Begini Cara Mendapatkan Sofware Secara Gratis (Jenis Apapun) serta Tips dalam Mencarinya!

0
Gambar Bagaimana Cara Mendapatkan Semua Software Jenis Apapun Secara Gratis Apa Itu Software Gratis Dan Freeware Serta Tips Dalam Mencarinya
Gambar Bagaimana Cara Mendapatkan Semua Software Jenis Apapun Secara Gratis Apa Itu Software Gratis Dan Freeware Serta Tips Dalam Mencarinya

Bagaimana Cara Mendapatkan Semua Software Secara Gratis (Jenis Apapun)? Apa itu Software Gratis atau Freeware? Serta Tips dalam Mencarinya. Well, sebelumnya, izinkan Kami bertanya terlebih dahulu, apa jenis software atau perangkat lunak gratis yang Anda inginkan? Benar! Kami sarankan Anda untuk selalu hati-hati, terkadang Anda dapat mengunduh malware, spyware atau adware dengan perangkat lunak gratis yang asal dan abal-abal. Jadi selalu periksa kembali apa yang sudah Anda unduh dan download, pastikan juga terlebih dahulu Anda mendapatkannya di sumber yang terpercaya!

Software gratis atau perangkat lunak bebas merupakan program yang digunakan dan didistribusikan tanpa biaya kepada pengguna. Namun, sebagian besar lisensi perangkat lunak gratis mencakup ketentuan yang melarang penjualan, penjualan kembali, atau penggunaan komersial. Ini biasanya dirilis untuk tujuan promosi. Misalnya, program gratis tertentu mungkin memerlukan pendaftaran dengan alamat e-mail. Pemilik web mengumpulkan alamat e-mail ini untuk dapat digunakan untuk mempromosikan atau menjual produk lain. Terkait hal tersebut dalam postingan kali ini, Kami akan membahas secara detail tentang cara mendapatkannya secara gratis serta tips dalam mencarinya! Mari simak terus ulasannya!

Apa itu Software Gratis?

Dalam membahas mengenai cara mendapatkannya, perlu kalian ketahui bahwa apa yang disebut dengan software gratis adalah mengacu pada istilah yang diciptakan dan dipromosikan oleh GNU Project dan Free Software Foundation.

Ini digunakan untuk perangkat lunak open source yang memungkinkan pengguna untuk bebas melihat sumber perangkat lunak, memodifikasinya, mendistribusikannya, dan menggunakannya tanpa batasan apa pun. Software yang tersedia tanpa pembayaran apa pun belum tentu dapat disebut software (perangkat lunak) gratis. Menurut definisi pakar dan ahli dari Free Software Foundation, kata free dalam free software atau perangkat lunak bebas menyiratkan gagasan kebebasan daripada tidak memiliki biaya.

Jika perangkat lunak tersedia untuk diunduh tanpa dibayar, tetapi pengguna tidak dapat memodifikasi sumbernya maka itu bukan perangkat lunak bebas.

Baca Juga :  Tips Pencarian Google Search yang Efektif untuk Menemukan Pencarian Anda

Apa itu Freeware?

Lalu, apa itu yang disebut dengan freeware? Benar! software gratis dan freeware adalah istilah yang berbeda! Penting untuk dicatat perbedaannya di sini.

Freeware adalah perangkat lunak yang tidak perlu Anda bayar. Software atau perangkat lunak bebas jenis ini adalah perangkat lunak yang bebas Anda modifikasi dan gunakan untuk keperluan Anda sendiri. Freeware tidak harus berupa perangkat lunak bebas karena kode sumbernya masih dapat dilindungi.

Video Cara Mendapatkan Berbagai Macam Software Secara Gratis (Jenis Apapun) untuk Windows, Mac, Android dan iOS

Khusus untuk kalian yang lebih menyukai penjelasan berupa video, di bawah ini adalah video pembahasan cara mendapatkan software secara free atau cuma-cuma beserta penjelasan bagaimana langkah downloadnnya.

Cara Mendapatkan Semua Software, Programs dan Aplikasi Jenis Apapun Secara Gratis

Cara Mendapatkan Berbagai Macam Software Secara Gratis (Jenis Apapun) untuk Windows, Mac, Android dan iOS

Kembali ke topik pembahasan kita, untuk caranya mendapatkan software gratis (apapun itu), mungkin ini adalah hal yang perlu kalian garis bawahi. Agar kita dapat mendapatkannya, tentu kita harus mengambilnya bukan? Mengambil yang Kami maksud disini yaitu adalah dengan men-downloadnya dari sumber dan website atau situs tertentu .

Ada banyak situs web yang memungkinkan Anda mengunduh perangkat lunak secara gratis. Anda biasanya dapat menemukan program yang disusun dalam berbagai kategori yang kompatibel dengan berbagai sistem operasi termasuk versi Windows, Mac, Android dan iOS.

Seperti yang sudah Kami jelaskan di atas, untuk mendapatkan perangkat lunak gratis (juga dikenal sebagai freeware), Anda harus mengunjungi tempat unduhan gratis untuk perangkat lunak yang Anda inginkan.

Di bawah ini adalah beberapa situs website yang dapat Anda kunjungi untuk mendapatkan program (perangkat lunak) secara gratis dengan penjelasan cara downloadnya.

1. CNET Downloads

Gambar Screenshot Halaman Beranda Situs Website CNET Downloads
Gambar Screenshot Halaman Beranda Situs Website CNET Downloads

Cara yang mendapatkannya pertama yang Kami sarankan disini adalah dengan mengunjungi situs website CNET untuk mendapatkan berbagai macam software secara gratis yang aman. Situs web ini menawarkan demo gratis dan trial gratis (uji coba gratis) serta perangkat lunak ritel untuk Anda.

Di bawah ini adalah cara men-download software gratis dari CNET Downloads:

  1. Buka halaman beranda CNET Downloads dengan mengetikkan download.cnet.com pada browser Anda.
  2. Ketikkan nama software atau perangkat lunak yang Anda cari di kotak pencarian.
  3. Pada bagian kiri, terdapat menu tarik turun dimana akan muncul opsi semua OS seperti Windows, Mac, Android dan iOS.
  4. Tekan tombol Download Now di sebelah perangkat lunak yang ingin Anda unduh.
  5. Pilih lokasi tempat Anda untuk menyimpannya dan tunggu sampai unduhannya selesai.
Baca Juga :  Begini Cara Mengganti Proxy Server Google Chrome di Windows dan Mac!

2. Filehippo

Gambar Screenshot Halaman Beranda Situs Website Filehippo Untuk Mencari Software Gratis
Gambar Screenshot Halaman Beranda Situs Website Filehippo Untuk Mencari Software Gratis

Cara berikutnya yaitu adalah dengan menggunakan situs website Filehippo. Berikut ini adalah cara men-download software gratis dari Filehippo.

  1. Buka halaman beranda Filehippo dengan mengetikkan filehippo.com pada browser Anda.
  2. Ketikkan nama software atau perangkat lunak yang Anda cari di kotak pencarian.
  3. Pada bagian kanan, terdapat menu tarik turun dimana akan muncul opsi semua berbagai platform seperti Windows, Mac, Web Apps dan Android.
  4. Pilih software yang Anda inginkan, kemudian tekan tombol Download Latest Version di sebelah perangkat lunak yang ingin Anda unduh.
  5. Pilih lokasi tempat Anda untuk menyimpannya dan tunggu sampai unduhannya selesai.

3. Softonic

Gambar Screenshot Halaman Beranda Situs Website Softonic Untuk Mencari Software Gratis
Gambar Screenshot Halaman Beranda Situs Website Softonic Untuk Mencari Software Gratis

Selanjutnya adalah dengan menggunakan situs website Softonic. Di bawah ini adalah cara download software gratis dari Softonic.

  1. Buka halaman beranda Filehippo dengan mengetikkan softonic.com pada browser Anda.
  2. Ketikkan nama software atau perangkat lunak yang Anda cari di kotak pencarian.
  3. Pada bagian kiri, terdapat menu tarik turun dimana akan muncul opsi semua berbagai seperti Windows, Android, Mac, iPhone, PWA dan Web Apps.
  4. Pilih software yang Anda inginkan, kemudian tekan tombol Free Download di sebelah perangkat lunak yang ingin Anda unduh.
  5. Pilih lokasi tempat Anda untuk menyimpannya dan tunggu sampai unduhannya selesai.

4. Pirate Bay

Gambar Screenshot Halaman Beranda Situs Website Pirate Bay
Gambar Screenshot Halaman Beranda Situs Website Pirate Bay

Cara mendapatkan terakhir yang Kami bagikan disini adalah dengan mencari software (jenis apapun itu) di situs website Pirate Bay. Situs ini adalah kumpulannya berbagai file gratisan yang disebarluaskan secara global.

Berikut ini adalah cara download dari situs Pirate Bay termudah yang perlu kalian ketahui.

  1. Buka halaman beranda Pirate Bay dengan mengetikkan thepirate-bay.org pada browser Anda.
  2. Ketikkan nama software atau perangkat lunak yang Anda cari di kotak pencarian.
  3. Pada bagian tengahnya, terdapat pilihan kategori file.
  4. Pilih dan cari segala hal yang Anda inginkan, klik, kemudian tekan tombol Get This Torrent di bawah pilihan unduh Anda, maka Anda akan di arahkan untuk membuka Magnet URL.
  5. Jangan buka terlebih dahulu link tersebut, sebaliknya copy link tersebut, dan kemudian paste di website seedr.cc (Anda harus membuat akun terlebih dahulu).
  6. Tunggu proses collectiong seeds selesai.
  7. Klik ikon unduh atau download, kemudian pilih lokasi tempat Anda untuk menyimpannya dan tunggu sampai unduhannya selesai.
Baca Juga :  Pengertian Virtual Machine (VM): Jenis, Tujuan dan Contoh Mesin Virtual

Tips dalam Mencari Semua Sofware (Jenis Apapun) Secara Gratis

Ilustrasi Gambar Tips Dalam Mencarinya Sebagai Cara Mendapatkan Software Gratis Jenis Apapun
Ilustrasi Gambar Tips Dalam Mencarinya Sebagai Cara Mendapatkan Software Gratis Jenis Apapun

Untuk tips dalam mencari berbagai file baik itu gambar, musik, video serta software yang akan Kami bagikan disini, saratn Kami pribadi yaitu adalah saat Anda mencari software (perangkat lunak) gratis di internet (baca pengertian internet disini), tahan keinginan untuk Google (dan mesin pencari lainnya) menambahkan kata free atau gratis.

Kenapa begitu? Karena ketika Anda mengatakan sedang mencari “download aplikasi photoshop gratis” Anda pasti akan mendapatkan tumpukan omong kosong dan situs abal-abal sebagai hasilnya.

Sebaliknya, Anda juga dapat mencari software (perangkat lunak) yang Anda inginkan dengan menambahkan kata “alternatif” sebelum nama aplikasinya, dalam hal ini “alternatif aplikasi photoshop” dimana ini akan menampilkan hasil aplikasi konvensional yang tidak berbayar atau serupa.

Jika ingin, Anda dapat mencoba pencarian (dengan mengetikkan di Google) favorit Kami, yaitu:

[nama aplikasi] alternatif site:reddit.com

atau untuk pencarian dalam bahasa Inggris:

[nama aplikasi] alternatives site:reddit.com

Kami jamin, cara ini pasti akan memberi Anda beberapa rekomendasi bagus untuk mencari software atau aplikasi yang Anda inginkan.

Kesimpulan

Ya! Di atas adalah Cara Mendapatkan Semua Software Secara Gratis (Jenis Apapun)? Apa itu Software Gratis atau Freeware? Serta Tips dalam Mencarinya yang dapat Anda praktekkan sekarang juga. Dari semua cara di atas, cara paling efektif dan ampuh untuk mendapatkannya yaitu adalah melalui Pirate Bay, namun beberapa hal-hal teknis mungkin dapat mengganggu Anda (terkait proses downloadnnya yang menggunakan torrent).

Jika Anda ingin menemukan perangkat lunak untuk produk tertentu, Anda dapat mencoba menemukan situs web atau toko aplikasi untuk merek produk tersebut. Gunakan mesin pencari untuk mengetahui program mana yang dapat diunduh secara gratis. Situs web seperti Wikipedia dan SourceForge menyediakan daftar lengkap jenis program yang tersedia secara gratis.

Penutup

Demikianlah ulasan dan pembahasan Cara Mendapatkan Semua Software Secara Gratis (Jenis Apapun)? Apa itu Software Gratis atau Freeware? Serta Tips dalam Mencarinya yang dapat Kami bagikan dalam postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kalian semua.

Silahkan bagikan artikel atau tulisan Kami disini jika kalian rasa ini bermanfaat untuk teman-teman dan kerabat kalian semua. Sekian dari Saya, Terima Kasih.

Tinggalkan Komentar