Begini Cara Membuat Penomoran Kolom Tanda Tangan Absensi di Excel!

0
Gambar Cara Membuat Penomoran Kolom Tanda Tangan Daftar Hadir Atau Absensi Di Excel
Gambar Cara Membuat Penomoran Kolom Tanda Tangan Daftar Hadir Atau Absensi Di Excel

Bagaimana Cara Membuat Penomoran Kolom Tanda Tangan Absensi di Microsoft Excel 2019, 2016, 2013 dan 365? Ya! Kehadiran adalah sebuah konsep dimana orang-orang, baik itu secara individu atau kelompok muncul dan berada di lokasi untuk acara yang sebelumnya dijadwalkan. Mengukur absensi atau kehadiran adalah keprihatinan yang signifikan bagi banyak organisasi, yang dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengukur efektivitas upaya mereka dan untuk merencanakan upaya masa depan.

Sebelumnya, apakah Anda ingin membuat absensi atau daftar hadir kegiatan peserta yang jumlahnya ratusan atau bahkan ribuan? Hmmm, pasti repot sekali kan jika harus membuat kolom penomoran tanda tangannya. Apalagi harus ketik manual satu persatu agar nomor urut ganjil berada di kiri dan genap di kanan. Benar! Buang jauh-jauh cara manual yang membutuhkan waktu lama itu karena dalam postingan kali ini, Kami akan membahas tentang cara cepat membuat penomoran pada kolom TTD atau paraf absensi di Excel. Langsung saja, berikut ini adalah ulasannya!

Apa itu Excel?

Excel adalah program perangkat lunak yang dibuat oleh Microsoft yang menggunakan spreadsheet untuk mengatur angka dan data dengan rumus dan fungsi. Analisis Excel ada di mana-mana di seluruh dunia dan digunakan oleh bisnis dari semua ukuran untuk melakukan analisis keuangan.

Excel biasanya digunakan untuk mengatur data dan melakukan analisis keuangan. Ini digunakan di semua fungsi bisnis dan di perusahaan dari kecil hingga besar.

Adapun beberapa penggunaan utama software Microsoft Excel ini meliputi:

  • Entri data
  • Manajemen data
  • Akuntansi
  • Analisa keuangan
  • Grafik atau grafis
  • Pemrograman
  • Manajemen waktu
  • Manajemen tugas
  • Pemodelan keuangan
  • Dan semua hal yang perlu diatur lainnya!
Baca Juga :  Inilah Pengertian Digital Signature: Apa itu Tanda Tangan Digital? Tujuan dan Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Bagaimana Cara Membuatnya?!

Apa itu Absensi?

Absensi adalah sebuah aktivitas atau kegiatan dalam penarikan, pengambilan atau pengumpulan data agar dapat mengetahui jumlah kehadiran pada sebuah kegiatan.

Setiap acara yang membutuhkan informasi (baca pengertian informasi disini) mengenai peserta tentu akan melakukan absensi.

Kolom di Microsoft Excel

Dalam membahas mengenai cara mudah dan cepat membuat penomoran kolom TTD absensi di Microsoft Excel, mari kita mulai dengan memahami apa arti kolom di Excel terlebih dahulu.

Di Microsoft Excel, kolom berjalan secara vertikal di tata letak kisi lembar kerja. Kolom vertikal ini diberi nomor dengan nilai abjad seperti A, B, C dan seterusnya. Baris horisontal diberi nomor dengan nilai numerik seperti 1, 2, 3 dan seterusnya.

Setiap kolom di lembar kerja memiliki nomor kolom sendiri yang digunakan sebagai bagian dari referensi sel seperti A1, A2, atau M16. Anda dapat memilih seluruh kolom dengan mengklik judul atau tajuk kolom yaitu huruf-huruf di bagian atas tata letak kisi.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan kolom di Excel seperti menyisipkan, menghapus, menyembunyikan, tidak menyembunyikan, dan mengubah ukuran kolom serta hal banyak hal terkait lainnya.

Video Tutorial Langkah Cara Membuat Penomoran Kolom Tanda Tangan Absensi di Microsoft Excel 2019, 2016, 2013 dan 365

Khusus untuk kalian yang lebih menyukai penjelasan dalam bentuk video, di bawah ini adalah video bagaimana cara membuat penomoran beserta garis titik-titiknya di Excel.

Cara Membuat Penomoran Kolom Paraf dengan Garis Titik Titik di Microsoft Office Excel

Tutorial Langkah Cara Membuat Penomoran Kolom Tanda Tangan Absensi di Microsoft Excel 2019, 2016, 2013 dan 365

Oke teman-teman, langsung saja berikut ini adalah cara untuk memberi penomoran otomatis pada kolom tanda tangan atau paraf daftar hadir atau absensi di Excel dengan cepat dan mudah.

a. Memberi Penomoran Kolom untuk Daftar Hadir

Untuk memulainya, kalian buat dan buka terlebih dahulu file absensi Excel kalian, yang minimal mencakup kolom seperti nomor, nama, dan tanda tangan.

Baca Juga :  Ini Dia Cara Merubah Tampilan Android Menjadi Seperti Windows 10!

Kemudian tambahkan pada bagian kiri kolom tanda tangan dengan:

Ketik tanda "=" kemudian klik angka  "1" pada kolom nomor

Dalam contoh ini, setelah Kami melakukan klik pada nomor 1 maka secara otomatis cell A4 akan ditambahkan. perlu diingat angka letak cell yang muncul disni mungkin berbeda dengan jika dengan daftar absensi yang kita buat, karena A4 disni, mereka merujuk pada kolom A baris ke-4.

Langkahnya kurang lebih akan nampak seperti gambar di bawah ini.

Mulai Dengan Membuat Dan Membuka Daftar Hadir Atau Absensi Kemudian Menambahkan Formula Sederhana Pada Kolom Tanda Tangan Pertama
Mulai Dengan Membuat Dan Membuka Daftar Hadir Atau Absensi Kemudian Menambahkan Formula Sederhana Pada Kolom Tanda Tangan Pertama

Berikan juga formula pada baris bawah bagian kanan kolom penomoran tanda tangannya dengan:

Ketik tanda "=" kemudian klik angka "2" pada kolom nomor

Nomor 2 di atas secara otomatis akan menambilkan angka A5, karena angka 2 disini merujuk pada kolom A baris ke-5 seperti gambar Kami di bawah ini.

Lanjutkan Dengan Memberikan Formula Untuk Penomoran Otomatis Cepat Dan Mudah Pada Baris Kedua Kolom Tanda Tangan
Lanjutkan Dengan Memberikan Formula Untuk Penomoran Otomatis Cepat Dan Mudah Pada Baris Kedua Kolom Tanda Tangan

Jika sudah, blok kedua baris yang sudah ditambahkan rumus atau formula di atas.

Blok Kedua Baris Kolom Tanda Tangan Yang Sudah Diberi Formula Sederhana Untuk Ditarik
Blok Kedua Baris Kolom Tanda Tangan Yang Sudah Diberi Formula Sederhana Untuk Ditarik

Lalu klik fill handle yang bersimbol (+) tahan klik kiri kemudian tarik ke bawah untuk membuat penomoran otomatis. Hasilnya akan nampak seperti gambar Kami di bawah ini.

Tarik Ke Bawah Baris Kolom Tanda Tangan Untuk Membuat Penomoran Otomatis
Tarik Ke Bawah Baris Kolom Tanda Tangan Untuk Membuat Penomoran Otomatis

Jika sudah, maka penomoran pun akan muncul secara otomatis. Anda dapat membuatnya menjadi rata kiri atau rata kanan sesuai dengan kebutuhan instansi atau kantor Anda.

Buat Tata Letak Nomor Kolom Tanda Tangan Menjadi Rata Kiri Atau Rata Kanan
Buat Tata Letak Nomor Kolom Tanda Tangan Menjadi Rata Kiri Atau Rata Kanan

Note: Ingat dalam cara yang akan Kami jelaskan disini, kolom nomor adalah kunci kita untuk membuat penomoran tanda tangan secara cepat. Oleh karena itulah, ini harus ada dalam file Excel absensi Anda.

b. Menambahkan Titik-titik Pada Kolom TTD Excel

Lalu, bagaimana cara menambahkan titik-titik pada bagian tersebut? Ya caranya adalah sangat gampang. Mari kita simak terus ulasannya di bawah ini!

Untuk menambahkan titik-titik atau tanda lainnya, Anda dapat menambahkan rumus atau formula sederhana:

&"."&"  ......."

Copy rumus di atas, lalu tambahkan setelah bagian formula A4, maka tampilannya kurang lebih akan menjadi seperti ini.

Berikan Formula Tambahan Untuk Membuat Titik Titik Pada Bagian Kolom Tanda Tangan Absensi
Berikan Formula Tambahan Untuk Membuat Titik Titik Pada Bagian Kolom Tanda Tangan Absensi

Tambahkan juga pada baris bawah A5 kolom TTD atau tanda tangan bagian kanan. Klik fill handle (+) tahan klik kiri kemudian tarik ke bawah untuk membuat penomoran dengan titik-titik secara otomatis.

Berikan Juga Pada Baris Bawah Daftar Hadir Atau Absensi Tanda Tangan Lalu Tarik
Berikan Juga Pada Baris Bawah Daftar Hadir Atau Absensi Tanda Tangan Lalu Tarik

Selesai, Anda sudah berhasil mengikuti cara cepat membuat daftar hadir atau absensi dengan kolom tanda tangan titik-titik secara otomatis!

Baca Juga :  Ternyata! Ini Penyebab Komputer PC/Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Kesimpulan

Baiklah, di atas adalah tutorial dan langkah Cara Membuat Penomoran Kolom Tanda Tangan Absensi di Microsoft Excel 2019, 2016, 2013 dan 365 yang dapat Anda praktekkan di instansi atau kantor tempat bekerja kalian. Bagaimana sudah jelas bukan? Langkahnya pun terbilang sangat mudah bukan?

Ya! Namun perlu untuk kalian ingat sekali lagi, cara cepat yang Kami gunakan disini hanya akan berfungsi dengan menjadikan kolom nomor absensi sebagai referensi rumus atau formulanya.

Penutup

Demikianlah apa yang dapat Kami sampaikan dan bagikan dalam postingan Kami kali ini yang membahas tentang Cara Membuat Penomoran Kolom Tanda Tangan Absensi di Microsoft Excel 2019, 2016, 2013 dan 365. Semoga ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua. Selamat mencoba dan mempraktekkannya!

Silahkan share atau bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini akan bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar