitas dalam hari Anda.

Saat Anda ingin bersantai dan menghidupkan Wi-Fi di telepon Anda, namun tidak ada koneksi internet yang terjadi.

Meng-enable dan disable Wi-Fi pun juga tidak membuahkan hasil.

Namun, perlu kalian ketahui masalah kegagalan koneksi Wi-Fi semacam ini adalah sesuatu yang terbilang sering dihadapi setiap pengguna Android (baca pengertian Android disini).

Oleh karena itu, mari kita lihat apa penyebab masalah Wi-Fi umum yang sering Anda lihat di Android dengan solusi untuk memperbaiki serta cara mengatasinya.

Penyebab Masalah Wi-Fi Connection Failure atau Problem (Kegagalan Koneksi WLAN) dan Cara Mengatasinya

Dalam tulisan kali ini, Kami telah mengumpulkan dan mencantumkan beberapa problem atau masalah kegagalan koneksi Wi-Fi yang umum yang Anda lihat dan temukan di HP atau smartphone Android beserta cara mengatasinya.

Sangat penting bagi kalian untuk melihat apa pemberitahuannya terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu.

Jadi, sebelum Kami memberi tahu Anda tentang solusi dan cara mengatasinya, Kami akan menyebutkan apa alasan atau penyebab masalahnya di bawah ini.

1. Tidak dapat Menemukan atau Scan (Memindai) Jaringan Wi-Fi

Masalah yang pertama adalah tidak dapat menemukan atau gagal menemukan jaringan Wi-Fi.

Anda tentunya akan sering menemukan masalah ini, oke baiklah mari kita lihat alasan pertama yang mungkin menjadi penyebabnya.

Baca Juga :  Berikut Ini 10 Tips Mendesain Aplikasi Mobile (Seluler) Pertama Anda yang Baik dan Benar!

Untuk alasan atau penyebab dan solusinya sendiri, perlu untuk diketahui bahwa mungkin ada berbagai alasan mengapa ponsel Android Anda tidak dapat mendeteksi jaringan yang ada.

Walaupun beberapa skenario di antaranya terbilang tidak dapat diatasi, namun dalam situasi yang memungkinkan, ada solusi cara mengatasi masalah Wi-Fi connection failure yang dapat bekerja seperti di bawah ini.

Perbedaan dalam Bandwith Frekuensi Wi-Fi

Perl kalian ketahui bahwa Wi-Fi tersedia dalam pita frekuensi yang berbeda, tergantung pada perangkat.

Ada beberapa standar Wi-Fi yang berbeda juga, yaitu:

  1. Standar 802.11a/b/g
  2. Standar 802.11n
  3. Standar 802.11ac

Sementara yang pertama menggunakan bandwith frekuensi 2.4GHz, yang ke-2 (dua) dan ke-3 (tiga) menggunakan frekuensi 5GHz.

Sebagai contoh, misalkan perangkat Anda dikemas dengan chip Wi-Fi 2.4GHz.

Maka, itu tidak akan dapat mendeteksi jaringan Wi-Fi yang menggunakan band frequency 5GHz.

Jadi, perbedaan ini dapat menjadi alasan mengapa jaringan Wi-Fi tidak terdeteksi serta tidak bisa ditemukan pada sebuah perangkat.

Hidden Network atau Jaringan Tersembunyi

Untuk keamanan ekstra beberapa WLAN atau jaringan nirkabel menyembunyikan SSID mereka.

Dengan cara ini, pengguna harus mengetahui SSID dan password (kata sandi) untuk dapat mengakses jaringannya.

Jika Anda menggunakan jaringan seperti itu, Anda tidak akan melihat nama jaringan saat mencari, scanning atau memindainya.

Jika ini adalah masalahnya, Anda dapat menggunakan opsi “add networks atau tambahkan jaringan” dalam menu Wi-Fi.

Di sana, Anda dapat memasukkan SSID dan password (baca pengetian password disini) untuk menghubungkan.

Benar! Pastikan juga Anda memasukkan nama persis dari SSID tersebut, jika Anda memasukkan yang salah, maka koneksinya tidak akan dibangun.

Anda Menghubungkan ke Jaringan Ad-Hoc

Jaringan Wi-Fi Ad-Hoc diatur tanpa menggunakan router nirkabel, Anda dapat dengan mudah mengatur koneksi seperti itu di PC Windows Anda, menggunakan chip Wi-Fi inbuilt.

Pesan error atau kesalahan di HP atau smartphone Android Anda, akan menampilkan tidak mendukung jaringan Ad-Hoc secara default.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda memiliki dua opsi. Pertama, Anda bisa mendapatkan router asli untuk membuat jaringan Wi-Fi.

Atau, Anda dapat mengaktifkan dukungan jaringan Ad-Hoc di perangkat Android Anda.

Namun, untuk masalah ini, Anda harus me-root terlebih dahulu smartphone Anda serta berurusan dengan file wpa_supplicant.

Kami pribadi tentunya tidak merekomendasikan opsi kedua kecuali Anda siap (dalam artian sudah paham).

2. Koneksi Wi-Fi Sangat Lambat

Kita selalu menghadapi masalah ini, di rumah kita dan hotspot publik dan kemudian mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri, mengapa koneksi Wi-Fi saya lambat dan terus terputus?

Oke langsung saja, mari kita lihat apa yang kemungkinan menjadi penyebab dan cara mengatasi Wi-Fi connection failure tersebut sebagai berikut.

Range Matters (Jarak)

Jika Anda memiliki router Wi-Fi dengan standar yang lebih lama, kekuatan koneksi akan bergantung pada range (jangkauan).

Hal ini berarti bahwa kecepatan yang Anda dapatkan akan sebanding dengan kontak visual langsung antara router dan ponsel Android.

Solusinya juga terbilang sangat sederhana, yaitu dengan memastikan tidak ada benda besar di antara perangkat dan router.

Anda juga dapat menemukan tempat yang relatif lebih dekat ke router (baca pengertian router disini).

Baca Juga :  Penjelasan Pengertian Back-End Development: Apa itu? Tujuan, Jenis dan Bagian, Macam-Macam Bahasa Pemrograman serta Apa Saja Keterampilannya!

By the way, jika Anda ingin menemukan tempat atau dead spot Wi-Fi yang mungkin ada di rumah Anda?

Nah, di Android, Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Wi-Fi Solver.

Aplikasi ini akan menganalisis pengaturan router dan objek lain yang ada di kamar Anda untuk mengetahui dead-spot atau titik-titik mati dan merekomendasikan Anda yang lebih bagus terkait tempatnya.

Periksa Device (Perangkat) Lain

Nah, inilah kemungkinan alasan untuk hampir semua problem atau masalah kegagalan koneksi Wi-Fi.

Tanpa sepengetahuan Anda, beberapa perangkat lain mungkin terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda juga, termasuk Smartphone, Smart Fridges atau sesuatu yang tidak digunakan di rumah Anda.

Perangkat juga akan menghabiskan banyak sumber daya di latar belakang, sehingga hal itu dapat memperlambat seluruh koneksinya.

Jika Anda menemukan perangkat semacam itu, maka matikanlah.

3. Koneksi Wi-Fi Sering Disconnected (Terputus) Setiap Kali

Untuk masalah Wi-Fi Connection Failure, problem dan penyebab jenis ini dapat dikatakan sangat banyak, mari kita lihat di bawah ini beberapa kemungkinan dan cara mengatasi masalah tersebut di bawah ini.

Pengaturan Wi-Fi Sleep Policy

Ada bagian di Android, yang disebut Wi-Fi Sleep Policy, ini tentunya berkaitan dengan apa yang terjadi pada koneksi Wi-Fi ketika ponsel Android Anda dalam keadaan sleep (tertidur untuk menghemat daya).

Jika pengaturan telah diaktifkan, Anda akan menyaksikan lebih banyak masalah WiFi Disconnecting.

Solusinya di sini cukup sederhana, yaitu Anda harus membuka pengaturan jaringan nirkabel atau wireless network dan lanjutkan menuju ke bagian tingkat lanjut (advance).

Di sana, Anda kemungkinan akan menemukan entri yang bernama “tetap nyalakan Wi-Fi selama tidur” atau “keep Wi-Fi on During Sleep”.

Pastikan Anda telah memilih selalu nyalakan (keep on atau enable) di bagian itu.

Hal ini akan memastikan bahwa Wi-Fi connection tidak akan terputus saat perangkat sedang dalam mode tidur.

Jika Anda menjalankan versi Android yang lebih baru, Anda dapat menemukan opsi yang sama di:

Wi-Fi>Pengaturan

Cek dan Periksa Router Anda

Sekali lagi, router Wi-Fi Anda bisa menjadi alasan mengapa koneksi sering terputus.

Jika Anda menggunakan router lama, kemungkinan besar, itu terjadi karena kurangnya daya reach atau jangkauannya.

Dalam hal ini, Anda dapat mencoba bergerak menuju router Wi-Fi dalam keadaan yang lebih dekat dan mencoba menghubungkannya kembali.

Dalam skenario lain, pastikan bahwa touter berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah koneksi disconnected (terputus).

Kami pribadi telah menemukan bahwa tidak berfungsinya router sering menyebabkan masalah lancarnya koneksi.

Anda dapat mencoba me-reboot modem dan router untuk melihat apakah ada beberapa peningkatan terhadap problem tersebut.

Pada saat yang sama, Anda harus mencoba me-reboot perangkat Android Anda juga yang juga memiliki radio Wi-Fi untuk menerima sinyalnya.

4. Adanya Infinite Loop dalam Mendapatkan Alamat IP

Yang terakhir yaitu adanya infinite loop atau pengulangan tak terbatas (tidak terhingga) ketika mendapatkan alamat IP.

Ya, ini bisa menjadi masalah Wi-Fi connection failure (koneksi gagal) yang terbilang cukup sulit.

Tidak ada metode pasti untuk memperbaikinya, Kami juga belum menemukan alasan pasti mengapa masalah ini terjadi pada banyak perangkat Android.

Baca Juga :  Inilah Pengertian Slide: Apa itu Film Bingkai? Manfaat, Bagian, Prinsip serta Kelebihan dan Kekurangannya!

Namun, jangan khawatir, ada aplikasi Android yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalahnya.

Wi-Fi Fixer adalah aplikasi Android gratis yang dapat membantu memperbaiki masalah loop alamat tak terbatas pada IP Address.

Ini bekerja dengan mengatur ulang file sistem Anda untuk Wi-Fi.

Jadi, Wi-Fi HP atau smartphone Anda akan menjadi seperti perangkat diinstall ulang! Kami tidak bisa memberi jaminan apa pun di sini, namun tetap Anda dapat mencoba aplikasi ini.

Apa Lagi yang dapat Saya Lakukan?

Ilustrasi Gambar Apa Lagi Yang Harus Dilakukan Dalam Cara Mengatasi Masalah WiFi Connection Failure Pada HP Atau Smartphone Android
Ilustrasi Gambar Apa Lagi Yang Harus Dilakukan Dalam Cara Mengatasi Masalah WiFi Connection Failure Pada HP Atau Smartphone Android

Jika tidak adalah satu pun penyebab dan cara mengatasi masalah Wi-Fi connection failure di atas yang dapat gunakan untuk memperbaiki problem konektivitas Anda, perlu kalian ingat bahwa, hanya karena Anda tidak memiliki koneksi internet melalui Wi-Fi tidak berarti ada sesuatu yang salah dengan router Wi-Fi atau perangkat.

Mungkin ada masalah dengan ISP (baca pengertian ISP disini) atau DNS penyedia jaringan Anda. Jadi, sebelum menarik kesimpulan, lihat apa yang terjadi dengan layanan internet yang Anda gunakan.

Jika Anda cukup yakin bahwa masalahnya ada pada ponsel Android dan jika Anda mencoba yang lainnya, ada satu jalan keluar yang terbukti sangat ampuh.

Yaitu dengan mengatur ulang perangkat ke pengaturan pabrik setelah menimpan, mem-back-up serta mengambil semua cadangan perangkat Anda.

Dengan cara ini, semuanya akan kembali normal dan Anda akan melihat beberapa perbedaan mencolok pada sistem dan kinerjanya.

Kesimpulan

Jadi, di atas adalah pembahasan dan penjelasan Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Wi-Fi Connection Failure serta Apa Penyebabnya pada HP atau Smartphone Android. Ya, seperti yang sudah Kami katakan, ada beberapa masalah yang tidak dapat diselesaikan, tetapi Anda dapat mencoba berbagai metode yang telah Kami rangkum dan sebutkan di atas. Kami harap ini menyelesaikan problem (masalah) konektivitas ponsel Anda.

Jika masalah tersebut masil berlanjut, kalian dapat mempertimbangkan bantuan 3-rd party (pihak ketiga) seperti menggunakan layanan jasa service HP Banjarmasin Kami (jika Anda berada dan berdomisili di wilayah tersebut).

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami kali ini, dimana Kami membahas tentang Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Wi-Fi Connection Failure serta Apa Penyebabnya pada HP atau Smartphone Android. Semoga apa yang telah Kami sampaikan disini dapat bermanfaat bagi kita semua serta juga menambah wawasan kita semua.

Silahkan bagikan tulisan ini di media sosial Anda, jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat untuk teman, kerabat dan sahabat serta mitra dan partner kerja kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar