Pengertian Web App (Aplikasi Web): Cara Kerja, Manfaat dan Contohnya

0
Ilustrasi Gambar Pengertian Web App Apa Itu Web App
Ilustrasi Gambar Pengertian Web App (Aplikasi Web)

Pengertian Web App (Aplikasi Web) Adalah

Apa itu Web App (Aplikasi Web)? Aplikasi berbasis web, Weblication, atau Web App (Aplikasi Web) adalah program perangkat lunak atau Software yang berjalan di browser Internet, pada atau melalui halaman web. Mirip dengan program perangkat lunak yang berjalan pada desktop komputer atau aplikasi desktop, Web App (Aplikasi Web) memungkinkan interaksi pengguna dan dapat dirancang untuk berbagai penggunaan.

Web App (Aplikasi Web) biasanya dibuat menggunakan kombinasi bahasa pemrograman yang dirancang untuk digunakan di Internet. Dalam kebanyakan kasus, Web App (Aplikasi Web) membutuhkan lebih sedikit RAM untuk dijalankan. Saat ini, banyak Game Bbrowser dibuat untuk dijalankan sebagai Web App (Aplikasi Web), menggunakan browser sebagai klien, alih-alih membutuhkan instalasi lokal.

Web App atau Aplikasi Web ini menggunakan kombinasi skrip Server-Side (PHP dan ASP) untuk menangani penyimpanan dan pengambilan informasi, dan skrip sisi klien (JavaScript dan HTML) untuk menyajikan informasi kepada pengguna. Ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perusahaan menggunakan formulir online, sistem manajemen konten, keranjang belanja, dan lainnya.

Cara Kerja Web App (Aplikasi Web)

Setelah kita mengetahui pengertian Web App, kita juga harus mengetahui cara kerjanya. Web App (Aplikasi Web) biasanya dikodekan dalam bahasa yang didukung Browser seperti JavaScript dan HTML karena bahasa-bahasa ini bergantung pada browser untuk membuat program dapat dieksekusi. Beberapa aplikasi bersifat dinamis, membutuhkan pemrosesan di sisi server. Yang lain sepenuhnya statis tanpa perlu pemrosesan di server.

Web App (Aplikasi Web) memerlukan Web Server untuk mengelola permintaan dari klien, server aplikasi untuk melakukan tugas yang diminta, dan, kadang-kadang, database untuk menyimpan informasi. Teknologi server aplikasi berkisar dari ASP.NET, ASP dan ColdFusion, hingga PHP dan JSP. Adapun alur cara kerja Web App (Aplikasi Web) pada umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Pengguna; memicu permintaan ke server web melalui Internet, baik melalui browser web atau antarmuka pengguna aplikasi
  2. Server web; meneruskan permintaan ini ke server Web App (Aplikasi Web) yang sesuai
  3. Proses; Server Web App (Aplikasi Web) melakukan tugas yang diminta seperti menanyakan basis data atau memproses data kemudian menghasilkan hasil dari data yang diminta
  4. Hasil; Server Web App (Aplikasi Web) mengirimkan hasil ke server web dengan informasi yang diminta atau data yang diproses
  5. Respon; Server web merespons kembali ke klien dengan informasi yang diminta yang kemudian muncul di layar pengguna
Baca Juga :  Pengertian Microblogging: Sejarah, Platform dan Manfaatnya Lengkap

Manfaat Web App (Aplikasi Web)

Gambar Apa Itu Web App Pengertian Web App
Ilustrasi Gambar Manfaat Web App (Aplikasi Web)

Sebagaimana pengertian Web App (Aplikasi Web) di atas, adapun beberapa manfaat Web App (Aplikasi Web) adalah sebagai berikut:

  • Web App (Aplikasi Web) berjalan pada banyak platform terlepas dari OS atau perangkat selama browser tersebut kompatibel
  • Semua pengguna mengakses versi yang sama, menghilangkan segala masalah kompatibilitas
  • Mereka tidak diinstal pada hard drive, sehingga menghilangkan batasan ruang
  • Mereka mengurangi pembajakan perangkat lunak dalam Web App (Aplikasi Web) berbasis langganan (misalnya. SaaS)
  • Mereka mengurangi biaya untuk bisnis dan pengguna akhir karena ada lebih sedikit dukungan dan pemeliharaan yang diperlukan oleh bisnis dan persyaratan yang lebih rendah untuk komputer pengguna akhir

Contoh Web App (Aplikasi Web)

Mengacu pada pengertian Web App di atas, Web App (Aplikasi Web) meliputi formulir online, Shopping Cart, Text Editor, Spreadsheet, pengeditan Video dan Foto, Konversi File, Pemindaian File, dan program email seperti Gmail, Yahoo dan AOL. Aplikasi populer termasuk Google Apps dan Microsoft 365.

Google Apps for Work seperti Gmail, Google Documents, Google Sheets, Google Slides, penyimpanan online, dan lainnya. Fungsi lainnya termasuk berbagi dokumen dan kalender secara online. Ini memungkinkan semua anggota tim mengakses versi dokumen yang sama secara bersamaan.

Penutup

Demikianlah ulasan singkat Kami yang membahas mengenai pengertian Web App (Aplikasi Web), apa itu Web App (Aplikasi Web) dan penjelasannya secara lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan Kita semua terutama dalam belajar Teknologi Informasi beserta Istilah-Istilah Teknologinya. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar