Cyberpreneur: Apa itu Cyberpreneurship? Tujuan dan Fungsi, Macam Keunggulan, Contoh serta Perbedaannya!

0
Gambar Dari Pengertian Cyberpreneur Apa Itu Cyberpreneurship Tujuan Dan Fungsi Macam Keunggulan Contoh Perbedaannya Dengan Technopreneur Atau Entrepreneur Wirausahawan
Gambar Dari Pengertian Cyberpreneur Apa Itu Cyberpreneurship Tujuan Dan Fungsi Macam Keunggulan Contoh Perbedaannya Dengan Technopreneur Atau Entrepreneur Wirausahawan

Mengenal Pengertian Cyberpreneur, Apa itu Cyberpreneurship? Tujuan dan Fungsi, Macam Keunggulan, Contoh, Perbedaannya dengan Technopreneur atau Entrepreneur!

Memang, siberpreneur, teknoprenuer dan kewirausahaan semakin kedepannya mungkin tidak dapat dibedakan lagi dari perspektif orang luar.

Ya, banyak keterampilan inti yang identik.

Tetapi ada beberapa hal yang kiranya dapat kalian pertimbangkan.

Sebagai contoh, misalnya seperti seorang pengembang web, insinyur mesin, dan insinyur proses berjalan ke sebuah warung dan pemilik warung berkata, “Pasti ada cara yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah”.

Maknanya, masing-masing kemungkinan akan memecahkan masalah secara berbeda, dan di situlah letak kontrasnya.

Beberapa bulan sejak artikel Kami sebelumnya yang membahas terkait arti technopreneur (baca pengertian technopreneur disini), Kami mendapat beberapa pertanyaan tentang apa itu cyberpreneurship dan perbedaan antara technopreneurship dan entrepreneurship.

Setelah melihat beberapa diskusi para pakar dan ahli internasional, dalam postingan kali ini Kami akan mengulasnya secara lengkap dan detail tentang apa itu pengertian cyberpreneur dengan tambahan tentang kontrasnya.

Oke baiklah langsung saja, mari kita simak ulasannya di bawah ini!

Pengertian Cyberpreneur

Berarti pengusaha siber, istilah cyberpreneur berarti seorang wirausahawan yang memanfaatkan dunia digital untuk mempromosikan, meningkatkan, dan mengembangkan bisnis dan brand (merek) mereka untuk menciptakan aset dan kekayaan serta mempertahankannya.

Seperti yang juga dijelaskan oleh sumber simpulan Kami dari Situs Enterprisesecuritymag, cyberpreneurs yang merupakan praktisinya dapat membantu menghilangkan masalah ini di ruang virtual.

Pakar keamanan siber freelancer atau profesional dapat memanfaatkan keterampilan dan pengalaman mereka untuk menawarkan langkah-langkah keamanan digital yang disesuaikan untuk perusahaan virtual.

Cyberpreneurs dapat membantu perusahaan dengan menyediakan pertahanan digital strategis dengan harga terjangkau daripada membangun penyedia solusi keamanan TI.

Apa itu Cyberpreneurship?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Cyberpreneurship Tujuan Dan Fungsi Serta Macam Keunggulannya Dibandingkan Dengan Cara Tradisional
Ilustrasi Gambar Apa Itu Cyberpreneurship Tujuan Dan Fungsi Serta Macam Keunggulannya Dibandingkan Dengan Cara Tradisional

Jadi, apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan cyberpreneurship?

Ya, mengutip dari apa yang sudah Kami jelaskan di atas sebelumnya terkait definisi dan artinya, kata cyberpreneurship ini merupakan bidang oleh praktisi cyberpreneur.

Sederhananya, kata ini berasal dari kata “cyber” dan “entrepreneurship”, dimana ini adalah istilah baru dalam lanskap digital.

Mengikuti logika ini, cyberpreneur merupakan profesional yang mendigitalkan akses ke produk dan layanan mereka dengan memanfaatkan teknologi informasi (baca pengertian teknologi informasi disini) dan cyberpreneurship sendiri adalah suatu kegiatan bisnis serta peningkatannya dengan menggunakan teknologi tersebut.

Sebuah perusahaan digital, mereka melakukan seluruh transaksi, mulai dari pengiriman produk hingga menghasilkan pendapatan, dan semuanya terjadi di domain digital!

Untuk alasan mengapa cyberpreneurship sendiri menjadi booming, itu terjadi karena secara umum bisnis virtual lebih kuat dan efisien dalam menangani manajemen pelanggan dan menyediakan pengiriman layanan tanpa kerumitan.

Benar! Tidak diragukan lagi bahwa karena alasan-alasan inilah cyberpreneurship menjangkau hampir setiap perusahaan yang ada di internet saat ini.

Namun, perkembangan cyberpreneur tidak hanya meningkatkan ekosistem digital saja, semua hal itu pastinya juga membantu penjahat dunia maya untuk menggunakan media digital ini untuk mengeksploitasi kerentanan di ruang online yang berkembang ini, dimana salah satu akibat fatalnya adalah data breach (baca pengertian data breach disini).

Tujuan dan Fungsi Cyberpreneur

Setelah kita memahami arti cyberpreneur, maka selanjutnya kita juga harus mengetahui apa tujuan dan fungsi daripada wirausahawan siber ini.

Baca Juga :  10+ Alternatif Copyscape Terbaik, Gratis untuk Cek Plagiarisme Konten (Artikel)!

Cyberpreneurship merupakan suatu langkah atau cara untuk mempromosikan suatu produk atau jasa melalui teknologi internet.

Tujuan utama seorang cyberpreneur yaitu adalah untuk mencari peluang bisnis dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia di internet.

Dalam usaha bisnis, mereka dipromosikan menggunakan brosur elektronik, yang dikenal sebagai homepage atau lebih khususnya landing page di internet.

Singkatnya cyberpreneurship adalah jiwa wirausaha yang memanfaatkan media internet.

Berkenaan dengan fungsi mereka sendiri, seringkali mereka menggunakan beberapa hal sebagai berikut dalam proses atau praktiknya:

  1. Informatika; Ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, bahkan menjadi komoditas industri, bisnis informasi, media dan telekomunikasi.
  2. Teknologi telematika; Perubahan (kemajuan) teknologi telematika telah mengubah pola ekonomi, gaya hidup dan cara berbisnis secara signifikan.
  3. Internet; Penggunaan internet dalam business technology yang secara signifikan dapat mengurangi biaya transaksi bisnis dan memberikan kemudahan dalam mendiversifikasi kebutuhan.

Yup, Kami pribadi dapat mengatakan bahwa upaya seorang cyberpreneur dilakukan melalui media internet Hypertext Transfer Protocol (HTTP) untuk mendapatkan keuntungan.

Beragam cara mulai dari metode pemasaran, fungsi penggunaan teknologi bagi pengusaha siber, dan kombinasi keduanya yang melahirkan istilah-istilah SEO (Search Engine Optimization), Affiliate dan Adsense.

Macam-Macam Keunggulan Cyberpreneurship

Membahas mengenai apa itu arti dan pengertian cyberpreneur, lalu apa saja jenis dan macam-macam keunggulan dari cyberpreneurship, khususnya jika dibandingkan dengan praktik bisnis tradisional?

Memang, bisnis yang hanya ada secara online memiliki banyak keunggulan dibandingkan bisnis bata dan mortir tradisional.

Jika Anda berencana untuk menjadi seorang cyberpreneur (pengusaha siber), berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda dapatkan sebagai keuntungannya.

a. Engagement (Keterlibatan) Pengguna yang Efisien

Jenis dan macam keunggulan cyberpreneurship yang pertama yaitu engagement atau keterlibatan pengguna yang efisien.

Yup! Bisnis dapat melibatkan orang melalui obrolan, media sosial, e-mail, blog, dan juga video.

Dengan ini, ada banyak cara untuk berbicara dengan pelanggan (kontes, giveaway atau undian di media sosial) dan lebih banyak peluang untuk memenangkan mereka karena mereka harus mendaftar dan memberikan detail mereka.

Meskipun transaksi tidak dilakukan secara tatap muka, Anda tetap dapat mempersonalisasikannya karena Anda sudah memiliki nama.

b. Investasi Awal yang Hemat

Keunggulan berikutnya yaitu investasi awal yang lebih hemat.

Terlebih, karena sebagian besar bisnis terjadi secara online, Anda tidak memerlukan kantor dan gerombolan karyawan yang besar atau mahal bukan?

Benar! Yang Anda butuhkan hanyalah domain, alamat e-mail profesional, akun e-commerce (baca pengertian e-commerce disini), dan situs web e-niaga.

Apakah Anda menjual produk Anda yang sebenarnya atau tidak? Betul! Anda hanya membutuhkan ruang kecil untuk penyimpanan dan pengemasannya.

c. Operasi yang Fleksibel

Jenis dan macam keunggulan atau manfaat yang ke-3 (tiga) yaitu operasi yang fleksibel.

Dalam bidang ini, Anda memiliki pilihan untuk mengatur jam Anda karena bisnis Anda dapat aktif atau online 24 (dua puluh empat) jam dalam 7 (tujuh) hari atau seminggu.

Anda atau staf Anda mungkin tidak tersedia pada waktu-waktu tertentu dalam sehari, tetapi situs website Anda akan tersedia.

d. Logistik yang Efisien

Jenis dan macam keunggulan cyberpreneur terakhir yang akan Kami jelaskan disini yaitu logistik yang efisien.

Logistik bisnis tidak pernah seefisien dan seefisien sekarang ini, dan itu semua berkat internet.

Anda dapat menerima pesanan dan mengirimkan produk sambil menyelesaikan keluhan pelanggan secara real-time atau waktu nyata.

Selain itu, sekarang ini, terutama di tahun 2021 sekarang, tersedia banyak aplikasi tracking atau pelacakan inventaris yang memungkinkan Anda melacak stok Anda bahkan saat Anda tidak di kantor.

Baca Juga :  Memahami Pengertian Growth Hacking: Apa itu Growth Hacker? Tujuan, Cara Kerja, Manfaat, Strategi, Contoh dan Bagaimana Cara Memulainya?

Contoh Cyberpreneurship

Dalam membahas tentang cyberpreneur dan apa itu cyberpreneurship, maka hal itu pastinya tidak terlepas dari seperti apa contoh mereka bukan?

Baik, di bawah ini akan Kami jelaskan contohnya berupa sebuah kisah seorang pengusaha siber:

Rifqi adalah seorang cyberpreneur.

Dia dapat bekerja dimana saja, baik itu di rumah atau pun dari kantor RM Digital miliknya.

Dia menghasilkan puluhan juta rupiah dari jasa professionalnya sebulan.

Dia juga sering membuat konten dan memaskan produk afiliasi seperti afiliasi akun Invitee.

Dari contoh kalimat di atas, kata “cyber” dan “entrepreneur” dan secara longgar berarti banyak hal tetapi umumnya dianggap sebagai wirausahawan yang memiliki bisnis berbasis online di dunia internet yang menargetkan konsumen internasional.

Benar! Para cyberpreneur ini bahkan tidak membutuhkan kantor, dimana pada dasarnya yang perlu mereka berikan hanyalah konten.

Sebagai seorang pengusaha siber, semakin banyak orang yang menemukan tautan ke situs web Anda berarti lebih banyak orang akan mengkliknya untuk membuka situs web Anda dan akan berarti lebih banyak keuntungan bagi Anda karena Anda memiliki lebih banyak pembaca dan dapat mengenakan biaya lebih banyak.

Mereka seringkali memanfaatkan situs web direktori sebagai sarana untuk menyampaikan informasi tentang topik atau produk.

Perbedaan Cyberpreneurship dengan Technopreneurship dan Entrepreneurship (Kewirausahaan)

Ilustrasi Gambar Perbedaan Cyberpreneurship Dengan Technopreneur Dan Entrepreneur Atau Wirausahawan Dalam Membahas Pengertian Dan Arti Cyberpreneur
Ilustrasi Gambar Perbedaan Cyberpreneurship Dengan Technopreneur Dan Entrepreneur Atau Wirausahawan Dalam Membahas Pengertian Dan Arti Cyberpreneur

Kemudian, apa saja perbedaan dari istilah cyberpreneurship dengan technopreneurship dan entrepreneurship (kewirausahaan) itu?

Seperti yang sudah Kami sebutkan di atas, definisi cyberpreneur merupakan seorang profesional, dimana mereka melakukan proses digital dalam akses ke produk dan layanan mereka.

Jadi, untuk perbedaannya, cyberpreneurship adalah suatu aktivitas bisnis beserta bagaimana itu ditingkatkan dengan memanfaatkan internet.

Sedangkan technopreneurship sendiri adalah suatu proses dalam pembentukan usaha-usaha baru yang melihat teknologi sebagai basisnya, dengan harapan terciptanya strategi dan inovasi yang nantinya dapat menempatkan teknologi tersebut sebagai salah satu faktor pembangunan ekonomi nasional.

Konsep technoprenerur tersebut seperti diungkapkan di atas pada dasarnya mengintegrasikan teknologi dengan keterampilan kewirausahaan (enterpreneurship skills).

Dalam konsep dasarnya technopreneurship ini merupakan sub atau pengembangan kewirausahaan yang dimulai dari penemuan dan inovasi di bidang teknologi.

Pada akhirnya, menurut Kami pribadi akan ada lebih banyak persamaan daripada perbedaannya.

Entrepreneur atu kewirausahaan, dalam segala bentuk, pastinya akan mengikuti jalur tingkat tinggi berikut ini:

  • Identifikasi kebutuhan.
  • Membangun produk.
  • Mengurangi risiko.
  • Bawa produk ke pasar.

Cyberpreneur dan technopreneur hanya memiliki perspektif dan perangkat yang berbeda untuk setiap langkah di jalur tersebut serta mereka memiliki potensi sukses yang lebih besar mengingat target mereka yang khusus.

Benar! Semua cyberpreneur dan technopreneur adalah seorang entrepreneur, tetapi tidak semua entrepreneur adalah technopreneur atau cyberpreneur.

Apa Saja Hal-Hal yang Harus Diperhatikan oleh Seorang Pengusaha Siber?

Lalu, apa saja hal-hal penting yang perlu untuk diperhatikan oleh seorang cyberpreneur atau pengusaha siber?

Sementara fluiditas dan aplikasi yang kian tak terbatas dari dunia maya telah memungkinkan cyberpreneurship berkembang hingga sekarang ini, itu juga merupakan taman bermain yang terus berkembang bagi para pelaku ancaman.

Layaknya para pengusaha siber sendiri, penjahat dunia maya juga memanfaatkan kekuatan internet, tetapi untuk aktivitas ilegal yang dirancang untuk mengganggu dan mengeksploitasi kerentanan yang ada dalam ekosistem bisnis online.

Yup! Semua sistem digital menggunakan pengkodean sistem biner, itulah sebabnya Anda memiliki e-mail, e-book, dan e-commerce.

Selain itu, malware juga dikodekan menggunakan sistem yang sama, itulah sebabnya ada sisi jahat dari dunia maya.

Aktivitas kejahatan dunia maya yang memengaruhi bisnis online termasuk e-mail phishing, penipuan, penipuan rantai pasokan, spionase perusahaan, pencurian data keuangan, pencurian identitas, serangan penolakan layanan atau Denial of Service (DoS), dan distribusi malware.

Memang, bisnis yang tidak memiliki protokol keamanan siber yang kuat menghadapi risiko pelanggaran keamanan dan menjadi statistik lain.

Baca Juga :  Pengertian CPL (Cost Per Lead): Fungsi, Manfaat dan Cara Menghitungnya

Online yang ada berarti Anda harus memiliki strategi defensif untuk ancaman online di ruang digital, seperti menggunakan layanan pemantauan identitas untuk memeriksa akun yang disusupi dan program keamanan siber yang melindungi sistem jaringan.

Salah satu area di mana cyberpreneurship dapat menyelamatkan para pengusaha umum adalah ketika profesional keamanan IT (baca pengertian IT disini) lepas menawarkan layanan mereka untuk membantu bisnis online lainnya mengurangi ancaman serangan cyber.

Kesimpulan

Oke, Kami pikir sudah cukup sekarang untuk pembahasan Pengertian Cyberpreneur, Apa itu Cyberpreneurship? Tujuan dan Fungsi, Macam Keunggulan, Contoh, Perbedaannya dengan Technopreneur atau Entrepreneur.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa pengusaha siber atau cyberpreneur adalah para profesional yang memiliki kemampuan untuk mendigitalkan berbagai macam akses ke produk dan layanan mereka dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Cyberpreneurship telah membuka pintu bagi banyak profesional, dengan sedikit atau tanpa investasi di pihak mereka untuk memulai bisnis online mereka.

Cyberpreneurs hebat termasuk seperti para pengecer produk e-commerce dan pekerja lepas seperti profesional TI, penulis, blogger, programmer, pakar SEO, konsultan media sosial, teknisi audio-video, desainer web, dan seniman grafis serta lain sebagainya.

Jika Anda memiliki keterampilan, dibutuhkan sedikit usaha dan sumber daya untuk memulai bisnis online Anda sendiri dan menjadi cyberpreneur yang bonafide.

Dunia maya adalah perbatasan berikutnya, dan mereka yang ingin membebaskan diri dari pengaturan tradisional dapat membuat nama untuk diri mereka sendiri dengan memanfaatkan dunia internet yang luas dan terbuka.

Namun, perlu Kami tekankan disini bahwa dunia maya bukanlah dunia yang sempurna dan memiliki kekurangan seperti penjahat dunia maya dan malware serta lain sebagainya, seperti halnya dunia nyata yang memiliki penjahat dan teroris.

Oleh karena itu, seorang cyberpreneur harusnya dapat memastikan bahwa mereka menggunakan keamanan siber yang canggih untuk melindungi dan mengamankan bisnis online mereka sehingga mereka dapat meminimalkan risiko serangan siber.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Cyberpreneur, Apa itu Cyberpreneurship? Tujuan dan Fungsi, Macam Keunggulan, Contoh, Perbedaannya dengan Technopreneur atau Entrepreneur.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi dan bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar