7+ Cara Memudahkan Proses Data Collection (Pengumpulan Data) Management dan Tipsnya yang Baik!

Gambar Dari Bagaimana Cara Memudahkan Proses Data Collection Atau Pengumpulan Data Management Dan Tipsnya Yang Baik Serta Benar
Gambar Dari Bagaimana Cara Memudahkan Proses Data Collection Atau Pengumpulan Data Management Dan Tipsnya Yang Baik Serta Benar

Apa Saja Cara Memudahkan Proses Data Collection (Pengumpulan Data) Management dan Tipsnya yang Baik serta Benar?

Seperti yang sudah kita ketahui, saat sebuah bisnis, organisasi, dan perusahaan berusaha menerapkan strategi yang efisien untuk memanfaatkan big data (baca pengertian big data disini), mereka seringkali mengalami komplikasi dalam proses pengumpulan dan pengelolaan.

Betul! Mengumpulkan dan mengelola data dalam jumlah besar bisa sangat memakan waktu, dan jika tidak dilakukan secara efisien, hal itu dapat menimbulkan beban yang luar biasa bagi perusahaan.

Well, manajemen data membantu meminimalkan potensi kesalahan dengan menetapkan proses dan kebijakan untuk penggunaan dan membangun kepercayaan pada data yang digunakan untuk membuat keputusan di seluruh organisasi Anda.

Dengan data yang andal dan terkini, perusahaan dapat merespons perubahan pasar dan kebutuhan pelanggan dengan lebih efisien.

Terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini, Kami akan membahas dan membagikan berbagai macam cara yang dapat kita lakukan untuk mempermudah proses dan manajemen pengumpulan data atau (data collection management).

Berikut ulasannya!

Apa itu Data Collection dan Management?

Ilustrasi Gambar Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Data Collection Dan Management Serta Caranya
Ilustrasi Gambar Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Data Collection Dan Management Serta Caranya

Sebelum kita membahas tentang cara dan tipsnya yang baik dan benar, mari kita lihat kembali terkait apa itu data collection dan management-nya secara khusus.

Pengumpulan atau data collection didefinisikan sebagai prosedur pengumpulan, pengukuran, dan analisis wawasan yang akurat untuk penelitian dengan menggunakan teknik standar yang divalidasi.

Kalian dapat membaca lebih lanjut tentang penjelasan data collection disini.

Pengumpulan data, penanganan, dan rencana pengelolaan atau management-nya tentunya memainkan peran penting dalam sebuah proyek.

Yup! Rencana tersebut menyediakan peta jalan yang mendokumentasikan aliran data melalui fase berurutan dari pengumpulan, penyimpanan, pembersihan, pengurangan, analisis, dan akhirnya ke pengarsipan.

Selanjutnya, rencana pengelolaan mendokumentasikan hubungan antara semua perangkat lunak dan program yang diperlukan untuk memandu data melalui siklusnya.

7 Cara Utama untuk Memudahkan Proses Data Collection (Pengumpulan Data) Management

Jadi, bagaimana cara untuk memudahkan proses terkait pengelolaan atau management-nya?

Oke baiklah, di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mempermudahnya.

1. Menetapkan proses

Cara memudahkan data collection pertama yang dapat kita lakukan yaitu dengan menetapkan proses.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Router: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Konfigurasi dan Perbedaannya dengan Modem!

Menurut beberapa riset yang dilakukan oleh para sekitar 42% (persen) responden tidak memiliki strategi untuk meningkatkan kualitas data.

Langkah pertama dalam meningkatkan pengumpulan dan pengelolaan data adalah menguraikan strategi yang jelas dan spesifik untuk mengumpulkan, membersihkan, mengatur, dan mengelola data.

Benar! Perlu proses yang konsisten dan berkelanjutan yang mencakup semua aspek manajemen data, sehingga departemen pemasaran dapat menetapkan rutinitas.

2. Tentukan Jenis Data yang Anda Butuhkan

langkah memudahkan data collection Anda berikutnya yaitu dengan menentukan jenis data yang dibutuhkan.

Bisnis memperoleh data dalam jumlah besar, dan Anda harus berhati-hati tentang data mana yang Anda simpan di sistem Anda.

Data yang penting bagi bisnis Anda adalah data yang mengungkapkan informasi (baca apa itu informasi dan detailnya disini) tentang pelanggan, yang menjelaskan hubungan antara pelanggan dan bisnis, serta yang mengungkapkan tren marketing (pemasaran) dan kinerja pemasaran secara keseluruhan.

3. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Ke-3 (tiga) yaitu dengan menetapkan tujuan yang jelas.

Khususnya, untuk menyederhanakan pengumpulan dan pengelolaan data, Anda memerlukan tujuan yang jelas mengenai apa yang Anda harapkan dari analisis data Anda.

Hal ini pastinya akan bervariasi di antara bisnis.

Saran Kami, tentukanlah serangkaian tujuan yang jelas, sehingga Anda menangkap jenis data yang tepat dan mendekati analisis atau analytics dengan cara yang paling berarti bagi perusahaan Anda.

4. Ukur, Analisa, Perbaiki, dan Ulangi

Yup, sama seperti pengembangan perangkat lunak atau software development terkait siklusnya, cara untuk mempermudah data collection ke-4 (empat) yang akan Kami bahas disini yaitu dengan mengukur, menganalisa, memperbaiki, dan mengulanginya.

Memang, pada dasarnya ini adalah siklus pemasaran yang harus diikuti semua bisnis untuk mengelola data mereka dari waktu ke waktu.

Ini adalah proses yang berkelanjutan, dan Anda harus terus-menerus menilai strategi Anda dan melakukan cleaning (membersihkan) pada data Anda, sambil menetapkan tujuan baru untuk bergerak maju.

5. Gunakan Sistem yang Multi-Faceted untuk Mengumpulkan Data

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan sistem multi-faced dalam proses data collection.

Tidak ada sistem tunggal yang dapat bertanggung jawab untuk mengumpulkan semua data yang dibutuhkan bisnis Anda.

Benar! Gunakan berbagai platform untuk mengumpulkan data pelanggan yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Perangkat lunak otomatisasi pemasaran atau yang kita kenal dengan istilah marketing automation dapat mempermudah pengumpulan data yang berkaitan dengan pelanggan dan pemasaran, menawarkan Anda tools (alat) untuk mengumpulkan dan menganalisis tren yang berkaitan dengan kinerja pemasaran.

6. Tingkatkan Keterbacaan Visual Anda

Lalu, cara lainnya adalah dengan meningkatkan keterbacaan visual data Anda.

Seperti yang sudah kita bahas dalam pembahasan tentang data visualization, visual Anda adalah bagian penting dari proses analisis.

Ya! Mereka akan membantu Anda untuk mendapatkan wawasan dan bantuan dalam menentukan cara terbaik untuk meningkatkan strategi Anda bergerak maju.

Baca Juga :  VlogNow (VN) Video Editor MOD APK Versi Terbaru: 1.34.8 Full, Pro, Tanpa Iklan Gratis Download!

Saran Kami, fokuslah pada keterbacaan grafik dan bagan Anda.

Gunakan warna menarik yang akan membantu membedakan antar bagian, mengandalkan sesedikit mungkin variabel dalam satu bagan, dan menghindari jargon atau akronim yang berbelit-belit.

7. Gunakan Sistem Manajemen Data

Cara memudahkan proses data collection terakhir yang akan Kami jelaskan disini yaitu dengan menggunakan sistem manajemen data.

Well, para marketer atau pemasar berulang kali mendengar pentingnya menganalisis data besar (big data).

Namun, ketika tugasnya menjadi terlalu berat, banyak usaha kecil tidak memiliki waktu dan sumber daya untuk memanfaatkan data mereka sepenuhnya.

Benar! Sebuah sistem manajemen data akan membuat proses lebih mudah!

Ini memungkinkan Anda untuk lebih cerdas saat mengumpulkan data, menawarkan platform (baca uraian lengkap tentang platform disini) untuk menyimpan dan mengatur data secara lebih efisien, dan membantu Anda melacak dan menganalisis data dengan lebih mudah.

Tips Management dalam Data Collection yang Baik dan Benar

Ilustrasi Gambar Kiat Kiat Dan Tips Manajemen Atau Management Dalam Pengumpulan Data
Ilustrasi Gambar Kiat Kiat Dan Tips Manajemen Atau Management Dalam Pengumpulan Data

Bagaimana? Dengan cara-cara untuk mempermudah proses kita melakukan data collection di atas, tentunya segala proses manajemennya akan lebih mudah bukan?

Ya! Dalam postingan kali ini Kami juga akan membagikan tips dan kiat-kiat lainnya yang baik dan benar dalam data collection management sebagai berikut.

1. Identifikasi Masalah dan Lebih Utamakan Keaslian

Tips pertama, kita dapat mengidentifikasi masalah dan lebih utamakan keaslian.

Penting untuk mengetahui dengan jelas mengapa data dikumpulkan dan untuk apa data tersebut akan digunakan.

Mungkin ada ketakutan yang sah di antara manajer program bahwa mengumpulkan data tentang kinerja program sama dengan melakukan audit.

Ini artinya, jika langkah-langkah tertentu tidak tercapai, suatu program dapat dianggap tidak berhasil dan pendanaan atau dukungan lebih lanjut dapat dihentikan.

Sebagai contoh misalnya, ketika meminta manajer proyek untuk melaporkan jumlah peserta proyek, luangkan waktu untuk menjelaskan mengapa penting untuk melaporkan secara jujur.

Mereka mungkin memerlukan jaminan bahwa pendanaan atau dukungan mereka tidak akan terancam jika mereka tidak mencapai jumlah tertentu.

2. Gunakan Definisi yang Konsisten

Tips manajemen data collection berikutnya yaitu dengan menerapkan dan menggunakan definisi yang konsisten.

Benar! Pengumpulan data yang akurat sangat penting untuk menjaga integritas penelitian dan evaluasi.

Ketika beberapa tim atau manajer proyek terlibat dalam pengumpulan data dari lingkup atau proyek mereka sendiri, semua pihak yang bertanggung jawab atas pengumpulan data harus diberikan definisi yang konsisten.

Jika tidak, jika 2 (dua) orang menginterpretasikan sesuatu secara berbeda, perbedaan tersebut pastinya dapat mempengaruhi data.

Misalnya, ketika melaporkan setiap bulan, apakah setiap angka dihitung untuk bulan sebelumnya, atau apakah merupakan gabungan dari semua bulan sebelumnya?

Penting untuk mempertimbangkan dengan cermat bagaimana definisi kedua statistik tersebut akan berbeda dan mana yang lebih bermakna.

Ini tentunya harus dijelaskan dengan hati-hati kepada semua pengumpul data yang terlibat.

Baca Juga :  Begini Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet yang Baik dan Benar!

3. Putuskan Siapa yang akan Menganalisis, Menafsirkan, dan Melaporkan Hasilnya

Hmmmn oke, mungkin ini yang terakhir menurut Kami.

Oke, untuk hal tipsnya yaitu dengan memutuskan siapa yang akan menganalisis, menafsirkan, dan melaporkan hasilnya.

True, orang yang menganalisis, menafsirkan, dan melaporkan hasil perlu mengetahui analisis apa yang diperlukan, bahkan sebelum titik data pertama dikumpulkan.

Analisis data harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati, memikirkan apa artinya sebenarnya dan apakah data tersebut dapat menjelaskannya secara akurat.

Pertimbangan harus diberikan apakah ada cukup data untuk menarik kesimpulan khusus dan berhati-hati untuk tidak membuat asumsi sebagai akibat dari data yang tidak lengkap.

Kesimpulan

Baiklah, di atas adalah beberapa Cara Memudahkan Proses Data Collection (Pengumpulan Data) Management dan Tipsnya yang Baik serta Benar.

Mengumpulkan data berkualitas tinggi sangat penting untuk keberhasilan setiap proyek atau inisiatif.

Penyedia dana dan khususnya, manajer proyek lokal, sering memainkan peran penting dalam pengumpulan data.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan proses pengumpulan data dan sistem pengukuran stabil dan dapat diandalkan.

Memasukkan ini ke dalam rencana pengumpulan data akan meningkatkan kemungkinan bahwa data dan pengukuran dapat digunakan untuk mendukung analisis.

Pengumpulan data terlalu penting untuk dianggap enteng, terutama ketika anggaran program bergantung pada jumlah yang dilaporkan dalam laporan penelitian dan evaluasi.

Pengumpulan data yang baik dan benar akan menghasilkan pertanyaan penelitian yang dapat dijawab dengan benar, studi dapat diulang dan divalidasi, sumber daya dan anggaran digunakan dengan bijak dan mendukung keputusan yang baik untuk pengembangan kebijakan publik yang baik.

Penutup

Demikianlah ulasan yang dapat Kami bagikan dalam tulisan kali ini, dimana Kami membahas tentang Cara Memudahkan Proses Data Collection (Pengumpulan Data) Management dan Tipsnya yang Baik serta Benar.

Jangan lupa berikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini atau hubungi Kami secara langsung pada halaman kontak untuk informasi lebih lanjut.

Silahkan share artikel atatu tulisan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan bisnis Anda semua jika kalian rasa ini bermanfaat. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar