Voice User Interface (VUI): Pengertian, Apa itu Antarmuka Pengguna Suara? Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Macam Manfaat, Contoh, dan Pentingnya!

Gambar Dari Pengertian Voice User Interface VUI Apa Itu Antarmuka Pengguna Suara Fungsi Cara Kerja Jenis Macam Manfaat Contoh Dan Kenapa Itu Penting Dalam Teknologi Masa Depan
Gambar Dari Pengertian Voice User Interface VUI Apa Itu Antarmuka Pengguna Suara Fungsi Cara Kerja Jenis Macam Manfaat Contoh Dan Kenapa Itu Penting Dalam Teknologi Masa Depan

Mengenal Pengertian Voice User Interface (VUI), Apa itu Antarmuka Pengguna Suara? Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Macam Manfaat, Contoh, dan Kenapa itu Penting!

Benar, perlu kalian ketahui bahwa antarmuka suara pada pengguna hadir di banyak bidang kehidupan.

Kadang-kadang mereka sangat berguna, misalnya ketika penggunaan nirsentuh sangat penting, terlebih selama epidemi, di tempat umum, atau kapan saja di bangsal isolasi rumah sakit.

Yup! Walaupun dalam kasus lain, mereka bisa bisa jadi sangat mengganggu, terutama jika kita harus mengatasi antarmuka yang dirancang dengan buruk atau salah konsep.

Banyak paper-paper dan yang terbaru ini ada sebuah artikel baru-baru ini dari Google berjudul “Bagaimana bantuan suara membentuk kembali perilaku konsumen” yang membuat peningkatan besar speaker pintar dan VUI menjadi lebih jelas.

Menurut artikel Google, 41% (persen) orang yang memiliki speaker yang dapat dikontrol suara merasa ingin berbicara dengan orang lain.

Baiklah, terkait hal tersebut, dalam postingan kali ini Kami akan membahas secara lebih detail dan lengkap tentang apa itu pengertian Voice User Interface (VUI), fungsi, cara kerja, dan pentingnya di masa depan.

Langsung saja, mari kita simak ulasannya berikut di bawah ini!

Pengertian Voice User Interface (VUI)

Berarti antarmuka pengguna suara (dalam bahasa Indonesia), Voice User Interface (VUI) adalah antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol sistem atau perangkat lunak secara keseluruhan atau sebagiannya menggunakan perintah suara.

Benar! Sistem VUI ini telah bersama kita selama ini.

Sebagai contoh misalnya, pikirkan sistem manajemen layanan pelanggan telepon, di mana Anda harus memilih dari item menu dengan satu sentuhan tombol, tetapi pengguna disajikan dengan pilihan melalui panggilan suara.

Untuk lebih memperjelasnya, mengutip definisi dari sumber simpulan Kami yang bersumber di Situs Interaction-Design, VUI, Voice User Interface atau antarmuka pengguna suara ini adalah teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem melalui perintah suara atau ucapan.

Singkatnya, asisten virtual, seperti Siri, Google Assistant, dan Alexa, adalah contoh sederhana VUI.

Apa itu Antarmuka Pengguna Suara?

Gambar Apa Itu Antarmuka Pengguna Suara Sejarah Fungsi Cara Kerja Dan Jenis Voice User Interface Atau VUI
Gambar Apa Itu Antarmuka Pengguna Suara Sejarah Fungsi Cara Kerja Dan Jenis Voice User Interface Atau VUI

Jadi, apa itu yang dimaksud dengan antarmuka pengguna suara ini?

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, istilah yang mengacu pada teknologi suara ini lebih dikenal dengan sebutan voice user interface atau VUI.

Ya! Ini adalah praktik desain yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan sistem menggunakan suara mereka dan itu berarti tanpa ada gesekan di layar, tanpa ada tangan yang terlibat.

VUI menjadi semakin penting, terlebih karena kita manusia berinteraksi dengan dunia di sekitar kita umumnya dengan berbicara.

Pikirkan semua cara yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di sekitar Anda dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Mari kita lihat berapa banyak yang mengetuk layar, atau menulis, atau berbicara.

Dalam banyak konteks, suara adalah cara paling mudah dan efisien untuk berinteraksi dengan orang lain.

Apa yang dimiliki suara, yang tidak dimiliki ketika kita mengetik, menggesek, dan mengetuk?

Yup! Suara menyampaikan emosi dan kepribadian, dimana sebuah suara langsung membangkitkan respons emosional dan menawarkan banyak informasi kaya seperti nada, niat, dan lain sebagainya.

VUI memberikan platform (baca pengertian platform disini) untuk interaksi yang lebih efisien yang lebih pribadi daripada bentuk antarmuka pengguna lainnya seperti mengetik di keyboard karena ucapan adalah sarana utama komunikasi manusia.

Antarmuka pengguna suara telah menjadi sangat populer di masyarakat selama dekade terakhir, terutama untuk penggunaan smartphone.

Betul! Mereka juga terintegrasi ke dalam mobil terbaru, komputer, peralatan rumah tangga seperti mesin cuci.

Oleh karena itulah, VUI adalah antarmuka ke aplikasi ucapan, dan itu memungkinkan manusia mengendalikan mesin atau situs web hanya dengan bahasa.

Fungsi Voice User Interface (VUI)

Agar lebih memahami tentang apa itu arti dan pengertian Voice User Interface atau VUI ini, pastinya kita juga harus mengetahui apa tujuan dan fungsinya secara khusus bukan?

Baca Juga :  Ini Penjelasan Pengertian Technical Report: Apa itu? Tujuan dan Fungsi, Macam Karakteristik, Contoh serta Tips dan Cara Menulisnya!

Well, apa yang membuat VUI unik adalah ia menggunakan suara dan berfungsi sebagai mode interaksi utama, berbeda dengan kombinasi keyboard-mouse-monitor atau layar sentuh tradisional.

Pendekatan voice-first ini dapat memungkinkan pengguna untuk memulai layanan otomatis dan menjalankan tugas sehari-hari mereka dengan cara yang lebih cepat dan lebih intuitif.

Terkait fungsi utamanya sendiri, VUI pastinya dapat membantu pengguna melakukan tugas-tugas seperti:

  • Melakukan pencarian web (browsing).
  • Belanja secara online.
  • Bermain musik atau bernyanyi.
  • Menyetel alarm, penghitung waktu, pengingat, dan lainnya.
  • Mendapatkan pembaruan cuaca dan lalu lintas waktu nyata.

Cara Kerja dan Prinsip VUI atau Antarmuka Pengguna Suara

Dalam membahas pengertian dari Voice User Interface (VUI), pastinya hal tersebut juga tidak terlepas dengan bagaimana cara kerja dan prinsip antarmuka suara pengguna ini bukan?

Ya! User Interface (UI) berbentuk suara sebenarnya merupakan hasil dari kombinasi beberapa teknologi Artificial Intelligence (AI) yang termasuk Speech Synthesis, Automatic Speech Recognition, dan Name Entity Recognition.

UI dalam form suara tersebut tentunya dapat ditambahkan ke perangkat atau aplikasi di dalam.

Adapun infrastruktur back-end dan komponen ucapan Voice User Interface (VUI) yang didukung oleh teknologi AI atau kecerdasan buatan (baca pengertian kecerdasan buatan disini) ini sering kali disimpan di cloud pribadi atau publik tempat VUI memproses suara dan ucapan pengguna.

Ya! Teknologi AI memahami maksud pengguna dan mengembalikan respons ke perangkat.

Hmmm, jadi, seperti itulah kira-kira prinsip dasar-dasar desain Voice User Interface (VUI).

Terkait hal itu juga, sebagian besar perusahaan menyertakan Graphical User Interface (GUI) dan efek suara tambahan ke VUI untuk memberikan pengalaman pengguna terbaik.

Visual dan efek suara memudahkan pengguna untuk mengetahui kapan perangkat mendengarkan, memproses ucapan, atau merespons kembali end user (baca pengertian end user disini).

Jenis Tipe Voice User Interface atau VUI

Setelah kita mengetahui apa arti, tujuan dan fungsi, serta cara kerja Voice User Interface (VUI) di atas, selanjutnya dalam subbagian ini Kami juga akan menjelaskan terkait jenis-jenis tipenya.

Sementara smart speaker telah menghadirkan antarmuka pengguna suara ke banyak ruang keluarga, UI suara bukanlah inovasi yang baru.

Gambar Smart Speaker Oleh Amazon | Sumber Medium
Gambar Smart Speaker Oleh Amazon | Sumber Medium

Terkait sejarahnya sendiri, perlu kalian ketahui bahwa antarmuka pengguna suara pertama adalah IVR atau Interactive Voice Response, sistem yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan sistem telepon dengan menggunakan ucapan.

Biasanya IVR hanya mengenali angka, tetapi tetap saja itu adalah antarmuka pengguna suara yang mengawalinya.

Jenis UI suara lainnya tentu saja adalah speaker pintar dan asisten suara yang mengenali semua jenis bahasa alami (natural language).

Mereka adalah pembantu digital tujuan umum yang terutama menggunakan suara sebagai metode output kembali ke pengguna.

Seperti perangkat perintah suara atau yang dikenal dengan Voice Command Device (VCD) adalah perangkat seperti peralatan rumah tangga yang dapat dikontrol dengan suara.

Perangkat ini dapat dikontrol dengan perintah suara sederhana dan biasanya VCD hanya memahami 12 (dua belas) atau lusinan perintah saja.

Oke, untuk jenis tipe dari Voice User Interface (VUI) adalah antarmuka pengguna multimodal yang dapat menggunakan semua cara interaksi manusia-komputer seperti suara, sentuhan, penglihatan dan taktil.

Antarmuka pengguna ini bukan untuk tujuan umum, tetapi dibuat untuk aplikasi tertentu dan digunakan dalam konteks itu.

Perintah suara dapat digunakan dalam aplikasi semacam ini untuk semua atau beberapa tugas pengguna.

Di bawah ini sudah Kami rangkum untuk apa saja jenis-jenis tipe dari Voice User Interface (VUI) yang perlu kita ketahui untuk lebih memahaminya.

Jenis TipeTujuanOutput channelInput channelKasus Penggunaan
Interactive Voice Response (IVR)KhususSuaraSuaraSempit
Smart SpeakersUmumSuaraVoiceLuas
Voice Command Device (VCD)KhususSuara, tampilanVoiceSempit
Multimodal Voice UIsKhususSemuaSemuaLuasa

Macam-Macam Manfaat Menggunakan Voice User Interface (VUI)

Ilustrasi Gambar Tipe Dan Macam Macam Manfaat Dalam Menggunakan Voice User Interface Atau VUI Serta Membahas Pengertian Katanya
Ilustrasi Gambar Tipe Dan Macam Macam Manfaat Dalam Menggunakan Voice User Interface Atau VUI Serta Membahas Pengertian Katanya

Kemudian, apa saja macam-macam manfaat dalam menggunakan antarmuka suara pada pengguna ini?

Baik, perlu Kami tekankan disini bahwa manfaat utama VUI adalah memungkinkan pengalaman hands-free yang dapat berinteraksi dengan pengguna sambil berfokus pada hal lain.

Yup! Ini pastinya dapat menghemat waktu dalam rutinitas sehari-hari dan meningkatkan kehidupan orang-orang seperti, memeriksa cuaca atau menyetel jam alarm pada malam hari sebelum bekerja di pagi hari besoknya.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Pengertian Riser Card, Fungsi dan Pemasangannya pada Motherboard

Secara khusus, adapun beberapa macam manfaat yang akan kita dapatkan dalam mengimplementasikan, menerapkan, dan menggunakan Voice User Interface (VUI) yaitu sebagai berikut.

a. Alur Kerja dan Gaya Hidup

Manfaat Voice User Interface (VUI) pertama yang akan kita bahas yaitu dalam hal alur kerja dan gaya hidup.

VUI bermanfaat dalam produktivitas multitasking di ruang kerja yang berkisar dari ruang kantor atau tenaga kerja di luar ruangan.

Antarmuka pengguna suara dapat secara aktif berpartisipasi dalam keselamatan pekerja dengan membantu pengguna dalam alur kerja berbahaya, seperti lokasi konstruksi, kilang minyak, mengemudi, dan banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, perangkat tradisional seperti ponsel dan komputer bukan satu-satunya perangkat yang terhubung ke internet atau VUI.

Perlengkapan seperti lampu pintar (smart light atau lamp), termostat, kunci pintar, dan Internet of Things (IOT) lainnya juga terhubung.

Perangkat VUI ini tentunya berguna di rumah tangga dengan pelancong atau keluarga sibuk dari rumah atau smartphone (baca pengertian smartphone disini).

b. Individual

Manfaat berikutnya yaitu dengan pengalaman individual, dimana VUI dapat membawa masyarakat ke dunia yang lebih mudah diakses dan membantu memberikan kualitas hidup yang lebih baik.

VUI menguntungkan pengguna penyandang disabilitas seperti tunanetra atau orang lain yang tidak dapat beradaptasi dengan UI visual atau keyboard.

VUI juga menjadi populer di kalangan senior yang baru mengenal teknologi.

Ya! Penuaan memiliki banyak efek pada kemampuan seperti sensorik, gerakan, dan memori, yang menjadikan VUI sebagai alternatif bantuan langsung.

Dengan bantuan VUI, orang tua dapat berkomunikasi dengan orang yang dicintai dan menggunakan perangkat tanpa kebingungan dan frustrasi.

c. Pendidikan

Selanjutnya adalah manfaat dalam bidang pendidikan.

Strategi pendidikan terus diperbarui dalam sistem pendidikan untuk segala usia.

VUI dapat menjadi learning tools atau alat pembelajaran di mana ruang kelas berinteraksi dengan asisten suara untuk menciptakan pengalaman baru dan memenuhi semua gaya belajar.

Karena Voice User Interface (VUI) sangat mudah diakses, maka pelatihan pun tidak lagi diperlukan untuk menggunakannya karena teknologi ini sudah membuatnya sangat mudah digunakan di audiens (baca pengertian audiens disini) mana pun.

d. Inovasi Teknologi

Adapun untuk jenis macam manfaat terkahir yang akan Kami bahas dalam postingan kali ini, yaitu pada inovasi teknologi.

Saat VUI tumbuh dan berkembang, itu akan mengubah cara produk dirancang dan memulai permintaan pekerjaan baru.

Desain VUI akan menjadi keterampilan utama bagi desainer karena pengalaman pengguna yang terus berkembang.

Desainer pengalaman pengguna atau yang kita kenal dengan istilah User Experience (UX) dilatih dalam memberikan pengalaman untuk input fisik dan output grafis.

Desain VUI berbeda dari UX karena pedoman dan prinsip desain yang beda, ini tentunya akan mendorong desainer untuk lebih fokus pada desain VUI.

Menurut beberapa riset, pada tahun 2019 tepatnya, diperkirakan 111,8 juta orang di negara Amerika Serikat akan menggunakan asisten suara setidaknya setiap bulan, karena trend-nya naik 9,5% (persen) dari tahun lalu.

Karena pengguna menggunakan asisten suara lebih dari sebelumnya, itu pada akhirnya akan menjadi kebiasaan dan fitur perangkat baru yang akan dimiliki setiap orang.

Memang, akan lebih mudah bagi pengguna untuk berbicara dengan perangkat daripada menggunakan perangkat secara fisik setelah kebiasaan itu terbentuk.

Ini akan menciptakan permintaan yang tinggi untuk desainer berpengetahuan VUI dan berkontribusi pada perubahan cara perangkat dirancang.

Terakhir, manfaat lain dari perangkat perintah suara adalah perangkat tersebut tidak stagnan dengan apa yang telah diprogram untuk dilakukan.

Ya! Seiring waktu, interaksi antara pengguna dan antarmuka pengguna suara meningkat melalui pembelajaran mesin atau Machine Learning (ML) seperti Kami bahas di postingan sebelumnya.

Pengguna belajar bagaimana memanfaatkan perangkat perintah suara dengan lebih baik dan perangkat sebagai gantinya belajar bagaimana bekerja dengan penggunanya.

Contoh dari VUI (Voice User Interface)

Gambar Contoh Dari VUI Atau Voice User Interface Serta Kenapa Itu Penting Dan Merupakan Desain Teknologi Masa Depan
Gambar Contoh Dari VUI Atau Voice User Interface Serta Kenapa Itu Penting Dan Merupakan Desain Teknologi Masa Depan

Terkait dengan pembahasan pengertian Voice User Interface atau VUI di atas, perlu Kami tekankan bahwa suara atau ucapan adalah input/output untuk perangkat VUI apa pun.

Banyak perangkat antarmuka pengguna suara dan contoh suara tersedia di pasaran.

Misalnya, seperti Amazon Alexa, Echo Dot, Google Home, Google Mini, Siri, Cortana, dan Google Assistant adalah contoh perangkat VUI yang mengambil suara atau ucapan sebagai masukan dan mengembalikannya dengan cara yang sama.

Baca Juga :  Mengenal Pengertian Green Technology: Apa itu Green Tech (IT)? Definisi, Sejarah, Tujuan, Manfaat, Macam, Contoh serta Kenapa itu Penting!

Orang-orang menggunakan perangkat VUI dalam kehidupan sehari-hari mereka dengan satu atau lain cara.

Penting untuk dicatat bahwa manfaat VUI tidak terbatas pada menyederhanakan kehidupan rumah pengguna dan menjanjikan untuk penggunaan bisnis saja.

Sebagai contoh misalnya seperti Alexa for Business Amazon yang dapat membantu pekerja dalam melakukan tugas-tugas seperti bergabung dalam panggilan konferensi, memesan ruang konferensi, menemukan informasi penting, dan melatih karyawan.

Ketika didukung oleh IOT dan teknologi cloud computing (baca pengertian cloud computing disini), VUI dapat diintegrasikan secara efektif dengan sistem pihak ketiga di rumah pintar dan kantor dan melayani sejumlah industri, mulai dari perawatan kesehatan dan manufaktur hingga ritel.

Kenapa Voice User Interface atau VUI Penting dan Merupakan Desain Masa Depan?

Jadi, apa yang membuat Voice User Interface atau VUI ini menjadi sesuatu yang penting, terlebih, mereka dianggap sebagai desain masa depan?

Ya! Antarmuka pengguna atau UI adalah jembatan yang memungkinkan interaksi antara mesin dan manusia.

Dengan banyaknya pengguna yang lebih suka melakukan pencarian suara dalam kueri daripada mengetik dan tidak hanya itu, penggunaan speaker pintar yang dikendalikan suara juga terus meningkat, bahkan di negara berkembang seperti Indonesia.

Popularitas antarmuka suara yang meluas ini sangat menarik minat para desainer UX dan UI untuk lebih dikembangkan kedepannya pastinya.

Lagi pula, tujuan akhir dari keduanya adalah untuk menjawab kebutuhan pengguna dan membuat pengalaman mengalir dengan mudah bagi mereka.

Untuk membuat desain antarmuka suara yang sukses, perancang dan pengembang perlu memahami seluk-beluk komunikasi manusia terkait masalah Human Computer Interaction (HCI).

Yup! Konsumen mengharapkan tingkat kemampuan tertentu, nada percakapan, dan lebih sedikit salah tafsir dari asisten AI dan perangkat pintar saat mereka berinteraksi setiap hari.

Kesimpulan

Baiklah, Kami pikir sudah cukup jelas sekarang untuk pembahasan Pengertian Voice User Interface (VUI), Apa itu Antarmuka Pengguna Suara? Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Macam Manfaat, Contoh, dan Kenapa itu Penting.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa antarmuka pengguna suara atau Voice User Interface (VUI) adalah sistem yang memungkinkan interaksi manusia lisan dengan komputer.

VUI biasanya menggunakan pengenalan suara yang dimaksudkan untuk memahami permintaan lisan dari pengguna dan juga dapat menjawab permintaan ini melalui teks atau output suara.

Keuntungan terbesar dari VUI adalah memungkinkan Anda berinteraksi dengan cara hands-free, eyes-free atau bebas mata untuk berinteraksi dengan produk sambil memusatkan perhatian Anda di tempat lain.

Untuk merancang antarmuka pengguna suara yang hebat, Anda harus menemukan cara yang elegan untuk memberikan informasi yang hilang kepada pengguna tentang apa yang dapat mereka lakukan dan bagaimana mereka dapat melakukannya tanpa membebani mereka.

Komunikasi manusia terikat konteks, tetapi dalam interaksi suara, pengguna harus dipandu bagaimana mengekspresikan apa yang mereka inginkan dengan cara yang dapat dipahami oleh sistem.

Interaksi pengguna suara dapat menimbulkan lebih banyak tantangan dalam beberapa aspek daripada sistem berbasis grafis, namun, wajar untuk mengatakan bahwa mode ini akan menjadi lebih umum karena lebih banyak aspek kehidupan sehari-hari menampilkan interaksi yang dikontrol suara.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Pengertian Voice User Interface (VUI), Apa itu Antarmuka Pengguna Suara? Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Macam Manfaat, Contoh, dan Kenapa itu Penting.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi, khususnya terkait perkembangannya.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Kami, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar