Pengertian Blog: Struktur, Sejarah, Jenis dan Manfaat Blog Secara Lengkap!

0
Blogging-Feature
Apa itu yang dimaksud dengan Blog?

Pengertian Blog adalah? berikut kita ulas apa itu pengertian Blog secara lengkap. Blog merupakan singkatan dari “web log” yang merupakan suatu bentuk¬†aplikasi web¬†yang berupa aneka macam tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting atau artikel-artikel blog) pada sebuah halaman web umum (template blog).

Tulisan-tulisan seperti ini seringkali dimuat dalam urut yang terbalik (isi atau postingan yang terbaru ditempatkan lebih dahulu atau pada urutan yang pertama baru kemudian diikuti dengan isi atau postingan yang lebih lama dibuat), meskipun tidak harus selamanya demikian.

Situs web yang seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna blog tersebut, yang biasanya dengan menuliskan suatu kata tertentu (keyword) yang ada pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine yang lainnya. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai pengertian blog.

Struktur Blog

Saat ini blog mempunyai tampilan dan juga tatanan yang sangat beragam tergantung fungsi pada blog itu sendiri. Mulai oleh blog yang memiliki beberapa sidebar, sampai blog yang hanya mempunyai satu kolom. Pada dasarnya blog mempunyai struktur standar, berikut beberapa struktur standar pada sebuah blog:

  • Header: Biasanya terletak dibagian atas blog. Header berisi tentang judul blog, deskripsi blog dan juga menu blog.
  • Navbar: Elemen ini biasanya terletak di atas header. Fungsi dari Navbar untuk mempermudah editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya. Navbar biasanya tidaklah akan tampil bila diakses dari user selain pemilik blog.
  • Main Blog: Biasanya terletak yang di bagian tengah blog. Disinilah tempat dimana postingan blog berada. Pada Main Blog jua masih ada struktur misalnya Judul, lepas, nama penulis serta kolom komentar.
  • Sidebar: Pada elemen ini umumnya masih ada Popular Post, Archive. Anda jua mampu menambahkan widget lainya misalnya kalender, jam dan juga widget menarik lainnya. Letaknya mampu yang di kiri atau kanan sebuah blog.
  • Footer: Terletak paling bawah blog. Biasanya masih ada informasi singkat pemilik blog, kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.
Baca Juga :  Kenapa Bulan Februari Hanya 28 Hari? Berikut Penjelasannya Lengkap!

Sejarah munculnya Blog

Dalam pengertian Blog, ada istilah Media blog. Media blog ini pertama kali dipopulerkan oleh yaitu Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum pada akhirnya diakuisisi oleh pihak Google pada sekitar akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka atau (open source) yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog (blogger) tersebut.

Jenis-Jenis Blog dan juga Contohnya

Ilustrasi Gambar Manfaat Pengertian Blog
Ilustrasi Gambar Jenis Blog

Dalam perkembangannya, blog tidaklah hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan langsung. Blog adalah indera yang dapat dipakai agar aneka macam macam tujuan. Bahkan blog bisa menjadi ladang bisnis dan juga menghasilkan uang. Baik membuat uang buat eksklusif atau perusahaan. Apa saja jenis blog yang dapat Anda kelola? Berikut jenis-jenis blognya.

a. Blog Pribadi

Di awal kemunculannya, blog memang dimanfaatkan buat tujuan langsung. Kebanyakan orang menggunakan blog agar menulis cerita-cerita pribadi yang bisa diakses secara online. Blog seringkali jua dianggap sebagai jurnal online karena memungkinkan penggunanya agar mencatat “buku harian” secara online.

Konten blog eksklusif biasanya sangat bebas, tidak terikat anggaran tertentu. Pemilik blog bebas memilih konten misalnya apa yang akan ditulis. Bisa tentang cerita liburan, pengalaman sekolah, cerita mengenai famili, atau bahkan mengenai kisah asmaranya.

Beberapa blogger yang bisa sukses dengan jenis blog ini merupakan Raditya Dika dan juga Blog Rifqi Mulyawan. Raditya bahkan berhasil menerbitkan buku bacaan menurut pengalaman yang ditulis di blognya.

b. Blog Profesional

Berbeda dengan blog eksklusif, blog profesional mempunyai batasan tertentu dalam konten yang diterbitkan. Biasanya blog profesional berisi konten-konten yang mampu memberitahukan profesionalitas pemilik blog di suatu bidang.

Misalnya, Anda ahli yang di bidang SEO dan digital marketing maka Anda mampu mengisi blog profesional Anda dengan konten yang berkaitan dengan SEO dan juga digital marketing. Anda wajib membahas topik-topik yang berkaitan dengan dan juga SEO dan digital marketing dengan dan juga detail supaya pembaca tahu yang Anda tulis.

Contoh blog profesional yang bisa Anda jadikan referensi neilpatel.com. Blog ini berhasil mengumpulkan banyak pengunjung dan juga dianggap sebagai pakar yang di bidang digital marketing, SEO dan lain sebagainya

c. Blog Bisnis (Content Marketing)

Tidak hanya digunakan agar tujuan pribadi, blog juga mampu (bahkan perlu) dimanfaatkan untuk mendatangkan trafik bagi website perusahaan atau toko online.Mengapa wajib memakai blog? Karena blog lebih bergerak maju dan juga sanggup merilis update konten tanpa batasan. Berbeda dengan website dari perusahaan atau juga toko online yang kontennya hanya berisi informasi produk.

Baca Juga :  Pengertian JavaScript: Sejarah, Cara Kerja JavaScript dan Manfaatnya

Dengan memanfaatkan blog agar tujuan content marketing, Anda mampu mendatangkan pengunjung melalui kata kunci yang sering dicari oleh calon konsumen Anda. Misalnya, Anda memiliki toko online yang menjual tas. Anda dapat menciptakan konten blog yang berkaitan dengan tas seperti tips cara merawat tas berbahan canvas atau tips menentukan tas yang paling cocok.

Ingat, kebanyakan calon konsumen mencari informasi produk terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Oleh karena itu Anda wajib muncul di output pencarian mereka. Salah satu cara paling efektif buat mendatangkan trafik oleh organic search adalah dengan memakai blog (content marketing).

Manfaat dan Fungsi Blog

Ilustrasi Gambar Manfaat Pengertian Blog
Ilustrasi Gambar Manfaat Blog

Manfaat dan juga fungsi blog di bawah ini kebanyakan adalah buat blog yang mampu dikelola dari individu misalnya blog langsung dan juga blog profesional.

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Menulis merupakan keahlian penting yang mampu dilakukan dari siapa saja dan Anda mampu mengasah kemampuan tadi melalui blog.Anda bebas menulis artikel sebesar-banyaknya hingga kemampuan menulis Anda semakin baik. Terlebih lagi blog merupakan platform yang cocok dipakai agar tema apa saja, oleh traveling sampai parenting.

2. Media Publikasi untuk Siapa Saja

Selesai menulis sebuah artikel atau cerita, tentu Anda ingin ada banyak orang yang membacanya bukan? Nah, blog sanggup melakukan publikasi agar Anda. Apabila mengirim tulisan ke sebuah media, tentu akan ada seleksi dan juga terdapat kemungkinan tulisan yang Anda kirimkan tidaklah terbit. Melalui blog, Anda dapat menerbitkan goresan pena atau karya Anda kapan saja.

3. Bukti Profesionalitas

Blog pula sanggup dimanfaatkan agar memberitahuakn profesionalitas Anda di bidang eksklusif. Misalnya, Anda merupakan seorang profesional di bidang marketing, Anda dapat membuat blog yang berisi tips-tips berkaitan dengan marketing.

4. Sebagai Sarana untuk Branding

Konten-konten di blog Anda mampu sebagai portofolio online yang dapat diakses siapa saja, termasuk dari perusahaan yang akan merekrut Anda. Apalagi rekrutmen di era digital ini tidak terbatas pada CV yang dikirimkan saja, namun pula dalam jejak digital yang Anda miliki.

Baca Juga :  Pengertian SERM (Search Engine Reputation Management) dan Fungsinya

5. Menghasilkan Uang

Fungsi blog terakhir adalah agar membentuk uang. Anda pula dapat membentuk uang dari blog. Terdapat berbagai cara buat membentuk uang melalui blog. Pertama, Anda bisa memakai Ads Google. Blog dengan dan juga trafik kunjungan tinggi umumnya dapat dan juga gampang bekerja sama dengan layanan iklan milik Google tadi.

Kedua, Anda mampu mendapatkan uang oleh endorsement produk. Perusahaan akan berdatangan mengajak kerjasama endorsement dengan dan juga Anda jikalau Anda merupakan Key Opinion Leader (KOL). KOL biasanya adalah seseorang profesional yang di bidang eksklusif yang mampu menggerakkan opini pembaca.

Ketiga, semakin ada banyak yang mengenal karya Anda, semakin terbuka juga peluang untuk membuka jasa freelance. Anda mampu membuka jasa freelance sesuai dengan keahlian yang Anda punya. Bisa desain, copywriting, gambaran, fotografi, atau keahlian lain yang diharapkan banyak orang.

Komunitas Blogger

Komunitas blogger yaitu adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang juga tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk dapat bergabung dalam sebuah komunitas blogger itu, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk, misalkan harus berasal dari sebuah daerah tertentu atau memiliki kesamaan minat tertentu.

Budaya Populer Blog

Di dalam ulasan pengertian blog ini, ada juga yang dimaksud dengan istilah yang disebut Ngeblog. Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk kegiatan blogging) merupakan hal yang harus dilakukan hampir setiap waktu dengan tujuan mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog tersebut dirawat (mengganti template) atau menambah artikel (update blog). Dewasa ini telah ada (blog) lebih dari 10 juta blog yang bisa ditemukan di dunia internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang dapat mempermudah para blogger (sebutan bagi pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus juga melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih harus sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.

Demikianlah uraian tentang pengertian Blog. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Pilihan Editor:

Tinggalkan Komentar