Begini Tips Cara Menjual Barang di Etsy untuk Pemula yang Benar!

0
Gambar Dari Bagaimana Dan Apa Saja Tips Cara Menjual Barang Di Etsy Untuk Pemula
Gambar Dari Bagaimana Dan Apa Saja Tips Cara Menjual Barang Di Etsy Untuk Pemula

Apa Saja Tips Menjual Barang di Etsy yang Perlu untuk Diketahui oleh Pemula?

Bagi kalian yang sudah familiar, kalian pasti sudah tahu bahwa situs website Etsy ini menyediakan pasar khusus untuk pengrajin, seniman dan vendor vintage untuk menjual barang-barang mereka tanpa memerlukan toko fisik atau platform (baca pengertian platform disini) e-commerce individu.

Ya, mereka memungkinkan setiap penjual untuk mendirikan toko online yang disesuaikan dengan kemampuan e-business lengkap pada platform yang sudah dipahami dan dipercaya oleh konsumen.

Hal ini tentunya dapat mengurangi biaya overhead Anda, membatasi waktu yang Anda perlukan untuk menjual melalui toko konsinyasi dan pameran kerajinan, serta membuatnya lebih mudah untuk terhubung dengan pelanggan di seluruh dunia (secara internasional) dengan kemampuan e-commerce-nya (baca pengertian e-commerce disini).

Baiklah, berkenaan akan hal tersebut, dalam kesempatan kali ini, khususnya di postingan ini Kami akan membahas secara lengkap apa saja tips dan cara yang perlu kalian ketahui sebagai pemula untuk dapat memulai bisnis toko online Anda di situs Etsy.

Berikut ini ulasannya!

Apa itu Etsy?

Ilustrasi Gambar Apa ITu Etsy Serta Jenis Dan Macam Macam Ketegori Utama Di Situsnya
Ilustrasi Gambar Apa ITu Etsy Serta Jenis Dan Macam Macam Ketegori Utama Di Situsnya

Oke, sebelum kita mulai membahas lebih lanjut terkait tips dan caranya, mari kita kenali terlebih dahulu sedikit tentang apa itu Etsy ini sebenarnya.

Etsy adalah pasar online tempat penyedia atau vendor dapat terhubung dengan konsumen (pembeli) mereka.

Penjual yang biasanya berjualan di Etsy pada umumnya sering menjual berbagai barang kerajinan tangan atau barang antik.

Menjual item atau barang di Etsy terbilang sangat sederhana dan mudah, namun, seller (penjual) pastinya harus tetap membutuhkan kerja dan perhatian rutin untuk membuat daftar yang dapat dicari dan menarik, serta untuk menyediakan customer service atau layanan pelanggan yang baik.

Macam-Macam Kategori Barang Utama Etsy

Baiklah, agar kita dapat lebih memahami tentang apa itu Etsy, sebelum menjelaskan tentang bagaimana tips cara menjual barang disana, dalam subbagian ini perlu Kami jelaskan terlebih dahulu apa saja macam-macam kategori barang utamanya.

Menjual barang di situs website toko online unik ini bisa menjadi penghasilan tambahan yang luar biasa dan jika ada banyak permintaan untuk barang Anda, hal ini tentunya bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang sukses suatu hari nanti.

Well, walaupun pastinya seperti semua bisnis, ada banyak faktor yang akan menentukan apakah Anda sukses atau tidak.

Ada ribuan produk yang dijual di Etsy setiap harinya, dimana semuanya seringkali menawarkan sesuatu yang unik untuk dilihat.

Adapun beberapa kategori barang utama yang sering dijual di situs website Etsy yang harus kalian ketahui adalah sebagai berikut.

a. Barang Kerajinan Tangan

Jenis macam kategori utama yang pertama yaitu adalah barang kerajinan (buatan) tangan.

Ya! Seperti yang sudah dapat kalian bayangkan, ini adalah item yang Anda buat atau rancang sendiri.

Sebagai contoh misalnya seperti perhiasan, pakaian, aksesori, peralatan rumah tangga, perlengkapan hewan peliharaan, dan mainan anak-anak yang terbilang sangat populer terkait penjualannya disini.

Baca Juga :  Begini Cara Mengatasi Corel Draw Has Stopped Working di Windows 10, 8 dan 7 untuk Semua Versinya!

b. Barang Antik

Jenis kategori utama berikutnya yaitu adalah barang antik atau unique.

Betul! Barang antik yang masuk di web Etsy ini, setidaknya harus berusia minimal 20 (dua puluh) tahun untuk memenuhi syaratnya.

Sebagai contoh, adapun beberapa barang antik yang dijual di Etsy meliputi kostum, pakaian, aksesori, perhiasan, foto, peralatan rumah tangga, permainan, buku, dan mainan.

c. Bahan Karya Seni

Jenis dan macam kategori utama Etsy terakhir yang dapat Kami jelaskan disini yaitu bahan karya seni.

Benar, seperti syarat dan ketentuan yang disediakan oleh pihak Etsy, mereka menjelaskan perlengkapan kerajinan sebagai “alat, bahan, atau bahan yang tujuan utamanya adalah untuk digunakan dalam pembuatan barang atau acara khusus.

Persediaan bahan kerajinan kategori ini mungkin juga termasuk bahan buatan tangan, komersial, atau vintage.

Yup! Jadi ini termasuk hal-hal seperti pembuatan perhiasan dan perlengkapan manik-manik, perlengkapan menjahit dan merajut serta produk seni visual.

Tips Cara Menjual Barang di Etsy untuk Pemula

Gambar Screenshoot Menjual Barang Di Situs Website Etsy Beserta Tips Dan Caranya
Gambar Screenshoot Menjual Barang Di Situs Website Etsy Beserta Tips Dan Caranya

Terkait apa yang sudah Kami jelaskan di atas, tentang apa itu Etsy serta apa saja jenis dan macam-macam kategori utamanya, pastinya Anda harus mengetahui lebih dalam kategori item pilihan apa yang akan Anda jual.

Betul! Ini tentunya akan membantu Anda memulai dengan benar saat membuat listing, meneliti persaingan, dan target audiens (baca pengertian audiens disini).

Meskipun Anda mungkin berpikir barang Anda sangat bagus, namun, jika tidak ada audiens, calon pembeli atau konsumen untuk produk tersebut, maka Anda tidak akan dapat melakukan penjualan.

Baiklah, langsung saja, mari kita bahas apa saja tips cara penting berjualan barang unik dan antik di situs website Etsy yang harus diketahui oleh pemula.

1. Membuat Akun Etsy

Baik, kita mulai dengan tips cara pertamanya, yaitu dengan membuat akun Etsy Anda.

Untuk membuatnya, cukup kalian klik tombol “sign in” pada halaman awalnya, lalu pilih dan klik tombol “register” di bagian kanan tampilan pop-up situsnya.

Lalu masukkan nama dan alamat e-mail Anda ke kolom isian serta buat juga sandi untuk akun tersebut.

Disana, kalian juga diminta untuk memilih gambar profil, menulis bio, dan semua bidang penyiapan tersisa lainnya.

Saran Kami pribadi, bacalah lebih lanjut semua persyaratan layanan dan kebijakan yang disediakan oleh pihak Etsy agar kalian tidak ragu untuk melanjutkannya.

2. Lakukan Riset Pasar untuk Produk Anda

Tips cara yang ke-2 (dua) untuk menjual barang di Etsy adalah dengan melakukan riset pasar untuk produk Anda.

Yup! Penting bagi Anda untuk memberikan nilai yang tepat pada produk Anda sebelum mencantumkannya di Etsy.

Teliti terlebih dahulu produk serupa lainnya di pasar dan cari tahu di mana titik harga Anda seharusnya terkait dengan produk tersebut.

Jika Anda memberi harga pada barang Anda terlalu rendah, hal itu dapat menurunkan nilainya dan melemahkan produk lain di pasar.

Betul! Jika Anda memberi harga terlalu tinggi, Anda akan mendapat risiko tidak dapat menjual produk Anda, terutama jika ada banyak persaingan di luar sana dengan harga yang lebih rendah.

3. Ciptakan Identitas Merek

Tips cara berikutnya yaitu dengan menciptakan identitas merek atau brand.

Membuat toko Anda terlihat profesional memang rumit, tetapi ada banyak alat desain online yang bagus untuk membantu Anda menciptakan sesuatu yang branded.

Kalian dapat menggunakan versi gratis Canva yang hadir dengan banyak template (baca pengertian template disini) dan gambar untuk membuat konten hebat, serta ada juga sejumlah kursus desain harga potongan di luar sana jika Anda ingin mencoba seni yang lebih kompleks.

Baca Juga :  Apa Itu Pengertian Industri 4.0: Menurut Para Ahli, Komponen dan Prinsipnya

Betul! Yang penting adalah Anda dapat menampilkan toko yang terlihat profesional untuk membangun kepercayaan pada calon pembeli Anda, dan oleh karena itu, jadi perhatikan grafik dan citra merek Anda.

Selain itu, merek yang dapat dikenali juga memudahkan pelanggan sebelumnya untuk menemukan Anda lagi, dimana hal tersebut dapat mengarah ke bisnis yang berulang.

4. Ambil Foto yang Bagus

Foto Anda adalah kesempatan Anda untuk menarik perhatian calon pelanggan, jadi foto itu harus bagus.

Memang, tidak semua orang fotografer alami memiliki kamera yang mahal, tapi tenang, jangan khawatir, Anda hanya perlu memastikan foto Anda cukup terang dan terlihat fokus.

Etsy juga memungkinkan Anda mengunggah hingga 10 (sepuluh) foto produk, dimana kalian dapat menggunakan slot ini seperlu mungkin.

Langkah ini pastinya akan memberi pembeli Anda gambaran menyeluruh tentang apa yang mereka beli, yang berarti kemungkinan pengembalian dana menjadi lebih sedikit serta kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.

5. Gunakan Keyword (Kata Kunci) dalam Deskripsi produk Anda

Tips berikutnya yaitu dengan menggunakan keyword atau kata kunci di dalam deskripsi barang Anda.

Betul! Kata kunci atau keyword (SEO) adalah cara dan alat yang ampuh untuk menjangkau calon pembeli.

Anda dapat menggunakan tools atau alat kata kunci untuk mengetahui istilah apa yang dicari orang terkait dengan produk Anda, lalu cukup gunakan istilah ini dalam judul dan deskripsi produk Anda untuk memudahkan orang menemukan item Anda.

Kalian juga dapat menambahkan tag sejenis yang berkaitan dengan barang jualan Anda disana.

6. Temukan Nilai Jual yang Unik

Kemudian, yaitu dengan menemukan nilai jual yang unik.

Ya, pasar online memudahkan untuk membuat daftar dan menjual produk Anda, tetapi ada banyak persaingan di luar sana, oleh karena itu Anda perlu menemukan apa yang membuat produk Anda berbeda dari yang lain.

Apakah Anda menawarkan personalisasi dan kostumisasi? Sumber dari bahan-bahan alami atau organik? Penjualan dalam jumlah besar?

Benar, inti dari poin ke-6 (enam) dalam tips cara menjual barang di Etsy ini, yaitu apa pun yang membedakan produk Anda dari pesaing adalah nilai jual unik.

Pastikan Anda mengkomunikasikan nilai jual unik produk di bio toko Anda dan di seluruh rangkaian produk Anda sehingga Anda menjangkau orang-orang yang tertarik dengan produk tersebut.

7. Kemas Produk Anda dengan Indah

Cara yang fantastis untuk memastikan pelanggan tetap di Etsy adalah dengan mengemas produk Anda dengan indah serta bergaya

.

Banyak toko Etsy mengirimkan kartu ucapan terima kasih, stiker, atau permen dengan paket mereka, yang tidak hanya sebagai hadiah kecil lucu saja untuk pelanggan Anda, tetapi juga konten media sosial yang sangat mudah dibagikan.

Pastikan kalian telah menerapkan tips dan cara mengemas produk dengan indah ini ketika menjual barang kalian di situs Etsy.

8. Memanfaatkan Media Sosial

Tips selanjutnya, yaitu dengan memanfaatkan media sosial.

Seperti yang sudah kita ketahui, media sosial (baca pengertian media sosial disini) adalah sahabat pemilik toko Etsy, karena memberikan platform untuk mempromosikan produk Anda dan memberi tahu dunia tentang usaha baru Anda.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Processor: Sejarah, Tujuan, Fungsi, Cara Kerja, Komponen dan Tips Memilih Merknya!

Pembeli mungkin tergoda untuk menggunakan halaman media sosial pribadi Anda untuk mempromosikan toko Anda.

Akan tetapi, pada akhirnya halaman media sosial bermereklah yang akan memiliki keterlibatan atau yang dikenal dengan istilah engagement (baca apa itu engagement disini) lebih baik karena pengikut Anda sudah terlibat dan tertarik dengan produk Anda.

9. Menawarkan Pengiriman Gratis

Toko Etsy yang menawarkan pengiriman gratis tentunya akan sangat disukai pelanggan.

Itulah mengapa sangat bagus jika Anda dapat memasukkan biaya pengiriman ke dalam harga produk.

Etsy memprioritaskan listing yang menawarkan pengiriman gratis, jadi ini merupakan cara mudah untuk mendapatkan eksposur ekstra di marketplace Etsy.

Kesimpulan

Oke baiklah, Kami pikir sudah cukup jelas untuk pembahasan tentang Apa Saja Tips Menjual Barang di Etsy yang Perlu untuk Diketahui oleh Pemula di atas.

Etsy adalah pasar unik untuk barang-barang buatan tangan, barang-barang vintage, dan perlengkapan kerajinan lainnya.

Secara keseluruhan, di etsy.com, Anda akan menemukan komunitas pembuat, pemilik usaha kecil, dan pembeli yang semuanya memiliki minat yang sama terhadap barang langka dan langka.

Saran Kami, terlebih jika Anda baru mengenal Etsy, maka luangkanlah waktu untuk mengenalnya terlebih dahulu.

Tinjau kebijakan penjual dan pelajari tentang biaya penjualan di Etsy untuk memastikan bahwa menjual di marketplace tersebut tepat untuk Anda dan bisnis Anda.

Tidak ada biaya penyiapan untuk membuka toko Etsy, akan tetapi sebaliknya, para seller atau penjual dikenai biaya untuk mendaftarkan dan menjual barang.

Adapun beberapa tips cara termudah lainnya selain yang sudah Kami sebutkan di atas untuk mendapatkan lebih banyak penjualan adalah dengan menjaga pelayanan pelanggan.

Jika Anda telah menjual sesuatu yang mereka sukai dengan cara yang tidak merepotkan, mereka pasti akan kembali saat mereka mencari sesuatu yang serupa.

Pelanggan yang senang juga sering kali bersedia memberi toko Anda ulasan yang bagus, yang merupakan alat bantu lain untuk meningkatkan penjualan Anda.

Penutup

Demikianlah postingan artikel yang dapat Kami bagikan kali ini, dimana Kami membahas terkait Apa Saja Tips Menjual Barang di Etsy yang Perlu untuk Diketahui oleh Pemula.

Semoga apa yang sudah Kami coba sampaikan serta jelaskan disini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua terutama dalam bidang teknologi khususnya e-commerce dan bisnis.

Silahkan bagikan artikel atau postingan Kami disini kepada teman, kerabat serta rekan kerja dan bisnis kalian semua khususnya jika kalian temukan ini bermanfaat dan juga jangan lupa subscribe Blog dan YouTube Kami. Sekian dari Saya Rifqi Mulyawan, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar